Kiat Melihat Wajah dan Mencium Bau Setan Ala Gus Dur
Kiat Melihat Wajah dan Mencium Bau Setan Ala Gus Dur

Kiat Melihat Wajah dan Mencium Bau Setan Ala Gus Dur

0 Shares
0
0
0

Tokoh Besar Indonesia yang paling banyak membuat dan menjadi sumber pembuatan anekdot adalah K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Sikap hidupnya yang sumeleh dan legowo, membuat Presiden ke-4 RI ini sering dijadikan sumber inspirasi pembuatan anekdot. Konon, beliau juga sering mengungkapkan lelucon dan anekdot yang cerdas.

Suatu ketika, Gus Dur sedang bersantai dengan kerabat dan sahabat-sahabatnya. Kebetulan, salah satu jenis jamuan saat itu adalah telur asin.

“Nah, dengan telur asin ini, kita dapat mencium baunya setan”, ujar Gusdur santai.

Orang-orang di sekitar ruangan itu terkejut. Namun, beberapa orang di antaranya sudah langsung dapat menebak bahwa Gus Dur sedang kambuh penyakit ngeles-nya.

Salah seorang sahabat Gus Dur, yaitu Gus Mus pun spontan bertanya, “Lho, apa sampeyan pernah mencium bau setan?

Gus Dur semakin ngeles, “Jangankan mencium, melihat wajah setan juga pernah. Tapi Aku kapok”.

“Bagaimana caranya?”, sergah Gus Mus tanpa memperhatikan kegalauan Gus Dur.

“Gampang. Begini, nanti malam, makanlah telur asin secukupnya, misalnya lima butir. Kurangi minum. Besok, sampeyan dapat mencium bau setan sekaligus melihat wajahnya.

“Caranya?”, tanya Gus Mus semakin penasaran.

“Begini. Sampeyan tahu, ndak? Apaefek terlalu banyak makantelur terhadap BAB alias buang air besar?” tanya Gus Dur santai.

“Ya, pasti susah. Harus ngeden (mengejan) susah payah!” kata Gus Mus.

“Nah, itulah. Sesudah malamnya makan telur asin lima butir, esok paginya usahakanlah BAB. Jangan lupa, bawa cermin”, jelas Gus Dur sambil menahan senyum.

Hadirin di ruang itu diam saja, menunggu kelanjutan instruksi konyol Gus Dur. Gus Dur pun tahu bahwa kelanjutan ceritanya ditunggu-tunggu dengan penasaran oleh karib dan sahabat-sahabatnya.

“Ya, itu. Sederhana. Waktu BAB, coba lihat wajah sampeyan melalui cermin. Itulah wajah setan. Sementara, bau semerbak yang menyerang hidung sampeyan itu baunya setan”, tambah Gus Dur sambil tersenyum.

Kontan, orang-orang di ruangan itu tertawa terbahak-bahak. Beberapa orang di antaranya terbatuk-batuk karena sukar mengendalikan keinginannya untuk menghentikan tawanya. Gus Dur, kok dilawan.

23 comments
  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak, izin menanggapi pak, dari cerita diatas sangat menarik dan mudah dipahami, dan dalam teks tersebut banyak terdapat kata-kata gaul, seperti : kok, Ndak, kapok, sumeleh, legowo, ngeles dan lain sebagainya🙏

  2. Saya sangat menikmati anekdot Gus Dur yang lucu dan cerdas. Anekdot tersebut menunjukkan bahwa Gus Dur adalah sosok yang humoris dan suka bercanda.
    Anekdot tersebut juga mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup. Kita harus bisa menertawakan diri sendiri dan melihat sisi lucu dari setiap situasi.

  3. Saya sangat menanggapi teks tersebut. Saya sangat menikmati anekdot Gus Dur yang lucu dan cerdas. Anekdot tersebut menunjukkan bahwa Gus Dur adalah sosok yang humoris dan suka bercanda.
    Anekdot tersebut juga mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup. Kita harus bisa menertawakan diri sendiri dan melihat sisi lucu dari setiap situasi.

    Berikut adalah beberapa hal yang saya sukai dari anekdot tersebut:
    1. Anekdot tersebut lucu dan menghibur. Gus Dur berhasil membuat orang-orang tertawa terbahak-bahak dengan humornya yang segar.
    2. Anekdot tersebut cerdas dan mengandung pesan moral. Gus Dur mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup.
    3. Anekdot tersebut menunjukkan sosok Gus Dur yang humoris dan suka bercanda. Gus Dur adalah sosok yang santai dan tidak terlalu memusingkan hal-hal kecil.

  4. NAMA : FAIZAL ALQADAFI
    NIM : 23233039
    SESI : 0214
    Anekdot tersebut menunjukkan bahwa Gus Dur adalah pribadi yang periang dan suka bercanda.
    Anekdot tersebut juga mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup. Kita harus bisa selalu ceria atau bahagia dalam setiap masalah
    Anekdot ini juga tidak terlalu kaku dibuktikan dengan penggunaaan bahasa bahasa gaul yang khas .

    1. Nama: Ramadhani Kamal
      NIM:23020063 (BI-NS-0208)
      Saya sangat terhibur ketika membaca cerita anekdot Gus Dur tersebut.Penggunaan bahasanya yang santai,rileks,dan mudah dipahami,membuat para pembaca tidak bosan ketika membacanya.Serta dalam cerita tersebut membuat para pembaca penasaran akan kelanjutan cerita nya,sehingga akan terus membaca sampai akhir.Dan ketika diakhir cerita pun,terdapat lawakan lucu yang cukup menghibur.

  5. Nama: Anisa Dela Safira
    Nim: 23134022
    BI-NS-0208

    Dari teks anekdot Gus Dur, dapat diambil kesimpulan bahwa ada kalanya kita tak harus bersikap terlalu serius. Rileks dan santai sesekali tidak masalah asalkan tidak membuat masalah. Namun pada beberapa hal kesimpulan lainnya adalah terkadang tingkah laku manusia hampir menyerupai setan karena sering kali menjadi sumber masalah. Dalam penyampaian “bawa cermin” merupakan bentuk dari sarkas.

  6. Cerita anekdot memang membuat para pembaca terhibur, ditambah yang menjadi tokoh dalam cerita ini adalah salah satu presiden indonesia, Gus Dur. Konsep dari cerota ini juga membuat pembaca terhibur.

  7. Nama : Nurmaiyah Lubis
    Nim:23016033
    No.urut.08 (Sesi -0012)
    Saya sangat menanggapi teks tersebut. Saya sangat menikmati anekdot Gus Dur yang lucu dan cerdas. Dalam kisah tersebut, Gus Dur mengajarkan para santri untuk memiliki empati dan kepekaan terhadap orang lain, sehingga mereka dapat melihat kebaikan dan keburukan dalam diri orang lain. Gus Dur juga mengajarkan para santri untuk tidak terlalu percaya pada penampilan luar seseorang, karena penampilan luar tidak selalu mencerminkan kepribadian seseorang.

  8. Saya sangat menikmati anekdot Gus Dur yang lucu dan cerdas.gus dur berhasil membuat orang orang tertawa terbahak bahak dengan humornya.anekdot tersebut mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup.anekdot tersebut menunjukkan bahwa Gus Dur adalah sosok yang humoris dan suka bercanda.kesimpulan lainya adalah terkadang tingkah laku manusia hampir menyerupai setan karena sering kali menjadi sumber masalah.

  9. Nama:Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut:12
    SIMAK-NS-0012
    Anekdot ini menunjukkan bahwa Gus Dur adalah orang yang ceria dan suka bercanda.Anekdot ini juga mengajarkan kita untuk tidak selalu serius dalam menjalani hidup.Ada masanya kita harus serius dan ada masanya pula kita harus bercanda .Dan anekdot ini juga tidak terlalu kaku, terbukti dengan penggunaan bahasa gaul yang khas.

  10. Artikel bpak tentang teks anekdot gusdur ini, sangat menarik, lucu, sehingga pembaca bisa terhibur dengan teks anekdot gus dur. (Anggun Sofita, 23133002,BI-NS 0214)

    1. Saya sangat terhibur ketika membaca cerita anekdot Gus Dur tersebut Anekdot tersebut menunjukkan bahwa Gus Dur adalah pribadi yang periang dan suka bercanda.
      Anekdot tersebut juga mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup. Dan Penggunaan bahasanya yang santai,rileks,dan mudah dipahami,membuat para pembaca tidak bosan ketika membacanya.

  11. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Saya sayang menyukai teks anekdot yang dibawakan oleh Gus Dur. Teks anekdot sangat menghibur pembaca karena bahasa yang digunakan mudah dipahami dan terdapat kelucuan dalam cerita. Selain menghibur diri teks anekdot juga dapat memberikan pesan moral yang bermanfaat didalam kehidupan sehari-hari.

  12. Assalamualaikum wr.wb
    Dalam teks ini, saya sangat menyukai cara penulisan yang bisa menghibur dengan bahasa yang di gunakan dan juga gampang di pahami oleh seorang pembacanya, tidak lupa juga berisikan pesan moral yang dapat kita ambil dan kita bawa buat kehidupan sehari-hari

  13. Ceritanya sangat menghibur sekali dengan kelucuan/ lelucon seorang Gus Dur. Penulis yang sangat mudah dipahami oleh pembaca dan menarik. Butuh lanjutkan cerita nya pak .

  14. Latifa Mulya Marza Nim 23129330 BI-NS-0214
    Dari cerita diatas gus dur ini ingin melucu dan membuat teman teman nya tertawa. Karena maksud dari wajah setan dan bau setan itu adalah
    Wajah dan bau dari teman nya itu sendiri.
    Cerita diatas sangat menarik dan banyak humor lucu yang terkandung dari cerita tersebut

  15. Nama : Annisa Nur Fahada
    NIM : 23016002
    Gus Dur memang salah seorang tokoh negara Indonesia yang suka melucu atau melawak. Lawakan yang terlontar dari dirinya pun selalu ‘nyeleneh’ dan tidak terduga. Cerita ini salah satunya. Cerita ini menghibur orang yang membacanya. Cerita anekdot memang memiliki ciri khas tersendiri.

  16. Nama: Sandifa Angraini
    Nim: 23016041
    No urut: 02
    Dari cerita bapak yang mengisahkan tentang Gus Dur saya dapat menarik kesimpulan bahwa Gus Dur merupakan seseorang yang suka bercanda namun candaannya memiliki makna tersendiri dan menyimpan makna tersembunyi serta bisa menyinggung seseorang secara tidak langsung tetapi disampaikan secara halus sesuai dengan kata-kata yang digunakan tidak menyinggung orang secara langsung melainkan orang tersebut harus mencari makna dari kalimat yang disampaikan tersebut walaupun kata-kata yang dikeluarkan oleh Gus Dur melalui candaan yang di ucapkan secara santai.

  17. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Dari cerita tersebut dapat kita lihat bahwa sosok Bapak Gus Dur humoris dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan bagi seluruh rekan dan teman terdekatnya.

  18. Dari teks anekdot “Kiat Melihat Wajah dan Mencium Bau Setan Ala Gus Dur,” kita dapat mempelajari bahwa rasa empati adalah unsur penting dalam pelayanan publik.
    Cerita ini juga menunjukkan bahwa K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, sebagai tokoh besar Indonesia, sering dijadikan sumber inspirasi pembuatan anekdot.
    Selain itu, cerita ini juga menceritakan tentang cara mencium bau setan dan melihat wajah setan, yang dapat membantu mengenali sifat yang tidak baik.

  19. Anekdot tersebut menunjukkan bahwa Gus Dur adalah pribadi yang periang dan suka bercanda.
    Anekdot tersebut juga mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup. Kita harus bisa selalu ceria atau bahagia dalam setiap masalah
    Anekdot ini juga tidak terlalu kaku dibuktikan dengan penggunaaan bahasa bahasa gaul yang khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *