Kembangkanlah Kebiasaan Belajar secara Berkelompok
Kembangkanlah Kebiasaan Belajar secara Berkelompok

Kembangkanlah Kebiasaan Belajar secara Berkelompok

0 Shares
0
0
0

Tentunya, rekan-rekan pernah mendengar atau membaca ungkapan, “Dua kepala lebih baik daripada satu kepala”. Hal itu juga berlaku dalam kebiasaan belajar. Ada saatnya, kita melakukan belajar secara berkelompok atau lazim dikenal dengan belajar berkelompok atau belajar bersama. Ternyata, belajar secara berkelompok itu menguntungkan meskipun tentu kita juga harus belajar secara mandiri.

Keuntungan pertama belajar secara berkelompok adalah melatih kerja sama. Kerja sama itu sangat penting. Selain membuat pekerjaan lebih cepat selesai dibandingkan dengan bekerja secara mandiri, kerja sama itu berarti mengakui keunggulan dan menerima kelemahan orang lain. Jadi, dengan belajar secara berkelompok, berati kita mewujudkan ungkapan bahasa Minangkabau, “Barek samo dipikue, ringan samo dijinjiang. Saciok bak ayam, sadanciang bak basi. Tatilunguik samo makan tanah, tatilantang samo minun ambun. Ka bukik kito samo mandaki, ke lurah kito samo manurun”.

Keuntungan lain belajar secara berkelompok adalah mempercepat penyelesaian masalah. Dalam berkelompok, kita memahami bahwa rekan kita, misalnya si A itu jagoan dalam hal puisi, sementara si B jagoan dalam hal cerpen, dan si C jagoan dalam hal karya ilmiah. Nah, jika pada saat kita belajar tentang puisi, tentu kita akan terbantu oleh si A. Dengan demikian, permasalahan yang kita bahas akan lebih cepat diselesaikan.

Selain itu, belajar secara berkelompok juga menambah motivasi belajar. Kadang-kadang, kita merasa jenuh dan malas untuk belajar. Dengan adanya kelompok, anggota yang sedang malas atau jenuh itu akan termotivasi untuk belajar. Apa lagi, jika anggota kelompok belajar yang kita bentuk itu siswa-siswa yang tekun, bersemangat, dan mampu diajak bekerja sama.

Berdasarkan tiga keuntungan utama belajar secara berkelompok, mari kita laksanakan belajar secara berkelompok. Tentu saja, untuk membentuk kelompok yang hebat harus cermat. Seluruh anggota kelompok harus memiliki tekad yang kuat demi keberhasilan bersama. Istilah lainnya, harus komitmen. Selain itu, kembangkan disiplin, baik dalam hal waktu maupun fokus. Jika ada anggota yang terlambat datang, kelompok akan dirugikan. Hal lain, jika ada anggota kelompok yang menyimpang, misalnya ngobrol, segera tegur dan ingatkan akan waktu belajar yang terbatas. Nah, janganlah ragu untuk membentuk dan mengembangkan kegiatan belajar secara berkelompok. Namun, jumlah anggota kelompok jangan terlalu banyak, paling banyak lima orang. Jika perlu, adakan kompetisi yang sehat antarkelompok. Kelompok maju, kita juga pasti sukses.

90 comments
  1. Annisa Fiqriah BI-NS-0208

    Saya setuju. Belajar bersama memungkinkan kita memanfaatkan keunggulan individu dalam kelompok. Untuk berhasil, dibutuhkan komitmen, disiplin, dan kelompok yang tidak terlalu besar. Selain itu, kompetisi sehat antar kelompok bisa mendorong kesuksesan.

  2. Teks tersebut membahas manfaat belajar kelompok. Manfaat yang pertama adalah melatih kerja sama yang penting dalam mengenali kelebihan dan kelemahan orang lain. Keuntungan yang kedua adalah mempercepat penyelesaian masalah karena setiap anggota kelompok mempunyai kekuatan yang berbeda-beda dan dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah. Keuntungan yang ketiga adalah meningkatkan motivasi belajar karena anggota dapat saling memotivasi. Untuk membentuk kelompok yang hebat, semua anggota harus memiliki komitmen yang kuat terhadap kesuksesan, mengembangkan disiplin dalam hal waktu dan fokus, serta menghindari gangguan. Kelompok sebaiknya terdiri dari tidak lebih dari lima orang, dan persaingan yang sehat dapat didorong antar kelompok.

  3. Belajar kelompok akan sangat membantu dalam mempelajari suatu hal , kita akan memiliki tempat bertanya mengenai hal yang belum kita ketahui.
    Ada juga beberapa kerja kelompok yang dapat menambah wawasan, pengetahuan,dan pengalaman ketika belajar. Hal hal baru akan di rasakan berbeda ketika belajar sendiri
    Seperti pendapat bapak jadikan belajar kelompok sebagai motivasi belajar.

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu pak izin menanggapi pak tentang belajar kelompok ini pak di mana seperti yang kita ketahui belajar kelompok ini kan bisa di bilang belajar bersama-sama tetapi di sini yang saya liat belajar kelompok itu seperti kerbau dan burung jalak pak di mana burung jalak ini berusaha untuk membersihkan kerbau dari kutunya sedangkan si kerbau hanya diam dan bersantai saja menunggu burung jalak selesai membersihkan kutu kerbau tersebut pak dari sini saya dapat sesuatu pak tentang belajar kelompok ini pak yang sering saya liat di mana belajar kelompok ini satu yg bekerja selebihnya melihat saya terkadang berpikir bagaimana yang seperti ini bisa di katakan kerja kelompok? Apakah kerja kelompok itu di kerjakan bersama sama atau kerja satu orang selebihnya melihat.
    (AZIZ SETIAWAN BI-NS-0208) Sekian terima kasih pak wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu

  5. Saya setuju dengan belajar kelompok kita dapat bisa bertukat pikiran bersama teman yg lain

  6. Destrina , BI-NS-0208
    Teks tersebut sangat menginspirasi karena menyoroti keuntungan belajar secara berkelompok. Kerja sama dalam kelompok tidak hanya mempercepat penyelesaian tugas, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar. Dengan bekerja sama dan saling mendukung, kesuksesan dalam pembelajaran bukan hanya milik individu, tetapi juga kelompok secara keseluruhan.

  7. Saya sangat setuju dengan penjelasan dari bapak bahwa berkerja kelompok sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran bisa saling memberi saran ataupun memecahkan masalah dengan mudah. bekerja dalam kelompok juga dapat memiliki tantangan, seperti konflik, koordinasi, dan perbedaan pendapat. Oleh karena itu, manajemen yang efektif dan komunikasi yang baik sangat penting dalam bekerja dalam kelompok.

    1. Ada juga beberapa kerja kelompok yang dapat menambah wawasan, pengetahuan,dan pengalaman ketika belajar. Hal hal baru akan di rasakan berbeda ketika belajar sendiri
      Seperti pendapat bapak jadikan belajar kelompok sebagai motivasi belajar.

  8. Rizka Nailatul Hasanah – 23020022
    WAG ( BI-NS-0208 )
    Saya juga setuju dengan yang Bapak sampaikan dari teks tersebut, bahwasannya dengan belajar kelompok selain menyelesaikan sesuatu menjadi cepat, dengan belajar kelompok kita bisa saling memahami keahlian masing-masing anggota kita, dan dengan belajar kelompok kita diajarkan untuk saling kompak, bertanggung jawab terhadap tugas yang telah dibagikan kepada masing-masing anggota, dan saling menghargai pendapat, serta saling tolong-menolong.

  9. Cut Irma Mahmudi, BI-NS-0208
    Belajar berkelompok memang memiliki banyak manfaat, seperti pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, melatih kerjasama, dan menambah motivasi belajar. Tetapi, dalam belajar berkelompok kita harus membagi pekerjaan sama rata, tidak boleh membebankan pekerjaan hanya pada satu orang.

  10. Refky Faizal, BI-NS-0208

    Dari Teks tersebut sangat menginspirasi, karena menyoroti keuntungan belajar secara berkelompok. Kerja sama dalam kelompok tidak hanya mempercepat penyelesaian tugas, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar. Dengan bekerja sama dan saling mendukung, kesuksesan dalam pembelajaran bukan hanya milik individu dan dapat saling bertukar pikiran

  11. Dari teks persuasi diatas dapat disimpulkan bahwa belajara kelompok dapat memberi banyak keuntungan bagi yang melaksankannya, di anataranya yaitu, melatih kerja sama, mempercepat penyelesaian, dan dapat menambah motivasi belajar. Dalam pembelajaran berkelompok kita juga bisa mengenal antara sesama lebih dekat, dengan dihabiskannya waktu dengan kegiatan positif kita juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan orang-orang dalam kelompok belajar tersebut, dengan adanya ini kita akan semakin mempererat tali persaudaraan anatara sesama pelajar.

    1. Kerja kelompok sangatlah banyak manfaatnya, selain bisa memecahkan masalah yang diberikan tetapi juga bisa memberikan relasi dan pengetahuan yang lebih luas kepada kita. Dengan belajar kelompok semua anggota bisa mengemukakan pendapat dan kritikannya terhadap suatu permasalahan yang dibahas.

  12. Izin berkomentar bapak,teks tersebut membahas tentang manfaat dari belajar kelompok saya sangat suka sekali dengan belajar kelompok disana kita bisa bertukar pendapat bisa menciptakan hal-hal baru,di sisi lain belajar kelompok ini juga ada kelemahan nya , beberapa orang berpendapat bahwa belajar kelompok juga memiliki kelemahan, seperti kesulitan dalam mengelola perbedaan pendapat, potensi ketidakseimbangan kontribusi, dan kesulitan dalam menilai kontribusi individu. Akhirnya, efektivitas belajar kelompok dapat sangat tergantung pada dinamika kelompok dan cara mereka diorganisasi dan diawasi.

  13. Saya setuju, belajar kelompok juga merupakan sarana pembelajaran yang efektif untuk belajar, karena kita bisa bertukar pendapat dengan yang lain, menambah pengetahuan dan rasa tanggung jawab, dengan belajar berkelompok kita juga belajar menghargai yang lain, belajar menilai dari banyak sudut pandang, belajar rasa tanggungjawab dan saling menolong.

    Nadilla Putri Azizah BI-NS-0214

  14. Teks tersebut membahas manfaat belajar kelompok. Manfaat yang pertama adalah melatih kerja sama yang penting dalam mengenali kelebihan dan kelemahan orang lain. Keuntungan yang kedua adalah mempercepat penyelesaian masalah karena setiap anggota kelompok mempunyai kekuatan yang berbeda-beda dan dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah. Keuntungan yang ketiga adalah meningkatkan motivasi belajar karena anggota dapat saling memotivasi. Untuk membentuk kelompok yang hebat, semua anggota harus memiliki komitmen yang kuat terhadap kesuksesan, mengembangkan disiplin dalam hal waktu dan fokus, serta menghindari gangguan. Kelompok sebaiknya terdiri dari tidak lebih dari lima orang, dan persaingan yang sehat dapat didorong antar kelompok.Persaingan yg sehat dilakukan agar lancarnya jalan pendiskusian antar kelompok tanpa ada emosiolisme antar kelompok

  15. Kerja kelompok membuat kita untuk berlatih berkerja sama, memperluas ilmu pengetahuan kita untuk berfikir kritis, dan saling tukar pikiran satu sama lain agar kelompok menjadi aktif dan bersemangat .
    Tetapi disisi lain adanya kekurangan dalam berkerja kelompok adalah ketika kita sekelompok dengan orang-orang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab untuk mengerjakan tugas dan itu sangat memberatkan bagi anggota kelomppok yang lainnya.

  16. Belajar kelompok itu ada sisi positif dan negatif nya. Keuntungan dari belajar kelompok itu kita bisa saling bertukar pikiran dan bisa menambah wawasan. Tetapi bnyk kita jumpai bila belajar kelompok itu pasti ada orang yang hanya mengandalkan satu orang saja untuk membuatnya. Seharusnya di buat bersama sama karena itu tugas kelompok bukan individu. (SRI WAHYUNI (23129087) BI-NS 0208)

  17. Menurut saya, dalam belajar kelompok banyak memberikan keuntungan seperti penyelesaian masalah yang lebih cepat, dan motivasi dalam belajar. Penekanan dan pengembangan kemampuan kerja sama sangatlah penting karena melalui kerja sama, anggota kelompok dapat saling mengakui keunggulan dan kelemahan satu sama lain. Namun, penting juga untuk membentuk kelompok yang kompak, memiliki komitmen dan disiplin agar kegiatan belajar berkelompok dapat berjalan dengan efektif.
    Sekian pendapat saya
    (HILMA TITA SURI-BI-NS-0207. Terima kasih)

  18. Rifky Alpiandi Syahputra, BI-NS-0208
    Manfaat kerja kelompok termasuk
    Berbagi Ide: Kelompok dapat menghasilkan beragam ide dan perspektif yang dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi. Pembagian Tugas: Tugas dapat dibagi di antara anggota kelompok, meningkatkan efisiensi pekerjaan. Dukungan dan Motivasi: Anggota kelompok dapat memberikan dukungan dan motivasi satu sama lain, yang membantu mengatasi tantangan. Pembelajaran Kolaboratif: Melalui diskusi dan pertukaran pengetahuan, anggota kelompok dapat belajar satu sama lain. Perbedaan Kemampuan: Kelompok bisa mencakup individu dengan beragam keterampilan yang dapat mengisi kekurangan satu sama lain. Tanggung Jawab Bersama: Anggota kelompok merasa tanggung jawab bersama terhadap hasil pekerjaan. Keputusan Lebih Baik: Diskusi dalam kelompok dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik karena berbagai sudut pandang dipertimbangkan. Sosialisasi: Kerja kelompok dapat membangun hubungan sosial yang kuat di antara anggota.Peningkatan Produktivitas: Dalam banyak kasus, kelompok dapat bekerja lebih efisien daripada individu yang bekerja sendiri.Pengembangan Keterampilan Interpersonal: Anggota kelompok dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan kerja sama.

  19. Fatia Nabila, BI-NS-0207
    Dari teks persuasi di atas dapat disimpulkan bahwa belajar kelompok tidak hanya dapat menyelesaikan tugas dengan cepat tetapi juga dapat memberi keuntungan diantaranya berbagi pengetahuan, kolaborasi, memberikan motivasi, memperkuat keterampilan sosial.

  20. Assalamualaikum wr. wb. Pak
    Salma Nahendra (23020069)

    Saya setuju dengan ulasan bapak, dengan ada nya kerja kelompok kita dapat menyelesaikan persoalan dengan mudah, dengan belajar secara berkelompok dapat membantu kita memahami artinya sebuah kebersamaan, melatih kita bagaimana memanfaatkan kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Dalam belajar secara berkelompok juga dapat membantu kita nanti jika kita sudah bekerja karena dalam bekerja pasti nya kita memiliki rekan kerja.karena belajar kelompok kita sudah memiliki pengalaman bekerja bersama orang lain.

  21. BI-NS-0207 HIZADHATUL AQHIDAH
    kebiasaan belajar secara berkelompok dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa, seperti meningkatkan pemahaman materi, motivasi, keterampilan sosial, kemampuan berpikir kritis, dan efisiensi belajar. Namun, siswa perlu memperhatikan beberapa hal untuk memanfaatkan kebiasaan belajar secara berkelompok dengan baik, seperti memilih teman belajar yang tepat, membuat jadwal belajar yang teratur, mempersiapkan diri dengan baik, dan menghindari gangguan.

  22. Dengan belajar kelompok dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas secara cepat. Karena kita dapat saling bertukar pendapat satu sama lain. Dan saya setuju dengan bapak bahwa kerja kelompok itu harus disiplin. Di dalam kelompok kita tidak mengandalkan satu orang saja yang bekerja sedangkan kita menunggu hasil nya saja, kita harus berpatisipasi dalam kelompok itu dan mengemukakan apa pendapat kita.
    Retno Wulandari BI-NS-0214

  23. REFNITA SUSANTI 23133010 BI-NS0207
    Saya sangat setuju dengan penjelasan dari bapak bahwa berkerja kelompok sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran bisa saling memberi saran ataupun memecahkan masalah dengan mudah. bekerja dalam kelompok juga dapat memiliki tantangan, seperti konflik, koordinasi, dan perbedaan pendapat. Oleh karena itu, manajemen yang efektif dan komunikasi yang baik sangat penting dalam bekerja dalam kelompok.

  24. Nama : Nadila Kurnia Ramzan
    GWA : BI-NS-0214
    Saya setuju dengan yang bapak sampaikan, karna belajar kelompok kita bisa mengerjakan tugas dengan cepat. Dengan belajar kelompok kita bisa berlatih berkerja sama,dan juga meningkatkan motivasi belajar kita. Dengan berkerja sama kita bisa berpikir lebih kritis dan mengemukakan pendapat terhadap suatu permasalahan yang kita bahas.

  25. Assalamualaikum pak
    Saya setuju dengan yang bapak sampaikan. Selain itu dalam belajar berkelompok kita juga dapat bertukar pikiran dengan teman sekelompok, membuat suatu keputusan yang disetujui oleh semua anggota, bisa bermusyawarah juga. Dan berkelompok juga dapat melatih kedisiplinan kita menjadi lebih baik dan belajar untuk menyuarakan aspirasi/ pendapat kita.

    1. Keunggulan Belajar kelompok yang pertama Untuk melatih kerja sama. Dimana,jika kita mengerjakan tugas ataupun belajar harian secara berkelompok akan memudahkan dan menjadi cepat selesai. Tapi di satu sisi yang harus diperhatikan sekali,terkadang banyak sekali siswa ataupun mahasiswa yang jika dalam kata “Belajar/Kerja Kelompok” memanfaatkan Kata tersebut untuk menyelamatkan dirinya dari tugas yang di berikan Oleh pengajar. Banyak sekali saat ini,tugas di kerjakan berkelompok. Tidak akan ada jaminan jika semua mereka mengerjakannya,dan malah saat ini di temukan 1 atau 2 orang dari mereka yang membuat. Dan tugas yang dibuat berkelompok itu lah yang akan menjadi penyelamat bagi mereka yang hanya ikut nama di dalam kerja kelompok.

  26. Sherly Aprianori, BI-NS-0208

    Saya setuju bahwa belajar secara kelompok itu banyak keuntungan nya.dengan cara belajar kelompok kita melatih kerja sama dan dapat membuat pekerjaan lebih cepat selesai.selain itu, memang belajar secara kelompok juga dapat menambah motivasi belajar,terkadang kita merasa malas belajar sendiri kemudian dengan cara berkelompok tersebut kita merasa bersemangat.

  27. THIO VALENTINO EDILY PRATAMA
    23133017
    BI-NS-0207
    Berdasarkan artikel yang telah saya baca di atas,Dengan adanya belajar kelompok dapat melatih kerja sama, mengakui ke unggulan orang lain serta mengasah kemampuan yang kita miliki.Dengan belajar kelompok pekerjaan akan cepat selesai selain itu dengan belajar kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar dan menyelesaikan masalah dengan cepat,dengan saling menukar pemikiran dapat menambah pemahaman dalam belajar.Namun menurut saya belajar kelompok untuk saat ini sudah tidak ada lagi karna kurangnya kemauan dalam belajar dan tingginya rasa malas dalam belajar.Untuk itu tanggapan saya adalah tingkatkanlah motivasi belajar,dengan tujuan membahagiakan orang tua.

    1. Sandra Dewi Surya
      23133013
      BI-NS-0207
      Berdasarkan teks yang telah Saya baca di atas, saya mendapatkan inspirasi tentang teks tersebut yaitu dengan adanya belajar kelompok kita dapat bertukar pikiran dan inspirasi, dengan belajar kelompok kita bisa menjaga silaturahmi yang baik.

  28. Keunggulan Belajar kelompok yang pertama Untuk melatih kerja sama. Dimana,jika kita mengerjakan tugas ataupun belajar harian secara berkelompok akan memudahkan dan menjadi cepat selesai. Tapi di satu sisi yang harus diperhatikan sekali,terkadang banyak sekali siswa ataupun mahasiswa yang jika dalam kata “Belajar/Kerja Kelompok” memanfaatkan Kata tersebut untuk menyelamatkan diri dari tugas yang di berikan Oleh pengajar. Banyak sekali saat ini,tugas di kerjakan berkelompok. Tidak akan ada jaminan jika semua mereka mengerjakannya,dan malah saat ini di temukan 1 atau 2 orang dari mereka yang membuat. Dan tugas yang dibuat berkelompok itu lah yang akan menjadi penyelamat bagi mereka yang hanya ikut nama di dalam kerja kelompok.

    1. Dengan melakukan pelajaran berkelompok dapat membuat kita menjadi manusia yang penuh akan kerja sama serta timbulnya rasa tolong menolong dalam mengerjakan sesuatu hal.
      Dan kita juga bisa bertukar pikiran untuk memecahkan suatu permasalahan dengan cepat dengan adanya kerjasama anggota kelompok.

    2. Saya setuju pak, dengan belajar kelompok kita bisa menyelesaikan tugas dengan cepat dan memudahkan kita dalam mengerjakannya, dan juga bisa menambah semangat dalam belajar

  29. Gefarnoli Afifi 23027074, (BI-NS-0214)

    Teks tersesbut dapat memberikan beberapa manfaat dari belajar secara berkelompok. Yang pertama, menekankan pentingnya kerja sama dan mengakui keunggulan serta menerima kelemahan orang lain. Kedua, dapat memecahkan masalah lebih cepat karena setiap anggota memiliki keahlian yang berbeda. Ketiga, belajar bersama dapat meningkatkan motivasi belajar, terutama jika ada anggota kelompok yang tekun dan bersemangat.

  30. Keunggulan dalam belajar berkelompok adalah melatih kerja sama dan dapat membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dibandingkan jika belajar secara mandir, dalam kerja sama dapat mengakui
    keunggulan dan menerima kelemahan seseorang. dengan adanya belajar kelompok anggota yang malas dan jenuh dalam pelajaran akan termotivasi untuk belajar jika adanya kerja sama, siswa yang belajar akan tekun, bersemangat, dan mampu untuk diajak bekerja sama.
    ( Rizky Adiputra, BI-NS-0214 )

  31. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak
    Perkenalkan Saya
    Maisarahtul Ispar
    Nim 23129334
    GWA BI -NS-0214
    Izin menanggapi pak 🙏
    Saya Setuju dengan pendapat bapak bahwa kerja kelompok itu dapat melatih kerja sama dan kita bisa saling tukar pikiran dan dengan kerja kelompok pekerjaan lebih mudah dan cepat selesai, tetapi dibalik keuntungan nya ada juga dampak kurang baik nya yaitu ada juga sebagai orang yang di dalam kelompok itu dia tidak ikut partisipasi dalam kelompok tetapi namanya tetapi dibuat dan itu merugikan kelompok tetapi yang lebih ruginya lagi dirinya sendiri karena dia tidak paham materi dan tidak terlatih untuk kerja sama dalam kelompok.
    Mungkin sekian tanggapan dari Saya pak
    Mohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan pak🙏
    Sekian dan terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  32. Saya sangat setuju bahwa dalam belajar berkelompok kita dapat saling berukar pikiran satu sama lain. Namun, itu tergantung pada masing-masing individu. Sering kali kita melihat bahwa dalam belajar berkelompok hanya beberapa orang saja yang ikut berkontribusi dalam membuat suatu tugas. Hal ini tentu saja merugikan, baik bagi yang aktif maupun yang tidak aktif dalam kelompok tersebut.
    Namun, jika dalam kelompok tersebut terdapat seorang koordinator yang dapat merangkul para anggota nya, maka belajar berkelompok secara efisien akan benar-benar terwujud.
    Sekian jawaban saya, Pak. Terimakasih
    (Ahda Sabila Putri Divani, BI-NS-0208)

  33. Saya setuju dengan pendapat dalam teks tersebut bahwa belajar secara berkelompok memiliki banyak keuntungan. Ketiga keuntungan yang disebutkan dalam teks tersebut sudah tepat. Keuntungan belajar secara berkelompok adalah:
    1. Melatih kerja sama. Kerja sama merupakan keterampilan penting yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar secara berkelompok dapat membantu siswa untuk belajar bekerja sama dengan orang lain.
    2. Mempercepat penyelesaian masalah. Dalam belajar secara berkelompok, siswa dapat saling berbagi pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan tepat.
    3. Menambah motivasi belajar. Belajar secara berkelompok dapat membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar. Hal ini karena siswa akan merasa didukung oleh teman-teman sekelompoknya.

  34. Belajar secara berkelompok dapat membuat siswa lebih leluasa bertanya dan berdiskusi kepada teman sekelompok.Belajar kelompok dapat membangun sifat gotong royong atau kerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah.
    (Raysha Anggraini BI-NS-0207)

    1. Saya setuju dengan Teks yang di atas ,karena dengan belajar kelompok kita dapat bertukar pola pikir dengan teman ,dan melatih kerja sama dengan teman ,dengan belajar kelompok kita lebih cepat memahami suatu materi atau pelajaran .

  35. keuntungan belajar secara berkelompok, dan ini adalah pendekatan pembelajaran yang memiliki banyak manfaat. Saya setuju bahwa belajar secara berkelompok dapat melatih kerja sama, yang merupakan keterampilan penting dalam kehidupan nyata. Kerja sama memungkinkan kita untuk mengakui kelebihan dan kelemahan orang lain dan memanfaatkannya untuk mencapai tujuan bersama.
    memberikan wawasan yang berharga tentang manfaat belajar berkelompok dan memberikan dorongan kepada pembaca untuk mengadopsi pendekatan pembelajaran ini. Terima kasih atas informasinya

  36. Nama : Lulu Putri Dewindi
    NIM : 23129331
    GWA : BI -NS-0214
    Mengembangkan kegiatan belajar secara berkelompok adalah hal yang sangat bagus. Karena dengan belajar berkelompok dapat menyatukan ide dan gagasan yang baik antar sesama anggota kelompok,. Belajar secara berkelompok dapat melatih komunikasi,menumbuhkan motivasi belajar dan dapat menyelesaikan masalah serta bersosialisasi dengan sesama.

  37. Belajar secara berkelompok sangat menguntungkan seperti melatih kerja sama, masalah cepat terselesaikan, dan juga menambah motivasi dalam belajar.

  38. dari teks diatas saya percaya dan yakin bahwasanya belajar secara berkelompok dapat menyelesaikan tugas -tugas dengan cepat dan tepat dan selain itu juga belajar berkelompok dapat melatih mahasiswa untuk belajar dapat menerima dan mendengarkan pendapat orang lain, sehingga dapat menambah wawasan untuk lebih luas lagi. Belajar dengan cara ini akan lebih mengutamakan masing -masing siswa untuk memberikan pendapat dan masukan sehingga terciptalah pendapat-pendapat baru yang dapat menghidupkan suasana belajar yang menyenangkan.

  39. Nama: Anisa Dela Safira
    Nim: 23134022
    GWA: BI-NS-0208

    Saya setuju bahwa belajar kelompok memang menguntungkan terutama dalam penyelesaian masalah atau pencarian solusi terkait diskusi. Belajar kelompok akan memudahkan karena melibatkan pemikiran dari beberapa orang sekaligus, sehingga dalam penyampaian pendapat akan lebih terbuka. Serta melihat dari berbagai pandangan. Sehingga bisa meningkatkan keaktifan dalam belajar dan interaksi antar sesama anggota kelompok.

  40. NAMA : FAIZAL ALQADAFI
    NIM : 23233039
    SESI : 0214
    Kesimpulan dari inspirasi yang berjudul “Kembangkanlah Kebiasaan Belajar Secara Kelompok” adalah bahwa belajar secara kelompok dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kolaborasi dalam proses pembelajaran. Dengan berkembangnya kebiasaan belajar secara kelompok, individu dapat memperoleh manfaat dari berbagi pengetahuan, diskusi, serta dukungan dari rekan-rekan mereka. Hal ini dapat memperkaya pengalaman belajar dan membantu dalam mencapai hasil yang lebih baik. Oleh karena itu, mengadopsi kebiasaan belajar secara kelompok dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mencapai tujuan akademik dan pengembangan pribadi.

  41. Nama : Lesti Zebua
    Nim : 23232006
    GWA : BI-NS-0207
    dari teks diatas saya percaya dan yakin bahwasanya belajar secara berkelompok dapat menyelesaikan tugas -tugas dengan cepat dan tepat dan selain itu juga belajar berkelompok dapat melatih mahasiswa untuk belajar dapat menerima dan mendengarkan pendapat orang lain, sehingga dapat menambah wawasan untuk lebih luas lagi. Belajar dengan cara ini akan lebih mengutamakan masing -masing siswa untuk memberikan pendapat dan masukan sehingga terciptalah pendapat-pendapat baru yang dapat menghidupkan suasana belajar yang menyenangkan.

    REPLY

  42. Nama: Shindy Adriyani
    Nim : 23133015
    BI-NS 0207
    Saya sangat setuju, karena belajar secara berkelompok mendorong siswa untuk bekerja sama, berbagi ide, dan memecahkan masalah bersama. Ini mempromosikan keterampilan kolaborasi yang sangat berharga dalam dunia nyata.

  43. Nama: Ramadhani Kamal
    NIM:23020063 (BI-NS-0208)
    Belajar kelompok memang memberikan banyak manfaat bagi kita,dimana diantaranya pekerjaan akan lebih cepat selesai,bisa saling berbagi pendapat,melatih kita untuk menjadi pribadi yang bisa saling menghargai pendapat orang lain,dan banyak lagi manfaat baik lainnya.Tapi mohon maaf pak,itu semua hanya terjadi apabila jika semua anggota kelompok ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut,ikut serta dalam setiap tugas yang ada.Jika hanya sekedar ikut terdaftar nama saja dalam anggota kelompok,tapi tidak ada partisipasi sama sekali,itu hanya akan menjadi beban bagi anggota yang lainnya pak.Seperti yang banyak terjadi pada saat ini,ketika belajar kelompok,hanya satu atau dua orang yang bekerja,selebihnya hanya menitipkan nama saja.Tentu itu dapat menimbulkan kejengkelan terhadap anggota kelompok yang selalu bekerja,sementara yang lain tidak bekerja,tapi nilai yang mereka dapatkan sama.

  44. Saya setuju dengan Teks yang di atas ,karena dengan belajar kelompok kita dapat bertukar pola pikir dengan teman ,dan melatih kerja sama dengan teman ,dengan belajar kelompok kita lebih cepat memahami suatu materi atau pelajaran .

  45. Saya setuju dengan teks di atas, bahwa belajar kelompok dapat mempermudah kita dalam pembuatan tugas, dimana pengerjaan tugas akan lebih cepat selesainya jika dilakukan berkelompok dengan berdiskusi terkait tugas tersebut
    (Mulyana Difa BI-NS-0207)

  46. Nama: Nurmaiyah Lubis
    Nim:23016033
    No.urut: 08 (BI-NS-0012)
    Belajar secara berkelompok dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam kelompok, siswa dapat saling membantu dan memotivasi satu sama lain untuk mencapai tujuan belajar yang sama.
    Selain itu, belajar secara berkelompok juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial dan kemampuan berkomunikasi. Hal ini dapat membantu siswa dalam berinteraksi dengan orang lain di lingkungan sosial yang lebih luas.

  47. Belajar berkelompok sangat bagus diterapkan dalam sebuah pembelajaran agar siswa dapat bertukar pikiran untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dikerjakan. Belajar berkelompok juga memberi pelajaran dalam berinteraksi dengan orang lain, bagaimana cara menghargai pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menambah wawasan dalam suatu hal.

  48. Belajar berkelompok dapat melatih kerja sama,membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai,serta menambah motivasi belajar.dalam kerja kelompok kita harus membagi pekerjaan sama rata.jangan hanya membebankan pekerjaan pada satu orang,karena dengan belajar kelompok anggota seharunya aktif mengemukakan pendapat dan bekerja sama mengerjakan tugas.

  49. Dua kepala lebih baik daripada 1 kepala, maksud dari ungkapan ini bukan berarti kita harus memiliki 2 kepala, tapi kata2 tersebut memiliki makna tersendiri yaitu belajar berkelompok lebih bikin dripada belajar sendiri, karna dlm belajar kelompok kita bisa berbagi pola pikiran kita, jadi nanti akan banyak pula dapat ilmu. (Anggun sofita, 23133002 BI-NS 0214)

  50. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak bahwa belajar kelompok bisa memecahkan masalah dengan cepat dan melatih kerja sama antar anggota kelompok. Dalam belajar kelompok sendiri kadang banyak waktu yang terpakai karena mengobrol hal yang tidak penting dan larut dengan pikiran masing-masing, hal hasil tujuan dari belajar kelompok tidak tercapai, yang tercapai hanya membuang waktu. Hal tersebut harus dihindari, karena belajar kelompok merupakan tindakan yang serius untuk mencapai tujuan baik untuk diri sendiri dan bersama. Maka, segala sesuatu yang ingin di wujudkan seperti belajar kelompok, lakukanlah dengan serius dan tekun.
    Dinda Afri Yanti (BI-NS-0214)
    Terima kasih.

  51. Fiona Putri Aryanti (23129317) BI – NS – 0214
    Yang bapak tulis itu memang benar karna dengan kelompok belajar dengan mudah kita memecahkan masalah selain itu dengan kelompok belajar kita dapat melatih kerja sama yang baik

  52. Saya sangat setuju dengan teks di atas sebab teks di atas memberikan informasi yang sangat baik tentang keuntungan belajar secara berkelompok. Menekankan pentingnya kerja sama, percepatan penyelesaian masalah, dan peningkatan motivasi adalah poin-poin kunci yang bisa memotivasi siswa untuk mencoba belajar bersama-sama. Dengan komitmen dan disiplin, belajar secara berkelompok dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar. Terima kasih atas wawasan ini.

  53. Saya juga setuju dengan pernyataan teks bahwa belajar secara berkelompok dapat menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan. Belajar secara berkelompok dapat membantu kita untuk:
    • Berbagi ide dan pengalaman
    • Mendapatkan dukungan dari teman
    • Menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis
    Saya berharap teks persuasi ini dapat menginspirasi pembaca untuk mengembangkan kebiasaan belajar secara berkelompok.

  54. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Saya setuju dengan bapak bahwa kerja kelompok memiliki beberapa kelebihan seperti melatih keterampilan bekerja sama, mempercepat penyelesaian masalah karena semua anggota memberikan kontribusinya dan memotivasi diri untuk semangat dalam belajar. Dalam kerja kelompok juga diperlukan kedisiplinan, komitmen dan usaha dari masing-masing anggota kelompok untuk andil dalam memberikan kontribusinya.

  55. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Saya setuju dengan bapak bahwa belajar kelompok memiliki beberapa kelebihan seperti melatih keterampilan bekerja sama, mempercepat penyelesaian masalah karena semua anggota memberikan kontribusinya dan memotivasi diri untuk semangat dalam belajar. Dalam belajar kelompok juga diperlukan kedisiplinan, komitmen dan usaha dari masing-masing anggota kelompok untuk andil dalam memberikan kontribusinya.

  56. Sri Jumi Warnis, SIMAK 08-NS-0118
    Kembangkanlah Kebiasaan Belajar secara Berkelompok. Saya sangat setuju dengan pernyataan bapak, bahwa dalam belajar secara kelompok mempermudah kita dalam memecahkan masalah, jika kita tidak tahu dengan apa yang kita lakukan maka kerja sama tim lebih baik, karena dengan bersama-sama mengerjakan tugas maka akan cepat selesai. Dalam belajar secara kelompok dapat melatih kinerja berfikir dan mampu bekerja sama dengan baik.

    Sekian, terima kasih.

  57. Saya setuju dengan yang bapak teks yang bapak tulis. Selain itu dalam belajar berkelompok kita juga dapat bertukar pikiran dengan teman sekelompok, membuat suatu keputusan yang disetujui oleh semua anggota, bisa bermusyawarah juga. Dan berkelompok juga dapat melatih kedisiplinan kita menjadi lebih baik dan belajar untuk menyuarakan aspirasi/ pendapat kita.

  58. Belajar kelompok memang menguntungkan bisa berbagi atau bertukar pikiran Tetapi terkadang ada didalam kelompok hal yg kita mau bicara mereka tidak menghargai pendapat anggota nya yang lain.

  59. Dari isi teks ini memanglah belajar secara berkelompok bisa menguntungkan dan banyak manfaat nya,jika kita sekelompok dengan orang orang yang bisa di ajak bekerjasama dan saling membantu.Tapi dari segi positive itu tentu ada pula segi negatif nya,kadang dalam kelompok ada saja anggota kelompok yang lepas tangan atau meninggalakan jawaban nya,banyak di jumpai dalam tugas berkelompok terkadang hanya satu orang saja yang mengerjakan yang lain nya hanyalah menumpang nama.Jadi belajar berkelompok ini sangat bermanfaat jika kelompok belajar kita merupakan orang yang tekun dan serius seperti yang diceritakan dalam teks.

  60. Aurell Ramadhani-23233033-BI-NS-0214
    Menurut saya kerja kelompok itu memiliki kelebihan dan kekurangan, benar seperti yang bapak katakan, dalam pengalaman saya bekerja kelompok saya bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat, dan juga bisa meningkatkan motivasi belajar karena belajar juga lebih seru, namun jika anggota kelompok saya merupakan teman-teman dekat saya, saya biasanya lebih lama mengerjakannya karena keasikan ngobrol dan juga terkadang ada teman-teman kelompok yang memanfaatkan keadaan, dia sengaja tidak datang atau bekerja lebih sedikit karena tau anggota kelompok yang lain pasti akan menyelesaikannya. Menurut saya itu kekurangan dari kerja kelompok.
    Namun memang kerja kelompok itu harus dilestarikan untuk menambah kekompakan dan kerjasama, kita harus bisa “mengurangi” kekurangan belajar kelompok. Dengan cara tidak banyak mengobrol dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas kita

  61. Nama : Annisa Nur Fahada
    NIM : 23016002
    Belajar kelompok memang memiliki banyak keuntungan. Menurut saya sendiri, belajar kelompok juga mempermudah proses dan jalannya pembuatan tugas itu sendiri. Kita dapat menerima banyak hal, saran dan ilmu dari orang lain. Hal yang perlu diperhatikan dalam belajar kelompok ialah, harus saling bekerja sama dan tidak boleh egois memikirkan diri sendiri saja.

  62. Benar, belajar kelompok dapat memudahkan kita dalam pemahaman materi, juga melatih kerja sama bersama teman. Belajar kelompok memang menguntungkan, jika semua anggota paham akan tanggung jawab mereka. Jika tidak, lebih baik belajar mandiri ketimbang belajar kelompok namun tidak menguntungkan.

  63. Saya setuju dengan tulisan Bapak. Menurut saya kerja kelompok berguna untuk menyelesaikan suatu masalah bersama dengan anggota kelompok, saling membantu, dan meningkatkan kerjasama. Dan Metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keaktifan siswa, pembentukan sikap, tanggung jawab, proses sosialisasi, serta penyelesaian soal.

  64. Nama Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut:12
    SIMAK-NS-0012

    Teks ini menjelaskan manfaat pembelajaran kelompok.Manfaat pertama adalah kemampuan mempraktikkan kolaborasi. Hal ini penting untuk mengenali kelebihan dan kekurangan orang lain.
    Keuntungan yang kedua adalah penyelesaian masalah menjadi lebih cepat karena setiap anggota kelompok mempunyai kekuatan yang berbeda-beda dan dapat memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah.
    Manfaat yang ketiga adalah anggota menjadi lebih termotivasi untuk belajar dengan saling merangsang. Untuk menciptakan grup yang hebat, semua anggota harus memiliki komitmen yang kuat terhadap kesuksesan, memiliki waktu, fokus, dan menghindari gangguan.
    Kelompok sebaiknya terdiri dari tidak lebih dari 5 orang

  65. Nama : Latifa Mulya Marza
    Nim : 23129330
    BI-NS-0214
    Saya sangat setuju dengan teks diatas, belajar kelompok memang banyak manfaat jika digunakan dengan baik dan benar. Belajar kelompok dapat melatih kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan teman yang lain serta melatih kerjasama antar anggota kelompok. Belajar kelompok juga membuat kemampuan kita bertambah karena bisa sharing ilmu dengan teman yang hebat di bidang lainnya. Ini juga bisa meningkatkan motivasi kita agar tidak malas malasan karena bisa melihat bahwa banyak orang yang lebih hebat dan baik daripada kita.

  66. Nama : Nina Noviana
    Nim : 23042318
    BI-NS-0032

    Benar,dengan belajar secara berkelompok maka akan mempermudah kita dalam mengerjakannya.Tugas yang tadinya berat,tugas yang tadinya banyak menjadi ringan dan sedikit.Tentu sangat menyenangkan.

  67. Nama : Syifa Sabilillah
    Nim : 23042343
    GWA : BI – NS 0032
    Saya setuju dengan teks diatas, dengan adanya belajar kelompok kita dapat melatih kerja sama. Kita juga dapat melatih rasa tanggung jawab akan diri kita sendiri dan kelompok tersebut.

    1. Nama : Aisyah Al Maida
      NIM : 23042109
      BI- NS -0032
      Saya sangat setuju dengan teks diatas, bahwa dengan belajar kelompok dapat meningkatkan motivasi kita untuk belajar karena dengan belajar kelompok kita bisa saling bantu membantu, bermusyawarah untuk mengambil keputusan, menghargai perbedaan pendapat, melatih kerja sama, saling bertukar ide yang tentunya hal- hal ini sangat baik bagi kita dalam proses belajar.

  68. teks ini memberikan dorongan yang kuat untuk mengembangkan kebiasaan belajar secara berkelompok, sambil memberikan pedoman praktis untuk membentuk dan mengelola kelompok belajar yang efektif.

  69. Nama:Tiara jayani
    Nim:23016116
    Gwa: GTBI-NS-0001
    Teks tersebut memberikan pandangan yang sangat positif mengenai manfaat belajar secara berkelompok. Saya setuju bahwa belajar bersama dapat melatih kerja sama, mempercepat penyelesaian masalah, dan meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, penekanan pada komitmen, disiplin, dan pembentukan kelompok yang efektif juga sangat relevan. Belajar secara berkelompok memang memiliki banyak keuntungan, terutama jika dilakukan dengan tekad yang kuat dan fokus pada tujuan bersama.

  70. Muhammad Alfian (23058175) Pendidikan Sosiologi
    BI-NS-0071
    Dapat kita ambil intisari dari teks diatas, yaitu belajar bukan tentang siapa yang paling pintar, cara belajar bukan hanya menyendiri, lalu fokus tanpa memperdulikan orang lain, tapi belajar adalah hal yang sangat luas. Belajar merupakan sebuah metode untuk seseorang mengerti sesuatu, berbagai cara belajar juga banyak, salah satunya berkelompok. Belajar dengan kelompok dapat membuat orang lebih menghargai pendapat orang lain, mereka saling bertukar pikiran, saling melengkapi dan saling membantu, dimana hal tersebut tidak akan di dapatkan jika kita hanya belajar sendiri baik di rumah ataupun tempat lainnya.

  71. Indri Anggiawati PBA-NS-0060
    Seperti yang sudah dijelaskan pada teks diatas, bahwa belajar kelompok memiliki dampak yang baik dalam proses belajar dan dapat melatih kita dalam bekerjasama, saling bertukar ide dan sikap tanggungjawab.

  72. Belajar kelompok memang banyak memiliki keuntungan, tidak hanya bagi individu, belajar kelompok juga bisa mempererat rasa saling kerjasama, disiplin, dan kerja kelompok bisa untuk membuat wawasan kita semakin terbuka karena bisa bertukar pikiran satu sama lain dengan anggota kelompok

  73. Zilvia Agnes (PBA-NS-0060)
    Saya setuju dengan pendapat bapak bahwa belajar secara berkelompok juga menambah motivasi belajar. Kadang-kadang, kita merasa jenuh dan malas untuk belajar. Dengan adanya kelompok, anggota yang sedang malas atau jenuh itu akan termotivasi untuk belajar. Selain itu juga Belajar secara berkelompok dapat meningkatkan pemahaman materi, memperluas sudut pandang, dan memperkuat keterampilan sosial. Dalam kelompok, siswa dapat saling membantu menjelaskan konsep, memecahkan masalah bersama, dan saling mendukung dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, belajar berkelompok juga memperkuat keterampilan kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan, yang merupakan keterampilan penting dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.

  74. Nama : Hawa Dwi Pitrisia
    Nim : 23042291
    GWA : BI – NS 0032

    Saya setuju dengan teks diatas, belajar kelompok sangat menginspirasi karena menyoroti keuntungan belajar secara berkelompok, belajar kelompok juga bisa berbagai beban kerja. Bukan hanya itu dengan belajar kelompok pekerjaan tugas akan cepat selesai.

  75. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Saya setuju dengan pendapat Bapak bahwa belajar berkelompok tersebut menguntungkan. Karena belajar berkelompok kita bisa untuk saling bertukar pendapat dengan sesama teman untuk memecahkan persoalan atau soal pertanyaan yang belum terselesaikan.

  76. Putri Ajusti Zalmi, PPG G2 Kls Rima
    Belajar kelompok memang sangat menguntungkan, karena kita dapat bekerja sama untuk menyelesaikan suatu permasalah. Selain itu, belajar kelompok juga dapat menambah motivasi untuk belajar.

  77. Saya menyimpulkan bahwa belajar secara berkelompok dapat bermanfaat jika dilakukan dengan baik dan disiplin. Kita harus memilih rekan-rekan yang terpercaya dan memiliki tekad yang kuat, serta mengembangkan disiplin baik dalam hal waktu maupun fokus.

  78. Wilyani Eka Pertiwi_22016211
    PBA-NS-0060
    Kerja kelompok memang lebih menyenangkan dari mengerjakan tugas secara individu. Karena, saat kerja kelompok kita bisa saling berdiskusi (tukar pendapat) dan lebih mudah mengerti karena dilakukan atau dikerjakan secara bersama-sama.

  79. mochammad baqi wahyu saputra PBA-NS-0060
    Belajar secara berkelompok memang memiliki banyak manfaat. Akan tetapi pada pelaksanaanya terkadang terdapat kendala-kendala. Berbagai kendala itu juga yang nantinaya dapat lebih membentuk kemistri antar anggota, karena antar anggota akan berusaha untuk saling berintrospeksi.

  80. Saya setuju dengan pendapat yang bapak kemukakan bahwa belajar bersama-sama juga mampu menambah motivasi dan minat untuk belajar. Kadang-kadang, seseorang merasa jenuh dan malas untuk belajar dengan sendirinya. Dengan belajar bersama dengan orang lain seseorang yang sedang malas atau jenuh itu dapar termotivasi untuk belajar dikarenakan dia merasakan adanya perasaan untuk berkompetisi dengan orang lainnya. Selain itu juga belajar secara berkelompok dapat meningkatkan pemahaman materi, memperluas sudut pandang, dan memperkuat keterampilan sosial yang didapatkan pada saat berinteraksi. Dalam kelompok, siswa dapat saling mendidik satu sama lain, membantu menjelaskan konsep, memecahkan masalah bersama, dan saling mendukung dalam belajar. Selain itu, belajar berkelompok juga dapat memperkuat kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan, yang merupakan keterampilan penting dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa belajar bersama atau secara berkelompok merupakan sesuatu yang penting untuk dialami dikarenakan banyaknya manfaat dari belajar bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *