Ali dan Anggur Masam
Ali dan Anggur Masam

Ali dan Anggur Masam

0 Shares
0
0
0

Seperti pada malam-malam Minggu sebelumnya, sesudah salat Isya kami duduk-duduk di ruang tengah. Kami -Aku, Kakek, dan Nenek- terlibat dalam pembicaraan yang mengasyikan. Nenek menemani kami sambil membordir. Entah untuk apa, tampaknya kainnya lebar.

Pembicaraan kami sangat mendasar. Tentang nasib. Padahal, percakapan kami diawali oleh hal-hal yang tidak berhubungan dengan nasib. Nasib manusia, nasib kita.

“Kek, Ali kemarin kesal. Ali dapat tugas. PR dari Bu Monika. PR Matematika,” kataku memulai pembicaraan.

“Lha. Kok kesal. Kan bagus itu. Begini, Cu tahu supaya tidak akan pernah disuruh guru untuk mengerjakan PR?” tanya Kakek dengan raut wajah lucu.

“Mau, Kek. Bagaimana?” tanyaku antusias.

“Gampang. Jadilah … guru. Kan guru ndak pernah kerjakan PR. Kerjanya beri PR!” kata Kakek sambil tertawa. Nenek juga.

“Ah, Kakeeek. Ndak ciyus tuh,” kataku sambil menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal.

Abiis, Alipudin, cucuku yang ganteeeeng …. Kamu itu juga aneh. Dapat PR kok kesal,” kata Kakek sambil menggeleng-gelengkan kepala.

“Bukan PR-nya yang bikin kesal. Itu, Wawan. Dia tidak mau diajak ngerjakan PR bersama. Padahal tugas itu tugas kelompok,” kataku menjelaskan.

“Oooh, begitu. Nenek pikir PR-nya yang bikin Cu kesal,” kata Nenek mengangguk-angguk Kakek juga.

“Ya, baik-baik Cu ngomong ke Wawan tu. PR itu tanggung jawab bersama. Kan tugas kelompok,” kata Kakek.

“Sudah, Kek. Lebih kesal lagi, Wawan berkata bahwa kita tidak perlu rajin-rajin belajar. Tidak ada gunanya,” kataku kesal sambil membayangkan wajah Wawan dengan raut wajah sinis.

Ups. Gawat. Itu gawat. Kok, jadi seperti itu, ya?” kata Kakek ingin tahu.

“Iya. Ada beberapa orang kawan Ali yang seperti itu. Bambang juga. Malah lebih parah,” kataku.

“Apa parahnya?” kata Nenek menyelidik.

“Kata Bambang, meskipun tidak rajin belajar hasilnya akan sama. Tahun depan akan sama-sama masuk ke kelas satu SMA. Pasti kelas satu SMA. Tidak mungkin langsung menjadi mahasiswa perguruan tinggi.”, kataku menahan kesal namun juga merasa lucu mengingat kebenaran ucapan Bambang.

Kakek dan Nenek juga tertawa.

“Ah. Ini masalah serius. Apa lagi buat Cu yang sedang sekolah,” kata Kakek.

“Kan, benar juga ucapan Wawan dan Bambang. Tahun depan Ali, Insya Allah¸jadi siswa SMA. Kelas satu SMA. Bukan jadi mahasiswa. Bambang dan Wawan juga. Maka, rajin atau tidak rajin belajar, ya sama. Sama-sama duduk di kelas satu SMA,” kataku memancing komentar Kakek dan Nenek.

Nenek, dan terutama Kakek, kaget. Kakek menggoyang-goyangkan tangan kanannya di depan wajah. Pertanda tidak setuju. Nenek meletakkan kain yang sedang dibordir. Memandangiku dengan wajah kaku.

“Ya. Benar ucapan Bambang dan Wawan. Tapi salah. Itu tidak benar,” kata Kakek seperti kebingungan menyusun kata-kata.

“Nah, begini”, lanjut Kakek setelah beberapa saat berpikir keras. “Cu, kelak Cu semakin besar semakin sering menemukan omongan atau ungkapan seperti itu. Tampaknya benar, isinya benar. Tetapi sebenarnya tidak baik. Pokoke tidak benar,” kata Kakek.

Aku tertegun sejenak. Agak susah memahami maksud omongan Kakek. Akhirnya, aku memahami dan langsung ingin protes. Tapi Kakek mengangkat tangan kanannya, memberi isyarat supaya Aku menahan diri.

Kakek menjangkau gelas minuman. Diteguknya air dalam gelas itu agak buru-buru. Mungkin mempersiapkan diri untuk memberikan pendapat yang panjang.

Tapi tidak. Kakek berdiri dan berjalan menuju ruang kerja. Sejurus kemudian, Kakek datang sambil memegangi bundelan kertas tipis yang di-klip rapi. Aku segera tahu. Tulisan Kakek. Beliau pun duduk lagi sambil tetap memegangi bundelan kertas itu.

“Sampai sekarang, Kakek juga sering mendengar omongan orang-orang yang sebaya dengan Kakek. Omongan yang seperti Wawan dan Bambang. Sering. Contoh, untuk apa kerja keras cari uang, toh uang tidak dibawa mati. Ada lagi, uang tidak selalu membahagiakan. Untuk apa kerja keras, toh gaji kita sama. Dan sebagainya,” Kakek berhenti bicara. Memandangiku dengan wajah serius.

Aku mengangguk-anggukkan kepala meskipun belum tahu persis apa inti perkataan Kakek.

“Nah, Cu belum ngantuk?” tanya Kakek.

“Belum, Kek. Kan malam Minggu,” kataku meyakinkan Kakek.

“Bagus. Coba baca cerita ini,” kata Kakek sambil menyerahkan bundelan kertasnya. Lebih dari itu, Kakek sudah membukakan halaman yang tampaknya beliau kehendaki untuk aku baca.

Aku menerima bundelan itu. Setelah itu, Aku tenggelam dalam bacaan yang ditulis Kakek.

******

ANGGUR ITU MASAM

Di sebuah kerajaan hutan di sebuah daerah pada suatu masa, hiduplah warga hutan. Warga di hutan itu beraneka ragam, ada kambing, kerbau, monyet, ular, tikus, dan sebagainya. Mereka hidup dalam suasana rukun dan damai, saling-bantu, saling menghormati, dan mereka berbahagia. Warga hutan meyakini dan menjalani kebenaran ungkapan, “damai itu indah”. Mereka juga meyakini bahwa hal yang sangat berharga dalam hidup adalah “sehat dan semangat”. Tanpa semangat, roda kehidupan akan berhenti berputar dan hidup tidak lagi menyenangkan. Tanpa hidup sehat, tidak mungkin ada semangat.

Raja di hutan itu adalah seekor singa. Sebutlah namanya “Baginda Singa”. Penasehat kerajaan adalah kerbau, sebutlah “Sang Kerbau”. Sang Kerbau dikenal sebagai penasehat yang sabar, arif, dan bijaksana. 

Baginda Singa memimpin rakyatnya dengan adil dan bijaksana.  Silang-sengketa di antara warga akan diselesaikan dengan baik. Jika tidak dapat diselesaikan secara kekeluargaan, sengketa diselesaikan secara hukum. Hukum dan penegakan hukum yang tegas, tidak memihak kepada kekuasaan, kekuatan dan kekayaan. Hukum dan penegakan hukum di kerajaan itu memihak kepada keadilan dan kebenaran. 

Suatu saat, ketenangan di kerajaan hutan itu mulai terguncang. Pasalnya amat sederhana: ada desas-desus bahwa di beberapa tempat tersembunyi di hutan itu tumbuh serumpun pohon yang disebut dengan pohon anggur. Entah dari mana asalnya, yang jelas pohon anggur itu tumbuh subur dan berbuah lebat. Yang diperbincangkan bukan pohonnya, tetapi buahnya. Buah anggur.  Konon, buah itu sangat manis dan lezat. Mengalahkan kelezatan buah apa pun yang dikenal oleh warga hutan itu. Sayang, letak pohon anggur itu tersembunyi, sangat sukar dicapai, dan berbuah musiman, bukan setiap saat. 

Pemicu keresahan warga hutan adalah adanya pihak-pihak yang tidak atau belum pernah memakan buah anggur dan yang mengatakan sudah pernah. Kelompok-kelompok warga, seperti: monyet, siamang, ular, dan warga yang mampu memanjat atau menjalar dengan baik mengatakan sudah pernah memakan buah anggur itu. Sebenarnya, masalah sudah atau belum pernah makan buah anggur itu bukan masalah besar. Sayangnya, terutama monyet, menyombongkan diri bahwa dirinya paling banyak makan buah anggur. Anggur itu luar biasa lezatnya. Tidak ada buah apa pun di bumi ini yang mampu menandingi kelezatan buah anggur.

Lebih jahatnya lagi, monyet menertawakan, mengejek, dan melecehkan warga hutan yang belum pernah makan buah anggur itu.  Ungkapan yang terlontar dari mulut monyet, “Janganlah mati terlebih dahulu sebelum memakan buah anggur”. 

Keresahan warga hutan dan cerita tentang anggur sampai ke telinga Baginda Singa. Awalnya, Baginda Singa berkeyakinan bahwa keresahan itu akan segera lenyap. Keresahan itu merupakan bukti dinamika warga hutan. Tetapi, ternyata keresahan warga tidak segera pudar. Tidak seperti yang ada dalam pikiran Baginda Singa.

Pada suatu kesempatan, Baginda Singa diam-diam pergi dari istananya untuk mencari dan menemukan pohon anggur. Sengaja, kepergiannya dirahasiakan. Hanya Sang Kerbau, penasihat kerajaan, yang mengetahui kepergiannya.

Setelah menempuh perjalanan berhari-hari, menanggung haus, lapar, lelah, dan lesu, Baginda Singa akhirnya menemukan pohon anggur tersebut. Segala keletihan dan penderitaannya seakan-akan terobati. Setelah menengok kiri-kanan, Baginda Singa tersenyum karena tidak ada warga hutan yang dia lihat. 

Pohon anggur itu ternyata menjalar di batang pohon beringin yang besar dan sangat tinggi. Dari bawah, tidak terlihat pucuk pohon beringin tersebut. Di sebatang dahan pohon beringin itu, pohon anggur menjalar dan berbuah lebat. Merah. Menggiurkan. 

Baginda Singa pun memanjat pohon beringin itu. Dengan bersusah-payah, akhirnya sampai ke dahan yang dijalari pohon anggur. Dahan itu tidak terlalu besar. Tidak mungkin sanggup menyangga beban seberat Baginda Singa. Baginda Singa yakin akan hal itu. Dia pun bingung, memikirkan bagaimana cara agar dapat memetik pohon anggur. Setelah lama berpikir, Baginda Singa pun melompat menggapai buah anggur itu. Gagal. Lebih sialnya, lagi Baginda Singa jatuh berdebum di bumi. Luar biasa sakitnya. Untung tidak ada warga hutan yang menyaksikan hal itu.

Setelah reda rasa sakitnya, Baginda Singa yakin bahwa dengan memanjat sesudah itu melompat akan gagal lagi. Terlebih lagi, sakitnya luar biasa. Dia berpikir cukup melompat setinggi mungkin dari bawah saja, tanpa memanjat. Dia pun mengambil ancang-ancang dan melompat setinggi mungkin. Gagal lagi. Diulang lagi. Gagal. Sampai tiga kali melompat, Baginda Singa tetap tidak mampu mengambil buah anggur.

Baginda Singa putus-asa. Dia pun memutuskan untuk pulang, kembali ke istana kerajaan. Sepanjang perjalanan pulang, dia memikirkan bagaimana caranya agar bisa meredakan pertikaian antar warga yang disebabkan oleh isu tentang buah anggur. 

Seminggu sesudah Baginda Singa sampai di istana, warga hutan pun dikumpulkan pada pertemuan akbar. Seperti biasanya, seluruh warga hutan yang pada dasarnya rukun, damai dan tertib itu pun memenuhi undangan. Warga hutan sangat menghormati pemimpinnya karena pemimpin itu dipilih langsung oleh warga hutan secara jujur, adil, dan damai.

Saingan Baginda Singa ketika pemilihan, Beruang Perkasa, juga menerima kekalahannya dengan ikhlas. Bahkan ikut bahu-membahu membantu pembangunan kerajaan serta menjaga kedamaian warga hutan tersebut.  

Setelah serangkaian acara dijalani seperti sambutan, ramah-tamah antar warga, dan menikmati hidangan istana, tibalah acara inti. Wejangan dari Baginda Singa. Dengan tegar dan santun Baginda Singa menuju ke podium. Baginda Singa juga berpikiran modern, pemberian wejangan itu jangan terlalu lama. Membosankan. Jika terlalu lama, justru butir-butir penting dalam wejangan itu akan diabaikan pendengar atau warga hutan.

Pada bagian inti, Baginda Singa menyatakan hal berikut. “Warga hutan yang saya hormati dan cintai. Pertikaian dan keresahan yang saya pahami berasal dari cerita buah anggur harus segera kita akhiri. Saya, secara diam-diam, sudah mencari dan menemukan pohon anggur itu. Sudah memakan dan  merasakan bagaimana buah anggur itu”.

Warga hutan saling-pandang. Mungkin ada yang takjub, ada yang kurang percaya. Tetapi, pernyataan Baginda Singa itu  didukung oleh penasehat kerajaan, Sang Kerbau. Penasehat mengangguk-angguk. Baginda Singa pun melanjutkan pidato singkatnya.

“Apa yang saya rasakan tentang buah anggur? Warga hutan yang saya cintai, ternyata buah anggur itu masam. Anggur itu masam. Tidak selezat yang dihebohkan warga tertentu. Ingat, anggur itu masam”.

Warga pun resah. Apa lagi kelompok monyet dan siamang. Berteriak-teriak, protes.

“Baginda berdusta! Anggur itu lezat. Amat manis dan lezat. Sudah berkarung-karung saya makan buah anggur. Baginda dusta!”

Menghadapi keributan tersebut, Baginda Singa tetap tenang. Baginda mengangkat kedua tangan agar suasana kembali tenang. “Warga hutan yang saya hormati. Masalah lezat, enak, atau pahit itu adalah masalah lidah. Siapa yang dapat menyangkal? Siapa yang dapat menyangkal bahwa lidah kita itu berbeda? Saya tidak suka makanan pedas. Apakah saya akan menyatakan bahwa pedas itu pahit?” Jadi, mari kita pupus habis pertikaian tentang rasa buah anggur. Bagi yang suka, pasti lezat. Bagi yang tidak, seperti saya, anggur itu masam.

Suasana kembali mereda, berangsur-angsur tenang. Masing-masing warga menunduk, meyakini kebenaran ucapan Baginda Singa. Penasehat kerajaan, Sang Kerbau, mengangguk-angguk dan tersenyum arif. Senyum yang bermakna amat dalam.

******

Aku mengangguk-angguk. Puas. Menarik sekali isi cerita tulisan Kakek. Tapi, apa maksudnya? Apa hubungannya dengan permasalahan yang tadi kami perbincangkan?

Aku ulangi lagi membaca cerita itu dengan cepat. Sama saja. Aku belum memahami keterkaitan isi cerita dengan hal-hal yang sedang kami perbincangkan.

“Ehmm …,” aku mendehem.

Kakek dan Nenek tersenyum. Kakek meletakkan koran yang sedang dibacanya. Nenek menurunkan tangan dari kain yang sedang dijahitnya.

“Bagaimana, Cu?” kata Kakek.

“Bagus, Kek. Enak dibaca. Menarik,” kataku.

“Bisa Cu pahami? Ah. Cerita itu terlalu sukar buat Cu. Meski Cu amat cerdas, Cu masih terlalu kecil untuk memahami hal-hal yang rumit,” kata Kakek seolah-olah mampu membaca pikiranku.

“Iya, Kek. Apa hubungan cerita ini dengan tadi. Dengan perkataan Wawan dan Bambang?” tanyaku Bimbang.

“Tunggu dulu. Kembali ke cerita. Menurut Cu, benarkan anggur itu masam?” tanya Kakek.

“Ya, tidak Keek. Anggur itu manis,” kataku sambil tertawa.

“Jadi, Baginda Singa itu salah?” tanya Kakek menyelidik.

“Iya, Kek. Salah”.

“Mengapa?”

“Ya, karena anggur itu manis. Bukan masam,” kataku membenarkan pikiranku.

“Menurut Kakek bukan begitu. Baginda Singa itu salah karena mengatakan anggur itu masam. Salah, karena Baginda Singa belum pernah makan buah anggur,” kata Kakek.

“Oooh. Iya. Benar. Iya,” kataku takjub mendengar penjelasan Kakek.

“Lalu, siapa yang layak? Siapa yang bisa dipercaya omongannya tentang rasa anggur itu?” tanya Kakek.

“Ya monyet. Kelompok monyet. Karena monyet itu sudah banyak makan anggur,” kataku mengangguk-angguk.

Nenek dan Kakek tersenyum puas.

“Sama dengan omongan teman Kakek. Untuk apa uang karena uang tidak akan membahagiakan. Itu Kakek percaya kalau yang ngomong itu orang yang sudah banyak uang, bahkan bergelimang dengan uang. Sudah kaya-raya. Tapi kalau yang ngomong itu masih miskin, malahan kere, ya tidak Kakek percaya,” ujar Kakek lebih lanjut.

Tapi, tunggu. Belum nyambung dengan permasalahan omongan Bambang dan Wawan.

“Kek. Tunggu. Jadi, perkataan Bambang dan Wawan itu salah?” kataku penuh hasrat ingin tahu.

Ya. Salah. Sama dengan perkataan Baginda Singa tentang rasa anggur,” kata Kakek serius.

“Apa salahnya? Kan sudah pasti. Sesudah kelas sembilan, lulus, masuk ke SMA, kelas satu,” kataku dengan tarikan wajah kurang puas.

Kakek tersenyum.

“Ya, itu salah. Mengapa? Karena Bambang dan Wawan itu belum duduk di kelas satu SMA. Jika Bambang dan Wawan tetap dengan pendiriannya, ya lihat saja. Mungkin tahun ini kedua anak tadi tidak naik kelas bahkan tidak lulus SMP. Atau, mereka bisa duduk di kelas satu SMA tapi kan SMA-nya beda dengan Cu. Cu, Kakek yakin, Insya Allah, bisa duduk di kelas satu SMA yang bagus, SMA favorit. Nah, Bambang dan Wawan? Kelak akan mengalami kesulitan untuk diterima di SMA yang bagus,” kata Kakek sambil memandangiku.

“Tunggu, Kek!” aku mau memprotes.

“Ada apa, Cu?” tanya Kakek sambil menjangkau gelas dan meminum seteguk.

“Kek, untuk masuk SMA kan pakai sistem Zonasi!”, seruku dengan nada protes.

“Benar. Namun, Cu tahu, ibumu, anak tersayang Kakek dan Nenek?” tanya Kakek dengan wajah berolok-olok. Wajah Kakek menenangkan tampilan wajahku yang sebelumnya tegang. Tentu aku ingat Mama. Anak tertua Kakek dan Nenek di hadapanku ini.

“Ibumu selalu bersekolah di sekolah unggul, termasuk ketika di SMP maupun SMA. Untuk memasuki sekolah unggul, peraturan zonasi tidak laku,” kata Kakek menggugah ingatanku akan mamku yang sangat kuhargai. Di antaranya karena kecerdasan Mama.

“Cu, Kakek dan Nenek meyakini bahwa kelak Cu akan dapat bersekolah di SMA unggul. Pasti. Nah, Kakek juga yakin bahwa teman-teman Cu yang pemalas tidak akan diterima di sekolah unggul,” kata Kakek menyejukkan.

“Bisa, bisa saja Bambang dan Wawan tahun depan duduk di bangku SMA, sesuai dengan aturan zonasi. Namun, teman-teman Cu akan tetap dalam kebodohan jika tidak mengubah pikirannya tentang semangat belajar dan kerja keras,” ucap Kakek sembari memandangiku dengan wajah menyenangkan.

“Ooh. Benar juga. Hebat sekali Kakek dan Nenek ini,” ujarku membatin.

Nenek mendekatiku. Memegangi kedua tanganku. Wajahnya ramah tapi serius.

“Cu, sebelum Cu ngantuk dan tidur, Nenek mau ngomong. Hal yang amat penting dalam hidup adalah selalu memperbaharui pikiran kita. Keyakinan kita. Apa yang kita yakini akan memengaruhi sikap kita. Sikap kita akan memengaruhi terhadap apa yang kita lakukan. Apa yang kita lakukan akan terkait dengan nasib kita. Nasib itu, kita yang mengusahakan,” kata Nenek sungguh-sungguh.

“Tapi, Nek. Bukankah Allah yang menentukan nasib kita?” tanyaku bingung.

“Benar. Sangat benar. Begini, supaya gampang. Misalkan Tuhan itu guru kita, kita siswanya. Guru menyuruh kita menggambar. Bagaimana supaya nilai menggambar kita tinggi, Cu?” tanya Nenek.

“Ya. Kita harus menggambar dengan sungguh-sungguh dan hati-hati,” kataku pasti.

“Bagaimana kalau kita menggambarnya sembarangan, tanpa semangat dan aturan?” tanya Nenek.

“Pasti nilainya jelek, Nek,” jawabku pasti.

“Apakah pantas, jika kita menggambar seenaknya kemudian mengharapkan nilai yang bagus?” tanya Nenek lebih lanjut.

“Jelas, Nek. Tidak. Tidak pantas kita harapkan nilai yang bagus,” kataku yakin.

“Tepat sekali. Kewajiban kita adalah menggambar dengan sungguh-sungguh, bersemangat, dan hati-hati. Soal nilai yang kita peroleh, gurulah yang menentukan. Soal hasil, Allah yang menentukan,” kata Nenek sungguh-sungguh.

Aku mengangguk-angguk.

“Jadi, kalau ada orang yang miskin dan bodoh. Atau sengsara. Itu juga karena Allah?” tanyaku penasaran.

“Ya, hanya Allah Yang Maha Tahu. Tapi, menurut Nenek, orang yang miskin, bodoh, atau sengsara tidak boleh menyalahkan nasib. Apa lagi menyalahkan Allah. Menyalahkan Allah itu bertentangan dengan keyakinan kita tentang Allah. Bukankah Allah itu Maha Pemurah, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang? Mungkinkan Allah akan menyengsarakan nasib seseorang? Tidak.  Ibarat cerita tentang menggambar tadi. Mungkin, waktu-waktu sebelumnya, waktu menggambar, orang itu tidak sungguh-sungguh. Ngawur. Tidak hati-hati. Malas, menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, dan sebagainya,” kata Nenek menenangkan batinku.

Aku memeluk Nenekku. Masya Allah, terima kasih ya Allah karena Engkau memberikan karunia yang luar biasa kepadaku. Dua orang luar biasa, Kakek dan Nenek yang selalu memberikan inspirasi bagi kebaikan hidupku. Puji Tuhan.

227 comments
    1. Pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah, Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika seseorang tersebut tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri. Dan tahapan kehidupan seseorang itu berbeda-beda karena jalan hidup kita dengan yang lain tidaklah sama. Jadi, berusaha lah semaksimal mungkin untuk bisa meraih apa yang kita inginkan.

    2. Jangan mengambil atau menyimpulkan sesuatu hal sebelum kita mencobanya. Nasib itu ditentukan oleh allah, tapi harus kita yang usahakan

      1. Ceritanya sangat menarik banyak hikmah yang dapat kita ambil bahwasanya jangan menyimpulkan atau mengambil keputusan sebelum kita sendiri yang merasakannya,dan seperti dalam firman Allah SWT yg artinya Allah tidak akan mengubah nasib seseorang itu kecuali seseorang itu berusaha untuk mengubah dirinya sendiri yg mana Kita yang mengerjakan atau kita yg berbuat tetapi Allah yg menentukan apa yg menjadi hak kita.

      2. Pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah jangan mengambil keputusan sebelum kita sendiri yang merasakannya dan jangan berprasangka buruk terhadap takdir tuhan, karena Allah maha baik lagi maha pemurah.

    3. Ceritanya sangat menginspirasi sangat bagus untuk di jadikan dalam pembelajaran

      1. Ceritanya memberikan pesan bahwa janganlah kamu menyerah sebelum mencoba tetaplah berusaha sampai kamu bisa mencapai apa yang kamu cita-citakan karena nasib seseorang bisa berubah atas apa yang ia usahakan

    4. Pesan yang saya dapat di cerita ini yaitu jangan kamu mendengar omongan orang lain yang belum pernah mengalami kejadian tersebut
      Karena itu akan membawa kita ke jalan yang rumit atau lebih susah untuk mencapai impian yng mau di capai
      Dan juga membuat kita bodoh karena telah percaya sama orang lain
      Percayalah kepada diri kita masing- masing
      Bukan berarti semua orang tidak dapat di percaya tetapi lakukan apa yang menurutmu baik.

    5. Semua orang memiliki pandangan tersendiri, yang terpenting bagaimana pandangan kita tentang hal itu, baik buruknya kita yang menilai. ( Tidak perlu memikirkan apa yang orang lain pikirkan).

    6. Pesan yang saya petik dari cerita tersebut adalah kita harus berusaha untuk memperbaiki dan merubah nasib kita untuk yang lebih baik, jangan berprasangka buruk terhadap takdir tuhan, karena Allah maha baik lagi maha pemurah.

    7. Cerita ini sangat menginspirasi. Kita tidak boleh langsung percaya dengan omongan orang yang belum tentu kebenarannya. Kita harus percaya dengan diri kita sendiri. Kita harus terus belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa meraih kesuksesan.

    8. Assalamualaikum wr.wb. pak,
      Menurut saya, Ceritanya sangat menarik bagi pembaca ,dan juga memiliki banyak hikmah yang dapat kita ambil bahwasanya jangan menyimpulkan atau mengambil keputusan sebelum kita sendiri yang merasakannya,dan seperti dalam firman Allah SWT yg artinya Allah tidak akan mengubah nasib seseorang itu kecuali seseorang itu berusaha untuk mengubah dirinya sendiri yg mana Kita yang mengerjakan atau kita yg berbuat tetapi Allah yg menentukan apa yg menjadi hak kita.

    9. Cerita di atas sangatlah menginspirasi pembaca serta banyak pelajaran yang dapat diambil, dimana Janganlah langsung mengambil keputusan atau langsung menyimpulkan sebelum kita mengalaminya sendiri. Cerita ini relate dengan kehidupan dan bagus untuk dijadikan pembelajaran

    10. Serasa ‘ditampar’ setelah membaca cerita ini. selama ini, entah kenapa saya selalu fokus dengan ucapan orang lain. Saya jarang percaya dengan pilihan saya sendiri. Saya merasa terlalu mudah dipngaruhi. Ucapan kakek dan nenek Ali, entah kenapa seperti sedang menegur saya juga.

  1. Ceritanya sangat menginspirasi, bahasa yang digunakan mudah dipahami serta cerita ini bisa dibaca oleh semua kalangan termasuk anak-anak

    1. menurut saya, cerita yang disajikan sangat menggugah pembaca. Karena, menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

  2. Cerita dibalut dengan isu terbaru membuatnya lebih fresh. Pemilihan kata tidak monoton sehingga mudah untuk dipahami. Bahasa yang digunakan juga ringan. Banyak pelajaran juga makna tersirat yang disajikan tidak hanya pada satu bagian saja.

  3. Cerita ini sangat menarik dan memiliki makna yang mendalam dan menusuk sekali dimana setiap orang itu memiliki pilihan nya sendiri dan pilihan yang bagus menurut orang lain itu belum tentu baik untuk kita

  4. Cerita yang sangat inspiratif dan banyak mengandung pengajaran hidup.

  5. Cerita ini memiliki makna yang sangat dalam, sangat menginspirasi dan membangkitkan kembali semangat untuk belajar dan mengejar mimpi.

  6. Ceritanya sangat inspiratif, mengingatkan saya atas tujuan diawal. Kita harus fokus dengan goals kita. Kita sebagai manusia harus memiliki planning, namun tuhan lah yang meng-acc.

  7. Cerita ini memiliki makna yang bagus dan memiliki bahasa yang mudah di pahami.

  8. Cerita nya bagus dan menarik, memberi nilai moral dan juga menginspirasi untuk pembaca dan cocok untuk dibaca oleh kalangan pelajar

  9. Cerita ini memiliki makna yang cukup dalam, dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Nyaman dibaca dan tidak membosankan. Mengajarkan kita bahwa jalan hidup kita akan kita tentukan sendiri dengan usaha kita saat ini

    1. Cerita ini memiliki pesan jangan pernah menyamakan prinsip kita dan cara berpikir kita dengan orang lain dan cara berpikir kita dengan orang lain , karena setiap orang punya prinsip hidup masing-masing.

  10. Cerita di atas sangat inspiratif karena banyak sekali pelajaran yang dapat di ambil di dalamnya. Salah satu pelajaran yang dapat kita ambil yaitu keyakinan kita akan memengaruhi sikap kita, dan sikap kita akan memengaruhi tindakan yang kita lakukan. Tindakan tersebut akan memiliki dampak pada nasib kita, namun pada akhirnya nasib kita ditentukan oleh usaha yang kita lakukan.

  11. Cerita ini sangat menginspirasi para pembaca,karena terdapat pembelajaran didalamnya. Makna yang terdapat dalam cerita ini yaitu kita harus belajar bersungguh-sungguh dalam mengusahakan nasib kita yang lebih baik di masa depan

    1. Dari cerita diatas, saya mengambil hikmah nya bahwasannya Nasib adalah Takdir Allah SWT. Tetapi kita mesti berikhtiar untuk merubah nasib kita. Hal yang amat penting dalam hidup adalah selalu memperbaharui pikiran kita. Keyakinan kita. Apa yang kita yakini akan memengaruhi sikap kita. Sikap kita akan memengaruhi terhadap apa yang kita lakukan. Apa yang kita lakukan akan terkait dengan nasib kita. Nasib itu, kita yang mengusahakan.

  12. Ceritanya sangat inspiratif dan memotivasi.
    Jadi pesan tersirat yang saya dapat dari cerita ini yaitu “kita tidak bisa mengetahui hasil sebelum kita mencobanya, maka lakukanlah sesuatu dengan sungguh-sungguh agar hasil yang kita peroleh lebih baik” dan “Jangan bandingkan proses kita dengan yang lain karena hasil akan sesuai dengan proses dan usaha”

    1. Cerita yang disajikan mengandung pesan moral dan sangat menginspirasi pembaca, dalam cerita tersebut juga disampaikan bahwa sikap kita akan memengaruhi terhadap apa yang kita lakukan.

  13. Wahh menarik bnget…di dalam cerita ada cerita juga ya…keren… sangat menginspirasi

  14. Ceritanya sangat inspiratif dan banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita tersebut. Salah satunya yaitu kita harus memperbaharui pemikiran dan keyakinan kita, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap apa yang kita lakukan.

  15. Ceritanya sangat jelas dan menginspirasi untuk orang-orang merubah pola pikirnya,dari sebelumnya cara pikir mereka yang belum luas setelah membaca ini mereka akan berpikir lebih dalam lagi bagaimana konsep yang harus diterapkan dalam kehidupan agar apa yang terjadi pada masa yang mendatang sesuai dengan keinginan kita.

  16. Cerita nya sangat menginspirasi untuk semua orang dan terutama anak anak muda jaman sekarang.
    Dan kita dapat memetik banyak pelajaran dalam cerita tersebut.

  17. Pesan yang terkandung didalam cerita sangat bermanfaat, ceritanya sangat menginspirasi semua kalangan dan bahasanya mudah dipahami, tidak membuat kita bosan saat membacanya.

  18. ceritanya sangat menarik, inspiratif, dan bahasa nya mudah dipahami. mengajarkan kita untuk selalu berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan, karena dengan usaha kita bisa merubah nasibnya kita.

  19. Ceritanya sangat menarik dan inspiratif, banyak hikmah dan pesan moral yang dapat diambil dari setiap kata dan dialog pada cerita. pesan yang dapat di petik dari cerita tersebut adalah nasib adalah usaha yang kita tentukan, dan jangan pernah membandingkan proses yang kita lakukan dengn orang lain. kita tidak boleh mudah mempercayai apa kata orang lain yang belum pasti kebenarannya, bisa jadi orang tersebut berbohong dan belum pernah merasakannya. Yang harus kita lakukan adalah mengubah pola pikir menjadi jauh lebih baik dan selalu berusaha,semangat, dan berhati hati. karena nasib kita, kita sendiri yang mengusahakan

  20. Dalam cerita ini tidak hanya sekedar hiburan untuk dibaca saja, tetapi disini juga ada pelajaran yang dapat kita terapkan dalam kehidupan kita. Pada cerita ini permasalahan yang ada di dalamnya juga banyak kita jumpai di kehidupan nyata. Jadi bukan hanya orang dewasa saja yang bisa baca lalu mengambil pelajaran hidup di dalamnya, tetapi juga bisa dibaca oleh anak-anak atau kalangan mana saja.

  21. Cerita yang menggambarkan kehidupan sehari-hari, dengan kejadian yang biasa ditemui, terdapat beberapa pesan, diawali dengan berbohong demi kebaikan, dan kepercayaan dilihat dari bagaimana seseorang bersikap.

    1. Pesan moral dari cerita di atas adalah, kita harus selalu berusaha dalam mencapai tujuan, karena nasib kita harus kita yang mengusahakan, dan kita jangan membandingkan proses kita dengan orang lain

  22. Kita tidak boleh bersikap sombong dan kita harus tetap optimis dan berusaha ketika menginginkan sesuatu, tugas kita hanya berusaha, berdoa dan tawakal dan Allah lah yang menentukan nasib kita kedepannya.

    1. Menurut pendapat saya cerita di atas mengajarkan kepada kita inspirasi bagaimana cara untuk mengejar sebuah keinginan dengan usaha kita sendiri…

  23. harus pandai memahami apa maksud yang diungkapkan oleh orang lain kerena apa yang diungkapkan dan dia maksudkan belum tentu sama dengan apa yang kita tanggap dari ungkapan tersebut.
    Contoh: seperti yang dikatakan Baginda singa bahwa anggur itu asam karena dia belum pernah merasakan anggur tersebut sehingga dia bisa mengatakan bahwa anggur itu asam
    Berbeda dengan sekelompok monyet, mereka mengatakan bahwa anggur itu manis Karen mereka sudah pernah memakan anggur tersebut. Jadi, perkataan Baginda singa tidak salah dikarenakan dia belum pernah mencoba memakan anggur dan perkataan sekelompok monyet benar dikarenakan mereka telah pernah mencoba memakan buah tersebut

    1. Kita harus berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk memperoleh nasib dan takdir yang baik untuk masa depan. Jika memang mengalami kegagalan, berarti Allah lah yang telah memutuskannya. Namun sebagai manusia, yang dapat kita lakukan adalah selalu berusaha dan berdoa kepada Allah. Sebab tanpa usaha dan hanya menyerahkan takdir kepada Allah itu sama saja menyerah sebelum berjuang.

  24. Cerita nya menarik, kita harus fokus untuk menangkap maknanya. Benar jika pernah mengalami hal itu, tidak salah karena belum mengalami nya. Toh, belum dicoba ya tidak tau kan.

  25. Nasib itu kita yang mengusahakan, orang lain tidak akan bisa mengetahui bagaimana nasib kita kedepannya karena hanya Allah lah yang mengetahui nasib kita. Kita hanya bisa mengusahakan agar nasib kita baik dan sesuai dengan kita harapkan tapi kembali lagi kepada doa, jika usaha kita tidak diiringi dengan doa maka usaha itu tidak akan berjalan dengan mulus karena Allah itu Maha Pemurah, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang.

    1. jatuh dan bangkit kita yang nentuin ,dan ceritanya sangat menginspirasi .
      #satu kata berbiasalah ,berbahagialah .

  26. menurut saya, cerita yang disajikan sangat menggugah pembaca. Karena, menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

  27. Cerita bisa menjadi salah satu tempat kita mencari ilmu yang bermanfaat karna dalam cerita kita bisa menemui banyak yang belom di ketahui banyak motivasi2 yang bisa menjadi pedoman untuk kita sepertinya cerita ini. Berusahalah karna apa yang kita usahakan akan menjadi milik kita dan hanya kita yang tau bagaimana kita kedepannya
    “Man Jadda Wajada”

  28. Pesan yang dapat saya ambil dari cerita di atas bahwasanya sesuatu di lakukan dengan hati yang ikhlas akan mendapatkan balasan yang setimpal

  29. siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. Ini pepatah Arab yang menegaskan bahwa keberhasilan dan kesuksesan bisa diperoleh siapa saja yang berusaha dengan kesungguhan. apabila ada usaha pasti akan ada hasil yang diterima

  30. Cerita yang sangat inspiratif, menarik, dan banyak mengandung pengajaran hidup. Kita diajarkan agar jngan mengambil atau menyimpulkan sesuatu hal sebelum kita mencobanya..

  31. Menurut saya cerita ini sangat mempunyai makna yang terdalam,dari kisah tersebut disaat kita berusaha banyak sekali ujiannya entah itu dari seorang pencintap ataupun dari orang lain tapi kita tidak boleh larut dalam sebuah penilaian seseorang karena tidak semua orang tahu nasib kita kedepannya,kita hanya perlu berusaha bersungguh-sungguh dan berdoa ke pada Allah SWT bahwa setiap usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

  32. Ceritanya sangat menginspirasi, dan bahasa yang di gunakan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

    1. Cerita nya sangat menarik dengan bahasa yang mudah di pahami serta banyak mengandung pengajaran hidup. Kita diajarkan agar jngan mengambil atau menyimpulkan sesuatu hal sebelum kita mencobanya Pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah, Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika seseorang tersebut tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri.

  33. Cerita nya memiliki makna yang sangat dalam dan mengandung pesan moral yang mengajarkan kepada para pembaca bahwa semua yang terjadi sudah berada di dalam takdir tuhan yang maha esa.cerita ini sangat menarik dan menginspiratif bagi para pembaca nya .

  34. Menurut saya cerita nya sangat inspiratif,menghibur serta membuat pembaca terhanyut dalam karyanya itu. Makna yang terdapat dalam cerita ini yaitu kita harus belajar bersungguh-sungguh dalam mengusahakan nasib kita yang lebih baik di masa depan,serta cerita ini cocok untuk diedukasikan untuk anak-anak

  35. Kita harus saling menghormati sesama warga, pemimpin juga menghormati warganya dan di dalam suatu kelompok kita harus selalu kompak

  36. Semangat dan motivasi dalam melakukan sesuatu sangat dibutuhkan untuk mengusir rasa malas dan pesimis. Lebih dari itu, kita juga mengenal adanya pepatah yang mengatakan bahwa ‘tiada hasil yang akan mengkhianati usaha’.

  37. Menurut saya dalam kehidupan tidak boleh ada kesombongan dalam diri dan kita harus berusaha dalam mencapai keinginan atau tujuan .

  38. Ceritanya sangat menarik dan menginspirasi pembaca, dengan pesan moral yang disampaikan bahwa kita harus bersungguh-sungguh dalam mencapai yang kita inginkan dengan belajar dengan giat dan rajin. Jangan mendengarkan perkataan orang yang salah dan sebelum kita mencoba sesuatu dan mengusahakannya maka jangan pernah menyerah. Dengarkan nasehat orang tua dan orang-orang baik di sekitar kita untuk mencapai kesuksesan dan kebaikan hidup di dunia dan akhirat.

  39. Dari cerita yang menginspirasi ini kita dapat satu pesan dari Nenek yaitu “Nasib itu kita yang mengusahakan”. Bagaimanapun keadaannya nasib itu kita yang menentukan. Jangan karena terhasut oleh pengaruh buruk teman, kita mendapatkan nasib buruk. Saat kita tau bahwa apa yang dipikirkan dan dikerjakan teman itu salah, sebaiknya kita jangan mengikuti jejak mereka. Alangkah lebih baiknya jikalau kita mengingatkan mereka. Berbagi ceritalah dengan seseorang yang lebih tua dari kita, karena pengalaman mereka tentang hidup sudah banyak. Sehingga kita dapat membuka pikiran kita tentang suatu masalah.

    1. Ceritanya menarik,inspiratif dan penuh pelajaran. Mengajarkan agar kita tidak boleh sombong terhadap apapun dan selalu optimis atas keinginan dan cita-cita yang ingin dicapai, selalu rendah hati,berusaha dengan penuh semangat dak tidak malas malasan. Jangan pernah menyerah jika ingin sukses, usaha yang optimal dan tetap rendah hati saling menghormati.

  40. Cerita Ali dan Anggur Masam ini sangat menginspirasi karena memiliki banyak pesan moral didalam cerita tersebut.
    Salah satunya,kita tidak boleh mengatakan sesuatu dan percaya perkataan seseorang yang belum mengalami hal yang ia katakan,dan Nasib kita itu kitalah yang memilih

  41. Menurut pemahaman saya, cerita diatas sangat memberikan inspirasi dan membawa perubahan pandangan hidup terutama generasi muda sekarang agar untuk tidak mengeluh terhadap apa yang dilalui saat sekarang ini. Karna itu, tidak boleh menyerah pada awal perjuangan yang dilalui sekarang serta usaha yang dilakukan sekarang akan berbuah baik kedepannya asalkan tidak dengan kata menyerah dan putus asa.

  42. Cerita ini sangat memotivasi dan banyak pengajaran tentang kehidupan, tetaplah fokus pada tujuan utama kita dan jangan terpengaruh terhadap orang lain, janganlah mudah percaya pada perkataan orang yang belum pernah mengalami suatu hal yang ia bicarakan.

  43. Ceritanya sangat menginspirasi dan memotivasi kita untuk selalu berusaha dan bersungguh-sungguh untuk mencapai kesuksesan, kita tidak perlu memikirkan apa yang orang katakan, dan kita harus bisa menjadikan perkataan tidak baik dari orang lain menjadi motivasi untuk berhasil mencapai sesuatu, dan kita tidak perlu mengikuti dan membandingkan diri kita dengan orang lain, kita harus menjadi orang yang cerdas dalam menanggapi sesuatu.

  44. Cerita sangat bagus karna ada lawakan di dalamnya yang membuat pembaca tidak bosan dalam membacanya dan ceritanya juga memberi pelajaran kepada kita semua untuk terus berusaha dan jangan mengeluh.

  45. Yang dapat saya tangkap dari cerita tersebut adalah,jangan samakan diri kita dengan orang lain karena setiap orang mempunyai potensi yang berbeda.Apalagi percaya kepada orang yang mempunyai pikiran kurang maju maka jangan terpengaruh.Urusan takdir di tangan Allah tetapi usaha kita bisa merubah takdir kita menjadi lebih baik.

  46. menurut saya cerita tersebut mengajarkan pada kita bahwa untuk menjalankan sesuatu dalam hidup jangan mengikuti perkataan orang lain yang dapat menghambat masa depanmu, yakinlah pada keputusan dan usaha yang kamu buat selagi sesuai dengan kemampuanmu.

  47. Menurut saya, dari cerita inspiratif diatas dapat kita ambil pelajaran hidup bahwa, hanya kita dan usaha kita sendirilah yang dapat menentukan nasib kita kedepannya seperti apa, orang lain boleh berkomentar tentang hidup kita namun belum tentu apa yang dibicarakan orang lain sesuai dengan ketetapan Tuhan, karena dalam Islam Allah SWT tidak akan meruba nasib suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak mau merubah nasibnya.

  48. Menurut saya tentang cerita diatas sebelum mencoba jangan terpengaruh sama omongan orang lain dan jangan mengambil keputusan yang cepat, sebelum mencoba. Karena nasib kita, kita lah yang menentukan bukan orang lain.

  49. Ceritanya sangat menggambarkan situasi sosial(?) masa kini yang tidak ada pendirian dan terlalu bergantung oleh siapapun yang lebih banyak bicara entah itu benar/fakta atau tidak, entah itu valid 100% atau tidak. Nilai yang dapat kita ambil adalah buatlah keteguhan dengan pendirian dan selalu instrospeksi diri, mengupdate pola pikir dan banyak ilmu dari sumber yang ‘kredibel’

  50. Menurut pendapat saya cerita di atas menginspirasi bagaimana kita mencapai sebuah pencapaian dengan dirikitabatau usaha kita sendiri

  51. Menurut saya cerita diatas memberikan inspirasi dan pesan moralnya. Seperti tidak mengambil kesimpulan apalagi hanya sebatas perkataan orang lain, jadi sebelum kita mencobanya sendiri maka kita tidak perlu harus percaya pada perkataan orang lain. Dan dalam mengambil keputusan tidak perlu tergesa-gesa karena nasib kita tergantung dengan pilihan kita bukan pilihan orang lain.

  52. Ceritanya sangat inspiratif dan banyak mengandung nilai nilai positif yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari

  53. Menurut pendapat saya,cerita nya sangat menginsipratif terutama untuk saya sendiri karena banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita tersebut salah satunya jangan pernah mendengarkan perkataan orang lain sebelum kita pikirkan secara logika dan akal sehat

  54. Dalam cerita tersebut, saya melihat pesan yang ingin disampaikan adalah tentang pentingnya usaha dan kerja keras dalam meraih hasil yang diinginkan. Tidak ada jaminan bahwa kita akan selalu mendapatkan hasil yang baik tanpa melakukan usaha. Dalam hal pendidikan, belajar adalah kunci untuk meraih kesuksesan dan menggapai cita-cita, dan uang memang bukan segalanya, tetapi tetap menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan kita.

    Mengambil contoh dari cerita tersebut, jika seseorang merasa tidak perlu belajar karena mereka yakin akan lulus, itu bisa menjadi tindakan yang ceroboh dan menghasilkan hasil yang buruk di masa depan. Begitu juga dengan mengabaikan pentingnya uang. Meskipun uang bukan segalanya, namun penting untuk memenuhi kebutuhan dasar kita dan memberikan stabilitas keuangan dalam hidup.

    Saya percaya bahwa kita harus berusaha keras dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan kita, sambil tetap mempertimbangkan kebutuhan kita dan bertindak dengan bertanggung jawab. Jangan pernah meremehkan pentingnya belajar dan berusaha, dan jangan mengabaikan kebutuhan kita yang penting seperti uang dan kesehatan.

    1. Menurut saya cerita tentang Ali dan anggur masam ini sangat menginspirasi. Cerita ini mengajarkan bahwa dalam menjalani kehidupan kita harus percaya dan yakin dengan keputusan kita. Jangan mudah percaya kepada orang lain dan setiap hasil yang ingin dicapai baik, tentu membutuhkan proses dan usaha yang baik pula. Untuk itu kita harus tetap belajar dan berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan kita.

  55. Menurut saya ceritanya sangat inspiratif.Banyak pesan moralnya.Salah satunya yaitu jangan dengarkan kata orang yang terkadang belum tentu benar,yakinlah kepada diri sendiri dan jangan pernah takut untuk mencoba.

  56. Menurut saya cerita tersebut memberikan inspiratif dan pengetahuan kepada kita para pembacanya untuk tidak mudah percaya terhadap sesuatu yang dibicarakan oleh orang lain yang belum tentu kebenarannya dan untuk mencapai sebuah kesuksesan kita harus menjalani proses dan usaha terlebih dahulu untuk memperoleh akhir yang lebih baik. Jangan berpendapat sebelum kita mencobanya

  57. Ceritanya sangat menginspirasi. Pesan yang dapat diambil ialah jangan mudah percaya dengan apa yang dikatakan orang lain, sebelum kita sendiri yang mencobanya. Jikapun harus percaya, maka kita harus memastikan bahwa orang tersebut mengatakan hal yang jujur dan memperlihatkan bukti, bukan hanya sekadar ucapan saja. Selain itu, sebagai manusia, kita harus senantiasa berusaha untuk melakukan segala hal terbaik dalam hidup.

  58. Pesan yang dapat saya ambil dari cerita ini yaitu jika kita belum pernah merasakan atau mencoba sesuatu, kita tidak boleh menyerah dan menyimpulkan itu sesuatu yang sulit sebelum kita merasakannya atau mencobanya. Yang menentukan takdir berhasil atau tidaknya seseorang adalah diri kita sendiri, selagi kita ingin berusaha untuk mengubah diri dan tidak bermalas-malasan. Tuhan hanya menentukan apa yang menjadi hak kita.

  59. Cerita ini sangat inspiratif dan banyak pelajaran yang bisa di ambil di dalam nya

    1. Cerita ini memiliki banyak pengajaran, bahwa kita harus mencoba dulu baru kita tahu apa hasilnya, jadi jangan mengambil kesimpulan tanpa mengambil mencoba terlebih dahulu

  60. keren sekali, terkadang kita menjumpai masalah seperti ini, banyak orang yang berbicara seenaknya tampa merasakannya langsung.

  61. Cerita yang mendidik dan cocok untuk dijadikan bacaan sehari hari, terdapat pengajaran hidup yang berharga dalam amanat cerita ini

    1. Cerita ini sangat memotivasi saya dan pesan yang dapat saya ambil dari cerita di atas ialah,janganlah kamu menyerah sebelum mencoba dan tetaplah berusaha.Kita harus berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk memperoleh nasib dan takdir yang baik untuk masa depan.

  62. Ceritanya bagus, dimana kita belum boleh memberi komentar mengenai sesutu, jika kita belum pernah mengalaminya dan kita harus selalu melakukan diskusi dengan orang yang lebih berpengalaman, seperti kakek dan nenek.

  63. Pesan yang saya dapat di cerita ini yaitu jangan kamu mendengar omongan orang lain yang belum pernah mengalami kejadian tersebut
    Karena itu akan membawa kita ke jalan yang rumit atau lebih susah untuk mencapai impian yng mau di capai
    Dan juga membuat kita bodoh karena telah percaya sama orang lain
    Percayalah kepada diri kita masing- masing
    Bukan berarti semua orang tidak dapat di percaya tetapi lakukan apa yang menurutmu baik.

  64. cerita yang sangat bagus dan menginspirasi, pesan yang mungkin bisa di jabarkan adalah teruslah berusaha sampai berhasil mendapatkan apa yang menjadi keinginan kita, bahwasanya tahapan orang berbeda beda untuk menuju keberhasilan,, Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum, jika bukan kaum itu sendiri yang merubah nya,,percaya lah pada diri kita kalau kita itu bisa. dan lakukan yang terbaik

  65. Cerita ini sangat menarik dan penuh dengan pesan moral yang mendalam yang mengajarkan pentingnya perspektif yang berbeda dan bahwa keyakinan kita tidak selalu menjadi kebenaran universal. Kakek dan Nenek memberikan panduan bijak tentang cara menghadapi perbedaan pendapat dan mencari solusi untuk pertikaian.

  66. Ceritanya memberikan pesan bahwa janganlah kamu menyerah sebelum mencoba tetaplah berusaha sampai kamu bisa mencapai apa yang kamu cita-citakan karena nasib seseorang bisa berubah atas apa yang ia usahakan.
    Dan jangan kamu mendengarkan omongan yang belum pernah mengalami kejadian tersebut.

  67. Jangan takut untuk mencoba hal baru , jangan takut gagal percayalah pada diri sendiri dan Allah akan selalu membantumu

  68. Cerita ini sangat menarik dan penuh dengan pesan moral yang mendalam yang mengajarkan pentingnya perspektif yang berbeda dan bahwa keyakinan kita tidak selalu menjadi kebenaran universal. Kakek dan Nenek memberikan panduan bijak tentang cara menghadapi perbedaan pendapat dan mencari solusi untuk pertikaian.
    Dan salah satu pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah, Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika seseorang tersebut tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri. Dan tahapan kehidupan seseorang itu berbeda-beda karena jalan hidup kita dengan yang lain tidaklah sama. Jadi, berusaha lah semaksimal mungkin untuk bisa meraih apa yang kita inginkan.

  69. cerita yang sangat bagus dan menginspirasi, pesan yang mungkin bisa di jabarkan adalah teruslah berusaha sampai berhasil mendapatkan apa yang menjadi keinginan kita, bahwasanya tahapan orang berbeda beda untuk menuju keberhasilan jadi tetaplah semangat

  70. Ceritanya sangat menginspirasi saya sebagai pembacanya pak. Jangan pernah takut dalam memulai suatu yang baru karna kita belum tentu gagal dalam hal tersebut. Bagaimana pentingnya percaya diri kita perlukan supaya kita dapat memulai sesuatu tersebut jangan pernah berhenti sebelum mencoba, pernah mencoba lalu gagal sekali lalu jangan pernah menyerah untuk melakukannya sampe bisa.

  71. Pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah, Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika seseorang tersebut tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri. Dan tahapan kehidupan seseorang itu berbeda-beda karena jalan hidup kita dengan yang lain tidaklah sama. Jadi, berusaha lah semaksimal mungkin karna takdir itu di jemput

  72. Ceritanya berisi pesan moral , bahwa jangan pernah takut untuk memulai sesuatu. Gagal atau tidak nya itu tergantung dari usaha kita sendiri, dan jangan pernah menyerah dalam keadaan apapun.

  73. Cerita yang sangat menginspirasi dan memotivasi. Banyak pesan moral yang bisa kita dapatkan dari cerita ini. Dari cerita ini dapat kita mengambil kesimpulan, bahwa suatu ‘ilmu’ tidak pernah ada yang sia sia. Dan juga, untuk masa depan yang gemilang, kita harus berusaha dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Setiap kita memiliki jalan yang berbeda, setiap kita memiliki cerita yang berbeda. Oleh karena itu, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai apa yang kita inginkan.

  74. Pesan yang dapat saya ambil dari cerita diatas adalah, pentingnya kita mencoba hal yang ingin dicapai, jangan terpengaruh dari pendapat orang lain yang bahkan belum pernah mencoba. Jangan mudah menyerah karena gagal, tapi jadikan kegagalan tersebut untuk lebih semangat mencapai yang kita inginkan. Karena tahap yang dilalui oleh setiap orang tidaklah sama.

  75. Ceritanya memberikan pesan bahwa janganlah kamu menyerah sebelum mencoba tetaplah berusaha sampai kamu bisa mencapai apa yang kamu cita-citakan karena nasib seseorang bisa berubah atas apa yang ia usahakan. Ingat kata pepatah bersakit sakit dahulu bersenang-senang kemudian artinya biarlah banyak sekali rintangan dalam hidup kita tapi semangattt kita ga boleh pudar.

  76. Ceritanya sangat menarik. Dari cerita tersebut saya dapaf memahaminya bahwa jangan pernah takut gagal dan mencoba hal hal baru.Jadilah orang yang percaya diri dan memiliki tekad dalam melakukan sesuatu agar apa yang kita inginkan dapat digapai dengan mudah.Jangan mudah menyerah dalam melakukan sesuatu,kegagalan adalah sebuah keberhasilan yang tertunda.

  77. Pesan saya dari cerita bapak adalah Hanya Allah SWT yang maha tau segala hal apa yang terjadi kedepannya dan bagaimana hal itu terjadi, kita hanya perlu usaha dan doa untuk mencapai apa yang telah Allah SWT tetapkan.dan jangan kamu terlalu mendengar omongan orang lain yang belum pernah mengalami kejadian tersebut
    Karena itu akan membawa kita ke jalan yang rumit atau lebih susah untuk mencapai impian yang mau di capai
    Dan juga membuat kita kurang pintar karena telah percaya sama orang lain
    Percayalah kepada diri kita masing- masing
    Bukan berarti semua orang tidak dapat di percaya tetapi lakukan apa yang menurutmu baik.

  78. Cerita ini mengajarkan kita untuk jangan menyerah terlebih dahulu sebelum memulai apa yang belum kita mulai dan berusaha untuk mendapatkan yang terbaik karena Allah sudah mengaturnya dengan sebaik baiknya dan Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Gagal atau kalah itu hal yang biasa asalkan kita terus mencoba. Jangan pernah dengarkan apa kata orang lain sebelum kita mencobanya, karena bisa saja hasilnya akan berbeda antara kita dan orang orang tersebut.

  79. Cerita ini sangat menginspirasi sekali, jadi dapat saya simpulkan seseorang yg tidak akan mengerti sebelum dia merasakan nya.

  80. Ceritanya sangat menarik dan banyak sekali pelajaran yang dapat di ambil dari cerita tersebut.

  81. Cerita Ali dan Anggur Masam adalah sebuah cerita yang inspiratif dan dapat memberikan kita pelajaran berharga dalam hidup. Cerita ini mengajarkan kita untuk bersyukur, menerima diri sendiri, dan berusaha untuk meraih apa yang diinginkan.

  82. Dari cerita ini Kita belajar bahwasanya, kita tidak boleh membatasi kemampuan kita sendiri sebab kemampuan orang dan rezeki orang itu berbeda² jadi tidak ada yang tau masa depan orang itu ngimana kedepannya dan nasib orang itu ngimana kedepannya, selagi kita mencoba dan berusaha tidak ada yang mustahil bagi kita semua pasti bakal dibukakan jalan olah tuhan yang maha kuasa

  83. Cerita ini membuat saya semakin ingat akan jalan tujuan dan yakin dengan pendirian, bukan hanya karena orang lain melakukan sesuatu yang tidak seperti kita lakukan bukan berarti kita salah dan harus mengikuti tindakan orang itu juga. Pesannya sangat mendalam dan menginspirasi.

    1. Cerita yang bagus dan menginspirasi, mengajar kan kita untuk bersyukur, menerima diri sendiri , kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

  84. Cerita ini sangat menginspirasi untuk para pembaca, tentang banyak nya argumen yang mudah merusak keinginan kita untuk melakukan sesuatu. Dan tidak semua argumen yang dikatakan itu sesuai dengan kenyataan sehingga kita tidak boleh dengan gampang termakan argumen yang belum tentu benar.

  85. Pesan yang dapat diambil dari cerita ini adalah (1) selalu berusaha untuk meraih apa yang kita cita-citakan, (2) tidak takut untuk mencoba, (3) selalu bersyukur atas apa yang kita miliki. Manusia tidak dapat menentukan takdir yang dia miliki, tetapi manusia diberikan hati untuk belajar menerima keadaan tanpa membenci kenyataan dan belajar untuk berproses tanpa protes.. Tugas manusia hanya sebatas berusaha dan berdoa, bukan memaksakan hasil. Manusia punya harapan tapi semesta punya kenyataan. Terima dan hadapilah semua yang terjadi dengan senang hati dan bersyukur, karena Allah Maha Mengetahui segalanya, sedangkan kita tidak tau apa-apa.

  86. Cerita yang dibuat juga memakai nilai religi, satu hal yang jarang ada pada cerita cerita pendek, hal tersebut menambha keunikan dari cerita itu sendiri

  87. Dalam ceita ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa, kita jangan mendengarkan orang2yg malas berusaha.karena nasip kita tergantung dari ketekunan kita dalam berusaha,usaha tidak akan menghianati hasil dan jangan lupa beribadah dan berdoa

    Terima kasih

    1. Fiona Putri Aryanti (23129317)
      Dari cerita di atas kita dapat menyimpulkan bahwa janganlah kita menyerah dan menyimpulkan sesuatu sebelum kita mencoba nya, karena Allah akan membantu hambanya yang mau berusaha

  88. Cerita ini sangat menginspirasi dan mudah dipahami. Banyak hal-hal yang baik bisa kita pelajari dari cerita ini

  89. Cerita yang sangat menginspirasi,yang mengajarkan kita untuk senantiasa semangat dalam belajar dan berusaha melakukan peng upgrade an diri.Agar kita memiliki pemikiran yang baik akan pentingnya sebuah usaha,dan tidak hanya menyerahkan semuanya kepada takdir saja.Semua memang terjadi sesuai takdir Allah,tapi juga diperlukan usaha dari kita untuk menggapai tujuan hidup kita di dunia ini.Karna Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum ,melainkan kaum itu sendiri yang mengubahnya.Seperti halnya kita terlahir sebagai orang miskin ke dunia ini,tapi hal tersebut tentu tidak akan membuat kita menyerah dan putus asa begitu saja,karena takdir bisa saja berubah melalui usaha dan kerja keras.Jika kita semangat dalam belajar,menjadi siswa yang pintar,sehingga bisa bersekolah dengan beasiswa,hingga melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.Semua hal tersebut mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang yang memiliki ekonomi dibawah rata,tapi hal tersebut bisa saja terwujud dengan adanya beasiswa.Dan untuk mendapatkan beasiswa itu tentunya kita harus rajin belajar bukan?Tidak bisa hanya berlindung dengan pendangan “Belajar atau pun tidak kita akan tetap sama-sama Lulus.”Lulusnya kita tentu dengan hal yang berbeda.
    Begitupun ketika kita hendak memasuki dunia kerja,jika pendidikan kita baik,dan prestasi yang kita dapatkan juga banyak,tentu peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik itu sangat besar.Pekerjaan dengan posisi jabatan yang tinggi,serta dengan gaji yang cukup memuaskan .Tentu dari hal tersebut dapat mengubah kehidupan kita yang awalnya biasa-biasa saja menjadi orang yang berada.

  90. Nasib atau apapun yang terjadi pada masa depan ditanggung oleh diri sendiri, maka sebelum memutuskan untuk menyerah dan mendengarkan orang yang lalai ada baiknya untuk kita coba terlebih dahulu. Karena mungkin saja apa yang kita lakukan memperoleh hasil yang lebih bagus dimasa depan. Jangan takut untuk memulai, sebagai manusia kita hanya pada perlu berusaha sebaik mungkin sampai usaha yang paling maksimal. Manusia memang di takdirkan memiliki rasa tidak puas diri terhadap apa yang dimiliki. Tapi akan ada lebih baik kalau bersyukur terhadap hal yang kita miliki, tanpa harus membandingkan dengan milik orang lain. Karena dengan bersyukur kita akan memperoleh ketenangan batin.

  91. Cerita yang sangat mendalam dan penuh pelajaran. Ini menggambarkan bagaimana kita sering kali membuat kesimpulan tentang sesuatu tanpa pengalaman langsung. Sama halnya dengan perkataan Bambang dan Wawan, yang meremehkan pentingnya belajar, kita tidak bisa memahami sesuatu secara mendalam tanpa usaha dan pengalaman yang sesungguhnya. Dimna kakek dan nenek memberikan pelajaran penting bahwa kita harus selalu berusaha, belajar dan sungguh-sungguh, dan tidak terlalu cepat membuat kesimpulan

  92. Ceritanya menarik. Disini dapat diketahui bahwasanya nasib merupakan pilihan yang dapat diubah jadi tetaplah berusaha jangan mendengarkan omongan orang yang tidak berguna teruslah melangkah maju.

  93. cerita ini sangat menarik, karna jangan pernah mendengarkan omongan orang lain, percayalah pada diri sendiri, dan yakini kalo kita bisa melakukan hal yang mau kita capai.

  94. Ceritanya sangat menarik dan inspiratif, banyak hikmah dan pesan moral yang dapat diambil, seperti pentingnya keadilan, kepemimpinan yang bijaksana, berpikir kritis, kerja keras, dan keyakinan dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan. Ini adalah cerita yang memotivasi untuk berpikir positif, bekerja keras, dan berusaha mencapai tujuan dengan penuh semangat.

  95. Pesan yang dapat diambil dari cerita ini adalah (1)Setiap orang mempunyai takdirnya masing masing. Ada orang yang ditakdirkan penuh kebahagiaan,ada pula sebaliknya. Saat takdir itu datang,tak ada yang bisa menolaknya. Meski kita sudah hati hati dalam bertindak dan melangkah. Takdir memang sudah digariskan,tetapi bukan berarti tidak bisa diubah. Jika menginginkan takdir yang baik,maka jalan satu satunya memohon pada sang pencipta. Dia-lah yang mampu mengubah takdir seseorang. Allah akan memberi takdir yang baik selama manusia sungguh-sungguh dalam bertakwa. (2)Selalu berusaha untuk mengejar cita-cita. Apa yang kita cita-citakan raihlah dengan sungguh-sungguh dan fokus untuk mengejar cita-cita agar cita-cita kita menjadi kenyataan.

  96. ceritanya sangat menginspirasi. Dan banyak pesan moral yg bisa kita tetapkan pada diri kita. Dari cerita ini dapat kita ambil bahwa suatu ilmu tidak pernah ada yg sia sia. Selagi kita berusaha dan bersungguh-sungguh. Oleh sebab itu janganlah putus asa dan selalu berusaha semaksimal mungkin.

    1. Wah, bagus sekali. Ceritanya mengandung makna yang sangat menginspirasi. Kita juga mendapatkan banyak pelajaran dan pemahaman serta cerita ini bisa mengubah pola pikir hidup seseorang. Sebagai seorang yang sedang menempuh pendidikan, cerita seperti ini sangat dibutuhkan sebagai penyemangat menjalani semuanya.

  97. Cerita ini sangat menarik dan inspiratif. Suatu hal yang bisa kita petik dari cerita ini andalah janganlah kita menyerah sebelum mencoba nya tetaplah berusaha sampai kita bisa mencapai apa yang kita ingin kan,karena nasib seseorang bisa berubah atas apa yang ia usahakan. Jangan mudah menyerah dalam melakukan sesuatu,kegagalan adalah sebuah keberhasilan yang tertunda.jadi berusahalah dengan semaksimal mungkin dan sekuat tenaga kita untuk mencapai keberhasilan.

  98. Cerita tersebut banyak mengandung nilai nilai yang luhur. Nilai keagamaan dan tentang pola pikir kita sebagai manusia. Nilai keagamaan bahwa Allah SWT adalah yang maha pengasih dan penyayang pada setiap hamba hambanya dan tugas kita adalah terus berusaha dan berdoa kepada Allah dan tidak boleh mengeluh terhadap takdir yang telah Allah berikan, karena Allah lebih mengetahui yang terbaik untuk kita.
    Selain itu dari cerita diatas mengajarkan bahwa kita harus memiliki pola pikir yang baik. Karena pola pikir akan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari kita bahkan akan berpengaruh pada masa depan kita.
    Pola pikir akan mencerminkan kepribadian dan jiwa seseorang .

  99. Cerita ini memberi inspirasi kepada para pembaca seperti saya. Banyak pesan moral yang terdapat dalam cerita ini. Salah satunya yaitu kita jangan menyerah terlebih dahulu sebelum memulainya dan berusaha mendapatkan yang terbaik karena semua telah di atur Allah.

  100. menurut saya, cerita yang disajikan sangat menggugah pembaca. Karena, menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

  101. Menurut saya ceritanya sangat menginspirasi, kita jangan pernah mengambil atau menyimpulkan sesuatu hal sebelum mencobanya. Nasib itu ditentukan oleh allah, tapi kita harus berusaha juga untuk nasib yang baik.

  102. Menurut saya ceritanya sangat menginspirasi, kita jangan pernah mengambil keputusan sebelum mencobanya. Takdir dab Nasib seseorang memang di tentukan oleh Allah, tapi kita sebagai manusia harus bisa berusaha dan tidak hanya berpasrah saja.

  103. Ceritanya cukup menarik, menginspirasi, bisa menjadi pedoman buat seseorang. Kita jadi manusia harus selalu berfikir positif, apapun yang tuhan rencanakan kepada kita pasti ada hikmahnya. Kejarlah cita-cita mu jangan ada kata untuk menyerah selagi kita mau mencoba tidak ada kata mustahil bagi usaha yang sudah kita lakukan

  104. Cerita sangat menginspirasi. Dari cerita ini dapat kita pahami bahwa suatu ilmu tidak pernah ada yang sia-sia. Janganlah menyerah sebelum mencoba tetaplah berusaha sampai kita bisa mencapai apa yang kita inginkan, karena nasib seseorang bisa berubah atas apa yang ia usahakan.

  105. Adinda humayra putri
    (BI-NS-0208)
    Menurut saya cerita bapak sangat inspiratif.Banyak pelajaran yang bisa saya pelajaridsri tulisan bapak,seperti jangan mudah menyerah,jangan pernah mendengarkan perkataan yamg tidak baik dari orang lain dan berusaha lah sekuat mungkin

  106. Cerita ini sangat menginspirasi dan memotivasi para pembaca bahwa kita tidak boleh pasrah kepada takdir kita, kita bisa mengubah takdir kita dengan cara bersungguh sungguh untuk mencapai tujuan yang lebih bagus. Dan jangan lah menyerah selagi kita mampu untuk mencobanya lagi karna kalau kita menyerah tujuan yang ingin kita capai akan hilang dan itu akan merugikan kita

  107. Cerita ini mengajarkan bahwa seringkali kita membuat kesimpulan tanpa pengalaman langsung. Seperti yang dialami oleh Bambang dan Wawan, yang kurang menghargai pentingnya belajar. Kakek dan nenek memberikan pesan penting bahwa kita harus selalu berusaha, belajar dengan sungguh-sungguh, dan tidak terburu-buru membuat kesimpulan.

  108. Cerita ini mengajarkan bahwa seringkali kita membuat kesimpulan tanpa pengalaman langsung. Seperti yang dialami oleh Bambang dan Wawan, yang kurang menghargai pentingnya belajar. Kakek dan nenek memberikan pesan penting bahwa kita harus selalu berusaha, belajar dengan sungguh-sungguh, dan tidak terburu-buru membuat kesimpulan.
    Adrian Putra Perdana, BI-NS-0208

    1. Sangat bagus sekali. Ceritanya mengandung makna yang menginspirasi. Kita juga banyak mendapatkan pelajaran dan pemahaman dalam cerita ini dapat juga mengubah pola pikir hidup seseorang. bagi seorang yang sedang menempuh pendidikan, cerita seperti ini sangat dibutuhkan sebagai penyemangat menjalani semuanya.

  109. Ceritanya sangat menarik banyak hikmah yang dapat kita ambil bahwasanya jangan menyimpulkan atau mengambil keputusan sebelum kita sendiri yang merasakannya,dan seperti dalam firman Allah SWT yg artinya Allah tidak akan mengubah nasib seseorang itu kecuali seseorang itu berusaha untuk mengubah dirinya sendiri yg mana Kita yang mengerjakan atau kita yg berbuat tetapi Allah yg menentukan apa yg menjadi hak kita.

  110. Dari cerita pendek itu mengajarkan saya bahwa jangan mudah untuk percaya kepada orang karna sering kali manusia memberi sebuah pengertian tampa pernah melihat atau merasakan nya langsung dan jangan pernah menyerah pada nasib, berusahalah untuk mengubah nasib untuk menjadi lebih baik dengan cara bersungguh-sungguh dalam sesuatu yang baik.

  111. cerita yang sangat inspiratif,dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa jangan pernah menyerah,selalu berfikir positif jangan mudah goyah dengan perkataan orang,allah akan selalu menolong hambanya

  112. Cerita ini memberikan pembelajaran bagi saya ,nilai yang dapat saya jadikan acuan ialah “jangan terlalu cepat mengudje orang itu baik “,karena barangkali mereka hanya memperlihatkan sisi baiknya saja terhadap dirimu dan jangan pernah berhenti untuk berusaha ,karena usahalah yang akan membuat seseorang mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga dalam hidup.

  113. kesimpulan yang dapat saya ambil dari cerita ini adalah yang bisa merubah nasib kita adalah diri kita sendiri yaitu dengan cara terus berusaha dan bekerja keras. Lakukan apapun dalam hidup ini dengan sebaik mungkin dan sepenuh hati, karena sesuatu yang dilakukan secara setengah-setengah tidak akan menghasilkan yang terbaik. Jangan mendengarkan omongan orang lain yang dapat membuat kita malas berusaha lebih. Cerita ini menarik karena ada cerita di dalam cerita.

  114. Cerita inspiratif Ali dan Anggur Masam merupakan kisah yang mengajarkan pentingnya kesabaran, ketekunan, dan sikap positif dalam menghadapi cobaan. Ali yang bertahan dan merawat pohon anggur meski hasilnya awalnya masam, akhirnya mendapatkan manfaat yang berharga. Kisah ini mengingatkan kita bahwa usaha dan kesabaran seringkali membuahkan hasil yang memuaskan dalam jangka panjang.

  115. (Nadia salsabila,BI-NS-0214)

    Kesimpuan dari cerita ini,lakukan apapun dalam hidup ini dengan sebaik mungkin dan sepenuh hati, karena sesuatu yang dilakukan secara setengah-setengah tidak akan menghasilkan yang terbaik. Jangan mendengarkan omongan orang lain yang dapat membuat kita malas berusaha lebih. Cerita ini menarik karena ada cerita di dalam cerita.

  116. Setelah membaca cerita tersebut, saya sangat kagum akan pesan moral yang diberilkan. Karena kita sudah dangat sering termakan oleh nasihat teman kita yang seakan-akan meremehkan pentingnya pendidikan. Sebaiknya kita menghindari nasihat yang tidak baik dari seseorang, cerna terlebih dahulu baik buruknya perkatan tersebut, dan kita sudah seharusnya mempunyai pendirian untuk menjalani sesuatu dengan baik, terlebih lagi dalam pendidikan.

  117. Cerita ini sangat menginspirasi. Ceritanya juga banyak mempunyai makna. Cerita seperti bisa bisa merubah pola pikir hidup seseorang. Sebagai seorang yang sedang menempuh pendidikan, cerita ini sangat bermanfaat sebagai penyemangat menjalani semua aktvitas kehidupan.

  118. Nama: Tiara jayani
    Nim :23016116(simak-ns-001)
    Amanat dari teks ini adalah bahwa kehidupan seseorang sangat dipengaruhi oleh cara dia memandang dan menghadapi tantangan. Sikap positif, semangat, dan kerja keras adalah faktor-faktor penting dalam meraih kesuksesan. Hal ini berlaku terutama dalam pendidikan, di mana keinginan untuk belajar dan berusaha keras memiliki dampak besar pada hasil akademis dan masa depan.
    Selain itu, teks ini juga menyoroti pentingnya tidak menyalahkan nasib atau Tuhan atas kondisi hidup seseorang. Kekuatan untuk merubah keadaan banyak tergantung pada usaha dan kerja keras individu.
    Dengan demikian, pesan utama teks inspiratif ini adalah bahwa perubahan dalam cara berpikir dan bertindak dapat mengubah nasib seseorang, dan penting untuk menghadapi hidup dengan semangat dan usaha keras.

  119. Cerita Ali dan Anggur masam ini sangat menginspirasi, kita bisa mengambil pelajaran bahwa nasib seseorang terkantung usaha atau ikhtiar orang tersebut, Allah memang yang Maha mengetahui, tetapi Allah juga mengatakan dalam Al Qur’an bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kamu jika kaun itu tidak mau mengubah dirinya sendiri.

  120. Cerita Ali dan anggur masam ini kita dapat mengambil hikmah bahwa nasib seseorang dapat dirubah dengan cara berusaha dan ber ikhtiar kepada allah, allah maha pemurah dan maha mengetahui segala sesuatu.

  121. Kesimpulan yang dapat saya ambil dari cerita tersebut adalah yang bisa merubah nasib kita adalah diri kita sendiri dengan cara terus berkerja keras , terus berusaha atau ber ikhtiar kepada allah , dan jangan mendengarkan omongan orang lain yang dapat membuat kita malas berusaha . Cerita ini sangat menarik karena ada cerita di dalam cerita

  122. Nama : Nurmaiyah Lubis
    Nim 23016033
    No.urut.08 (Sesi -0012(
    Cerita ini sangat menginspirasi. Ceritanya juga banyak mempunyai makna. Kisah ini dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk lebih memperhatikan orang-orang di sekitar kita dan membantu mereka yang membutuhkan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengambil pelajaran dari kisah ini untuk lebih memperhatikan kebutuhan orang lain dan berusaha membantu mereka dalam kapasitas kita masing-masing. Dengan berempati dan membantu orang lain, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan membantu membangun masyarakat yang lebih baik pula.

  123. Nama:Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut:12
    SIMAK-NS-0012

    Cerita ini sangat inspiratif dan dari cerita ini mengajarkan kita untuk jangan menyerah sebelum memulai apa yang akan kita gapai atau lakukan.Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik,karena Allah sudah menyiapkan yang terbaik untuk kita dan Allah tidak akan membebani hambanya melampaui batas kesanggupan hambanya sendiri.Dan satu lagi jangan pernah mendengar kan perkataan orang lain yang akan menghambat masa depan kita,apa yang dikatakan oleh orang lain itu belum tentu benar dan belum tentu juga salah jadi kita harus yakin dengan pendirian kita sendiri.

  124. Cerita ini sangat menarik karena ada cerita di dalam cerita.di dalam cerita Ali dan anggur masam ini terdapat pesan jangan menyimpulkan atau mengambil keputusan sebelum kita sendiri yang merasakannya dan jangan berprasangka buruk terhadap takdir Tuhan.yang bisa merubah nasib kita adalah kita sendiri yaitu dengan berusaha dan bekerja keras.dan jangan mendengarkan omongan orang lain yang dapat membuat diri kita malas untuk berusaha.

  125. Ceritanya sangat menginspirasi . Didalam cerita ini jangan mengambil kesimpulan langsung kalau belum di coba. Kita boleh mendengar omongan orang tapi diteliti dulu apa masuk akal atau tidak yang bisa membuat kita malas untuk berusaha.

  126. Jangan merasa paling tau padahal belum pernah mencobanya. Jangan mengambil pendapat padahal belum tau tentang isinya. Jangan merasa percaya diri akan bisa sukses padahal berjuang saja tidak.

  127. Cerita ini sangat menginspirasi. Pesan yang dapat saya ambil dari cerita tersebut adalah jangan mudah percaya ucapan seseorang yang belum mencoba dan mengalami sesuatu itu. Tidak ada yang merubah nasib kita selain diri kita. Maka berusahalah untuk mencapai yang kita inginkan. Jangan mengharapkan kesuksesan kalau malas malasan dan tidak mau berjuang.

  128. Sangat bagus sekali. Ceritanya mengandung makna yang menginspirasi. Kita juga banyak mendapatkan pelajaran dan pemahaman dalam cerita ini dapat juga mengubah pola pikir hidup seseorang. bagi seorang yang sedang menempuh pendidikan, cerita seperti ini sangat dibutuhkan sebagai penyemangat menjalani semuanya.

  129. Septi Nurul Azmi 23129081 (BI -NS -0207)
    Izin berkomentar bapak,dari cerita di atas dapat du simpulkan bahwa Kita boleh mendengar omongan orang tapi pahami dulu apa masuk akal atau tidaknya yang bisa membuat kita malas untuk berusaha.untuk itu jika kita ingin berusaha atau membuat sesuatu jangan lah di umbar atau mintak pendapat kepada orang lain,tidak semua pendapat dari orang itu bisa membuat kita bangkit atau termotivasi

  130. Septi Nurul Azmi 23129081 (BI -NS -0207)
    Izin berkomentar bapak,dari cerita di atas dapat du simpulkan bahwa Kita boleh mendengar omongan orang tapi pahami dulu apa masuk akal atau tidaknya yang bisa membuat kita malas untuk berusaha.untuk itu jika kita ingin berusaha atau membuat sesuatu jangan lah di umbar atau mintak pendapat kepada orang lain,tidak semua pendapat dari orang itu bisa membuat kita bangkit atau termotivasi

  131. Berbicara tentang nasib dan usaha memang sesuatu yang sangat dekat dengan kita pak. Terima kasih atas motivasinya pak

  132. Cerita ini sangat bagus dan terdapat nasihat bahwa kita janganlah mudah percaya dengan yang diucapkan oleh orang, kita harus memikirkan apa maksud dari ucapannya itu dan tanyakan kepada orang yang lebih tua apakah baik atau tidak.

  133. Cerita ini sangat bagus dan menarik.Mengajarkan seseorang untuk berusaha jika ingin mendapatkan sesuatu yang indah.Menggapai sebuah mimpi tentunya membutuhkan usaha yang maksimal.

  134. Ceritanya sangat menarik dan bagus banyak hikmah yang dapat kita ambil bahwasanya jangan menyimpulkan atau mengambil keputusan sebelum kita sendiri yang merasakannya.

  135. Izin berkomentar bapak,cerita ini sangat menarik bnyak terdapat pesan moral,dan bnyak mengandung inspirasi ,selain itu janganlah berprasangka buruk terhadap takdir Tuhan,Tuhan menguju kita dulu sanggup atau tidaknya kita menghadapi cobaan itu, di balik itu semua Tuhan pasti memberikan yang terbaik untuk umat nya selagi umat nya itu patuh dan tunduk kepadanya.
    Septi Nurul Azmi 23129081 (BI-NS -0207)

  136. Ceritanya bagus, pesan yang dapat saya ambil dari cerita ini adalah jangan mengambil atau menyimpulkan sesuatu hal sebelum kita mencobanya. Nasib itu memang ditentukan oleh allah, tapi kita juga harus berusaha

  137. Ceritanya memberikan pesan bahwa janganlah kamu menyerah sebelum mencoba tetaplah berusaha sampai kamu bisa mencapai apa yang kamu cita-citakan karena nasib seseorang bisa berubah atas apa yang ia usahakan

  138. Cerita nya sangat inspiratif, mengingatkan saya serta memberi saya motivasi dalam mencapai tujuan saya bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Kita sebagai manusia harus memiliki tujuan dan mimpi, namun tuhan lah yang memberi jawaban.

  139. Siti Fadilah (23129084) BI-NS-0207
    Pesan yang dapat saya ambil dari cerita diatas adalah, penting untuk kita yang ingin mencoba apa yang diinginkan, jangan terpengaruh dari pendapat orang lain yang belum pernah mencoba. Karena tahap setiap orang itu berbeda. Jika gagal jangan menyerah, jadikan kegagalan tersebut acuan agar lebih semangat.

  140. Pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah jangan mengambil keputusan sebelum kita sendiri yang merasakannya dan jangan berprasangka buruk terhadap takdir tuhan karna allah maha baik lagi maha pemurah

  141. (Nadia Salsabila,BI-NS-0214)

    Jangan mengambil atau menyimpulkan sesuatu hal sebelum kita mencobanya. Nasib itu ditentukan oleh allah, tapi harus kita yang usahakan.
    Pesan yang saya petik dari cerita tersebut adalah kita harus berusaha untuk memperbaiki dan merubah nasib kita untuk yang lebih baik, jangan berprasangka buruk terhadap takdir tuhan, karena Allah maha baik lagi maha pemurah.

  142. Assalamualaikum wr.wb pak
    Saya Aniva Pardila dengan Nim 23133021, Nomor absen 22 BI-NS-0208

    Dari cerita inspiratif di atas, Cerita nya sangat menarik dengan bahasa yang mudah di pahami serta banyak mengandung pelajaran hidup. Pelajaran hidup nya disaat kita berusaha banyak sekali ujiannya entah itu dari seorang pencipta ataupun dari orang lain. kita hanya perlu berusaha bersungguh-sungguh dan berdoa ke pada Allah SWT bahwa setiap usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil dan kita juga di ajar kan agar jangan mengambil atau menyimpulkan sesuatu hal sebelum kita mencobanya Pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah, Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika seseorang tersebut tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri. Dapat disimpulkan bahwa janganlah berbicara sebelum anda rasakan.

    Sekian pak, hanya itu tanggapan dari saya kalau ada kesalahan kata atau kalimat saya minta maaf pak, wassalamu’alaikum wr.wb

  143. Assalamualaikum warahmatullahi wabaratuh pak,izin menjawab pak🙏,Pesan yang saya dapat dari cerita ini adalah Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika seseorang tersebut tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri. Dan tahapan kehidupan seseorang itu berbeda-beda karena jalan hidup kita dengan yang lain tidaklah sama. Jadi, berusaha lah semaksimal mungkin untuk bisa meraih apa yang kita inginkan. Yaitu dengan berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk memperoleh nasib dan takdir yang baik untuk masa depan. Jika memang mengalami kegagalan, berarti Allah lah yang telah memutuskannya. Namun sebagai manusia, yang dapat kita lakukan adalah selalu berusaha dan berdoa kepada Allah. Sebab tanpa usaha dan hanya menyerahkan takdir kepada Allah itu sama saja menyerah sebelum berjuang.

  144. Cerita nya sangat menarik karena cerita ini mengajarkan tentang prinsip hidup dmna disetiap kesusahan pasti ada kemudahan dan juga cerita sangat bgus utk dibaca dan memiki pesan pesan yang mendalam bgi yang membacanya

  145. Nama:Ravita dewi
    Nim:23077056
    BI-NS-0208

    Tanggapan cerita ini mengajarkan kita pentingnya memiliki pandangan yang benar terhadap belajar dan menghindari pemikiran yang meremehkan pentingnya usaha dan rajin belajar. Meskipun hasil akhir mungkin serupa, proses belajar dan usaha yang dilakukan memiliki dampak positif dalam perkembangan diri dan masa depan.

    Pesan yang dapat diambil dari cerita ini adalah bahwa kita harus menjaga pandangan yang positif terhadap belajar dan menghargai pentingnya usaha dalam meraih kesuksesan. Rajin belajar dan berusaha adalah kunci untuk mencapai tujuan dan meraih prestasi yang lebih baik.

    1. Nasib itu ditangan kita. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Kita tidak boleh meremehkan pentingnya berusaha. Jangan dibenarkan omongan orang-orang yang dangkal ilmunya.

  146. Tanggapan saya, cerita ini sungguh inspiratif, pelajaran yang dapat saya petik adalah untuk fokus dengan apa yang kita tuju dan jangan pernah goyah dengan omongan orang lain yang ingin menjatuhkan kita.

  147. cerita di atas sangat menginspirasi, bahwa kita harus berusaha terlebih dahulu supaya kita tau hasil dari kemampuan kita sendiri. tetaplah maju kedepan tanpa memikirkan perkataan orang lain.berusaha terus menerus jangan pantang menyerah dalam menghadapi sesuatu.

  148. Izin berkomentar bapak,teks di atas sangat menarik bnyak Pesan yang saya dapat di teks ini yaitu jangan mendengar omongan orang lain yang belum pernah mengalami kejadian tersebut untuk itu akan membawa kita ke jalan yang rumit atau lebih susah untuk mencapai keinginan yang akan di capai selain itu kita pasti akan ragu dalam mengambil keputusan.Percayalah kepada diri kita masing- masing Bukan berarti semua orang tidak dapat di percaya tetapi lakukan apa yang menurut kita bagi selagi tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

    Septi Nurul Azmi 23129081 (BI-NS-0207)

  149. Cerita ini sangat menginspirasi dan memotivasi. Dari cerita ini, saya mengetahui bahwa kita sebagai makhluk Allah harus bersungguh-sungguh dan di hasil akhirnya kita hanya dapat menyerahkan kepada Allah.

  150. Cerita Ali dan Anggur masam ini sangatlah menginspirasi pembaca, karena mengandung banyak pelajaran. Kesimpulan yang dapat saya ambil adalah cerita Ali dan Anggus masam ini adalah janganlah pernah menyimpulkan sesuatu sebelum pernah mencobanya. Segala sesuatu yang dapat merubah diri seseorang hanyalah dirinya sendiri, bukanlah orang lain. Orang lain hanyalah pengingat. Untuk itu teruslah bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu sehingga menghasilkan hasil yang terbaik.

  151. Cerita Ali dan Anggur yang masam sangat menginspirasi, karena kita dapat mengambil beberapa pelajaran dan hikmahnya. Kita sebagai manusia terutama pelajar kita harus mempunyai sikap yang pandai untuk mengatasi dan mencari solusi tentang apa yang kita tangkap dan tidak mengambil satu kesimpulan saja, sebelum memahami isi bacaan tersebut.

  152. MUHAMMAD BINTANG
    23134045
    BI-NS-0214
    Cerita ini sangat menarik dan inspiratif. Suatu hal yang bisa kita petik dari cerita ini andalah janganlah kita menyerah sebelum mencoba nya tetaplah berusaha sampai kita bisa mencapai apa yang kita ingin kan,karena nasib seseorang bisa berubah atas apa yang ia usahakan. Jangan mudah menyerah dalam melakukan sesuatu,kegagalan adalah sebuah keberhasilan yang tertunda.jadi berusahalah dengan semaksimal mungkin dan sekuat tenaga kita untuk mencapai keberhasilan.

  153. Cerita ali dan anggur masam ini sangat menginspirasi dan memotivasi. Banyak pesan moral yang bisa kita dapatkan dari seperti jangan pernah menyerah sebelum mencoba. Selain itu, cerita ini juga menggambarkan bahwa suatu ‘ilmu’ tidak pernah ada yang sia sia.

  154. Jangan mengambil keputusan dengan tergesa-gesa, tapi pikirkan dulu keputusan yang akan diambil dan coba rasakan jikalau ada diposisi itu. Lalu jangan mudah menyerah kita harus selalu berusaha karena Allah akan memberikan kita jalan yang benar.
    Cobalah belajar percaya terutama pada diri sendiri kemudian barulah pada orang lain.

  155. cerita ini bagus, sesuai dengan kenyataan. dimana seringkali kita menghadapi begitu banyak pembenaran yang tidak mendasar, dan juga pengambilan keputusan sepihak yang tidak benar. amanat dalam certia ini tersampaikan kepada pembaca.

  156. Ceritanya sangat menarik dan inspiratif. Cerita ini juga memberikan amanat yang baik seperti “jika kita rajin dan bersunguh-sungguh maka kita akan mendapatkan hasil yang baik, semangat dan jangan mudah menyerah”.

  157. Membaca cerita ini seperti bercermin pada diri sendiri. Tokoh Ali yang masih sering bimbang terpengaruh dengan perkataan orang lain sering kali masih saya alami. Nasihat yang diberikan oleh Kakek Nenek tidak hanya sebagai bumbu pelengkap cerita tapi juga memberikan petuah baik kepada saya sebagai pembaca secara tidak langsung.

  158. Cerita ini sangat inspiratif, bahasa yang digunakan juga mudah dipahami.
    Pesan yang dapat saya ambil dari cerita ini adalah jangan pernah pesimis dalam menjalani kehidupan, karena Tuhan pasti memberikan kita jalan hidup yang paling indah.

  159. Cerita yang disampaikan oleh Kakek dan Nenek mengandung pesan moral yang dalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah beberapa aspek yang bisa diambil dari cerita tersebut:

    Pesan tentang Semangat dan Kerja Keras:
    Cerita menyoroti pentingnya semangat dan kerja keras dalam mencapai tujuan. Analogi tentang Baginda Singa yang mencari buah anggur dengan susah payah menggambarkan bahwa hasil yang baik memerlukan usaha dan dedikasi.

    Kepercayaan pada Nasib dan Usaha:
    Diskusi tentang nasib dan usaha menggambarkan bahwa sementara nasib dapat menjadi bagian dari hidup kita, usaha yang sungguh-sungguh tetap diperlukan. Meskipun nasib kita mungkin sudah ditentukan dalam beberapa hal, kita masih memiliki kendali atas tindakan dan usaha kita.

    Pentingnya Pemikiran Positif:
    Pesan tentang pembaruan pikiran menekankan bahwa keyakinan dan sikap kita dapat memengaruhi hasil hidup kita. Menyikapi tantangan dengan pikiran yang positif dapat membantu mengubah nasib kita.

    Penolakan Terhadap Pemalasan:
    Kakek menyoroti pentingnya menghindari pemalasan dan sikap yang tidak benar terkait dengan belajar. Pandangan negatif seperti “tidak perlu rajin belajar” dapat merugikan seseorang dalam jangka panjang.

    Pesan tentang Perspektif dan Kebenaran:
    Cerita tentang Baginda Singa dan buah anggur mengajarkan bahwa perspektif seseorang bisa berbeda-beda. Ini merangsang pemikiran kritis dan menekankan bahwa kebenaran bisa relatif tergantung pada sudut pandang masing-masing.

    Tanggung Jawab Individu:
    Kakek dan Nenek menegaskan bahwa setiap individu bertanggung jawab atas nasib dan keberhasilannya sendiri. Menyalahkan nasib atau orang lain tidak produktif dan bertentangan dengan konsep keadilan.

    Perlunya Pembaruan Pikiran dan Keyakinan:
    Pesan dari Nenek tentang perlunya memperbaharui pikiran dan keyakinan menyoroti pentingnya pertumbuhan pribadi dan perubahan positif.

    Cerita ini dapat dijadikan refleksi untuk memotivasi seseorang, terutama generasi muda, untuk memiliki sikap positif, semangat belajar, dan keterbukaan terhadap perubahan.

  160. Arvin Arya Dhana 23042262 BI-NS-0032 Pesan yang saya dapat adalah Allah tidak akan merubah Nasih seseorang kecuali mereka merubah nasibnya sendiri.tidak penting dari mana kita memulai atau berasal yang terpenting adalah berhasilnya kita mencapai tujuan dan impian

  161. Cerita yang disampaikan oleh Kakek dan Nenek mengandung pesan moral yang dalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah beberapa aspek yang bisa diambil dari cerita tersebut:

    Pesan tentang Semangat dan Kerja Keras:
    Cerita menyoroti pentingnya semangat dan kerja keras dalam mencapai tujuan. Analogi tentang Baginda Singa yang mencari buah anggur dengan susah payah menggambarkan bahwa hasil yang baik memerlukan usaha dan dedikasi.

  162. Cerita ini sangat inspiratif dan dari cerita ini mengajarkan kita untuk jangan menyerah sebelum memulai apa yang akan kita gapai atau lakukan.Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik,karena Allah sudah menyiapkan yang terbaik untuk kita dan Allah tidak akan membebani hambanya melampaui batas kesanggupan hambanya sendiri.

  163. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Dari cerita ini dapat kita ambil pesan moral bahwa jangan terlalu memikirkan apa perkataan orang lain, karena belum tentu yang dikatakan oleh orang lain tersebut memang benar. Tapi kita harus percaya dengan diri kita sendiri dan mencoba untuk melakukan sesuatu hal dengan baik agar terwujud apa yang diharapkan.

  164. Putri Ajusti Zalmi, PPG G2 Kls Rima
    Cerita ini sangat menarik. Pesan yang dapat diambil, yaitu janganlah kita terlalu percaya pada ucapan orang lain dan belum tau kebenarannya, jika orang tersebut belum mengalami hal yang diucapkannya. Selain itu kita harus yakin, selalu berusaha dan tetap semangat untuk memperbaiki dan merubah nasib kita menjadi lebih baik.

  165. Mona Melinda, PPG G2 Kls Rima.
    Cerita ini sangat menarik. Pesan yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah janganlah berhenti untuk berusaha, karena dimana ada usaha pasti disitu pasti ada jalan.

  166. saya mochammad baqi wahyu saputra PBA-NS-0060. Teks ini sangat menarik dan memberikan banyak amanat

  167. Rima Syukhria, PPG G2 B.Indo tahun 2024

    Ceritanya sangat inspiratif dan ada makna tauhid di dalamnya ✨️

  168. Aprilia Rosa, PPG G2 Kelas Rima
    Cerita ini sangat inspiratif untuk dibaca terutama oleh anak yang tengah berpendidikan. Cerita memiliki isi yang mampu memberi motivasi kepada kita bahwa jangan dengarkan persepsi orang lain terlebih itu persepsi buruk. Persepsi buruk seseorang hanya akan membuat kita patah semangat dan tidak percaya dengan kemampuan kita. Selain itu melalui cerita ini kita belajar untuk membiasakan diri bersilaturahmi dan dekat kepada keluraga.

  169. [Ayu Anni Safitri, PPG G2 Kls Rima]

    Dari cerita ini saya dapat belajar mengenai pendirian hidup. Ceritanya yang bagus dan inspiratif.

  170. Ceritanya sangat menarik,selain itu ceritanya juga memberi makna pelajaran yang dapat kita ambil dan kita pahami sebagai tambahan ilmu yang bermanfaat bagi kita.

  171. Tri Annisa Marta PBA-NS-
    Pesan yang saya dapat dari cerita0060 ini adalah, Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika seseorang tersebut tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri. Dan tahapan kehidupan seseorang itu berbeda-beda karena jalan hidup kita dengan yang lain tidaklah sama. Jadi, berusaha lah semaksimal mungkin karna takdir itu di jemput

  172. Cerita di atas sangatlah menginspirasi pembaca serta banyak pelajaran yang dapat diambil, dimana Janganlah langsung mengambil keputusan .

  173. Atika Fitri Ayni PBA-NS-0060
    Hal yang amat penting dalam hidup adalah selalu memperbaharui pikiran kita. Keyakinan kita. Apa yang kita yakini akan memengaruhi sikap kita. Sikap kita akan memengaruhi terhadap apa yang kita lakukan. Apa yang kita lakukan akan terkait dengan nasib kita. Nasib itu, kita yang mengusahakan.

  174. Cerita di atas sangat inspiratif karena banyak sekali pelajaran yang dapat di ambil di dalamnya. Salah satu pelajaran yang dapat kita ambil yaitu keyakinan kita akan memengaruhi sikap kita, dan sikap kita akan memengaruhi tindakan yang kita lakukan.

  175. Nama : Yusuf Effendi
    Nim : 20042299
    GWA : BI-NS-0102
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Cerita yang mendidik dan cocok untuk dijadikan bacaan sehari hari, terdapat pengajaran hidup yang berharga dalam amanat cerita ini. Cerita ini sangat memotivasi saya dan pesan yang dapat saya ambil dari cerita di atas ialah,janganlah kamu menyerah sebelum mencoba dan tetaplah berusaha.Kita harus berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk memperoleh nasib dan takdir yang baik untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *