Memanfaatkan Hypothes.is untuk Kolaborasi Pembelajaran di Inspira
Memanfaatkan Hypothes.is untuk Kolaborasi Pembelajaran di Inspira

Memanfaatkan Hypothes.is untuk Kolaborasi Pembelajaran di Inspira

0 Shares
0
0
0

Hypothes.is merupakan alat kolaboratif berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan mengelola catatan atau anotasi langsung pada halaman web. Konsepnya mirip dengan menuliskan catatan di tepi buku, tetapi dilakukan secara digital dan bersifat kolaboratif. Hal ini menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam. Berikut merupakan langkah-langkah menggunakan Hypothes.is pada platform Inspira.

Daftar dan Masuk ke Akun Hypothes.is

Pertama, silakan kunjungi platform Inspira dan temukan opsi “Sign Up” pada bagian sidebar.

Kemudian, Anda akan diarahkan ke platform Hypothes.is. Di sana, isi informasi seperti username, email, dan password. Pastikan untuk mencentang kotak persetujuan sebelum mengklik “Sign Up.”

Setelah mendaftar, cek email Anda untuk verifikasi akun dan klik tautan verifikasi yang disediakan.

Kedua, kembali ke platform Inspira dan klik opsi “Login” pada sidebar. Masukkan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya saat mendaftar.

Setelah login, Anda bisa mulai menggunakan fitur-fitur seperti anotasi dan sorotan paragraf. Cukup klik pada paragraf yang diinginkan untuk membuat anotasi, dan gunakan opsi highlight untuk menyoroti paragraf.

Video Tutorial Penggunaan Hypothes.is pada Situs Inspira

Latihan Menggunakan Fitur Hypothes.is

Hypothesis.is memberikan dua fitur yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran, yaitu fitur ‘Annote’ dan ‘Highlight’.

Fitur Annote

Fitur ‘Annote’ di Hypotesis.is memungkinkan Anda untuk membuat catatan atau komentar pada teks tertentu di halaman web. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk berbagi pemikiran, pertanyaan, atau interpretasi Anda tentang teks dengan pengguna lain. Catatan ini bisa dilihat dan direspon oleh pengguna lain, memfasilitasi diskusi dan kolaborasi.

Sekarang, Anda bisa mencoba fitur ‘Annote’ pada paragraf berikut. Untuk melakukannya, tekan dan tahan teks sampai muncul dua opsi, lalu klik opsi pertama. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menambahkan catatan atau komentar Anda sendiri pada teks yang ada dan berbagi pemahaman atau pertanyaan Anda dengan pengguna lain. Selain itu, Anda juga dapat membalas komentar dari orang lain yang sudah menandai terlebih dahulu.

Platform pembelajaran Inspira memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam. Dengan Hypothes.is, Anda dapat berinteraksi langsung dengan materi pembelajaran dan berbagi pemahaman atau pertanyaan Anda dengan pengguna lain.
Guru merupakan sosok penting dalam proses pendidikan. Mereka berperan tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai mentor, fasilitator, dan inspirator. Guru membantu siswa memahami berbagai konsep dan ide, mengembangkan keterampilan dan pengetahuan, serta membimbing mereka untuk menjadi individu yang terdidik dan bertanggung jawab. Seorang guru yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan seorang siswa, membantu mereka mencapai potensi penuh mereka dan membuka peluang baru.

Sayangnya, saat ini banyak sekali orang yang meremehkan pekerjaan guru. Banyaknya administrasi yang harus diselesaikan oleh guru juga menyulitkan mereka dalam menjalankan tugas utama mereka yaitu mengajar. Belum lagi gaji guru yang relatif kecil dibandingkan dengan pekerjaan lainnya, membuat profesi ini kurang dihargai. Oleh karena itu, peran guru dalam masyarakat sangat penting dan harus selalu dihargai.
Plato adalah salah satu filsuf paling terkenal dari zaman kuno, yang karya-karyanya telah memberikan kontribusi besar dalam berbagai bidang seperti filsafat, logika, dan etika. Ia adalah murid dari Socrates dan guru dari Aristoteles, dan karya-karyanya telah membentuk dasar pemikiran Barat. Dalam 'Alegori Gua', Plato mengajukan pertanyaan tentang realitas dan bagaimana kita memahaminya. Karya-karyanya masih relevan hingga hari ini dan sering menjadi subjek diskusi dan analisis.

Fitur Highlight

Fitur ‘Highlight’ adalah fitur di Hypothesis.is yang memungkinkan Anda untuk menyoroti teks tertentu pada halaman web. Hal ini serupa dengan menyoroti teks di buku fisik menggunakan penanda teks, tetapi dilakukan secara digital. Fungsi ini berguna untuk menandai informasi penting atau menarik dalam teks yang dapat Anda revisi nantinya.

Sekarang, silakan tandai kalimat utama dari paragraf yang ada pada teks ‘Persoalan Upah Guru Honorer di Indonesia‘ berikut.

Persoalan Upah Guru Honorer di Indonesia

Belakangan ini, isu rendahnya upah yang diterima oleh guru honorer di Indonesia menjadi sorotan. Banyak unggahan di media sosial yang menyoroti dan mendukung pernyataan tersebut. Guru honorer umumnya memiliki status pekerjaan yang lebih rendah dibandingkan guru tetap, seringkali tanpa jaminan sosial dan hak setara dengan pegawai pemerintah berstatus PPPK atau PNS.

Upah guru honorer yang rendah ini menjadi salah satu masalah yang dihadapi pendidikan di Indonesia. Hal ini, mengingat seorang guru seharusnya mendapat hak upah yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Sebagai contoh, ada unggahan di media sosial TikTok dari pengguna @wafaaliy*_*, yang menunjukkan gaji guru honorer yang berada di bawah rata-rata penghasilan di Indonesia, yaitu antara Rp 150.000 hingga Rp 1 juta.

Isu ini menjadi topik hangat karena banyak guru honorer mengungkapkan ketidakpuasan atas upah yang dinilai tidak layak. Dalam struktur ekonomi pendidikan yang kurang teratur, penentuan upah untuk guru honorer sering kali tidak memiliki sistem yang jelas.

Pembagian upah yang tidak merata bagi guru honorer dapat berdampak negatif pada ekonomi dan masyarakat secara keseluruhan. Dampak tersebut antara lain penurunan kualitas pendidikan akibat kurangnya motivasi, timbulnya kesenjangan sosial antara guru honorer dan guru tetap, ketidakstabilan keuangan yang mempengaruhi motivasi guru honorer, dan meningkatnya angka pengangguran karena kurangnya peluang kerja bagi guru honorer yang ingin bekerja penuh waktu.

Untuk itu, perlu adanya upaya peningkatan sistematisasi dalam ekonomi pendidikan untuk memastikan pembagian upah yang adil dan sesuai dengan pekerjaan guru honorer. Selain itu, jalur karier juga perlu dikembangkan untuk guru honorer agar mereka dapat menjadi guru tetap dengan upah yang lebih baik dan stabil.

Kurangnya keteraturan dalam sistem ekonomi pendidikan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keterbatasan anggaran. Pendidikan membutuhkan biaya yang besar untuk infrastruktur, sumber daya, dan gaji tenaga pendidik. Namun, dengan anggaran pendidikan yang terbatas, sulit untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Beberapa sistem pendidikan juga kurang transparan dan akuntabel dalam penggunaan anggaran, yang bisa berujung pada penyalahgunaan dana dan alokasi anggaran yang tidak efisien.

Akhirnya, ketimpangan sosial dan ekonomi juga berpengaruh pada sistem ekonomi pendidikan. Keterbatasan akses pendidikan bagi kelompok masyarakat yang kurang mampu secara finansial dan sosial dapat menghambat perkembangan sistem pendidikan dan ekonomi secara keseluruhan. Oleh karena itu, para guru honorer mungkin merasa tidak yakin dalam menentukan jumlah upah yang pantas bagi mereka.

Diambil dengan pengubahan dari: https://kumparan.com/fikynurtita2104316/rendahnya-gaji-guru-honorer-dan-ekonomi-pendidikan-yang-belum-tersistem-20IKKWnq9RQ/full

Kesimpulan

Penggunaan Hypothes.is di Inspira merupakan contoh yang sempurna tentang bagaimana teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kolaborasi. Teknologi ini memungkinkan kita untuk memanfaatkan internet sebagai platform pembelajaran yang interaktif dan dinamis. Dengan Hypothes.is, kita dapat menandai dan mengomentari konten web secara langsung, memfasilitasi diskusi yang mendalam dan berfokus pada topik pembelajaran tertentu. Ini juga mendukung kerja sama dan berbagi pengetahuan di antara pengguna, sehingga memperkaya proses belajar secara keseluruhan.

7 comments
  1. Sangat menarik sekali, fitur highlight dan annote yang ditawarkan oleh hypothe.is. Memberikan pengalaman baru kepada para pembaca sebagimana kita membaca dalam sebuah buku secara nyata.

  2. (FITRIYANI, PPG G2 kelas Rima)
    Penggunaan teknologi di zaman sekarang ini sangat berkembang pesat. Kita bisa mengetahui salah satunya hypothe.is. ternyata penggunaan hypothe.is memiliki manfaat dalam pembelajaran. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari penggunaan hypothe.is. terimakasih banyak karena sudah memberikan tutorial bagaimana menggunakannya, dengan begitu saya bisa belajar dan mulai mencoba menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan hypothe.is untuk proses pembelajaran dan kolaborasi nantinya.

  3. Nama : Adelya Jesika Eriza
    Nim : 21042103
    Sesi : BI-NS-0032
    Penggunaan teknologi dalam pendidikan memang telah berkembang pesat, dan hypothe.is adalah salah satu contohnya. Hypothe.is adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk menandai, mengomentari, dan berkolaborasi pada dokumen daring, seperti artikel, teks, atau situs web. Manfaat penggunaan hypothe.is dalam pembelajaran sangat beragam. Salah satunya adalah meningkatkan interaktivitas dalam membaca dan memahami teks. Dengan fitur-fitur seperti menandai dan mengomentari langsung pada teks, hypothe.is dapat membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi yang mereka pelajari. Selain itu, hypothe.is juga memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru, serta antara siswa satu sama lain, sehingga memungkinkan terciptanya lingkungan belajar yang lebih terbuka dan berpartisipasi. Dengan demikian, penggunaan hypothe.is dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memfasilitasi proses kolaboratif dalam pendidikan.

  4. Rahmi Fediza Putri , PBA-NS-0060
    Teks prosedur adalah tekst yang mengandung tahapan atau urutan kegiatan untuk melakukan sesuatu, yang dapat berisi informasi yang sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Penggunaan Hypothes.is dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep dan teori yang dibahas, serta membantu mereka dalam membuat komentar dan persoalan yang mengarah ke pemahaman yang lebih dalam

  5. Nama : Yusuf Effendi
    Nim : 20042299
    GWA : BI-NS-0102
    Prodi : Ilmu Administrasi Negara
    Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan12. Teks prosedur dapat dibedakan dengan jenis teks lainnya1. Kaidah kebahasaan teks prosedur adalah menggunakan kata kerja perintah (imperatif)1. Macam-macam teks prosedur meliputi resep, petunjuk penggunaan, dan cara membuat1. Struktur teks prosedur terdiri dari tujuan, bahan atau alat, langkah-langkah, dan penutup.

  6. Nama : Nurul Afriani
    NIM : 23033025
    Sesi : BI-NS-0102

    Teks prosedur dapat dibedakan dengan jenis teks lainnya1. dan pada teks di atas kita juga dapat mengetahui macam-macam teks prosedur meliputi resep, petunjuk penggunaan, dan cara membuat1. Struktur teks prosedur terdiri dari tujuan, bahan atau alat, langkah-langkah, dan penutup.

    REPLY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *