Guru, Kau Pahlawan yang Tak Ingin Disebut Pahlawan
Guru, Kau Pahlawan yang Tak Ingin Disebut Pahlawan

Guru, Kau Pahlawan yang Tak Ingin Disebut Pahlawan

0 Shares
0
0
0
Langit biru dan sinar mentari selalu

Menjadi saksi perjuanganmu

Ruang persegi penuh siswa  menjadi kamar keduamu

Setelah rumahmu

Saban hari kau tak pernah jemu membagi pengetahuan dan pengalaman

Kau pelita memberi penerangan di setiap jalan buntuku

Kau tak pernah paham dengan senjata api 

Yang digunakan untuk melawan musuh dalam peperangan

Tapi kau paham dengan pena pintar dan lembar, penggaris kerasmu

Untuk melawan ketidaktahuan kau tak bosan melihat wajah kami

Kau tak bosan melihat tingkah kami, 

Dan kau tak bosan mendengar keluh kesah kami

Ya guruku, tuturmu tak pernah berhenti memberikan pengetahuan

Lisanmu tak pernah berhenti memberikan nasehat bermakna

Jemarimu tak pernah berhenti menunjukkan jalan yang benar

Aku bukan keluargamu

Aku bukan darah kandungmu

Aku bukan  tetangga terdekatmu

Bahkan aku bukan sanak saudaramu

Tapi aku lebih dari keluargamu,

Aku lebih dari anak kandungmu, aku lebih dari tetangga dekat rumahmu ...

Aku lebih dari sanak saudaramu

Menyesal, dulu aku sering tak mengenggap kehadiranmu

Aku meronta tak pernah memaknai jasamu

Kini dalam naluriku telah tersimpan

Bahwa kau adalah jelmaan pahlawan yang tak ingin disebut pahlawan.
9 comments
  1. Siti Hardianti Harahap
    23016045
    SIMAK-NS-001

    Terima kasih untuk semua guru di seluruh dunia. Pahlawan penerang kebaikan dengan ilmu yang diajarkan. Seperti lilin, guru selalu menjadi penerang di saat gelap menyergap.
    Untuk semua guru di dunia ini, terima kasih untuk semua sabar dan ikhlas yang tercurahkan.

  2. Terima kasih kepada guru.Puisi ini menggambarkan rasa penghargaan terhadap seorang guru yang menjadi pahlawan tanpa perlu disebut sebagai pahlawan. Guru tersebut memiliki peran penting dalam kehidupan penulis, memberikan pengetahuan, penerangan, dan nasehat bermakna.Meskipun bukan keluarga atau darah kandung, guru dianggap lebih dari itu, pahlawan penerang kebaikan dengan ilmu yang diajarkan.

    1. Terima kasih kepada guru di seluruh dunia, puisi ini sangat menyentuh karena guru yang hebat melahirkan orang orang yang hebat pula. Memberikan pengetahuan dan wawasan sebagai bekal manusia untuk hidup dengan penerangan ilmu sehingga dapat berkembang menjadi manusia yang berkualitas. Guru adalah pahlawan bangsa.

  3. Memang puisi sangat menyentuh hati dan mampu menghiasi segala bentuk emosi 💪💪 andai akupun mampu menuliskan setiap bait penuh makna semacam ini, pasti sangat menyenangkan

  4. Puisi ini sangat menggambarkan bagaimana perjuangan dan jasa guru dalam mendidik generasi muda. Puisi ini juga menyentuh hati pembacanya untuk sejenak mengingat akan jasa dan perjuangan seorang guru yang sangat besar. Terima kasih kepada seluruh guru jasa mu akan selalu kami ingat sepanjang masa.

  5. Menurut pendapat saya puisi di atas yang berjudul“ Guru, Kau Pahlawan Yang Tidak Ingin Disebut Pahlawan”, memberikan gambaran mengenai bahwa sang penulis baru menyadari betapa seorang guru lebih dari segalanya. Dari puisi tersebut sang penulis menyampaikan kesan dan perasaannya kepada guru. Sehubungan dengan hal itu, diera digital saat ini peserta didik dapat membaca dan mencari pemahaman sendiri tentang pembelajaran tapi tidak dengan didikan dan arahan dari seorang guru. Artinya, guru bukan sekedar pengajar tapi guru juga mendidik siswa untuk membentuk karakter sesuai dengan nilai kehidupan.

  6. Melalui puisi ini, saya menjadi teringat tentang bagaimana perjuangan guru-guru yang ada di indonesia, berjuang demi mendidik anak bangsa, sehingga memotivasi saya lebih semangat dalam berproses menjadi guru yang profesional sehingga dapat membantu murid-murid yang ada di indonesia mendapatkan pendidikan yang layak, seperti yang saya dapatkan selama ini

  7. Melalui puisi dapat disadari bahwa guru adalah sosok yang memiliki peran dalam hidup manusia. Siapa pun manusia itu dan apapun jabatan serta kekuasaan yang didapatinya saat ini tidak terlepas dari andil seorang guru dalam hidupnya. Akan tetapi, sosok guru sangat sering terabaikan bahkan tidak dihormati serta dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Hal ini bukan lagi menjadi hal yang baru dalam dunia pendidikan Indonesia, pasti diantara kita pernah bahkan sering mendengar perlakuan buruk yang diterima oleh seorang guru dari peserta didiknya sendiri. Bisa saja diantara kita pernah menyaksikannya secara langsung, dimana seorang peserta didik berbuat buruk kepada gurunya sendiri.

  8. Nama:Tiara jayani
    Nim:23016116
    Gwa:GTBI-NS-0001
    penghargaan dan rasa terima kasih yang mendalam terhadap seorang guru tidak cukup untuk membalas jasanya. peran guru sebagai penerang, pembimbing, dan pelita bagi para siswanya. guru tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga memberikan arahan, nasehat, dan pedoman untuk menjalani kehidupan.
    pentingnya peran guru dalam kehidupannya, bahkan melebihi hubungan keluarga atau darah. Karena itu hargailah peran dan kontribusi para guru dalam membentuk dan membimbing generasi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *