Balada Permintaan Terakhir
Balada Permintaan Terakhir

Balada Permintaan Terakhir

0 Shares
0
0
0

Ungkapan permintaan terakhir cenderung berkonotasi tragis, mengenaskan. Tidak mengherankan, banyak karya budaya, baik itu berupa film maupun lagu yang mencantolkan judul Permintaan Terakhir. Bob Tutupoly, misalnya, melantunkan lagu Permintaan Terakhir (1991),  pada tahun 2013 Lela, penyanyi Malaysia memopulerkan lagu dengan judul yang sama, serta Paolo Nutini, penyanyi asal Italia namun berkiprah dalam dunia vokal di Inggris pada tahun 2006 hits dengan judul lagu  Last Request. Dalam hal film,  film “Permintaan Terakhir” dijadikan film nominasi pada ajang festival film di Jakarta (1975) dan pada 200d juga dipopulerkan film pendek “Permintaan Terakhir yang diproduksi oleh Oasis Lestari. Ringkasnya, banyak film kultural tentang permintaan terakhir: The Last Request (AS), La Derniere Demande (Prancis), dan Aakhir Anurodh (India).  Dan, tragedi permintaan terakhir pun melindasku sore itu.

Suasana ruang majelis guru di SMK Yapis Fakfak, Papua Barat sore itu sudah cukup lengang. Seluruh siswa sudah pulang. Aku bergegas menuju ruang majelis guru setelah salat di mushala sekolah. Baru saja membuka pintu ruangan itu,  Bu Wika yang tampaknya sudah bersiap-siap untuk pulang karena sudah menjinjing tas, mengangguk dan berkata cukup jelas.

“Mama Endri, tuh hp dalam tas Mama sudah beberapa kali berdering. Banyak panggilan. Tampaknya perlu”.

“Oh, terima kasih Bu Wika”, kataku sambil menjangkau tas di atas mejaku. Meja guru.

Benar. Ternyata sudah lebih dari sembilan panggilan tak terjawab. Aneh. Jarang sekali banyak panggilan tak terjawab dalam waktu singkat. Padahal, paling lama Aku meninggalkan ruangan ini sekitar 25 menit.

Ya, panggilan-panggilan tak terjawab yang paling banyak dari Bu Lina Amalina, guru SMP Negeri 2 Jatinangor (Jawa Barat). Juga ada dari Bu Erlina Yulianingsih, guru SMP di Cirebon  dan Bu Rini (Sumatera Barat) dan Bu Syaripah  Mudaim. Ups. Tampaknya dari rekan-rekan seperjuanganku semasa pelatihan PPG Dalam Jabatan yang dilaksanakan secara daring setahun yang lalu.

Bergegas, Aku menghubungi Bu Lina. Tidak menunggu lama, panggilanku pun ditanggapi.

“Assalamualaikum, Neng Lina”. Sapaku sesuai dengan panggilan akrab semasa PPG dulu.

“Walaikumsalam. Mama Endri …. Sudah tahu kabar tentang Pak Pranap? Pak Pranap Junaidi”. Tanya Bu Lina dengan suara amat jelas.

“Belum, tuh. Ada apa dengan Pak Pran?”, tanyaku heran.

“Masya Allah. Pak Pran meninggal tadi pagi. Konon, ….”, perkataan Bu Lina selanjutnya tidak Aku dengar.

“Inalillahi …., kapan?”, tanyaku tak sabar.

“Tadi pagi ….”, sergah Bu Lina.

Andro kacau karena ada panggilan lain yang masuk. Aku tengok. Dari Bu Rini. Ada pula panggilan  yang lain. Dari Bu Hadijah.

Dengan cepat Aku matikan seluruh panggilan. Segera aku tekan tombol video-call grup. Ya, kami masih punya grup WA beranggotakan guru-guru peserta PPG Daljab yang dibimbing oleh Pak Pranap Junaidi.

Tujuh dari sembilan anggota grup (termasuk di antaranya Pak Pranap) menanggapi dengan gercep video-call tersebut. Tentu saja, satu dari dua orang yang tidak menanggapi adalah Pak Pranap.

Komunikasi yang mengharu-biru. Masing-masing mengungkapkan rasa sedih sekaligus kenangan menyenangkan dengan Pak Pran semasa kegiatan PPG tahun lalu. Namun, menjelang askhir vc grup, Neng Lina menanyakan sesuatu yang selama ini kurang Aku kenang.

“Mama Endri sudah penuhi keinginan Pak Pran? Hayo, masih ingat, kan? Beberapa kali dalam zoom serta chat grup Pak Pran mengingatkan, lho.”, kata Neng Lina dengan roman serius.

Belum Aku jawab karena mencoba menggali ingatan tentang apa permintaan Pak Pran, Bu Erlin juga menimpali.

“Iya, tuuh. Beberapa kali Pak Pran Ingatkan Mama Endri”, katanya dengan senyum sendu.

Aku terhenyak. Iya. Benar. Beberapa kali Pak Pran meminta sesuatu  yang khas dari Papua. Benar. Oalah. Apakah itu permintaan terakhir almarhum?

Suasana bathin yang sangat tidak menyenangkan benar-benar membuatku merasa tidak nyaman. Selalu terngiang-ngiang permintaan Pak Pran. Hingga menjelang tidur, Abang yang arif tampaknya mengetahui ada sesuatu yang salah dengan batin dan pikiranku.

“Dik, tampaknya sedang ada masalah, ya” tanya Abang lembut.

Aku mengangguk lemah.

“Ada apa, Dik?”, tanya Abang selanjutnya.

“Abang masih ingat. Mmmm. Nama Pak Pran? Pak Pranap Junaidi?”, tanyaku.

“Ya. Ingat. Sangat ingat. Sering Adik cerita tentang beliau. Bahkan pernah Abg lihat ketika Adik dan rekan-rekan Adik zoom.” Kata Abang cukup jelas.

Dengan lambat, Aku ceritakan bahwa Pak Pran tadi pagi meninggal, Selain itu, Aku ungkapkan juga bahwa almarhum beberapa kali meminta sesuatu yang khas dari Papua kepadaku. Namun, hingga beliau meninggal, permintaan itu belum Aku penuhi.

Emang, apa permintaan beliau?”, tanya Abang dengan penuh rasa ingin tahu.

“Maaf, Bang. Itu … beliau minta dikirimi koteka dari Papua”, kataku kurang lancar.

Sontak, Abang memalingkan muka sambil menekan sebelah tangannya ke mulut. Yah, pasti Abang sedang susah menahan tawa.

“Oalaaah. Itu permintaan beliau? Maaf. Dik, pasti beliau tidak serius tu. Bukankah beliau tahu, pasti. Untuk mengirimkan benda-benda seperti itu sangat susah. Benda itu harus dikarantina dan melalui serangkaian wawancara”. Kata Abang menyentuh bahuku. Meyakinkan.

Tiba-tiba, Aku ingin tertawa. Tapi tidak mungkin. Ya, ya. Benar. Pak Pran pasti hanya bercanda.

Terima kasih, Abang. Telah ingatkan Aku. Yah. Permintaan Pak Pran bukanlah sebuah tragedi. Tetapi hanya balada. Balada permintaan terakhir. Maafkan Aku Pak Pranap, jika Aku tidak dapat memenuhi permintaan terakhir Bapak. Senandung Bob Tutupoli menyingkap kesedihanku hingga tertidur. Bila teringat kepadamu, sangat menyesal di hatiku ….

91 comments
  1. Siti Hardianti Harahap
    23016045
    SIMAK-NS-001
    Permintaan terakhir memang menjadi salah satu hal yang bisa saja diucapkan seseorang sebelum meninggalkan dunia ini. Namun, sejatinya kita tidak tahu, permintaan kita yang mana yang akan menjadi permintaan terakhir kita. Maka pastikan saja kita selalu membuat permintaan-permintaan yang baik-baik yang akan dikenang oleh orang-orang di sekitar kita.

    1. Umur tidak ada yang tahu. Dunia belum jahat kalau kita belum pernah merasakan kehilangan orang yang sangat berjasa untuk kita. Terkadang kita mengabaikan perkataan seseorang yang mana merupakan perkataan/pesan terakhir dari beliau.

    2. Izin menanggapi pak
      Permintaan terakhir, memang ucapan yang sering kita dengar, ketika seseorang ingin mendahului kita. Terkadang, permintaan yang orang mintak kepada kita, kita tidak langsung mengetahuinya, bahwa permintaan yang pernah di ajukan kepada kita merupakan permintaan terakhir. Bahkan, kita menyadari permintaan tersebut, ketika beliau telah meninggal, dan terkadang kita juga sangat menyesal
      Ketika permintaan tersebut belum kita penuhi.

  2. Terima kasih kepada bapak, yang telah berbagi kisah yang sangat sarat emosi. Cerita yang berjudul Balada Permintaan Terakhir, sebuah cerita yang menggugah hati. Seperti pada teks dilihat permintaan pak pranap junaidi untuk dikirimkan koteka dari Papua, meski awalnya terdengar lucu, tapi dibalik itu juga memberikan warna sendu pada cerita tersebut.

    1. Izin menanggapi, Pak
      Permintaan terakhir memang merupakan suatu hal yang sering diucapkan oleh seseorang yang akan meninggal. Namun, harus kita pahami bahwa tidak semua yang diucapkan oleh orang tersebut merupakan permintaan terakhir. Bisa saja hal tersebut hanya candaan semata dan bukan sesuatu yang harus dipikirkan.

  3. Septiarifa Salsabila
    23129082
    BI-NS-0207
    Masyaallah cerita bapak sangat mengharukan dengan judul permintaan terakhir,awal cerita dengan ending nya sangat menyentuh hati dan menggelitik,kita sebagai manusia terkadang tidak akan sadar dengan kematian dari seseorang,maupun orang terdekat untuk itu tetap selalu berbuat baik supaya meninggalkan kenangan baik yang membekas sampai kapanpun.

    1. Nama. :Widia Khairun Afni
      Nim. :23129112
      Terimakasih kepada bapak yang sudah berbagi cerita cerita inspiratif maupun cerita sedih,,semoga kedepannya saya bisa belajar mengarang cerita yg baik juga sesuai dengan aturan aturan penulisan EYD maupun peraturan penulisan kalimat

  4. Terima kasih kepada bapak telah membagikan cerita “Balada Permintaan Terakhir”. Dapat dpahami tidak semua permintaan terakhir itu harus dituruti, kita harus berpikir apakah permintaan itu masuk akal atau tidak. Terkadang permintaan seperti itu hanya menjadi lelucon dan untuk di kenang di kemudian hari. Kita tidak tau mana yang akan menjadi permintaan terakhir kita. Jadi kita berilah permintaan yang baik baik untuk dikenang. Teringat permintaan terakhir dari orang yang sudah berjasa, itu akan menyingkap kesedihan dan penyesalan bagi nya.

    1. Nama: Sandra Dewi Surya
      Nim : 23133013
      BI-NS-0207
      Ceritanya terasa segar dan menarik, dan memberikan beberapa pelajaran manis tentang menjalani hidup dengan baik, mencintai keluarga, dan masyarakat.

      1. Terimakasih untuk palak karna telah berbagi cerita yang sangat bagus dan menarik, dicerita ini saya dapat memetik pelajaran tentang perjalanan hidup di dalam keluarga dan masyarakat.
        Cerita yang bapak bagikan dengan judul “Permintaan terakhir” sangat menyentuh hati saya yang membacanya, intinya tidak semua permintaan terakhir itu harus di turuti kita harus cermat melihat baik atau buruknya.

    2. Izin berkomentar Bapak. Ceritanya sangat menarik dan menyenangkan untuk dibaca yaitu mengenai permintaan terakhir, namun permintaan tersebut harus kita pertimbangkan masuk akal atau tidaknya untuk kita kabulkan walaupun hal tersebut merupakan permintaan terakhir seseorang sebelum meninggal.

  5. awal cerita dengan ending nya sangat menyentuh hati dan menggelitik,kita sebagai manusia terkadang tidak akan sadar dengan kematian dari seseorang, dan kematian tidak mengenal umur manusia dan Kita juga harus menambah kebaikan kita di masa sekarang untuk masa yang akan datang

  6. Izin berkomentar bapak,cerita nya sangat menarik bapak.mengenai permintaan,permintaan itu harus di lihat dulu masuk akal atau tidakk dan mampu atau tidak seseorang untuk memenuhi nya jadi tidak semua permintaan itu harus di penuhi walaupun itu permintaan terakhir nya.

  7. THIO VALENTINO EDILY PRATAMA
    NIM:23133017
    BI-NS-0207
    cerita”balada permintaan terakhir”memberikan sebuah pesan tentang permintaan terakhir.permintaan terakhir memang sesuatu yang sangat menyedihkan bagi orang yang akan ditinggalkan.pesan terakhir memang merupakan amanah yang wajib dilaksanakan,namun tidak semua pesan terakhir bisa dipenuhi.jadi berikanlah pesan terakhir yang baik yang bisa dikenang oleh orang sekitar kita.

  8. Rifa Eka Putri_23233016_ BI-NS-0208
    cerita bapak sangat mengharukan dengan judul permintaan terakhir,awal cerita yang sangat menyentuh hati dan menggelitik, kita sebagai manusia terkadang tidak tau kapan kematian datang kepada kita, maupun orang terdekat untuk itu tetap selalu berbuat baik setiap hari, supaya ketika meninggal meninggalkan kenangan yang baik, yang akan di ingat oleh siapapun.
    Dan kita boleh meminta permintaan kepada orang lain asalkan barang apapun yang kita minta masih masuk ke dalam logika kita dan orang lain

  9. Dalam cerita di atas memberikan sebuah pesan yang mana permintaan terakhir itu suatu permintaan yang menyedihkan bagi seseorang yang mau ditinggalkan. Terkadang kita tidak sadar dengan kematian seseorang. Jadi berilah permintaan yang baik untuk di kenang

  10. Terimakasih kepada bapak yang telah membagikan cerita “Balada Permintaan Terakhir”. Cerita ini sangat mengharukan sekali dan sangat menyantuh hati dan dalam cerita tersebut kita mendapat pelajaran bahwa kematian tidak ada satu orangpun yang tahu dan tidak semua permintaan akan terwujud.

  11. Assalamualaikum wr.wb pak
    Saya Aniva Pardila dengan Nim 23133021, Nomor absen 22 BI-NS-0208

    Dari teks di atas dapat saya simpulkan. Permintaan terakhir merupakan kata kata yang sering di takuti oleh banyak orang, sebab sebagian orang yang mau meninggal dunia akan memberikan permintaan terakhirnya. Janganlah melupakan permintaan terakhir seseorang, jangan sampai kalian menyesal karena telah mengabaikan permintaan terakhir. Tetapi tidak semua permintaan terakhir seseorang itu dia mau meninggal dunia.

    Sekian pak, hanya itu tanggapan dari saya kalau ada kesalahan kata atau kalimat saya minta maaf pak, wassalamu’alaikum wr.wb

  12. Rizka Nailatul Hasanah – 23020022
    WAG (BI-NS-0208)
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh bapak dan teman-teman, izin menanggapi 🙏
    Beberapa tanggapan dari teman-teman, memang permintaan terakhir jika dalam kontek kematian cukup menegangkan,tetapi di antara permintaan terakhir yang masih wajar, ada juga nih permintaan-permintaan yang mengharukan dan kadang terkadang juga terasa aneh, atau bisa juga berupa lelucon.

  13. Hizadhatul Aqhidah
    BI-NS-0207
    Dari teks di atas dapat disimpulkan bahwa Permintaan terakhir merupakan kata-kata yang sering di takuti oleh banyak orang, sebab sebagian orang yang mau meninggal dunia akan memberikan permintaan terakhirnya. Namun, harus kita pahami bahwa tidak semua yang diucapkan oleh orang tersebut merupakan permintaan terakhir.

  14. Nama : Nadila Kurnia Ramzan
    Nim : 23133009
    GWA : BI-NS-0214
    cerita tentang “balada permintaan terakhir” ini sangat menyentuh. Permintaan terakhir memang hal yang sangat menyedihkan bagi yg ditinggalkan. Permintaan terakhir memang harus di penuhi,tetapi permintaan terakhir juga harus masuk akal,tidak semua permintaan terakhir harus dipenuhi. Jadi berikan permintaan terakhir yang menyesankan bagi orang sekitar.

  15. Nama: Aziz Setiawan
    Nim: 23134018
    BI-NS-0208

    sering di takuti oleh banyak orang, sebab sebagian orang yang mau meninggal dunia akan memberikan permintaan terakhirnya. Janganlah melupakan permintaan terakhir seseorang, jangan sampai kalian menyesal karena telah mengabaikan permintaan terakhir. Tetapi tidak semua permintaan terakhir seseorang itu dia mau meninggal dunia. Terkadang permintaan terakhir itu adalah untuk trakhir kalinya dia bertemu dengan dirimu terkadang orang kan banyak berfikir untuk terakhir kali bertemu bisa jadi seseorang tersebut meninggal tetapi di sini kata terakhir kali bertemu itu mungkin seseorang ini berpindah tempat yang jauh dari lingkungan nya makanya dari itu dia ingin permintaan terakhir kali nya bisa tercapai. Mungkin kebanyakan orang sering mengabaikan hal seperti ini sepele dan terkadang tidak ada yg menghiraukan. Sekian terima kasih pak wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.

  16. Adinda Humayra Putri BI-NS-0208
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada bapak karena sudah menyajikan teks “Balada Permintaan Terakhir”. Berdasarkan teks tersebut saya mengerti bahwa permintaan terakhir merupakan permintaan yang bisa meninggalkan sebuah kenangan bagi yang ditinggalkan dimana permintaan tersebut tentulah sebuah permintaan yang logis.

  17. terima kasih pak cerita ini sangat manarik terakhi
    Cerita “Balada Permintaan Terakhir” mungkin menggambarkan nuansa emosional dan konflik dalam situasi permintaan terakhir seseorang.

  18. ikhsan maulana
    23351068
    BI-NS-0208
    Terimakasih kepada bapak yang telah membagikan cerita “Balada Permintaan Terakhir”. Cerita ini sangat mengharukan sekali dan sangat menyantuh.cerita tentang “balada permintaan terakhir” ini sangat menyentuh. Permintaan terakhir memang hal yang sangat menyedihkan bagi yg ditinggalkan. Permintaan terakhir memang harus di penuhi,tetapi permintaan terakhir juga harus masuk akal,tidak semua permintaan terakhir harus dipenuhi

  19. Nama:Virna Meilisya Putri
    Nin:23133018
    BI-NS 02-07
    Terimakasih untuk palak karna telah berbagi cerita yang sangat bagus dan menarik, dicerita ini saya dapat memetik pelajaran tentang perjalanan hidup di dalam keluarga dan masyarakat.

  20. Terimakasih kepada bapak yang sudah membagi cerita anekdot yang berjudul “balada permintaan terakhir” Ceritanya sangat menarik, karena cerita di atas dapat disimpulkan bahwa Permintaan terakhir merupakan kata-kata yang sering di takuti oleh banyak orang, sebab sebagian orang yang mau meninggal dunia akan memberikan permintaan terakhirnya.

    1. NAMA : MUTIA
      NIM : 23133007
      BI-NS-0214
      Cerita singkat mengenai balada permintaan akhir ini sangat menarik selain memberikan kesan haru ceritanya juga berisi sebuah candaan tawa, memang permintaan terakhir adalah hal yang selalu membuat seseorang kepikiran dan gelisah, tetapi di cerita ini permintaan terakhir tersebut bukanlah suatu hal yang harus di gelisah kan melainkan candaan biasa dan Semua hal itu bisa saja terjadi,tinggal bagaimana cara kita menanggapinya saja,untuk hal yang cukup serius,sebaiknya dilaksanakan,untuk hal yang dalam konteks bercanda saja,tidak perlu terlalu dipikirkan,jadikan saja sebagai kenangan dari almarhum/almarhumah

  21. Terimakasih bapak karna telah berbagi cerita yang sangat bagus dan menarik, disini Cerita yang bapak bagikan dengan judul “Permintaan terakhir” sangat menyentuh hati bagi pembaca, sehingga tidak semua permintaan terakhir itu harus di turuti terkadang ada juga hal buruknya.

  22. Izin menanggapi Pak…
    Seringkali orang mengganggap atau menyebut setiap permintaan dari orang yang meninggal sebagai permintaan terakhir,karena permintaan itu ia sampaikan sebelum kepergiannya untuk selamanya.Padahal,tidak semua permintaan itu diucap dengan serius oleh orang tersebut,ada yang hanya bercanda saja.
    Terlepas dari itu,ada juga yang memang benar sebagai tanda,bahwa itu keinginan terakhirnya sebelum kematiannya.Bisa juga disebut sebagai wasiat sebelum kematian.
    Semua hal itu bisa saja terjadi,tinggal bagaimana cara kita menanggapinya saja,untuk hal yang cukup serius,sebaiknya dilaksanakan,untuk hal yang dalam konteks bercanda saja,tidak perlu terlalu dipikirkan,jadikan saja sebagai kenangan dari almarhum/almarhumah

  23. pada cerita di atas dapat disimpulkan bahwa permintaan terakhir adalah permintaan yang sangat diingankan oleh seseorang yang akan meninggal. terkadang permintaan terakhir harus di dapatkan sesuai kemampuan dapatkah hal tersebut tercapai atau tidak. permintaan terakhir menjadi kata-kata yang akan selalu membuat oran yang ditinggalkan menjadi sedih .silfia alisa(23134013) BI-NS-0208

  24. Izin menanggapi bapak. Menurut saya, cerita ini sangat bagus, saya dapat simpulkan bahwa cerita “Balada Permintaan Terakhir” ini mengandung makna yaitu permintaan terakhir seseorang kadang tidak bisa kita ketahui dan juga banyak permintaan terakhir yang tidak untuk dipenuhi (bisa saja tidak serius). Oleh sebab itu, permintaan seseorang belum terpenuhi ketika beliau telah meninggal jangan terlalu dipikirkan. Menurut saya, jika permintaan terakhir tersebut masih bisa dipenuhi, penuhilah. Jika tidak, maka hanya permintaan saja tidak ada yang memaksa untuk dipenuhi.
    (Dinda Afri Yanti, BI-NS-0214)
    Nim: 23233037
    Terima kasih.

  25. Jasmine fauza khalida
    BI-NS-0214
    Cerita singkat mengenai balada permintaan akhir ini sangat menarik selain memberikan kesan haru ceritanya juga berisi sebuah candaan tawa, memang permintaan terakhir adalah hal yang selalu membuat seseorang kepikiran dan gelisah, tetapi dicerita ini permintaan terakhir tersebut bukanlah suatu hal yang harus di gelisahkan melainkan candaan biasa. Terimakasih sudah berbagi cerita ini pak.

  26. Tidak semua permintaan terakhir itu harus dituruti atau di kabulkan, kita harus berfikir apakah permintaan itu masuk akal atau tidak. Namun kita tidak tahu kapan permintaan terakhir kita.
    Raysha Anggraini BI-NS-0207

  27. Nama: Anisa Dela Safira
    Nim: 23134022
    BI-NS-0208
    Dari cerita sebelumnya dapat disimpulkan bahwa doa terakhir adalah permintaan yang sangat besar apa yang diinginkan orang sekarat, terkadang keinginan terakhir harus dipenuhi Tergantung kemampuannya, tercapai atau tidak, permintaan terakhir menjadi kata-kata yang selalu membuat orang yang datang terlambat sedih

  28. Dari cerita “Balada permintaan terakhir” dapat disimpulkan bahwa permintaan yang diminta sebelum orang meninggal atau yang disebut dengan pesan terakhir jangan terlalu dipikirkan karena bisa jadi permintaan itu hanya candaan

    Berliana yasri
    BI-NS-0214

  29. Permintaan terakhir merupakan suatu permintaan yang diucapkan oleh seseorang sebelum ia meninggal. Kita bisa membedakan mana permintaan terakhir yang akan kita turuti dan mana yang permintaan yang tidak masuk akal yang tidak bisa dituruti. Permintaan terakhir bisa menjadi kata yang selalu diingat oleh orang yang ditinggalkan.
    Mulyana Difa (23134009) BI-NS-0207

  30. Diva Safpitri (23020009)
    (BI-NS-0207)
    cerita”balada permintaan terakhir”memberikan sebuah pesan tentang permintaan terakhir.permintaan terakhir memang sesuatu yang sangat menyedihkan bagi orang yang akan ditinggalkan.pesan terakhir memang merupakan amanah yang wajib dilaksanakan,namun tidak semua pesan terakhir bisa dipenuhi.jadi berikanlah pesan terakhir yang baik yang bisa dikenang oleh orang sekitar kita.

  31. cerita ini menggambarkan suasana emosional dan dramatis dengan baik, dan terdapat unsur humor di akhir cerita yang membuat cerita menjadi lebih bagus. Cerita ini berhasil memberikan sentuhan kehangatan pada cerita. Secara keseluruhan, cerita ini sukses menyajikan campuran emosi dan momen ringan yang membuat saya tersentuh.

  32. Cerita ini menggambarkan suasana emosional dan dramatis dengan baik, dan terdapat unsur khumor di akhir cetita yang membuat cerita menjadi lebih bagus. Cerita ini berhasil memberikan sentuhan kehangatan padal cerita. Secara keseluruhan, cerita ini sukses menyajikan campuran emosi dan momen ringan yang membuat saya tersentuh.

  33. Dari cerita “Balada Permintaan Terakhir” dapat disimpulkan bahwa ungkapan permintaan terakhir memang memiliki makna yang tragis dan mengenaskan. Namun, ungkapan ini juga dapat digunakan untuk mengungkapkan hal-hal yang penting dan berharga bagi seseorang.

  34. Rizky Adiputra – 23134091
    BI-NS-0214
    Permintaan terakhir merupakan suatu permintaan yang harus dituruti yang diucapkan sesorang. Dari awa; cerita sampai dengan ending sangat menyetuh hati dan menggelitik, sebagai manusia kita tidak tahu dengan datangnya kematian seseorang, ataupun orang terdekat kita selalu berbuat baik setiap hari agar ketika orang terdekat kita ketika meninggal dapat meninggalkan kenangan yang indah dimasa ia hidup. jadi berikanlah pesan-pesan terakhir yang dipenuhi kenangan.

  35. Cerita ini memperlihatkan bagaimana tema “Permintaan Terakhir” sering dikaitkan dengan nuansa tragis dan tercermin dalam berbagai karya budaya seperti lagu-lagu dan film-film dengan judul yang serupa. Kejadian mendalam seperti meninggalnya Pak Pranap Junaidi memunculkan perasaan duka terhadap permintaan terakhirnya, yang dalam hal ini berupa keinginan khusus dari Papua. Percakapan dengan Abang memberikan sentuhan humor pada permintaan tersebut, mengubah nuansa dari tragedi menjadi balada.

  36. Cerita nya sangat menarik sekali, banyak pesan2 moral yang disampaikan dlm cerita ini. cerita”balada permintaan terakhir”memberikan sebuah pesan tentang permintaan terakhir.permintaan terakhir memang sesuatu yang sangat menyedihkan bagi orang yang akan ditinggalkan.pesan terakhir memang merupakan amanah yang wajib dilaksanakan,namun tidak semua pesan terakhir bisa dipenuhi.jadi berikanlah pesan terakhir yang baik yang bisa dikenang oleh orang sekitar kita.l
    (ANGGUN SOFITA, NIM 23133002,BI-NS 0214)

  37. Menurut saya cerita ini sangat menarik. Kisah tentang permintaan terakhir yang tak terpenuhi sangat menggugah emosi. Terkadang, permintaan terakhir itu bukanlah tragedi, melainkan sebuah balada yang mengajarkan kita untuk tetap tersenyum meski dalam kesedihan.

  38. Menurut saya cerita ini sangat menarik. Kisah tentang permintaan terakhir yang tak terpenuhi sangat menggugah emosi. Terkadang, permintaan terakhir itu bukanlah tragedi, melainkan sebuah balada yang mengajarkan kita untuk tetap tersenyum meski dalam kesedihan.

  39. Pelajaran yang bisa kita ambil dari tema permintaan terakhir atau balada adalah kesadaran akan pentingnya menghargai waktu dan hubungan kita dengan orang lain. Permintaan terakhir sering kali muncul dalam konteks situasi yang mendesak atau akhir kehidupan seseorang. Hal ini mengingatkan kita untuk tidak menunda – nunda hal-hal penting dalam hidup. Seperti mengungkapkan rasa cintacinta, meminta maaf, atau memperbaiki hubungan yang retak.
    (Retno Wulandari 23134053 BI-NS-0214)

  40. Cut Irma Mahmudi
    BI-NS-0208
    Terimakasih telah membagikan cerita yang bejudul “Balada Permintaan Terakhir”. Permintaan terakhir memang identik dengan orang yang akan meninggal. Tapi tidak semua permintaan tersebut harus dituruti. Kita harus memilih yang mana yang bisa kita jalankan dan mana yang tidak.

  41. Cerita ini sungguh menarik dan membuat pembaca ikutan terbawa suasana ketika membaca cerita ini. Kadang permintaan terakhir tidak harus di lakukan mengapa demikian karna kita tidak tau kapan orang menyampaikan pesan terakhir nya jdi jgn menyesali sesuatu yg belum tentu itu suatu permintaan terakhir atau permintaan biasa.

  42. Yang menjadi Permintaan terakhir memang banyak sekali mudah terlupakan,atau tidak terlakukan ,Karena kita tidak tahu bahwa itu akan menjadi sebuah permintaan terakhir untuk seseorang.
    Memang benar banyak kata orang,jika kita tidak sempat menyelesaikan atau memenuhi permintaan orang itu dan akhirnya orang tersebut tiba tiba meninggal,dan itu menjadi Permintaan terakhir yang tidak bisa untuk kita lakukan lagi kepada orangnya. Bila hal itu terjadi, kita pasti akan merasa begitu bersalah dan menyesal karna tidak sempat memenuhi permintaan orang tersebut.

  43. Nama : Lesti Zebua
    Nim : 23232006
    Permintaan terakhir emang sangat sulit untuk di duga karna kita tidak tau kapan perkataan itu atau ucapan itu menjadi permintaan terakhir karna sesuatu juga yang telah kita rencanakan belum tentu rencana tuhan.

  44. Cerita bapak sangat bagus dan menarik.cerita yang menyentuh hati.kita tidak tau kapan dan dimana kematian datang pada kita.maka kita harus selalu berbuat baik,sehingga ketika kita sudah tiada orang mengenang apa yang kita lakukan.kita boleh meminta permintaan kepada orang lain tapi hal hal yang logis dan masuk akal.tidak semua pesan terakhir bisa dipenuhi.serta Balada mengajarkan kita untuk tetap tersenyum meski dalam kesedihan.

  45. Refky Faizal_23233014_BI-NS-0208
    Izin menanggapi, Pak
    Permintaan terakhir memang merupakan suatu hal yang sering diucapkan oleh seseorang yang akan meninggal. Namun, harus kita pahami bahwa tidak semua yang diucapkan oleh orang tersebut merupakan permintaan terakhir. Bisa saja hal tersebut hanya candaan semata dan bukan sesuatu yang harus dipikirkan🙏🏻

    1. Vikhi marionas saputra
      23349041
      SIMAK-BI-NS-0214
      Hikmah yang dapat kita ambil dalam teks diatas tentang “balada permintaan terakhir ” adalah tidak semua perkataan yang diucapkan adalah permintaan terakhir, namun semasa hidup haruslah berbuat baik sesama manusia agar dapat mengenang apa yang sering kita lakukan kepada mereka.

  46. Ceritanya terasa segar dan menarik, dan memberikan beberapa pelajaran manis tentang menjalani hidup dengan baik, mencintai keluarga, dan masyarakat.cerita yang menyentuh hati.kita tidak tau kapan dan dimana kematian datang pada kita.maka kita harus selalu berbuat baik,sehingga ketika kita sudah tiada orang mengenang apa yang kita lakukan.

  47. Dari teks di atas, bisa disimpulkan bahwa permintaan terakhir seringkali menjadi momen yang ditakuti oleh banyak orang, karena beberapa orang yang berada di ambang kematian mungkin akan mengutarakan keinginan terakhir mereka. Penting untuk tidak melupakan atau mengabaikan permintaan terakhir seseorang, meskipun tidak selalu berarti bahwa orang tersebut berencana untuk meninggal dunia.

    Adrian Putra Perdana, BI-NS-0208

  48. Masya Allah cerita bapak sangat bagus, dimana dalam cerita tersebut menceritakan kisah sedih, haru dan lucu menjadi satu. Kita tidak tau kapan orang- orang terdekat kita akan meninggalkan kita selama-lamanya. Betapa banyak kenangan yang pernah kita lakukan bersama mereka dan candaan yang diberikan mereka sehingga memberikan kesan haru bagi kita yang mengingatnya.

  49. Cerita yang menarik dan lucu, memberikan beberapa pelajaran manis tentang menjalani hidup dengan baik, mencintai keluarga, dan masyarakat.cerita yang menyentuh hati.kita tidak tau kapan dan dimana kematian datang pada kita.maka kita harus selalu berbuat baik,sehingga ketika kita sudah tiada orang mengenang apa yang kita lakukan.

  50. Destrina_23133026_BI-NS-0208
    Teks tersebut menceritakan kejadian tragis meninggalnya seorang guru bernama Pak Pranap Junaidi dan upaya sang narator untuk memenuhi permintaan terakhir beliau, yaitu mengirimkan koteka dari Papua. Meskipun awalnya terasa tragis, namun pada akhirnya, cerita ini berakhir dengan pemahaman bahwa permintaan tersebut mungkin hanyalah lelucon dan bukanlah sebuah tragedi sejati.

  51. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Tiara jayani_23016116_08_Simak-Ns-001
    Cerita tersebut sangat menarik dan lucu karena mengajarkan mengenai kehidupan tentang permintaan terakhir yang mana kita tidak tau permintaan mana yang menjadi permintaan terakhir kita, karena itulah minta lah selalu hal- hal yang baik agar nantinya bisa di kenang.

  52. Hilma tita suri_23233007_BI_NS_0207
    Kata “permintaan terakhir” seringkali dikaitkan dengan konotasi tragis dan mengenaskan. Tragedi yang dapat mempengaruhi suasana dan emosi seseorang jika orang terdekatnya menitipkan permintaan terakhir sebelum meninggal. Cerita juga ini juga menunjukkan pentingnya komunikasi yang jelas dan terbuka.

  53. Nama Nurmaiyah Lubis
    Nim 23016033
    No.urut.08
    SIMAK- NS-0012
    Dari teks di atas dapat saya simpulkan. Permintaan terakhir merupakan kata kata yang sering di takuti oleh banyak orang, sebab sebagian orang yang mau meninggal dunia akan memberikan permintaan terakhirnya. Meskipun awalnya terasa tragis, namun pada akhirnya, cerita ini berakhir dengan pemahaman bahwa permintaan tersebut mungkin hanyalah lelucon dan bukanlah sebuah tragedi sejati.

    1. Tidah bisa kita sipulan juga bahwa dari pembicaraan seseorang adalah permintaan terakhirnya,karena kita tidak tau kematian itu kapan,dan pada siapa,jadi selalu berbuat baiklah kepada semua orang agar kita pun tidak mersa bersalah jika ada sesuatu yang terjadi pada lawan bicara kita natinya

  54. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Sebuah cerita yang cukup menarik. Permintaan terakhir telah menjadi kata – kata yang cukup menyedihkan, dimana sebuah permintaan terkadang berisi harapan dan keinginan terakhir seseorang sebelum dia meninggalkan dunia ini. Namun tidak semua permintaan terakhir dapat diwujudkan dengan mudah karena berbagai alasan. Dan karena ketidakmampuan tersebut terkadang membuat seseorang dilema dan sedih. Cerita ini memberikan pesan moral bagi saya berupa kebersamaan, kebaikan kepada sesama, menghargai dan menyayangi sesama dan mengingat semua kebaikan orang lain dalam hidup.

  55. Maisarahtul Ispar
    Nim 23129334
    BI-NS- 0214

    Ini ceritanya sangat menarik sekali, dan mengharukan dengan judul permintaan terakhir, awal cerita dengan ending nya sangat menyentuh hati, dan juga dapat kita ambil hikmahnya yaitu kita sebagai manusia terkadang tidak akan sadar akan kematian seseorang, baik itu orang terdekat kita , kadang kita pasti menyira orang berbuat baik kepada kita itu sudah hal biasa bagi kita namun itu terkadang termasuk tanda tanda seorang tersebut meninggalkan kenangan baik yang membekas sampai kapanpun Sehingga kita tidak menyadari ituu….

  56. Delvia Trimelda (23233002-BI-NS-0207-43)
    cerita ini yang sangat lah mengharukan dimulai dari judulnya “permintaan terakhir”. Kadang tak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang meminta sesuatu dan setelah itu meningggalkan dunia itu berarti permintaan terakhir beliau. Dan terkadang permintaan itu dapat membuat kita teringat akan mendiang.

  57. BI-NS-0208
    ANNISA FIQRIAH
    23133022
    Cerita yang menyentuh, menunjukkan perasaan yang beragam dari duka hingga pemahaman akhir. Pentingnya kesadaran bahwa permintaan terakhir bisa menjadi sebuah balada, bukan selalu tragedi.

  58. Nama: Ravita Dewi
    Nim: 23077056
    BI-NS-0208
    Izin menanggapi teks yang bapak bagikan🙏🏻
    Cerita yang dapat kita ambil dari teks ini adalah tentang kejadian yang tidak terduga dan mengharukan. Panggilan tak terjawab yang kamu terima dari rekan-rekan seperjuanganmu membawa kabar sedih bahwa Pak Pranap telah meninggal dunia. Kamu segera menghubungi Bu Lina dan melakukan video call grup dengan teman-temanmu untuk berbagi perasaan sedih dan kenangan indah bersama Pak Pranap.
    Selama video call grup, Bu Lina mengingatkanmu tentang permintaan terakhir Pak Pranap yang belum kamu penuhi. Kamu merasa tidak nyaman dan penyesalan mulai menghampirimu. Namun, saat kamu bercerita kepada Abang, dia memberimu pemahaman bahwa permintaan tersebut mungkin hanya bercandaan belaka dan bukanlah sebuah tragedi.
    Cerita ini mengajarkan kita tentang pentingnya saling berbagi perasaan dan mengenang kenangan bersama orang-orang tercinta. Kadang-kadang, kita mungkin merasa bersalah karena tidak dapat memenuhi semua permintaan mereka, namun yang terpenting adalah mengingat mereka dengan penuh cinta dan menghormati keinginan mereka.

  59. Cerita ini sangat menarik sekali mengharukan dengan judul permintaan terakhir cerita dengan ending yang sangat sedih menyentuh hati dan juga dapat kita ambil hikmahnya yaitu manusia terkadang tidak sadar akan kematian seseorang baik itu orang terdekat Kita ,tanda-tanda seorang tersebut meninggalkan pandangan baik yang bekas sampai kapanpun sehingga kita tidak menyadari itu dan permintaan terakhir dikaitkan dengan konotasi tragis dan mengenaskan yang dapat mempengaruhi suasana dan emosi seseorang jika orang terdekatnya menitipkan permintaan terakhir sebelum meninggal, cerita ini juga menunjukkan pentingnya komunikasi yang jelas dan terbuka dicerita ini juga mengajarkan mengenai kehidupan tentang permintaan terakhir yang mana kita tidak tahu permintaan yang mana menjadi permintaan terakhir Karena itulah mintalah selalu hal-hal baik agar nantinya bisa dipenuhi

  60. Cerita ini menggambarkan suasana emosional dan dramatis dengan baik, dan terdapat unsur khumor di akhir cetita yang membuat cerita menjadi lebih bagus. Cerita ini berhasil memberikan sentuhan kehangatan padal cerita. Secara keseluruhan, cerita ini sukses menyajikan campuran emosi dan momen ringan yang membuat saya tersentuh.

  61. Refnita Susanti
    Nim 23133010
    Cerita ini menggambarkan suasana emosional dan dramatis dengan baik, dan terdapat unsur khumor di akhir cetita yang membuat cerita menjadi lebih bagus. Cerita ini berhasil memberikan sentuhan kehangatan padal cerita. Secara keseluruhan, cerita ini sukses menyajikan campuran emosi dan momen ringan yang membuat saya tersentuh.

  62. Hega Dwi Dian Dola
    NIM 23301019
    Cerita ini mengingatkan kita bahwa jika ada permintaan seseorang kalau bisa dipenuhi maka segera tunaikan, jika tidak mungkin memenuhi keinginannya maka segera meminta maaf dan mengutarakan alasan yang jelas tentang hal yang tak bisa diwujudkan tersebut kepada yang bersangkutan. Hal ini dilakukan agar tidak ada penyesalan bagi orang-orang yang ditinggalkan ketika kita belum bisa memenuhi permintaanya.

  63. Salah satu penyebab kenapa kita bisa dijajah begitu lama adalah percaya pada hal Mistik. Kita percaya pada sesuatu yang memang tidak bisa dijelaskan sebab akibatnya secara objektif. Padahal kita hanya tidak menemukan alasan yang sesuai realitas, sehingga kita membuat alasan subjektif sampai menjadi sesuatu yang mistik. Sudah selayaknya pada zaman yang serba modren ini segala sesuatu memiliki alasan realitasnya. Hehehe

    1. Dewi Wulandari
      NIM: 23301007
      Cerita ini sangat menguras tenaga, dimana kita di awal di mulai bingung dengan cerita nya, lalu di kejutkan dengan situasi sedih, dan di akhir cerita terdapat unsur humoris, sangat cocok di katakan ini sebagai teks anekdot, karena berisi cerita singkat yang bersifat lucu dan menarik.

  64. Dina Apriana
    23133027
    Bi-Ns-0208
    sering di takuti oleh banyak orang, sebab sebagian orang yang mau meninggal dunia akan memberikan permintaan terakhirnya. Janganlah melupakan permintaan terakhir seseorang, jangan sampai kalian menyesal karena telah mengabaikan permintaan terakhir. Tetapi tidak semua permintaan terakhir seseorang itu dia mau meninggal dunia. Terkadang permintaan terakhir itu adalah untuk trakhir kalinya dia bertemu dengan dirimu terkadang orang kan banyak berfikir untuk terakhir kali bertemu bisa jadi seseorang tersebut meninggal tetapi di sini kata terakhir kali bertemu itu mungkin seseorang ini berpindah tempat yang jauh dari lingkungan nya makanya dari itu dia ingin permintaan terakhir kali nya bisa tercapai. Mungkin kebanyakan orang sering mengabaikan hal seperti ini sepele dan terkadang tidak ada yg menghiraukan.

  65. MUHAMMAD BINTANG
    23134045
    BI-NS-0214
    Terima kasih kepada bapak telah membagikan cerita “Balada Permintaan Terakhir”. Dapat dpahami tidak semua permintaan terakhir itu harus dituruti, kita harus berpikir apakah permintaan itu masuk akal atau tidak. Terkadang permintaan seperti itu hanya menjadi lelucon dan untuk di kenang di kemudian hari. Kita tidak tau mana yang akan menjadi permintaan terakhir kita. Jadi kita berilah permintaan yang baik baik untuk dikenang. Teringat permintaan terakhir dari orang yang sudah berjasa, itu akan menyingkap kesedihan dan penyesalan bagi nya.

  66. Nama:Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut:12
    SIMAK-NS-0012
    Dapat dimengerti bahwa tidak semua permintaan terakhir harus dipenuhi. Anda perlu mempertimbangkan apakah permintaan tersebut sah.Dalam beberapa kasus, permintaan seperti itu hanya sekedar lelucon dan perlu diingat di kemudian hari.Kita tidak tahu apa keinginan terakhir kita.
    Oleh karena itu kami sampaikan harapan yang berkesan dan baik. Mengingat keinginan terakhir kontributor akan mengungkapkan kesedihan dan penyesalannya.

  67. Nama : Latifa Mulya Marza
    Nim : 23129330
    BI-NS-0214
    Cerita diatas sangat lucu dan menghibur. Selain itu hal yang dapat kita ambil dari cerita diatas adalah janganlah terlalu menganggap serius segala hal termasuk candaan seseorang mengenai sesuatu. Contohnya saja permintaan pak pran yang hanya sebagai candaan jadi tidak harus dianggap sebagai hal yang serius.

  68. Cerita di dalam teks anekdot Balada Permintaan Terakhir sangat menarik, mengharukan dan memiliki makna yang tersirat. Teks anekdot adalah teks yang mengandung unsur lucu. Namun, di dalam cerita teks anekdot sebenarnya berniat ingin menyampaikan sebuah kritik atau menyindir untuk menyampaikan sebuah pesan atau amanat di dalam cerita. Jadi, dari cerita teks anekdot Balada Permintaan Terakhir ini kita dapat menangkap sebuah amanat. Bahwasanya, kita tidak pernah tahu kapan ajal seseorang akan datang. Bahkan, kita tidak menyadari tindakan, perilaku, ucapan bahkan permintaan orang yang akan menemui ajalnya seketika berubah aneh. Kita tidak menyadari, ternyata keanehan yang terjadi kepadanya adalah suatu kenangan, peninggalan terakhir bagi kita. Oleh karena itu, jangan pernah menunda, mengabaikan permintaan seseorang. Bisa saja itu adalah pertanda peninggalan, saat-saat terakhir ia meminta, menjadi pesan tersirat bahwa ia akan pergi meninggalkan kita untuk selamanya.

  69. Cerita ini sangat menarik sekali mengharukan dengan judul permintaan terakhir cerita dengan ending yang sangat sedih menyentuh hati dan juga dapat kita ambil hikmahnya.
    Setiap yang bernyawa pasti akan mati, tetapi dengan tidak memenuhi permintaan terakhir tersebut dapat membuat kita menyesal, karena tanpa disangka gurauan yang dilontarkan adalah permintaan terakhir bagi seseorang. Kita tidak tahu pasti apakah suatu permintaan itu adalah permintaan terakhir atau tidak. Tetapi itu dapat memberikan kita pelajaran bahwa suatu permintaan bernilai sesuatu.

  70. Izin menanggapi pak.
    Berdasarkan teks anekdot di atas mengenai “Balada Perminataan Terakhir” , saya memahami sesuatu bahwa sebagai seorang pembaca kita harus menyelesaikan apa yang dibaca sampai selesai. Di awal cerita menggambarkan rasa sedih kehilangan sosok guru karena almarhum sudah berpulang ke pangkuan sang Maha Kuasa. Hanya saja, permintaan beliau mengenai ingin dibawakan koteka dari Papua membuat saya menyadari bahwa permintaan beliau menjadi sesuatu hal yang dapat dikenang sebagai sesuatu yang di anggap “segan” untuk dibicarakan. Dapat disimpulkan bahwa teks anekdot memiliki selera humor tersendiri bagi penikmatnya.

  71. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Cerita tersebut cocok sekali sebagai teks anekdot, karena memang ada unsur humornya di dalam cerita tersebut. Sehingga, hal itu membuat pembaca terhibur setelah membaca teks anekdot tersebut.

  72. Dari balada “Permintaan Terakhir,” kita dapat mempelajari bahwa kekerasan dapat mengakibatkan kesedihan dan kegagalan dalam mengisi permintaan terakhir. Cerita ini juga menunjukkan bahwa kepercayaan yang diberikan kepada siswa-siswa dapat mempengaruhi bagaimana siswa-siswa mengatasi kesulitan

    1. Selfi Juwita Rizki, PBA-NS-0060

      Cerita ini mengangkat kisah tentang permintaan terakhir

  73. Nurul Fitri PBA-NS-0060
    Ceritanya sangat menarik pak,saya suka dengan cerita yang bapak karang,semoga saya bisa mengarang atau membuat cerita seperti bapak.

  74. Balada Permintaan Terakhir” adalah sebuah kisah yang mendalam dan menyentuh hati tentang keinginan terakhir seseorang sebelum meninggal. Dengan penggalian emosi yang mendalam, kisah ini menggambarkan pentingnya hubungan manusia dan kekuatan harapan dalam menghadapi akhir kehidupan.

  75. Melati Sukma PBA-NS-0060
    Permintaan terakhir memang menjadi salah satu hal yang diucapkan seseorang sebelum meninggalkan dunia . Namun, kita tidak mengetahui, permintaan kita yang mana yang akan menjadi permintaan terakhir kita. Maka pastikan saja kita selalu membuat permintaan-permintaan yang baik-baik yang akan dikenang oleh orang-orang di sekitar kita.

  76. Terima kasih kepada bapak, yang telah berbagi kisah yang sangat sarat emosi. Cerita yang berjudul Balada Permintaan Terakhir, sebuah cerita yang menggugah hati. Seperti pada teks dilihat permintaan pak pranap junaidi untuk dikirimkan koteka dari Papua, meski awalnya terdengar lucu, tapi dibalik itu juga memberikan warna sendu pada cerita tersebut.

    REPLY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *