Ciri Umum, Bagian, dan Manfaat Kelapa Bagi Manusia
Ciri Umum, Bagian, dan Manfaat Kelapa Bagi Manusia

Ciri Umum, Bagian, dan Manfaat Kelapa Bagi Manusia

0 Shares
0
0
0

Pohon kelapa (Cocosnucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya dapat mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Untuk mengenal lebih dekat tentang buah ini, cermatilah isi teks berikut ini.

Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi tumbuhan serbaguna karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Bahkan, karena banyak manfaatnya, tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia. Namun, tumbuhan ini bukan tumbuhan asli Indonesia. Diperkirakan, kelapa  berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia. Sekarang, kelapa sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Buah kelapa terdiri atas kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga. Masing-masing bagian membentuk buah kelapa yang utuh dan tidak terpisahkan.

Berdasarkan hasil-hasil penelitian, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh manusia dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman. Sementara itu, air, apa lagi air kelapa muda, sangat bermanfaat bagi penghilang rasa dahaga atau haus. Bahkan, konon juga mengandung ion-ion positif yang mempu mengembangkan kesegaran tubuh. Manfaat lain yang diyakini para dokter gigi, kelapa juga diyakini dapat mencegah gigi berlubang.

Selain buah atau daging dan airnya, bagian lain dari kelapa ini juga bermanfaat. Daun kelapa, misalnya, dapat dihadikan sebagai pembungkus masakan tradisional seperti gula. Selain itu, daunnya juga dapat dijadikan selongsong atau wahana ketupat. Bagian lain, batangnya, dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Batang kelapa dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan tiang rumah, bagian atap rumah, dan pembuatan perahu.

Catatan: Cermatilah judul. Judul menggambarkan “isi” atau hal-hal yang diobservasi. Jangan biasakan menulis judul “pendek” karena mengaburkan isi atau hal-hal yang diobservasi.

71 comments
  1. Manfaat kelapa bagi manusia.
    Setelah saya baca,kelapa merupakan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan di semua bagianya mulai dari batang,daun,dan buahnya.Kelapa banyak tumbuh di indonesia.Di indonesia daun kelapa banyak di manfatkan sebagai pembungkus ketupat.Dan buahnya banyak dimanfaatkan sebagai minuman.kelapa muda memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh,antara lain menetralisir racun pada tubuh,menyembuhkan penyakit TBC,dan penyakit lainya.Air kelapa muda juga mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.Oleh karena itu pohon kelapa sering di sebut sebagai pohon 1000 manfaat.

    1. menurut saya teks di atas memberikan informasi lengkap tentang kegunaan kelapa, manfaat nya sangat banyak, hmpir seluruh bagian dari kelapa bisa di gunakan, mulai dari daun, batang buah, hampir tidak satu pun yang tidak bermanfaat.

  2. Menurut saya teks tersebut memberikan informasi yang cukup lengkap tentang kelapa dan manfaatnya. Bagian-bagian kelapa yang dapat dimanfaatkan, seperti buah, daun, batang dan akar memberikan gambaran yang jelas tentang kegunaan dari pohon ini. Selain itu, penjelasan mengenai manfaat kesehatan dan penggunaan dalam industri juga menambah nilai informasi yang lebih bermanfaat.

    1. Sherly Aprianori, BI-NS-0208

      Menurut saya teks tersebut memberikan informasi yang sangat lengkap tentang manfaat dari kelapa. Memang manfaat kelapa bagi manusia sangatlah banyak,makanya kelapa dapat disebut sebagai tumbuhan serbaguna.

  3. Destrina BI-NS-0208

    Dalam membaca teks ini, saya menyadari betapa serbaguna dan bernilainya pohon kelapa bagi manusia. Selain menjadi simbol pramuka di Indonesia, berbagai bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan dengan baik, mulai dari buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, hingga daun dan batangnya yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan kelapa sebagai obat tradisional dan bahkan dalam praktik gigi berlubang menunjukkan betapa berharga pohon ini dalam pengobatan alami.

  4. Rizka Nailatul Hasanah – 23020022
    WAG (BI-NS-0208)
    Manfaat kelapa bagi manusia.
    Kelapa adalah tumbuhan atau pohon yang semua bagiannya bermanfaat bagi manusia, daunnya bisa untuk membuat sarang ketupat, lidinya untuk sapu lidi dan kerajinan lainnya, batangnya yang bisa di olah untuk membuat lembaran kertas, meja, kursi dan lemari, dan buahnya yang banyak mengandung manfaat, salah satunya air kelapa yang dapat menurut kan panasnya suhu badan.

    1. Kelapa begitu banyak menghasilkan manfaat untuk kita. Hampir semua Bagian dari kelapa bisa kita manfaatkan,baik daun,buah,kulit luar,sabut, tempurung,dan banyak lagi.
      Kelapa merupakan buah seribu manfaat.
      -Buah Kelapa,bisa untuk minuman kelapa muda segar, Untuk masak serba guna( Santannya)
      – Daun Kelapa ,Untuk membuat Sarang ketupat, membuat tikar dan sebagainya.
      -Lidi daun Kelapa, Untuk membuat sapu lidi
      -Tempurung Kelapa, Untuk membakar panggangan,Untuk Kerajinan,dan juga bisa di jadikan uang.
      -Pohon Kelapa, dijadikan penegak untuk membuat tiang.

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu pak izin memberikan sedikit tanggapan mengenai manfaat kelapa ini pak seperti yg bapak bilang tadi Kelapa itu bisa di bilang seribu guna karna berbagai macam dari kelapa bisa di jadikan sebagai barang, karya seni, dll. Bukan dari kelapa saja pak tetapi pohon, daun dan umbut nya sangat berguna, dari informasi yang Aziz peroleh pohon Kelapa sangat berfungsi untuk membangun sebuah pondok kecil di sawah dan ladang, dan daunnya bisa di jadikan atap untuk pondok tersebut daun kelapa ini bisa di gunakan juga untuk membuat ketupat anyaman dll, dan terlebih lagi umbut Kelapa bisa di jadikan masakan, selain itu tempurung kelapa bisa di jadikan berbagai macam bentuk seperti: asbak rokok, mainan tradisional, tabungan, hiasan dinding,dll, selain di jadikan karya seni tempurung kelapa ini bisa di jadikan bara yg malahan harganya lebih mahal di bandingkan jadi karya seni pak di tempat saya ada yang membakar tempurung kelapa ini pak dan menjualnya sampai ke berbagai daerah Indonesia, Makanya pohon Kelapa di sebut pohon seribu guna.
    (AZIZ SETIAWAN BI-NS-0208) Sekian terima kasih pak wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.

  6. Izin berkomentar bapak,dari teks tersebut yaitu menjelaskan informasi lengkap tentang kelapa yang dimana kelapa ini cukup banyak manfaatnya selain untuk kesehatan kelapa juga
    memiliki nilai ekonomi yang signifikan dalam perdagangan global, dengan manfaat yang mencakup peningkatan ekonomi pedesaan di wilayah-wilayah penghasil kelapa. Oleh karena itu, banyak yang berpendapat bahwa kelapa adalah salah satu aset alam yang berharga dan berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

  7. Assalamua’laikum warahmatullah wabarakatuh..
    Menurut saya disana terlihat jelas bahawa kelapa memliki banyak manfaat atau bisa dikatakan serbaguna.Hal yang dapat kita petik adalah.Jadilah seorang manusia seperti kelapa yang menjadi serba berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

  8. Dari teks tersebut dapat dikatakan kelapa adalah pohon kehidupanan atau pohon 1000 manfaat ,karena dari setiap bagiannya memiliki keunggulannya masing-masing, seperti, buahnya dapat diajadikan minuman sehat yang menyegarkan, dapat menyembuhkan penyakit, menetralkan racun di dalam tubuh manusia, daunnya sebagai pembungkus masakan tradisional, dan batangnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

  9. Menurut pendapat saya teks di atas mengambarkan kasiatnya minum kelapa muda dapat mencegah penyakit dan mensehatkan badan dan pohon kelapa adalah pohon kehidupan atau pohon 1.000 manfaat banyak sekali manfaat kelapa tsb dan memiliki kasiatnya masing” daunnya,buahnya,

  10. Buah kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat diketahui beberapa diantaranya kaya akan nutrisi, menjaga kesehatan jantung, menghidrasi tubuh, meningkatkan pencernaan, menyediakan energi, dukungan kekebalan tubuh dan lain-lain. Selain itu, tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat tetapi daun, dan batang juga memiki banyak manfaat bagi manusia.

  11. REFNITA SUSANTI 23133010 BI-NS-0207
    Dari teks tersebut dapat dikatakan kelapa adalah pohon kehidupanan atau pohon 1000 manfaat ,karena dari setiap bagiannya memiliki keunggulannya masing-masing, seperti, buahnya dapat diajadikan minuman sehat yang menyegarkan, dapat menyembuhkan penyakit, menetralkan racun di dalam tubuh manusia, daunnya sebagai pembungkus masakan tradisional, dan batangnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

  12. Dari teks di atas dapat disimpulkan bahwa kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia dan menjadi tumbuhan yang serba guna atau bisa di manfaatkan bagian dari tubuh tumbuhannya.

    1. Dari teks di atas keta mengetahui bahwa pohon kelapa memiliki banyak manfaat,tak jeran bahwa pohon kelapa di sebut pohon seribu manfaat, Bagian-bagian kelapa yang dapat dimanfaatkan, seperti buah, daun, batang dan akar memberikan gambaran yang jelas tentang kegunaan dari pohon ini. Selain itu, penjelasan mengenai manfaat

  13. Manfaat kelapa bagi manusia yaitu, buah kelapa sangat bagus untuk mengobati keracunan, karena buah kelapa dapat menetralkan racun didalam tubuh manusia dan dapat juga dijadikan sebagai makanan dan minuman, air kelapa muda bermanfaat bagi penghilang rasa dahaga atau haus bahkan konon juga mengandung ion-ion positif yang mampu mengembangkan kesegaran tubuh. daun juga bermanfaat sebagai selongsong atau wahana ketupat. Bagian lain, batangnya dapat juga membuat bangunan dan batang kelapa dapat dijadikan sebagai tiang rumah dan atap rumah dan sebagainya.
    ( Rizky Adiputra BI-NS-0214 )

  14. Teks tersebut merupakan teks laporan hasil observasi tentang pohon kelapa. Teks tersebut memberikan informasi yang lengkap tentang pohon kelapa, mulai dari ciri-ciri, bagian-bagian, manfaat, dan asal-usulnya. Informasi yang disampaikan dalam teks cukup lengkap dan akurat. Teks tersebut menjelaskan semua bagian dari pohon kelapa, mulai dari buah, batang, pelepah, dan akar. Selain itu, teks tersebut juga menjelaskan manfaat dari setiap bagian pohon kelapa. Teks tersebut ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Kalimat-kalimat dalam teks tersebut juga disusun dengan baik dan logis. Selain itu, teks tersebut juga menggunakan bahasa yang tidak terlalu formal, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
    Secara umum, teks tersebut sudah cukup baik. Namun, ada beberapa hal yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan kualitas teks tersebut, antara lain :
    1. Teks tersebut dapat dilengkapi dengan gambar atau foto untuk memperjelas informasi yang disampaikan
    2. Teks dapat dilengkapi dengan data-data pendukung, seperti hasil penelitian tentang manfaat pohon kelapa.
    3. Teks tersebut dapat dilengkapi dengan saran untuk pemanfaatan pohon kelapa.

  15. Kelapa memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Beberapa manfaat kelapa bagi manusia yaitu:
    – Buah kelapa sangat bagus untuk mengobati keracunan, karena buah kelapa dapat menetralkan racun didalam tubuh manusia dan dapat juga dijadikan sebagai makanan dan minuman
    – Air kelapa muda, bermanfaat sebagai penghilang rasa dahaga atau haus bahkan konon juga mengandung ion-ion positif yang mampu mengembangkan kesegaran tubuh.
    – Daun pohon kelapa, bermanfaat sebagai selongsong atau wahana ketupat.
    – Batang pohon kelapa, dapat digunakan untuk membuat bangunan dan batang kelapa dapat dijadikan sebagai tiang rumah dan atap rumah dan sebagainya.
    Sekian jawaban saya, Pak. Terimakasih
    (Ahda Sabila Putri Divani, BI-NS-0208)

  16. dari cerita di atas memberikan informasi yang sangat menarik tentang pohon kelapa dan manfaatnya. Kelapa memang tumbuhan yang serbaguna dan penting dalam budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat banyak negara, terutama di daerah tropis.
    menjelaskan bagian-bagian pohon kelapa dan berbagai manfaat yang bisa diperoleh darinya. Fakta bahwa kelapa bukan tumbuhan asli Indonesia, tetapi telah menyebar luas ke seluruh pantai tropika dunia, adalah fakta menarik yang menunjukkan sejauh mana pengaruh dan nilai tumbuhan ini dalam kehidupan manusia.
    informasi mengenai penggunaan daun kelapa sebagai pembungkus makanan tradisional dan batangnya sebagai bahan bangunan menunjukkan bagaimana kelapa memiliki manfaat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Artikel ini memberikan pemahaman yang baik tentang kekayaan alam dan manfaatnya dalam kehidupan masyarakat.

  17. Manfaat kelapa bagi manusia yaitu daun kelpa dapat dapat dibuat menjadi hiasan,keranjang sampah,sapu lidi. Sementara pucuk daunnya dapat dibuat menjadi makanan istimewa,seperti asinan. Manggar atau pangkal pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi atau gula. Bagian batang kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga,musalnya meja,kursi,dan bingkai lukisan. Batang kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembangunan rumah misalnya genteng dan papan.
    (Raysha Anggraini BI-NS-0207)

  18. Nama : Lulu Putri Dewindi
    NIM : 23129331
    GWA : BI -NS 0214
    Kelapa adalah tumbuhan serbaguna. Bagaimana tidak, semua bagian dari tumbuhan ini yang terdiri dari buah kelapa, batang, pelepah ,akar ,sabut, tempurung, daging buah, dan air kelapa semua berguna dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Kelapa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh manusia dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman.
    Tidak hanya buah atau daging dan airnya, bagian lain seperti daun kelapa dapat dihadikan sebagai pembungkus masakan seperti ketupat. Bagian batangnya, dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan seperti pembuatan bagian atap rumah, dan pembuatan perahu.

  19. Dari teks observasi diataas dapat kita simpulkan bahwa seluruh bagian kelapa memiliki manfaat bagi manusia. Seperti batang nya dapat dijadikan jembatan dan bangunan lain nya. Daun kelapa pun bisa dibikin untuk sarang ketupat, dan lidi nya pun bisa kita jadikan sapu lidi. Buah kelapa bisa kita konsumi dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Teks ini memberikan banyak informasi mengenai manfaat pohon kelapa bagi manusia dan penting nya sebuah pohon kelapa itu bagi kehidupan.

    Retno Wulandari 23134053 BI-NS-0214

  20. Kelapa menjadi tumbuhan serbaguna karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera.

  21. NAMA : FAIZAL ALQADAFI
    NIM : 23233039
    SESI : 0214
    Kesimpulan dari inspirasi yang berjudul “Ciri Umum, Bagian, dan Manfaat Kelapa bagi Manusia” adalah bahwa kelapa adalah tumbuhan yang memiliki ciri-ciri unik, seperti bentuknya yang khas dan kulit keras. Bagian-bagian dari kelapa, seperti dagingnya, air kelapanya, serta serat kelapa, memiliki beragam manfaat bagi manusia. Daging kelapa kaya akan nutrisi, air kelapa dapat menghidrasi, dan serat kelapa baik untuk pencernaan. Ini menunjukkan pentingnya kelapa dalam makanan, minuman, serta dalam berbagai aplikasi lainnya yang memberikan manfaat kesehatan dan kegunaan yang beragam bagi manusia.

  22. Memang kelapa banyak sekali manfaatnya mulai dari buahnya, batang nya samapai juga daunnya. Artikel ini memberikan banyak informasi tentang manfaat kelapa bagi manusia

  23. Nama: Anisa Dela Safira
    NIM: 23134022
    GWA : BI-NS-0208

    Dari teks tersebut menjelaskan secara lengkap ciri-ciri umum, bagian serta manfaat kelapa bagi manusia. Kelapa disebut pohon 1000 manfaat. Dimana seluruh bagian dari pohon ataupun buah dapat diambil manfaatnya, seperti dijelaskan didalam teks bahwa kelapa bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu air kelapa juga dapat mengobati gigi berlubang. Teks ini sangat informatif sehingga pembaca juga dapat mengetahui informasi dengan jelas dan mudah di pahami.

  24. Nama: Shindy Adriyani
    Nim: 23133015
    BI-NS 0207
    kelapa adalah buah yang sangat serbaguna dan bermanfaat. Kelapa memiliki cangkang keras dengan daging putih di dalamnya, dan beberapa bagian seperti air kelapa, daging, dan serat (sabut) dapat dimanfaatkan. Manfaat kelapa bagi manusia termasuk sebagai sumber makanan dan minuman yang segar, minyak kelapa yang digunakan dalam masakan dan kosmetik, serta penggunaan serat kelapa dalam berbagai produk. Namun, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan memperhatikan kadar lemak dalam beberapa produk kelapa.

  25. Nama: Ramadhani Kamal
    NIM:23020063 (BI-NS-0208)
    Saya sangat setuju terhadap yang bapak sampaikan.Itu semua memang benar adanya,bahkan saya pernah mendengar dan membaca bahwa pohon kelapa itu adalah pohon 1000 manfaat.Dimana seluruh bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan ,dan bahkan bisa menjadi sumber bisnis yang nantinya dapat memperoleh laba yang besar.Diantara yang saya ketahui:
    -Batangnya:Bisa dijadikan sebagai bahan untuk membangun rumah/pondok/membuat jembatan.
    -Daunnya:Bisa dibuat sarang ketupat.
    -Tulang daunnya:Bisa dijadikan sapu lidi.
    -Buahnya:Bisa dijadikan makanan yang lezat serta menjadi bahan masakan(seperti santan).
    -Airnya:Bisa diminum dan dijadikan obat sakit campak.
    Dan banyak lagi manfaat kelapa lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

  26. Menurut saya kelapa adalah pohon serba guna misalnya kelapa bisa bermanfaat bagi kesehatan yaitu menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera,airnya bisa menurunkan panas dalam. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh manusia dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman. Tidak hanya untuk kesehatan daun muda kelapa juga sering dikelola untuk bungkusan makanan misalnya dijadikan ketupat ,sementara lidi nya bisa digunakan untuk sapu lidi.

  27. Kelapa merupakan buah yang berasal dari pohon kelapa yang memiliki tinggi mencapai 3 meter. Pohon kelapa memiliki 4 bagian yaitu buah, batang, pelepah, dan akar. Setiap bagian dari kelapa memiliki manfaatnya masing-masing. Buah kelapa memiliki manfaat untuk menetralkan racun yang ada di tubuh. Pelepah kelapa memiliki manfaat untuk membuat ketupat, dan batang kelapa memiliki manfaat sebagai bahan pembuatan tiang rumah. Pohon kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia dikarenakan setiap bagian di pohon kelapa memiliki banyak manfaat.

  28. Nama Nurmaiyah Lubis
    Nim 23016033
    No.urut.08 (BI -NS- 0012
    Kelapa adalah salah satu bahan makanan yang memiliki manfaat bagi manusia. Kelapa dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak kelapa, santan, dan air kelapa yang kaya akan nutrisi.
    Selain itu, kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai produk, seperti sabun, kosmetik, dan bahan bangunan. Hal ini menunjukkan bahwa kelapa memiliki potensi ekonomi yang besar bagi masyarakat.

  29. Kelapa adalah tumbuhan serba guna.seluruh bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan,dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber bisnis.kelapa bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti TBC,luka bernanah,disentri dan kolera.dan kelapa juga dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak kelapa,santan dan air kelapa yang kaya akan nutrisi. Jadi dapat saya simpulkan cerita ini memberikan pemahaman yang baik tentang kekayaan alam dan manfaatnya dalam kehidupan masyarakat.

  30. kelapa adalah pohon serba guna misalnya kelapa bisa bermanfaat bagi kesehatan yaitu menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera,airnya bisa menurunkan panas dalam.Air kelapa muda juga mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.

  31. Refky Faizal_23233014 (BI-NS-0208)
    Setelah saya baca dari berbagai sumber,kelapa merupakan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan di semua bagianya mulai dari batang,daun,dan buahnya.Kelapa banyak tumbuh di indonesia.Di indonesia daun kelapa banyak di manfatkan sebagai pembungkus ketupat.Dan buahnya banyak dimanfaatkan sebagai minuman.kelapa muda memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh,antara lain menetralisir racun pada tubuh,menyembuhkan penyakit TBC,dan penyakit lainya.Air kelapa muda juga mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.Oleh karena itu pohon kelapa sering di sebut sebagai pohon 1000 manfaat.

  32. Izin menanggapi bapak 🙏🏻
    Penulisan bapak mengenai kelapa tentu menambah pengetahuan kepada pembaca tentang kelapa,dimana orang orang mengetahui bahwa kelapa adalah pohon seribu guna.Mulai dari batang,daun,buah dan bagian bagian lainnya dari kelapa memberikan manfaat dan berguna bagi manusia maupun hewan.Kelapa juga menjadi sumber penghasilan bagi manusia mulai dari yang berjualan kelapa utuh,yang berjualan santan dan berproduksi sebagai pemanjat pohon kelapa atau orang tersebut mempunyai monyet untuk dimanfaatkan mengambil kelapa,jadi betapa pentingnya kita melestarikan pohon kelapa tersebut untuk kepentingan kehidupan selanjutnya.
    Sekian terimakasih pak🙏🏻

  33. Sebelumnya, saya kira kelapa awalnya tumbuh di Indonesia. Akan tetapi, setelah saya membaca tulisan bapak, saya mengetahui fakta bahwa tumbuhan kelapa awalnya tumbuh dan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia.
    Saya sangat setuju dengan manfaat tumbuhan kelapa, dari semuanya mulai dari buah, batang pohon, dan daun, semua itu memiliki manfaat dan kegunaan masing-masing bagi kesehatan manusia dan kesejahteraan manusia.
    Dinda Afri Yanti (BI-NS-0214)
    Terima kasih.

  34. Nama : Lesti Zebua
    Nim : 23232006
    GWA : BI-NS-0207
    Menurut saya cerita diatas mengenalkan kepada kita mengenai pohon kelapa yang lebih detail, mulai dari manfaat, kegunaan, dan lain-lain. Selain menambah wawasan kita mengenai kepala juga memberikan kita pengertian bagaimana melestarikan kelapa dengan baik.

  35. Sebelumnya saya sangat setuju teks di atas karena teks di atas memberikan gambaran yang jelas tentang kelapa, menggambarkan ciri-ciri umumnya dan bagian-bagian yang dapat dimanfaatkan. Informasi tentang manfaat kelapa bagi manusia juga sangat bermanfaat. Teks ini memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya kelapa dalam budaya dan pengobatan tradisional. Terima kasih atas penjelasannya yang lengkap.

  36. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-020
    Kelapa memang pantas disebut sebagai tumbuhan serbaguna karena setiap bagiannya dapat dimanfaatkan. Mulai dari pohonnya yang dapat dijadikan sebagai bahan baku kayu, airnya yang dapat digunakan sebagai minuman yang berkhasiat terhadap kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, dagingnya yang dapat diolah menjadi santan, daunnya yang dapat diolah menjadi atap dan sapu lidi, serta batok dan kulit luarnya yang dapat diolah menjadi briket, kerajinan dan cocopeat.

    1. Teks ini sangat bermanfaat bagi pembaca , bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang kelapa. Kelapa sangat banyak sekali manfaat nya bagi kehidupan manusia.

  37. Maisarahtul Ispar
    Nim 23129334
    GWA BI-NS-0214
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa pohon kepala itu mempunyai banyak manfaat mulai dari batang, daun, buah dan semua nya bisa dimanfaatkan tanpa terkecuali dan pohon kelapa ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat, misal menyembuhkan penyakit TBC, Wasir dan luka bernanah, dsb maka dari situlah pohon kelapa disebut memiliki 1000 manfaat, dan dibalik itu dari pohon kelapa itu juga memiliki nilai jual yang dapat meningkatkan ekonomi diwilayah perdesaan sebagai penghasil pohon kelapa.

  38. Cerita diatas menjelaskan ciri umum,bagian dan manfaat kelapa bagi manusia.Sehingga para pembaca mengetahui tentang kelapa . Kelapa memiliki banyak manfaat mulai buah,daun dan batangnya. Air kelapa yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, daunnya bisa dimanfaatkan untuk kerajinan sedangkan batangnya digunakan sebagai bahan baku kayu dan daging kelapa yang dapat diolah menjadi santan. Oleh karena itu pohon kelapa sering disebut dengan pohon seribu manfaat.
    Mulyana Difa 23134009 (BI-NS-0207)

  39. Dari artikel diatas dapat saya simpulkan bahwa bener pohon kelapa memang pantas disebut sebagai pohon serba guna, bnyak sekali manfaat dari pohon tersebut, mulai dari batang nya, daunnya, buahnya. (ANGGUN SOFITA, 23133002,BI-NS 0214)

  40. Teks ini sangat informatif. Teks ini memberikan informasi yang lengkap tentang kelapa, mulai dari ciri umum, bagian, hingga manfaatnya.
    Teks ini juga menarik. Teks ini menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami. Selain itu, teks ini juga menggunakan gambar yang relevan untuk memperjelas informasi yang disampaikan.
    Secara keseluruhan, saya sangat menyukai teks ini. Teks ini adalah teks yang informatif dan menarik. Teks ini dapat memberikan kita informasi yang lengkap tentang kelapa.

  41. Nama: Virna Meilisya Putri
    Nim: 23133018_BI-NS 02-07
    Setelah saya baca,kelapa merupakan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan di semua bagianya mulai dari batang,daun,dan buahnya.Kelapa banyak tumbuh di indonesia.Di indonesia daun kelapa banyak di manfatkan sebagai pembungkus ketupat.Dan buahnya banyak dimanfaatkan sebagai minuman.kelapa muda memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh,antara lain menetralisir racun pada tubuh,menyembuhkan penyakit TBC,dan penyakit lainya.Air kelapa muda juga mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.Oleh karena itu pohon kelapa sering di sebut sebagai pohon 1000 manfaat.

  42. Nama: Latifa Mulya Marza
    Nim : 23129330
    BI-NS-0214
    Dari teks observasi diatas dapat diambil informasi mengenai kelapa dimana kelapa adalah nama buah dari pohon kelapa. Bagian bagian dari tumbuhan ini yaitu buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Bagian dari kelapa sendiri terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga.
    Kelapa merupakan tumbuhan serbaguna karena tumbuhan ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Semua bagian dari kelapa memiliki manfaat dan kegunaan masing-masing sehingga tidak ada bagian dari tumbuhan ini yang sia sia.

  43. Nama:Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut: 12
    SIMAK – NS – 0012
    Kelapa merupakan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan di semua bagianya mulai dari batang,daun,dan buahnya.Pohon kelapa disebut juga pohon 1000 manfaat ,karena dari setiap bagiannya memiliki keunggulannya masing-masing.

  44. Nama : Syifa Sabilillah
    Nim : 23042343
    GWA : BI – NS 0032
    Dapat disimpulkan bahwa kelapa adalah buah nusantara yang memiliki banyak manfaat. Selain pohonnya yang memiliki banyak kegunaan, buahnya juga sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

  45. Dari pemaparan cerita tersebut dapat di simpulkan mengenai manfaat dan kegunaan kelapa yang sangat banyak sekali, tidak ada satu pun bagian dari pohon kelapa yang tidak memiliki manfaat. Mulai dari kelapa, batoknya, daunnya, airnya, akar hingga pohonnya. Selain kegunaannya yang banyak terutama manfaat air dari kelapa menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Serta menetralisir racun di dalam tubuh.

  46. Nama: Tiara jayani
    Nim: 23016116
    Gwa: GTBI-NS-0001
    Dari pemaparan cerita tersebut dapat di simpulkan mengenai manfaat dan kegunaan kelapa yang sangat banyak sekali, tidak ada satu pun bagian dari pohon kelapa yang tidak memiliki manfaat. Mulai dari kelapa, batoknya, daunnya, airnya, akar hingga pohonnya. Selain kegunaannya yang banyak terutama manfaat air dari kelapa menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Serta menetralisir racun di dalam tubuh.

  47. Nama : Nina Noviana
    Nim : 23042318
    BI-NS-0032

    Mantap pak 👍
    Pohon kelapa adalah pohon yang sangat banyak manfaatnya. Seperti yang telah kita ketahui mulai dari akar,batang ,pelepah,buah pohon kelapa itu berguna.Sehingga pohon kelapa disebut sebagai pohon serba guna.

  48. Muhammad Alfian (23058175) Pendidikan Sosiologi
    BI-NS-0071
    Dari teks diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa pohon kelapa adalah sebuah tumbuhan dimana semua bagiannya dapat berguna bagi manusia. Buah kelapa juga di percaya bahwa bisa menyembuhkan sakit demam pada manusia. Pada sekarang ini tentunya sudah tidak lagi sulit untuk menemukan pohon kelapa, terkadang di desa setiap rumah sudah memiliki pohon tersebut karena memang daunnya yang panjang membuat suasana desa lebih teduh dari sinar matahari. Pohon kelapa memiliki karakteristik yang kuat dan mudah tumbuh.

  49. Listia Aisyah 22016124 PBA-NS-0060
    Setelah saya baca teks ini kelapa memiliki banyak manfaat mulai dari daun sampai batangnya juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari

  50. Nama: Nabila Widya Putri
    NIM: 22016043
    PBA-NS-0060
    Dari teks diatas dapat disimpulkan bahwa pohon kelapa adalah sumber daya alam yang sangat berharga dengan manfaat yang melimpah bagi manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

  51. Nama: Atika Aprilia Putri
    Nim: 22016012
    PBA-NS-0060.
    Izin menjawab Pak🙏
    Setelah saya baca teks tersebut berjudul manfaat kelapa
    Dapat di simpulkan manfaat dari kelapa bukan hanya di buah nya saja, melainkan pohon dan daunya juga bermanfaat bagi manusia,pohon kelapa bisa di manfaatkan sebagai tiang untuk rumah, daunya bisa di jadikan sapu dan atap rumah serta buahnya sangat banyak memberikan manfaat bagi kesehatan manusia.

  52. Melati Sukma 22016189 PBA-NS-0060
    Menurut pendapat saya teks di atas mengambarkan kasiatnya minum kelapa muda dapat mencegah penyakit dan mensehatkan badan dan pohon kelapa adalah pohon kehidupan atau pohon 1.000 manfaat banyak sekali manfaat kelapa tsb dan memiliki kasiatnya masing” daunnya, buahnya.

  53. Nama : Fadila Amanda Meriska
    Nim : 22016178
    PBA-NS-0060
    Menurut saya teks diatas memberikan informasi yang cukup lengkap tentang manfaat dari kelapa. Kelapa adalah sumber daya yang banyak memiliki manfaat mulai dari buahnya, daunnya, batangnya dan bahkan sampai dengan tempurungnya bisa kita manfaatkan.

  54. Alfa Rehan Oktori Rahmadana
    23042258
    BI-NS-0032
    Menurut saya, teks ini sangat bermanfaat dimana meberikan informasi mengenai manfaat dari kelapa

  55. Teks tersebut memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai pohon kelapa (Cocos nucifera), mulai dari deskripsi fisiknya hingga pemanfaatannya oleh manusia. Penjelasan mengenai asal-usulnya dan penyebarannya juga memberikan konteks yang menarik. Selain itu, disebutkan pula mengenai lambang pramuka di Indonesia yang menggunakan tunas kelapa, menunjukkan pentingnya simbol ini dalam budaya lokal.

  56. Nama : Hawa Dwi Pitrisia
    Nim : 23042291
    BI-NS-0032

    Dari teks cerita di atas saya mendapat lebih banyak informasi tentang kelapa, ternyata kelapa bukan hanya untuk diminum, namun bisa juga untuk menyembuhkan penyakit.

  57. Nama: Mochammad Baqi Wahyu Saputra
    NIM: 23016202
    PBA-NS-0060

    Dari teks di atas dapat kita ketahui bahwa tumbuhan kelapa memiliki banyak kegunaan.

  58. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Dari teks tersebut dapat kita ketahui bahwa manfaat kelapa bagi manusia sangat banyak, mulai dari buah kelapa, batang, pelepah dan akarnya dapat digunakan semuanya untuk kebutuhan sehari-hari manusia.

  59. Sangat bermanfaat tulisan teks ini, kelapa memang sangat bermanfaat, tidak hanya buah, tetapi juga sampai akarnya memiliki manfaat.

  60. Novia Rahma Rindha, PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023
    Teks di atas menjelaskan tentang deskripsi bagian dan deskripsi manfaat mengenai kelapa. Mulai dari ciri-ciri fisiknya, bagian yang dimanfaatkan, dan berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Teks tersebut memberikan pemahaman pada saya begitu bermanfaatnya kelapa

  61. Dari teks cerita “Ciri Umum, Bagian, dan Manfaat Kelapa Bagi Manusia,” kita dapat mempelajari bahwa kelapa adalah tumbuhan serbaguna yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Kelapa memiliki berbagai bagian yang dapat dimanfaatkan, seperti buah kelapa, batang, pelepah, dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Masing-masing bagian memiliki manfaat yang berbeda, seperti membantu menyembuhkan penyakit, mengobati keracunan, dan menjadi bahan pangan atau minuman. Selain itu, daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus masakan tradisional, selongsong, atau wahana ketupat. Batang kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti dinding, lantai, atau papan

    Dari teks ini, kita dapat mempelajari bahwa kelapa adalah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, dan semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Ini menunjukkan bahwa kelapa adalah tumbuhan serbaguna yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

  62. Teks diatas memberikan banyak sekali pengetahuan mengenai “Pohon Kelapa” yang hampir semua bagian dari pohon ini berguna bagi kehidupan manusia. Salah satu kegunaannya yakni memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh,antara lain menetralisir racun pada tubuh,menyembuhkan penyakit TBC,dan penyakit lainya.Air kelapa muda juga mengandung beragam vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.Oleh karena itu pohon kelapa sering di sebut sebagai pohon 1000 manfaat.

  63. Dari teks tersebut, kita dapat mengetahui bahwa kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki banyak yang bermanfaat bagi manusia. Kelapa mempunyai berbagai bagian yang dapat dimanfaatkan, seperti buahnya, batang, pelepah, dan akar. Buah kelapa terdiri atas kuliah luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Manfaat dari masing-masing bagiannya berbeda-beda, seperti membantu menyembuhkan penyakit, mengobati keracunan, dan menjadi bahan pangan ataupun minuman. Tidak hanya itu, daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus masakan tradisional, selongsong, atau wahan ketupat. Batang kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti papan, dinding, atau lantai.
    Dari teks ini, kita dapat mempelajari bahwa kelapa adalah tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia, dan semua bagian dari kelapa memiliki manfaatnya tersendiri. Hal ini menunjukkan bahwa kelapa merupakan tumbuhan serbaguna yang memiliki beragam manfaat.

  64. Nama : Aisyah Al Maida
    NIM : 23042109
    BI-NS-0032
    Dari teks diatas dapat kita pahami bahwa pohon kelapa disebut juga “pohon seribu guna” karena memang semua bagian yang ada pada pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Apalagi bagi negara Indonesia ini sangat banyak olahan makanan yg memerlukan buah kelapa untuk diambil santannya. Tanpa santan maka makanan akan menjadi tidak enak. Contoh lainnya adalah sapu lidi, yang bahannya juga diambil dari bagian kelapa. Sungguh banyak sekali bagian bagian kelapa yang dimanfaatkan manusia, yang dapat kita liat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *