Arsitektur, Bagian, dan Denah Umum Rumah Gadang
Arsitektur, Bagian, dan Denah Umum Rumah Gadang

Arsitektur, Bagian, dan Denah Umum Rumah Gadang

0 Shares
0
0
0

Rumah gadang atau rumah godang adalah nama untuk rumah adat tradisional masyarakat Minangkabau. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama rumah baanjuang. Untuk mengenal lebih dekat tentang rumah gadang, berikut ini dideskripsikan bentuk arsitektur, bagian, dan denah umum rumah gadang.

Rumah gadang memiliki bentuk arsitektur yang unik, dengan bentuk atapnya yang runcing seperti tanduk kerbau. Atap ini pada awalnya terbuat dari daun rumbio (nipah) yang bisa tahan puluhan tahun. Namun, belakangan ini banyak yang sudah diganti dengan seng karena makin sulitnya mencari daun nipah yang baik untuk dijadikan atap. Atap yang menyerupai tanduk kerbau mempunyai lengkungan dengan jumlah  biasanya empat atau enam dan ditambah satu lengkungan ke arah depan rumah. 

Rumah gadang terdiri atas dua bagian yaitu depan dan belakang. Bagian depan dan belakang rumah gadang terdapat perbedaan yang kontras. Di bagian depan dipenuhi dengan ukiran ornamen seperti gambar bunga, akar, dan  daun-daunan. Di bagian belakang tidak ada ukiran apapun biasaya hanya dilapisi belahan bambu. Bagian depan rumah gadang terdapat tangga tempat masuk yang diletakkan di posisi bagian tengah. Bagian belakang juga terdapat tangga, namun bukan untuk pintu masuk melainkan untuk  menuju ke dapur.

Denah dasar rumah gadang berbentuk empat persegi panjang dengan lantai berada di atas tiang-tiang panjang. Bangunannya dibuat besar ke atas dan sekilas berbentuk seperti kapal, namun tidak mudah roboh. Setiap elemen dari rumah gadang mempunyai makna tersendiri yang dilatari oleh tambo yang ada dalam adat dan budaya masyarakat setempat. Tak jauh dari rumah gadang biasanya dibangun sebuah surau yang dipergunakan untuk salat serta tempat berkumpulnya laki-laki dewasa yang belum menikah. Selain surau, di depan rumah gadang terdapat suatu bangunan kecil yang dinamakan rangkiang. Rangkiang ini diperuntukan menyimpan bahan makanan cadangan yaitu padi.

Secara fungsional, rumah gadang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi sekelompok suku atau kaum. Sebagai tempat tinggal, rumah gadang mempunyai bilik-bilik di bagian belakang yang didiami oleh wanita yang sudah bekeluarga. Sementara itu, anak-anak biasanya di bilik dekat dapur. Fungsi rumah gadang yang tak kalah penting yaitu sebagai tempat acara adat, seperti menetapkan adat atau tempat melaksanakan acara seremonial adat seperti kematian, kelahiran, perkawinan, mengadakan acara kebesaran adat, tempat mufakat, dan lain-lain.

31 comments
  1. Rifa Eka Putri BI-NS-0208

    Saya setuju dengan inspira dari bapak.
    Sekarang ini rumah gadang juga banyak dikunjungi oleh orang-orang sebagai tempat wisata, tidak hanya orang Minang kabau, para wisatawan juga sering datang kerumah gadang dan mengabadikan momennya.

    1. Rizka Nailatul Hasanah -23020022
      WAG (BI-NS-0208)
      Izin menanggapi Bapak dan teman-teman.
      Rumah gadang adalah merupakan arsitektur budaya tradisional dan rumah adat Minang kabau, bangunan yang bemotifkan aestetic dengan lengkungan atap yang runcing sangat menarik perhatian, dan terdapat rangkiang di halamanya. Rumah gadang juga menarik perhatian orang luar negeri untuk berwisata atau berkunjung ke rumah gadang ini, dan mengabadikan momennya saat mengagumi bangunan rumah gadang.

  2. Saya setuju dengan inspira dari bapak
    Rumah Gadang adalah salah satu contoh arsitektur tradisional Minangkabau yang kaya akan budaya dan sejarahnya. Rumah ini memiliki ciri khas atap berkubah dengan ujung-ujungnya yang melengkung. Saya menganggapnya sebagai bagian penting dari warisan budaya Indonesia yang indah dan unik. Rumah Gadang juga sering digunakan untuk berbagai upacara adat dan menjadi simbol penting dalam kehidupan masyarakat Minangkabau.

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu pak izin menanggapi: dari kunjungan saya ke Rumah Gadang di Pariaman di mana itu merupakan salah satu objek wisata yang cukup menarik bagi saya karna bisa menambah pengetahuan di dalamnya ada terdapat berbagai macam seperti yang saya lihat dari segi kamar trs sisi kanan dan kiri rumah yang di dalamnya terdapat kain yang sangat indah sekali dan dapurnya yang sederhana sekali di bawah rumah terdapat untuk menyimpan kayu bakar dll.
    (AZIZ SETIAWAN BI-NS-0208)

  4. Izin menanggapi bapak:
    Menurut saya rumah gadang adalah Rumah adat tradisional masyarakat minang kabau yang memiliki bentuk arsitektur unik dengan atap bebentuk seperti tanduk kerbau. Atap rumah gadang awalnya terbuat dari daun nipah, namun sekarang banyak yang diganti dengan seng. Rumah gadang memiliki peran penting dalam adat dan budaya masyarakat setempat sebagai tempat tinggal, tempat acar adat, dan tempat berkumpulnya atau suku-suku. Seperti di tempat saya itu masih banyak suku-suku yang mengadakan pertemuan di dalam rumah gadang.
    Sekian pendapat saya, terima kasih

  5. Rumah gadang menjadi salah satu bagunan adat dengan bentuk dan arsitektur yng sangat unik di Indonesia memiliki ciri khas atap gonjong yang sangat berani dan memiliki khasnya sendiri, Rumah gadang memiliki peran penting dalam adat dan budaya masyarakat setempat sebagai tempat tinggal, tempat acar adat, dan tempat berkumpulnya atau suku-suku

  6. saya sangat setuju dengan tulisan di atas bahwa memang rumah gadang sekarang sudah memjadi salah satu wisata yang di minati oleh touris di minang/padang ini, karena arsitekturnya yang bagus dan ukuran nya yang bukan kecil seperti rumah biasanya. yang dulunya digunakan untuk acara acara tertentu

  7. saya sangat setuju dengan tulisan di atas bahwa memang rumah gadang sekarang sudah memjadi salah satu wisata yang di minati oleh touris di minang/padang ini, karena arsitekturnya yang bagus dan ukuran nya yang bukan kecil seperti rumah biasanya. dan fungsinya pun sebagaitempat tinggal sekelompok siku ataupun kaum.

  8. THIO VALENTINO EDILY PRATAMA
    23133017
    BI-NS-0207
    Asalamu’alaikum wr wb pak.Izin memberikan tanggapan pak.Setelah saya baca,Rumah gadang merupakan icon dari minangkabau.Rumah gadang merupakan rumah tradisonal minangkabau yang banyak di jumpai di sumatra barat,khususnya di daerah bukittinggi dan sawahlunto.Rumah ini sering disebut juga dengan nama lain oleh masyarakat sekitar sebagai rumah bagonjong atau ada juga yang menyebut rumah baanjuang.Rumah gadang memiliki disain yang unik terutama pada bagian atapnya yang berbentuk rucing atau sering disebut tanduk kerbau.Rumah ini dibuat berbentuk empat persegi dengan tiang tiang penyanggah yang tinggi sehingga rumah ini sering disebut rumah baanjuang karna letak nya yang tinggi.Rumah gadang ini sering di gunakan untuk acara rapat atau tempat untuk beribadah.Rumah gadang merupakan warisan luhur dari orang minangkabau yang memiliki nilai Iconik dan merupakan rumah ciri khas orang minangkabau.Karna rumah ini memiliki banyak nama tidak sedikit orang yang bingung dalam penyebutan rumah ini,terutama orang yang berada di luar minangkabau atau sumatra barat.

  9. Rumah Gadang adalah nama rumah tradisional Minangkabau. Nama lain rumah ini adalah Bagonjong,dan kadang disebut pula dengan nama Baanjuang. Rumah Gadang memiliki ciri khusus yaitu bagian atapnya yang sangat runcing dan mirip dengan tanduk kerbau. Rumah Gadang bentuk umum nya berupa persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian depan dan bagian belakang
    (Raysha Anggraini BI-NS-0207)

  10. Rumah gadang adalah rumah ciri khas atau rumah adat tradisional dari masyarakat minangkabau. Rumah gadang memiliki arsitektur yang unik, yaitu seperti bentuk atapnya yang runcing seperti tanduk kerbau. Rumah gadang berfungsi sebagai tempat tinggal sekelompok suku atau kaum. Tak hanya itu, fungsi rumah gadang ialah sebagai tempat melaksanakan acara adat, perkawinan, kematian.

  11. NAMA : FAIZAL ALQADAFI
    NIM : 23233039
    SESI : 0214
    Kesimpulan dari inspirasi yang berjudul “Arsitektur, Bagian, dan Denah Umum Rumah Gadang” adalah bahwa rumah gadang adalah contoh unik dari arsitektur tradisional Minangkabau yang kaya akan budaya dan sejarah. Rumah ini memiliki ciri-ciri arsitektur khas, seperti atap berbentuk tanduk kerbau, denah terbuka dengan ruang tengah yang besar, dan penggunaan kayu yang kuat. Ini mencerminkan kekayaan warisan budaya Minangkabau. Rumah gadang bukan hanya sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai simbol budaya dan status sosial. Memahami bagian-bagian dan denah umum rumah gadang membantu kita lebih menghargai warisan arsitektur yang berharga ini.

  12. Nama: Shindy Adriyani
    Nim: 23133015
    BI-NS 0207
    Rumah Gadang adalah simbol penting dalam budaya Minangkabau dan menjadi pusat kegiatan sosial, budaya, dan agama. Arsitekturnya yang indah dan ciri khasnya yang mencolok telah menarik perhatian banyak orang dan memainkan peran penting dalam melestarikan warisan budaya Indonesia.

  13. Secara keseluruhan teks tersebut termasuk teks yang baik,karena sudah dijelaskan dengan cukup lengkap mulai dari pengertian, arsitektur,denah umum,serta fungsi dari rumah gadang tersebut.Dari penjelasan yang disampaikan,dapat memberikan wawasan bagi pembaca mengenai rumah gadang sendiri.Sehingga hal tersebut dapat membuat orang-orang tertarik akan keindahannya,serta tertarik untuk mengunjunginya langsung.

  14. Nama: Anisa Dela Safira
    NIM: 23134022
    Gwa: BI-NS-0208

    Rumah gadang merupakan ikon yang melambangkan ranah Minang, dimana rumah gadang memiliki arsitektur tersendiri dengan atap gonjong seperti tanduk kerbau yang memiliki filosofi tersendiri. Rumah gadang dijadikan sebagai pusat kegiatan adat, tempat berkumpulnya anak-kemenakan, dan tempat berkumpulnya kaum. Selain itu rumah gadang ini juga dijadikan sebagai tempat tinggal.

  15. Nama : Khairunnisa Anjani
    Nim : 23020050
    BI-NS-0208
    Arsitektur Rumah Gadang, yang berasal dari tradisi Minangkabau di Sumatera Barat, mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Rumah Gadang memiliki atap yang melengkung ke atas dengan ujung-ujungnya yang menyerupai tanduk kerbau, disebut “gonjong”. Rumah Gadang merupakan simbol penting dari kebudayaan Minangkabau, menggabungkan estetika yang indah dengan fungsi praktis sebagai tempat tinggal dan pusat kegiatan masyarakat.

  16. Rumah gadang merupakan ikon dari Minangkabau yang menjadi ciri khas Sumatera Barat
    Sekarang ini rumah gadang juga banyak dikunjungi oleh orang-orang sebagai tempat wisata, tidak hanya orang Minang kabau, para wisatawan juga sering datang kerumah gadang dan mengabadikan momennya. Bukan hanya sebagai tempat berwisata namun juga tempat bersejarah.

  17. Saya setuju dengan tulisan bapak, rumah gadang merupakan rumah adat tradisional Minangkabau yang memliki arsitektur yang indah dan setiap elemen di rumah gadang juga memiliki makna. Rumah gadang juga memiliki fungsi sebagai tempat tinggal dan tempat pelaksanaan acara-acara adat seperti pernikahan dan kematian. Akan tetapi, pada masa sekarang sangat jarang masyarakat Minangkabau yang menggunakan rumah gadang sebagai tempat tinggal. Pada saat ini, hanya ada beberapa rumah gadang yang dapat kita temui. Beberapa rumah gadang saat ini dijadikan sebagai objek wisata untuk masyarakat Minangkabau ataupun para turis.

  18. Saya setuju dengan tulisan bapak.rumah gadang adalah rumah adat tradisional masyarakat Minang kabau.Rumah Gadang, yang berasal dari tradisi Minangkabau di Sumatera Barat, mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Rumah Gadang memiliki atap yang melengkung ke atas dengan ujung-ujungnya yang menyerupai tanduk kerbau, disebut “gonjong”. Rumah Gadang merupakan simbol penting dari kebudayaan Minangkabau.

  19. Saya setuju dengan tulisan bapak. Rumah gadang sebagai rumah adat Minangkabau memiliki ciri khas atap berbentuk tanduk kerbau dan memiliki bagian-bagian seperti rangka atap, dinding, dan lantai. Denah umum rumah gadang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang tidur. Rumah gadang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi bagi masyarakat Minangkabau. Oleh karena itu, rumah gadang dapat menjadi sarana yang penting dalam melestarikan budaya dan sejarah masyarakat Minangkabau. Selain itu, laporan hasil observasi tentang arsitektur dan bagian rumah gadang dapat memberikan inspirasi dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang arsitektur dan desain interior.

  20. Izin berkomentar bapak, Rumah gadang adalah bentuk arsitektur tradisional Minangkabau yang unik dan indah. Rumah ini mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah Minangkabau. Tanggapan terhadap rumah gadang bisa beragam, termasuk penghargaan terhadap keindahannya, warisan budaya yang berharga, dan keunikan desainnya. Selain itu, rumah gadang juga menjadi simbol identitas masyarakat Minangkabau.
    (Septi Nurul Azmi ,BI-NS-0207)

  21. Saya setuju dengan Bapak rumah gadang adalah salah satu arsitektur tradisional minangkabau yang kaya akan budaya dan sejarahnya.rumah gadang sekarang menjadi salah satu wisata yang diminati oleh touris di minang,karena arsitekturnya yang bagus.laporan hasil observasi dan bagian rumah gadang dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang arsitektur.

  22. Izin menanggapi bapak🙏🏻
    Menurut saya penulisan bapak sangat memberikan informasi Mengenai rumah gadang yang merupakan rumah adat minangkabau,rumah gadang bukan hanya sekedar rumah adat tetapi rumah tersebut memiliki berbagai makna baik dari namanya,bentuk rumah adatnya,bahkan ukiran ukiran dari rumah gadang tersebut memiliki makna juga.
    Rumah gadang jadi objek wisata yang menjadi tujuan utama para wisatawan ketika berwisata ke Sumatra barat, contoh nya rumah gadang yang ada di Pagaruyuang,dimana objek wisata rumah gadang tersebut juga menyediakan penyewaan baju adat Minang kabau.
    Sekian Terimakasih pak🙏🏻

  23. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Kesimpulan dari teks laporan hasil observasi ini adalah rumah gadang merupakan rumah adat tradisional masyarakat Minangkabau. Rumah gadang memiliki dua bentuk atap, yaitu bagonjong untuk masyarakat darek dan tungkuih nasi untuk masyarakat pesisir. Namun diantara keduanya yang paling terkenal adalah rumah gadang atap bagonjong. Rumah gadang memiliki arsitektur yang khas serta ornamen dan motif yang cukup beragam menghiasi dinding bangunan. Rumah gadang memiliki beberapa fungsi seperti tempat tinggal dan tempat melaksanakan upacar adat.

  24. Rumah gadang merupakan rumah ada tradisional Minangkabau dari sumatera barat dimana rumah gadang ini juga ada lagu nya sangat bagus sekali.

  25. Sebagai orang minangkabau seharusnya kita bangga karena memiliki kebudayaan rumah gadang yang sangat unik baik dari segi arsitekturnya dan yang lainnya. Setiap sudut bangunan rumah gadang memiliki makna tersendiri akan pola dan corak yang dibangunnya.

  26. Membaca ini mengingat saya kembali tentang rumah adat kita sendiri, terima kasih untuk kenangan yang kembali ini pak

  27. Rumah gadang merupakan ru. Ah adat Minangkabau, digunakan untuk keperluan2 adat, selain itu rumah adat Minangkabau kabau juga bisa menjadi objek wisata, karena bngunan nya yang unik, cantik, saya setuju dengan Artikel bapak karena bisa membuat orang2 mengenal rumah adat kita (ANGGUN SOFITA, 23133002,BI-NS 0214)

  28. Saya setuju dengan tulisan bapak, bahwa rumah gadang merupakan rumah adat tradisional masyarakat minangkabau. Rumah ini memiliki tekstur yang unik dengan bentuk atapnya runcing seperti tanduk kerbau. Rumah gadang berfungsi sebagai tempat tinggal sekelompok suku atau kaum dan tempat untuk acara adat. Namun sekarang ini rumah gadang juga dijadikan sebagai tempat wisata, dimana banyak pengunjung yang tertarik untuk melihat keindahan rumah gadang tersebut.
    Mulyana difa (23134009) BI-NS-0207

  29. Izin menanggapi bapak. Sebelumnya terimakasih atas informasi tentang rumah gadang ini pak. Kesimpulan dari teks tersebut adalah rumah gadang merupakan warisan adat dari masyarakat Minangkabau. Arsitektur rumah gadang berbentuk tanduk kerbau pada bagian atapnya. Rumah gadang ada dua bagian, dibagian depan dihiasi dengan ukiran ornamen, dibagian belakang tidak ada hiasan lukisannya. Denah rumah gadan berbentuk empat persegi panjang dengan lantai diatas tiang.
    Pada saat sekarang ini, biasanya rumah gadang menjadi objek wisata bagi pengunjung yang dikenal sebagai warisan berasal dari Minangkabau.
    (Dinda Afri Yanti, BI-NS-0214)
    Nim:23233037
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *