Lima Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh
Lima Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Lima Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

0 Shares
0
0
0

Berpuasa, yang lazim dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia pada setiap bulan Ramadhan, ternyata bukan hanya sekedar untuk kepentingan ibadah namun juga kesehatan. Berpuasa itu menyehatkan badan. Setidak-tidaknya, ada lima manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Ananda ingin tahu? Simaklah dengan baik uraian berikut ini.

Pertama, berpuasa itu menyehatkan otak. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kondisi mental saat berpuasa dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau BDNF (singkatan dari Brain Derived Neurotophic Factor). BDNF dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak yang dapat meningkatkan fungsi kesehatan otak. Selain itu, produksi sel-sel otak baru juga terbukti dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan risiko terkena demensia (kepikunan). Dengan menahan emosi saat berpuasa, penurunan jumlah hormon stres kortisol juga cukup signifikan.

Kedua, berpuasa juga menyehatkan jantung. Berpuasa berarti membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga menyehatkan jantung. Tim kardiolog di Uni Emirat Arab menemukan bahwa orang-orang yang berpuasa merasakan efek positif pada profil lipid mereka. Hal itu menunjukkan adanya penurunan kolesterol dalam darah. Penurunan kolesterol inilah yang menyehatkan jantung. Jantung yang sehat berarti mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau bahkan stroke.

Ketiga, berpuasa juga menyehatkan pencernaan. Pencernaan itu sehat jika waktu makan dan minum teratur. Dengan menikmati santap sahur pada saat menjelang Subuh dan berbuka pada saat Magrib, sistem pencernaan akan bekerja secara teratur. Pada siang hari, sistem pencernaan memiliki waktu cukup untuk beristirahat. Jika hal itu berlangsung secara rutin pada jangka waktu lebih dari tiga minggu, setelah usai Ramadhan kita memiliki sistem pencernaan yang sehat.

Keempat, berpuasa itu menyehatkan peredaran darah. Sebab, pada saat berpuasa, akan terjadi detoks atau pembuangan racun dalam darah, termasuk detoksinasi sistem pencernaan. Menurut pakar kesehatan, jika secara teratur seseorang tidak makan ataupun minum selama 12-13 jam, tubuh akan diberi kesempatan langka untuk mendetoksinasi darah dan sistem pencernaan.

Kelima, berpuasa itu memperkuat tubuh. Dengan tidak makan seharian selama bulan Ramadhan, metabolisme tubuh akan menjadi lebih efisien. Berarti, jumlah nutrisi yang diserap tubuh juga akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh hormon yang disebut adiponektin, yang diproduksi dari kombinasi antara puasa dengan makan larut malam, dan membuat otot tubuh kita mampu menyerap nutrisi lebih banyak. Dampaknya, tubuh menjadi lebih kuat.

Berpuasa ternyata sangat bermanfaat. Bukan hanya untuk kepentingan ibadah tetapi juga bagi kesehatan tubuh. Berpuasa dalam jangka waktu tertentu, misalnya sebulan penuh pada bulan Ramadhan, akan menyehatkan otak atau pikiran, jantung, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, dan memperkuat tubuh. Kelima hal itu sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

54 comments
  1. Ternyata puasa yang kita lakukan di setiap bulan ramadhan bukan hanya untuk kepentingan ibadah . Tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita , seperti dapat menyehatkan otak, menyehatkan jantung dan dapat menurunkan kolesterol, menyebabkan pencernaan menyehatkan peredaran darah, dan memperkuat tubuh. Allah SWT memerintahkan kita untuk melakukan sesuatu pasti ada manfaatnya bagi kita sendiri.

  2. Manfaat dalam berpuasa memang sangat banyak selain untuk menjalankan ibadah dan mendapatkan pahala, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berpuasa tidak saja dilakukan pada bulan ramadhan tetapi juga bisa dilakukan pada hari lain seperti puasa sunah senin kamis yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umat islam.

  3. Destrina BI-NS-0208
    Teks ini memberikan informasi yang sangat bermanfaat mengenai manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Saya menghargai penjelasan tentang hubungan antara puasa dan kesehatan otak, jantung, pencernaan, peredaran darah, dan kekuatan tubuh. Ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang betapa pentingnya puasa bukan hanya dari sudut pandang keagamaan, tetapi juga dari perspektif kesehatan.

  4. Awalnya, saya kira puasa hanya kewajiban utama umat Islam dan baik untuk kesehatan, tanpa mengetahui untuk kesehatan apa. Akan tetapi, setelah saya membaca tulisan ini. Saya mengerti kenapa Islam sangat menganjurkan puasa karena sangat banyak manfaat tersendiri untuk tubuh mulai dari kesehatan otak, pencernaan, jantung, memperkuat tubuh, dan dapat mendetoks tubuh. Saya merasa secara pribadi bahwa puasa itu bukan hanya bisa untuk kesehatan, tetapi juga untuk membentuk karakter yang baik, terutama kesabaran dan sikap jujur.
    Dinda Afri Yanti, BI-NS-0214
    Terima kasih.

    1. Puasa yang dijalankan dalam kehidupan kita ini memberikan dampak yang sangat penting bagi tubuh manusia, hal ini lantaran manfaat puasa yang dapat menyehatkan tubuh, seperti menyehatkan jantung, peredaran darah, dan lain sebagainya. dengan demikian hendaknya kita terus dapat memperkuat niat untuk tetap melaksanakan puasa walaupun dalam kegoyahan iman.

    2. Teks ini memberikan banyak informasi mengenai manfaat puasa, tidak hanya sekedar menjalankan ibadah namun puasa juga memberikan manfaat untuk kesehatan kita seperti menyehatkan otak,menyehatkan jantung, menyehatkan perncernaan,menyehatkan peredaran darah dan memperkuat tubuh

  5. berpuasa itu memang banyak manfaat bukan saja hanya untuk kewajiban utama umat islam tetapi juga berfungsi untuk kesehatan jantung, kesehatan otak, pencernaan dan memperkuat tubuh

  6. Berdasarkan teks tersebut, saya berpendapat bahwa berpuasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:
    1. Menyehatkan otak. Berpuasa dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Hal ini dapat meningkatkan fungsi kesehatan otak, mengurangi depresi, kecemasan, dan risiko terkena demensia.
    2. Menyehatkan jantung. Berpuasa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat menyehatkan jantung. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau bahkan stroke.
    3. Menyehatkan pencernaan. Berpuasa dapat membantu mengatur waktu makan dan minum, sehingga sistem pencernaan dapat bekerja secara teratur. Hal ini dapat membantu mencegah gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare.
    4. Menyehatkan peredaran darah. Berpuasa dapat membantu detoksifikasi darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
    5. Memperkuat tubuh. Berpuasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi lebih banyak. Hal ini dapat membantu memperkuat tubuh.

    Berdasarkan manfaat-manfaat tersebut, saya setuju dengan pendapat penulis bahwa berpuasa tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan ibadah, tetapi juga bagi kesehatan tubuh. Berpuasa dalam jangka waktu tertentu, misalnya sebulan penuh pada bulan Ramadhan, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain manfaat-manfaat yang disebutkan dalam teks, berpuasa juga dapat membantu meningkatkan kesadaran diri, pengendalian diri, dan rasa syukur. Hal ini karena berpuasa mengajarkan kita untuk menahan diri dari makan dan minum, serta emosi negatif.
    Namun, penting untuk diingat bahwa berpuasa tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit kronis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa.

  7. NAMA : FAIZAL ALQADAFI
    NIM : 23233039
    SESI : 0214
    Kesimpulan dari inspirasi yang membahas “lima manfaat puasa bagi kesehatan tubuh” adalah bahwa puasa, selain memiliki nilai keagamaan, juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dengan cara seperti membersihkan sistem pencernaan, mengatur berat badan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres. Dengan menjalankan puasa dengan bijak, seseorang dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang berkelanjutan.

  8. Puasa tidak hanya merupakan bagian dari ibadah wajib saja,lebih dari itu puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.Selain dari itu,dengan berpuasa juga mendidik kita menjadi orang yang sabar dan jujur.
    Dengan berpuasa,akan membiasakan tubuh kita untuk melakukan pola hidup sehat,yang di mana nantinya akan memberikan pengaruh yang baik terhadap tubuh kita.

  9. Rizka Nailatul Hasanah – 23020022
    WAG (BI-NS-0208)
    Saya setuju dengan bacaan yang telah disampaikan bapak dan tanggapan dari teman-teman. Bahwasannya, selain puasa sebagai salah satu ibadah kita kepada Allah SWT, puasa juga memberikan begitu manfaat bagi tubuh kita. Terutama bagi kesehatan tubuh kita, dimana dengan berpuasa kita akan senantiasa mengatur pola makan kita, serta melatih pola hidup kita, dimana kita akan dilatih untuk meningkatkan kesabaran, kejujuran, dan kedisiplinan waktu.
    Tidak hanya itu, puasa juga melatih pola pikir kita seperti menghargai makanan, bersyukur karena bisa merasakan betapa laparnya saudara kita diluar sana yang tidak mendapatkan makanan sama sekali.

  10. Nama: Nurmaiyah Lubis
    Nim:23016033
    No.urut :08( Sesi-0012)
    Saya setuju dengan bacaan yang telah disampaikan bapak dan tanggapan dari teman-teman. Berpuasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah. Menurunkan berat badan. Beberpuasa dapat membantu menurunkan berat badan karena tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi ketika tidak ada asupan makanan.Dalam menjalankan puasa, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dan menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, berpuasa juga harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing individu.

  11. Dari teks Lima manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh saya berpendapat bahwa berpuasa memiliki banyak manfaat diantaranya menyehatkan jantung,menyehatkan otak,menyehatkan pencernaan,memperkuat tubuh dan menyehatkan peredaran darah.dan saya setuju dengan pendapat bapak bahwa berpuasa tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan ibadah tetapi juga bagi kesehatan tubuh.dengan menjalankan puasa seseorang dapat mendapat manfaat kesehatan yang baik.

  12. Nama:Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut: 12
    SIMAK-NS-0012
    Berpuasa memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh maupun untuk beribadah, selama berpuasa tubuh kita akan di detoknasi dan di regenerasi .salah satu manfaatnya adalah meningkatkan Kesehatan Jantung ,hal tersebut terjadi karena pada saat berpuasa secara teratur akan membuat tubuh beradaptasi dengan salah satu caranya adalah lemak akan dijadikan sumber utama tubuh. Dengan begini, kolesterol di dalam tubuh akan berkurang dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  13. THIO VALENTINO EDILY PRATAMA
    23133017
    BI-NS-0207
    Setelah saya baca teks tersebut,saya dapat memberikan tanggapan kenapa berpuasa diwajibkan pada setiap muslim karna berpuasa dapat menahan diri dari perbuatan tercela selain itu berpuasa juga memberikan dampak positif bagi tubuh,yaitu menyehatkan tubuh.
    Manfaat berpuasa yaitu :
    1.Pertama, berpuasa itu menyehatkan otak.
    Dengan berpuasa dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan risiko terkena demensia (kepikunan). Dengan menahan emosi saat berpuasa, penurunan jumlah hormon stres kortisol juga akanberkurang
    2.Kedua, berpuasa juga menyehatkan jantung. Berpuasa berarti membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga menyehatkan jantung.
    3.Ketiga, berpuasa juga menyehatkan pencernaan. Pencernaan itu sehat jika waktu makan dan minum teratur
    4.Keempat, berpuasa itu menyehatkan peredaran darah. Sebab, pada saat berpuasa, akan terjadi detoks atau pembuangan racun dalam darah, termasuk detoksinasi sistem pencernaan.
    5.Kelima, berpuasa itu memperkuat tubuh. Dengan tidak makan seharian selama bulan Ramadhan, metabolisme tubuh akan menjadi lebih efisien.
    Setelah saya baca saya baru mengetahui bahwa berpuasa ternyata bukan sekedar untuk ibadah saja tetapi juga untuk menyehatkan tubuh dan pemikiran dari orang yang berpuasa.

  14. Septi Nurul Azmi 23129081 (BI-NS-0207)
    Izin berkomentar bapak,dari cerita di atas saya sangat setujuh dengan bapak,.tidak hanya itu berpuasa dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini termasuk peningkatan kontrol berat badan, perbaikan metabolisme, manajemen diabetes,Puasa dapat menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat jika dilakukan dengan bijak dan dibarengi dengan pola makan yang seimbang

  15. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Saya setuju dengan bapak bahwa puasa selain untuk ibadah juga memiliki banyak manfaat terhadap fisik dan psikologi seseorang seperti menyehatkan otak, mengurangi depresi, kecemasan, dan resiko pikun, menyehatkan jantung, menyehatkan pencernaan dan berbagai manfaat lainnya. Puasa sekarang ini tidak hanya dipandang sebagai ibadah semata tetapi juga sebagai langkah dalam mendukung gaya hidup sehat yang bermanfaat untuk kesehatan masa kini dan masa depan.

  16. Refky Faizal_23233014 (BI-NS-0208)
    Saya setuju dengan bapak bahwa puasa selain untuk ibadah juga memiliki banyak manfaat terhadap fisik dan mengurangi depresi, kecemasan, dan menyehatkan jantung, menyehatkan pencernaan dan berbagai manfaat lainnya. Puasa sekarang ini tidak hanya dipandang sebagai ibadah semata tetapi juga sebagai langkah dalam mendukung gaya hidup sehat yang bermanfaat untuk kesehatan masa kini dan masa depan.

    1. Candra Oftriyana ; NIM 23016005 ; NU 01 ; SIMAK-NS-0118

      Izin sebelumnya Pak, saya Candra Oftriyana dari kelas Keterampilan Menyimak sesi 0118

      Setiap muslim akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan setiap tahunnya. Selain untuk ibadah, sebetulnya puasa juga salah satu cara untuk menjaga kesehatan, mengembalikan sistem kerja tubuh, meningkatkan kesehatan, semua itu akan menjauhkan diri kita dari serangan berbagai jenis penyakit.

  17. Nama : Lulu Putri Dewindi
    NIM : 23129331
    GWA : BI-NS-0214
    Ternyata berpuasa yang kita jalankan sebagai bentuk ibadah wajib kepada Allah juga mendatangkan manfaat bagi tubuh kita. Dengan berpuasa, selain mendapatkan pahala dari Allah, ternyata kita juga mendapatkan manfaat karena berpuasa dapat menyehatkan otak, jantung, pencernaan, peredaran darah, dan memperkuat tubuh.

  18. Berpuasa itu bukan hanya sekedar untuk beribadah tetapi berpuasa juga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Seperti menyehatkan otak, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, melancarkan peredaran darah dan memperkuat tubuh. Karena dengan berpuasa tubuh akan lebih lama beristirahat. Berpuasa bukan hanya mendapatkan nikmat/ pahala dari Allah tetapi juga mendapatkan nikmat bagi kehidupan kita .

  19. Aurell Ramadhani-23233033-BI-NS-0214
    Terimakasih bapak atas informasinya. Saya jadi tahu bahwa berpuasa juga dapat menyehatkan badan. Ternyata berpuasa sangat istimewa karena dapat menambah pahala dan juga membuat tubuh sehat. Jika orang-orang yang memiliki masalah pencernaan, ingin mengurangi kolestrol cobalah untuk berpuasa. Dan yang ingin belajar menahan emosi cobalah membiasakannya dengan melaksanakan puasa karena puasa harus menahan hawa nafsu dan amarah.

  20. Nama : Annisa Nur Fahada
    NIM : 23016002
    Berpuasa bukan hanya suatu kewajiban dalam agama dan yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala. Ternyata Allah SWT menyuruh berpuasa juga dikarenakan puasa itu sendiri banyak manfaat nya. Seperti menyehatkan jantung, menyehatkan otak, menyehatkan pencernaan, menyehatkan peredaran darah, dan berpuasa itu memperkuat sistem imun tubuh. Sangat luar biasa.

  21. Berpuasa sangat dianjurkan karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Tidak hanya agama yang mewajibkan untuk berpuasa, melainkan dunia kesehatan pun mengakui manfaatnya. Saya pribadi penderita penyakit magh. Saat berpuasa, ajaib nya, magh saya justru tidak pernah kambuh, malah menyehatkan saya. Tubuh saya fit, tidak sakit-sakitan.

  22. Selain sebagai ibadah, ternyata puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik maupun psikologis kita. Menurut pengalaman saya sendiri, berpuasa sangat mempengaruhi perilaku dan kebiasaan. Seperti kebiasaan saya yang jarang sarapan pagi, dimana hal ini sangat berbahaya dan sampai membuat saya mengidap penyakit typus dan maag, tetapi semenjak berpuasa saya jadi harus makan sahur dan tubuh saya terbiasa sehingga sakitnya sudah jarang saya rasakan.

  23. Nama : Latifa Mulya Marza
    Nim: 23129330
    BI-NS-0214
    Puasa ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu bagi kesehatan tubuh kita. Saya sangat setuju dengan teks diatas karena dengan berpuasa pola makan kita akan menjadi teratur dan berubah dari biasanya ini lah yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita menjadi lebih baik lagi.

  24. Nama : Aisyah Al Maida
    NIM : 23042109
    BI-NS-0032
    Ternyata puasa sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain untuk menjalankan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Benar kata para ulama, “Tidak semata-mata Allah memerintahkan sesuatu kecuali hal itu bermanfaat bagi yang diperintah. Sebaliknya, Allah tidak semata-mata melarang sesuatu, kecuali hal itu akan berakibat buruk bagi diri yang diperintah. Puasa Ramadhan selama 1 bulan akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat lagi, selain bulan Ramadhan kita juga bisa berpuasa sunah salah satunya puasa Senin-Kamis.
    “Puasalah niscaya kamu akan sehat”

  25. Nama: Hawa Dwi Pitrisia
    Nim: 23042291
    BI-NS-0032
    Berpuasa tidak hanya merupakan kewajiban ibadah bagi umat Muslim, tetapi juga merupakan upaya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan mengatur pola makan dan mengurangi asupan makanan dan minuman selama periode tertentu, tubuh dapat mendapatkan kesempatan untuk membersihkan diri, meningkatkan metabolisme, dan mengatur berbagai sistem vital. Oleh karena itu, berpuasa tidak hanya menguatkan hubungan spiritual dengan Tuhan, tetapi juga memberikan perhatian yang mendalam terhadap kesehatan dan kesejahteraan tubuh.

  26. Nama : Nina Noviana
    Nim : 23042318
    BI-NS-0032
    Dengan melaksanakan puasa ramadhan bukan hanya pahala yang kita dapatkan melainkan banyak manfaat yang kita peroleh,diantarnya : dapat menyehatkan otak,jantung, pencernaan,peredaran darah,dan memperkuat tubuh.

  27. Nama : Syifa Sabilillah
    Nim : 23042343
    GWA : BI – NS 0032
    Dapat disimpulkan bahwa berpuasa mendatangkan banyak manfaat. Selain mendapatkan pahala, tubuh kita juga merasakan dampak positifnya.

  28. Teks ini memberikan informasi yang sangat berguna tentang manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Penjelasan tentang efek positif berpuasa terhadap otak, jantung, pencernaan, peredaran darah, dan kekuatan tubuh memberikan pemahaman yang mendalam tentang betapa pentingnya praktik berpuasa bagi kesejahteraan fisik dan mental seseorang.Pemaparan tentang studi-studi yang mendukung manfaat-manfaat tersebut memberikan dasar yang kuat untuk memahami mekanisme di balik efek-efek positif berpuasa terhadap tubuh manusia.

  29. Nama:Tiara jayani
    Nim:23016116
    Gwa: GTBI-NS-0001
    Teks tersebut memberikan pemahaman yang sangat menarik tentang manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh, selain sebagai ibadah. Saya setuju bahwa berpuasa dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem pencernaan, membersihkan peredaran darah, dan memperkuat tubuh secara keseluruhan. Ini menunjukkan bahwa praktik keagamaan juga dapat memiliki dampak positif pada kesejahteraan fisik dan mental seseorang.

  30. Muhammad Alfian (23058175) Pendidikan Sosiologi.
    BI-NS-0071
    Dari teks di atas dapat disimpulkan bahwa, berpuasa adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap muslim, berpuasa menjadi salah satu ladang pahala bagi siapapun yang menjalankannya, disamping harus sabar dan menahan diri dari hawa nafsu, puasa juga memberikan manfaat bagi orang yang melaksanakannya, tentunya kesehatan untuk tubuh. Tidak dapat dipungkiri bahwa bentuk ibadah di umat Islam tidak hanya semata untuk mencari pahala tetapi juga berguna bagi kesehatan tubuh kita.

  31. Melati Sukma 22016189 PBA-NS-0060
    Teks ini memberikan informasi yang sangat bermanfaat mengenai manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Saya menghargai penjelasan tentang hubungan antara puasa dan kesehatan otak, jantung, pencernaan, peredaran darah, dan kekuatan tubuh. Ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang betapa pentingnya puasa bukan hanya dari sudut pandang keagamaan, tetapi juga dari perspektif kesehatan.

  32. Selfi Juwita Rizki (22016204) PBA-NS-0060
    Dalam teks ini menyatakan bahwa puasa bukan hanya sekedar kewajiban bagi umat muslim merupakan hal yang sangat relevan dan penting untuk disampaikan. Hal ini membantu menghilangkan Stigma atau persepsi bahwa puasa hanya terkait dengan aspek keagamaan. Dengan menyampaikan bahwa puasa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh secara umum, teks tersebut memberikan pemahaman yang lebih luas kepada pembaca tentang pentingnya praktik puasa dalam menjaga kesehatan.

  33. Indri Anggiawati (22016183) PBA-NS-0060
    Dari teks yang sudah dijelaskan diatas kita dapat mengetahui bahwa puasa selain untuk ibadah tapi berpuasa juga memiliki banyak sekali manfaatnya seperti yang sudah dijeaskan bahwa puasa dapat menyehatkan otak, jantung, pencernaan, dan memperkuat tubuh. Banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan ketika melakukan puasa teks ini juga memperluas pemahaman kita tentang pentingnya puasa bagi tubuh.

  34. Nama : Fadila Amanda Meriska
    Nim : 22016178
    PBA-NS-0060
    Teks ini memberikan informasi yang bagus mengenai manfaat dari berpuasa. Berpuasa bukan hanya sekedar kewajiban untuk umat muslim saja tapi juga untuk semua kalangan, karena puasa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh
    kita mulai dari kesehatan jantung, pencernaan, otak
    bahkan kolesterol. Inilah betapa pentingnya untuk berpuasa selain untuk mendapatkan pahala bagi umat muslim kita bisa juga mendapatkan kesehatan tubuh yang baik.

  35. Listia Aisyah PBA-NS-0060
    Manfaat puasa juga bisa kita artikan menumbuhkan rasa syukur kita terhadap rezeki Tuhan kepada kita dan menghentikan organ tubuh untuk beristirahat agar lebih sehat

  36. Tri Annisa Marta PBA-NS-0060
    manfaat puasa kita dapat menja kesehatan, bahkan dari yang sering sakit kadang di anjurkan untuk berpuasa.

  37. Puasa bukan hanya untuk kepentingan agama , namun juga bermanfaat untuk kesehatan kita pribadi, bahkan banyak dokter yang menganjurkan pasien-pasien untuk berpuasa sebagai obat

  38. Puasa memiliki banyak manfaat, baik secara fisik maupun spiritual. Secara fisik, puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan berat badan, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Secara spiritual, puasa dapat membantu meningkatkan kesadaran diri, disiplin, dan empati terhadap orang-orang yang kurang beruntung.

  39. Dapat disimpulkan bahwa,berpuasa tidak hanya untuk kepentingan agama saja,melainkan Masi banyak manfaat lainnya terutama pada kesehatan.

  40. Alfa Rehan Oktori Rahmadana
    23042258
    BI-NS-0032
    Teks ini mencerminkan bagaimana kita menjaga kesehatan pada saat bulan Ramadhan

  41. Nama: Mochammad Baqi Wahyu Saputra
    NIM:23016202
    PBA-NS-0060Dengan adanya teks ini saya menjadi lebih mengetahui mengenai manfaat dari berpuasa

  42. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Manfaat puasa tidak hanya untuk beribadah, tetapi berpuasa juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita umat Islam untuk berpuasa terutama dalam bulan Ramadhan.

  43. Novia Rahma RIndha, PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023
    Teks ini memberikan penjelasan yang cukup rinci mengenai manfaat kesehatan berpuasa seperti aspek kesehatan otak, jantung, pencernaan, peredaran darah, dan kekuatan tubuh

  44. Rima Syukhria. Y.K, PPG G2 B.Indonesia tahun 2023

    Pas sekali, bacanya pas bulan puasa. Ternyata dari segi kesehatan banyak sekali manfaat puasanya yaaa ><
    Makasih atas informasinya pak…

  45. Putri Ajusti Zalmi, PPG G2 Kls Rima
    Teks ini menjelaskan bahwa berpuasa memiliki banyak manfaat selain untuk menunaikan ibadah, puasa juga memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh kita, terutama berpuasa pada bulan Ramadhan. Manfaat puasa bagi kesehatan, yaitu menyehatkan otak/pikiran, jantung, system pencernaan, system peredaran darah dan memperkuat tubuh.

  46. Enia Listikal, PPG G2 Kls Rima
    Saya setuju dengan teks tersebut karena bulan Ramadhan penuh keberkahan dan puasa juga banyak manfaatnya untuk kesehatan

  47. Dari teks ini, kita dapat mempelajari bahwa berpuasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, yang berhubungan dengan otak, jantung, sistem peredaran darah, kesehatan mental, daya tahan tubuh, dan kesehatan otak. Selain itu, berpuasa juga dapat membantu mengurangi produksi protein berbahaya dan memelihara kesehatan mental.

  48. Pada teks tersebut dapat disimpulkan bahwa puasa adalah suatu yang wajib dilakukan oleh umat islam. Dengan berpuasa, kita juga mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan kita.

  49. Dari teks di atas kita mengetahui bahwa puasa selama bulan Ramadhan tidak hanya sekedar puasa untuk beribadah saja. Tapi dengan puasa kita juga mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya. Seperti menjaga kesehatan otak, jantung, peredaran darah, pencernaan, dan kesehatan tubuh.

  50. Nama Saya Intan Permata Sari dengan nim 22016028 dari kelas PBA-NS- 0060
    dari teks eksposisi diatas dapat saya simpulkan bahwa Berpuasa, yang lazim dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia pada setiap bulan Ramadhan, ternyata bukan hanya sekedar untuk kepentingan ibadah namun juga kesehatan.Ada lima manfaat puasa yaitu menyehatkan otak ,menyehatkan jantung ,menyehatkan pencernaan ,menyehatkan peredaran darah dan yang terakhir memperkuat tubuh

  51. Dari teks ini, dapat kita pelajari bahwa berpuasa memiliki manfaat yang banyak dan penting bagi kesehatan tubuh, puasa memiliki manfaat baik bagi tubuh manusia seperti manfaatnya terhadap otak, jantung, sistem peredaran darah, kesehatan mental, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, berpuasa juga mampu mengurangi produksi protein yang berbahaya. Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa puasa sudah terbukti memberi manfaat bagi manusia dan tidak hanya itu puasa juga menjadi suatu kewajiban bagi umat muslim yang ternyata memberi dampak baik pada tubuh tanpa disadari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *