Pahamilah Penyebab Kenakalan Remaja Putus Sekolah di Kota Padang: Sumbangsih Pemikiran Bagi Masyarakat Kota Padang
Pahamilah Penyebab Kenakalan Remaja Putus Sekolah di Kota Padang Sumbangsih Pemikiran Bagi Masyarakat Kota Padang

Pahamilah Penyebab Kenakalan Remaja Putus Sekolah di Kota Padang: Sumbangsih Pemikiran Bagi Masyarakat Kota Padang

0 Shares
0
0
0

Berdasarkan data yang dikemukakan oleh Polda Kota Padang, dari Januari—Februari 2017 terjadi kasus kriminalitas berupa curanmor, perkelahian dan tawuran, pencurian sebanyak 100 kasus. Dari jumlah tersebut,  ditemukan 68 kasus (68%) dilakukan oleh kelompok remaja putus sekolah (selanjutnya disingkat KRPS) Kota Padang. Hal ini meresahkan masyarakat Kota Padang. Namun, apakah kita hanya dapat menyalahkan KRPS di Kota Padang? Mungkin, akan lebih bijaksana jika kita terlebih dahulu mencermati apa sebenarnya penyebab kenakalan KRPS Kota Padang.

Penyebab pertama kenakalan KRPS adalah faktor keluarga. Meskipun belum dilaksanakan penelitian yang akurat, diperoleh informasi bahwa anggota KRPS itu berasal dari rumah tangga yang bermasalah (broken home). Rumah tangga bermasalah sebagian besar disebabkan oleh kasus perceraian, kemiskinan, kurangnya perhatian orang tua, dan kurangnya komunikasi yang harmonis antara orangtua dengan anak. Jelas, situasi rumah tangga yang tidak menyenangkan itu cenderung mengakibatkan anak mencari kepuasan di luar rumah, terutama di lingkungan teman sebaya.

Penyebab kedua kenakalan KRPS Kota Padang adalah faktor lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang tidak menyenangkan, misalnya kurang fasilitas, jeleknya pelayanan administrasi, pola komunikasi yang cenderung otoriter antara guru dengan siswa, antara walikelas dengan siswa, maupun jajaran pimpinan sekolah dengan siswa, tata usaha, pegawai, dan guru, merupakan faktor utama penyebab KRPS berhenti bersekolah. Lingkungan sekolah yang tidak menyenangkan tersebut akan mengakibatkan siswa merasa frustrasi, tidak puas, melakukan kenakalan di lingkungan sekolah, dan akhirnya berhenti bersekolah.

Faktor lingkungan masyarakat di sekitar kehidupan KRPS Kota Padang juga memberikan andil bagi berkembanganya kejahatan yang dilakukan oleh KRPS Kota Padang. Cermatilah kondisi lalu-lintas yang carut-marut. Cermatilah lingkungan pasar, pusat perbelanjaan, tempat wisata yang tidak menyenangkan dikarenakan oleh timbunan sampah, sampah yang berserakan, kurang fasilitas MCK, dan sebagainya. Kondisi lingkungan masyarakat yang tidak menyenangkan itulah sekaligus memicu keinginan KRPS untuk berbuat kejahatan.

Nah, kenakalan remaja putus sekolah di Kota Padang bukanlah suatu kasus yang berdiri sendiri. Namun, setidak-tidaknya dilatarbelakangi oleh tiga jenis lingkungan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, sebagai orangtua maupun warga masyarakat, kita harus peduli, baik terhadap keharmonisan kehidupan dalam rumah tangga, suasana sekolah, serta keamanan, ketertiban, dan kenyamanan lingkungan masyarakat. Kualitas ketiga jenis lingkungan tersebut akan sangat mempengaruhi perkembangan dan dinamika remaja.

124 comments
  1. Peran orang tua sangat penting bagi anak, lingkungan sekitar dan masyarakat yang kurang baik juga dapat mempengaruhi kenakalan yang terjadi pada remaja. Kenalan itu bisa saja tidak terjadi jika adanya kesadaran pada diri kita sendiri. Apakah yang kita lakukan itu baik atau tidak.

    1. Saya setuju dengan bapak, pemicu terjadinya kenakalan remaja salah satunya adalah dari faktor keluarga, seperti yang kita ketahui keluarga berperan sangat penting dalam membentuk perilaku anak yang baik. Karena itu lah banyak remaja yang melakukan tindakan kriminal karena keluarganya broken home.

    2. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak tentang penyebab kenakalan remaja putus sekolah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang dapat mepengaruhi pikiran anak tersebut. Faktor awal nya yaitu berasal dari keluarga, kurang nya perhatian dan kasih sayang terhadap anak dapat menyebabkan kenakalan pada anak. Itu terjadi karna ia menganggap tidak ada orang yang sayang kepada nya dan mereka mencarai kesenangan nya sendiri diluar sana. Mereka tidak tau yang mereka lakukan itu salah, hal seperti itu lah yang menimbulkan kenakalan kenakalan di kalangan remaja saat ini sampai mereka putus sekolah, karena mereka menganggap sekolah itu tidak penting.

  2. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh bapak.saya sangat setuju dengan tulisan bapak,karena saat ini memang banyak sekali para remaja yang putus sekolah bukan hanya karena faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu,tetapi karena remaja tersebut juga sudah salah pergaulan sehingga sudah tidak ada lagi keinginan untuk melanjutkan pendidikan.
    Terimakasih pak

  3. Remaja sekarang banyak putus sekolah karna faktor lingkungan, faktor keluarga,dan juga faktor ekonomi,kita tidak bisa menyalahkan mereka sepenuhnya,karna terkadang ada yang dari faktor keluarga itu sendiri yang terpaksa mereka putus sekolah,cuman ada yang karna pergaulan,jika karna pergaulan mereka akan rugi di massa yang mendatang karna telah mengambil keputusan yang salah.

    1. Assalamualaikum pak, menurut saya pak Kenakalan remaja menjadi masalah sosial yang sulit dihilangkan karena remaja saat ini senang mempelajari hal baru, dan tidak tahu bahwa hal itu bisa berdampak negatif untuk dirinya serta orang lain, di tambah Kenakalan remaja terjadi karena lemahnya pengetahuan agama yang dimiliki oleh remaja, kurangnya pengawasan orang tua, dan terbiasanya perilaku tercela di kalangan masyarakat
      Untuk itu perlu adanya peningkatan kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan dan Membuat program-program yang dapat membantu remaja putus sekolah untuk kembali ke sekolah

  4. saya sangat setuju pak, Cobalah untuk memberikan dukungan emosional dan praktis kepada anak-anak yang putus sekolah. Mereka mungkin butuh seseorang yang peduli dan siap membantu mereka menemukan jalan kembali ke pendidikan.

  5. Annisa Fiqriah BI-NS-0208

    Kenakalan remaja putus sekolah di Kota Padang disebabkan oleh faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Situasi rumah tangga yang bermasalah, lingkungan sekolah yang tidak menyenangkan, dan kondisi lingkungan masyarakat yang buruk dapat memicu kenakalan remaja. Untuk mengatasi masalah ini, perlu perhatian terhadap keharmonisan keluarga, perbaikan lingkungan sekolah, dan peningkatan kondisi lingkungan masyarakat.

  6. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak,karena saat ini memang banyak sekali para remaja yang putus sekolah bukan hanya karena faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu.Namun,peran orang tua juga sangat penting dalam mendidik anaknya apalagi ketika anak sudah beranjak dewasa pasti sangat membutuhkan perhatian dari orang tua.
    Terimakasih banyak pak

  7. ( Septiarifa Salsabila (23129082) BI-NS-0207)
    Saya berpendapat bahwa Tulisan ini mencoba menekankan sisi negatif dari kenakalan remaja, namun kita juga harus mengakui bahwa ada banyak program pendidikan dan intervensi yang berhasil membantu remaja keluar dari jalur yang salah dan membimbing mereka ke jalur yang lebih positif.

    1. Rizka Nailatul Hasanah – 23020022
      WAG ( BI-NS-0208 )
      Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh bapak dan teman-teman 🙏 izin untuk menanggapi.
      Saya juga setuju dengan yang Bapak dan teman-teman sampaikan bahwasanya faktor lingkungan seperti keluarga, sekolah dan masyarakat sangat mempengaruhi perkembangan dan dinamika remaja, dimana jika lingkungannya buruk maka akan melahirkan atau menciptakan kenakalan dikalangan remaja seperti, pelecehan, pembunuhan, pergaulan bebas yang disebabkan karena kurangnya perhatian dari lingkungannya baik itu didikan dari keluarganya sendiri atau lingkungan lain. Dan sebaliknya, jika lingkungannya baik maka, akan terciptalah remaja yang baik pula tingkah lakunya, karena selalu mendapatkan perhatian atau didikan yang baik di sekitar lingkungannya, baik dari keluarga, sekolah maupun masyarakat.

  8. Keluarga memiliki peran penting dalam diri seorang anak , keluarga yg harmonis akan menciptakan kasih sayang sehingga seorang anak tidak akan melakukan kenakalan karena kurang kasih sayang,
    Saya setuju dengan pendapat bapak , putus sekolah ataupun kenakalan remaja tidak bisa terus menyalahkan KRPS tetapi juga harus melihat penyebab lain seperti hubungan dalam keluarga nya

  9. Nama : Sania Wulandari
    GWA: BI-NS-0207
    Saya setuju dengan tulisan bapak, yang mana anak yang putus sekolah ini menyebabkan kejahatan. Tetapi dibalik itu semua mungkin mereka ada alasan untuk melakukannya, ada faktor pendorong mereka melakukan nya, seperti yang bapak sampaikan ada minimal tiga faktor penyebab KRPS ini yaitu faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Faktor tersebut tidak hanya menyebabkan KRPS melakukan tindak kriminal tetapi mereka bisa saja melakukan hal – hal yang menyakiti dirinya sendiri.

  10. Rifa Eka Putri BI-NS-0208
    Peran orang tua yang sangat penting bagi anak, lingkungan sekitar dan masyarakat yang kurang baik juga dapat mempengaruhi kenakalan yang terjadi pada remaja. Kenalan itu saja bisa tidak terjadi jika adanya kesadaran dan kontrol diri pada diri kita sendiri. Apakah yang kita lakukan itu baik atau tidak.

  11. Jadii kita sebagai anak harus memiliki kesadaran bahwa pendidikan itu penting dan jika putus sekolah maka saat kita dewasa nanti akan sulit dalam meniti karier,karena harus bersaing dengan yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi.Kalau masalah ekonomi banyak beasiswa-beasiswa yang bisa kita ikuti,jadi tidak ada alasan kita untuk tidak menempuh pendidikan.

  12. Saya sangat setuju dengan bapak, terkadang faktor yang menjadi penyebab anak” putus sekolah itu adalah ekonomi. di mana ekonomi kita kan di Padang ini kita ambil sebagai contoh pak bisa di bilang ada ekonomi keluarga nya tinggi, menengah, dan rendah, nah anak” yg kebanyakan putus sekolah ini karena ekonomi yang rendah ini tadi pak di mana buat makan mereka sekeluarga sehari-hari saja tidak memungkinkan terkadang mereka hanya bisa makan ubi jalar aja terkadang mereka sampai menahan perut untuk tidak makan hari ini malahan Mereka hanya makan di hari esok nya sangat memprihatinkan sekali pak, bagaimana seorang anak melanjutkan sekolahnya dengan ekonomi keluarga yg seperti itu, saya berharap di kota Padang ini nanti akan lebih meningkatkan kepedulian terhadap anak” yg putus sekolah karna masalah ekonomi yg rendah ini pak bagaimana pemerintah melakukan penanganan terhadap anak” yg putus sekolah ini pak. (AZIZ SETIAWAN BI-NS-0208) sekian terima kasih pak wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.

  13. Izin berkomentar bapak,ada tiga faktor tetapi ada 1 yang paling menjadi sumber utama yaitu faktor keluraga, yang dimana keluarga memiliki peran penting dalam mendidik seorang anak karena pendidikan pertama yang seorang anak dapat yaitu dari keluarga nya sendiri,jikaaa pendidikan baik yang ia dapat dari keluarga sendiri maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,sekian terima kasih bapak

  14. Kenakalan remaja itu sangat berbahaya bagi agama dan bangsa karena remaja adalah pondasi dan sebagai pengerak pembangunan dan sekaligus motor pembaharuan dalam masyarakat. Maka dari itu kita harus lebih meningkatkan kepedulian kita terhadap remaja baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah dan lain sebagainya

  15. Menurut saya teks inspira tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang penyebab kenakalan remaja putus sekolah di kota padang. Faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat menjadi penyebab utama kenakalan remaja putus sekolah ini. Untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya perhatian dan upaya dari orang tua, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang harmonis, aman, dan nyaman bagi remaja. Langkah yang dapat di ambil dalam mengurangi kenakalan adalah dengan memperhatikan dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.
    Sekian komentar saya
    (HILMA TITA SURI, BI-NS-0207. Terima kasih)

  16. Saya setuju dengan tulisan Bapak, penyebab kenakalan remaja putus sekolah dikarenakan faktor keluarga dan lingkungan sekitar. Keluarga yang tidak memperhatikan pertumbuhan anaknya ataupun keluarga yang terlalu membebaskan anaknya merupakan awal dari kenakalan remaja ini. Anak yang berasal dari rumah tangga yang bermasalah (broken home) biasanya mudah terbawa arus dalam pergaulan dan tidak memiliki pendirian.

  17. Peran orang tua untuk anak remaja pada saat sekarang memang dibutuhkan harus mengontrol anak” nya agar tidak terjadi nya putus sekolah atau hal” yang menyebabkan terjadinya hal lain

  18. Assalamualaikum tanggapan saya tentang krps ini adalah
    Ada- pun peranan pemerintah daerah dalam menekan angka anak putus sekolah antara lain: mengeluarkan kebijakan di bidang pendidikan, bantuan dana pendidikan, pemberian beasiswa pendidikan bagi masyarakat miskin, dan program bantuan siswa miskin (BSM), serta sosialisasi kepada masyarakat dan Membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak dan remaja adalah kunci Mendengarkan perasaan dan masalah mereka dapat membantu mencegah perilaku kenakalan.

  19. Destrina , BI-NS-0208
    Teks tersebut menyoroti permasalahan sosial yang kompleks di Kota Padang, khususnya mengenai kenakalan remaja putus sekolah. Menyadari bahwa faktor-faktor seperti kondisi keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku remaja, adalah langkah penting dalam mencari solusi.

  20. saya sangat setuju dengan bapak, kita seharusnya ada kesadaran buat menempuh pendidikan yg kerasa dan mapan buat masa depan kita, sebagai orang tua kita harus juga memberikan edukasi kepada anak anak kita tidak terjadi putus sekolah maka dari itu orang tua harus juga mendidik anaknya menjadi anak yg lebih baik dan lebih giat dalam proses pendidikannya, dan satu lagi orang tua harus mendidik anaknya dari sikap sopan santun dan cara memperlakukan ke orang orang supaya tidak terjadi kenakalan remaja yg banyak beredar pada saat ini, sekian dari komentar saya Terima kasih Negra moren, BI-NS-0214

  21. Seperti yang kita ketahui peran orang tua dan lingkungan sekolah sangat berpengaruh terhadap anak, karena jika lingkungan keluarga sudah tidak baik maka anak akan melakukan hal-hal yang tidak baik juga dilingkungan sekolah dan anak tersebut berusaha untuk menghasut teman-temannya untuk melakukan hal yang sama seperti mereka lakukan dan terjadilah hal-hal yang tidsak kita inginkan

  22. Nama: Jasmine Fauza Khalida
    GWA: BI-NS-0214
    Krps atau yang disebut kelompok remaja putus sekolah ini, semakin hari semakin bertambah. Dari teks persuasi yang bapak berikan kenakalan remaja terjadi dari 3 faktor yaitu, keluarga, sekolah, dan masyarakat, saya ingin menambahkan dari poin-poin faktor ini, diantaranya adalah kurang nya bimbingan fisik maupun mental untuk sang remaja, lemah nya kesadaran dalam diri sendiri atau mengontrol diri dapat mempermudah mereka untuk terpengaruh pada lingkungan yang buruk. seperti yang bapak sampaikan sudah seharusnya kita kita harus peduli terhadap kenyamanan lingkungan bermasyarakat, oleh karena itu sudah sepatutnya kita untuk saling mengingatkan dan menjaga anatar sesama.

  23. Saya setuju dengan tulisan bapak, dimana penyebab kenakalan remaja itu kebanyakan terjadi karena kurangnya perhatian orang tua dan adanya tekanan sosial dari lingkungan masyarakat sekitar. Oleh karena itu orang tua dan teman-temannya berperan penting dalam mencegah kenakalan remaja ini. Selalu membimbingnya ke yang lebih baik. Karena kenakalan remaja ini dapat menyakiti diri sendiri atau orang di sekitar kita.

  24. ikhsan maulana BI-NS-0208
    Keluarga berperan penting dalam membentuk perilaku remaja. Faktor seperti broken home, kurangnya perhatian, dan komunikasi yang buruk dapat menjadi penyebab kenakalan. Oleh karena itu, pendekatan yang melibatkan perbaikan dalam lingkungan keluarga dan dukungan kepada orang tua juga penting.Dan mengatur batasan yang wajar dan memberikan pengawasan yang diperlukan dapat membantu mencegah kenakalan remaja.

  25. Saya setuju, kenakalan remaja di sebabkan karena faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat,namun ada juga dalam likungan pertemanan yang menyebabkan kenakalan remaja ini, karna anak remaja mudah terpengaruh dengan ajakan teman teman nya ini banyak terjadi di padang. Tidak bisa memilih teman akan mempengaruhi sifat/sikap mereka. Bisa kita liat beberapa minggu yang lalu maraknya tauran di kalangan remaja bisa jadi disebabkan karena salah dalam milih teman.

  26. ( SRI WAHYUNI (23129087) BI-NS 0208)
    Pada saat sekarang anak remaja putus sekolah tidak lagi tentang ekonomi melainkan ada beberapa faktor yang terjadi. Peran orang tua dalam kehidupan seorang anak sangatlah penting. Sehingga sebagai orang tua harus memperhatikan keadaan anak nya. Lingkungan pun sangat memberi dampak yang negatif. Jadi kita harus bisa menjaga diri kita dari pergaulan yang tidak baik.

  27. sangat penting bagi orang tua dan masyarakat untuk memberikan pendidikan dan pengawasan yang baik terhadap remaja. Orang tua perlu memberikan pengarahan dan pengawasan yang baik terhadap anak-anak mereka, serta memberikan contoh perilaku yang baik dan positif. Masyarakat juga dapat membantu dengan memberikan dukungan dan fasilitas yang baik bagi remaja, seperti tempat bermain yang aman dan fasilitas pendidikan yang memadai. Dengan cara ini, kita dapat membantu mencegah terjadinya kenakalan remaja dan membantu menciptakan generasi muda yang lebih baik dan positif.

  28. Saya sangat setuju akan hal yang telah disampaikan pada teks inspira di atas ini. Seperti yang kita ketahui, KRPS (Kenakalan Remaja Putus Sekolah) ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, baik itu dari internal individu tersebut, maupun dari eksternal. Dari teks tersebut juga telah dijelaskan secara rinci tentang faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya KRPS ini, dan saya sangat setuju akan hal tersebut. Seperti yang kita ketahui, faktor lingkungan, ekonomi, dan pergaulan merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, banyak dari KRPS ini terkendala dalam faktor-faktor tersebut. Salah satunya yaitu faktor ekonomi. Ketika ekonomi sebuah keluarga yang mungkin bisa dikatakan sangat terbatas ataupun kurang (rendah), sehingga orang tua tidak dapat menyekolahkan anaknya dan akhirnya anak tersebut terpaksa putus sekolah. Namun setelah itu, sang anak malah masuk ke dalam lingkungan pergaulan yang salah, sehingga dapat terjadi seperti kasus pencurian, tawuran, dan lainnya. Selain dari anak tersebut yang salah, namun faktor dari luar juga ikut mempengaruhi.
    Oleh karena itu, saya harap kita dapat memberikan penanganan mengenai masalah pendidikan ini. Selain itu, saya juga berharap agar masalah tentang ‘kesenjangan ekonomi’ ini cepat berkurang dan adanya penanganan mengenai faktor-faktor tersebut.
    Sekian komentar saya
    (AHDA SABILA PUTRI DIVANI, BI-NS-0208)
    Terimakasih

  29. Dinda Afri Yanti, BI-NS-0214
    Saya setuju dengan tulisan bapak bahwa KPRS ini sangat banyak faktor penyebabnya mulai dari faktor dari keluarga, lingkungan, dan sekolah. Peran keluargaalah yang paling utama dalam KRPS ini karena dilihat dari seorang remaja yang memiliki keluarga harmonis akan menjadi pengaruh besar atas perilakunya. Selain itu, faktor lingkungan juga menyebabkan pola pikir dapat berubah-ubah. Oleh sebab itu, peran orang tua yang bisa membantu mencegah kenakalan remaja ini dengan memperhatikan dan memberikan pengertian kepada anak. Bukan hanya dari keluarga. Ada baiknya lingkungan sekitar juga mendukung. Seperti lingkungan sekolah dan masyarakat yang mencerminkan hal baik kepada remaja. Sehingga tingkat KRPS di kota Padang ini dapat menurun.
    Terima kasih.

    1. Sherly Aprianori, BI-NS-0208

      Benar sekali bahwa Penyebab dari kenakalan remaja putus sekolah itu salah satu Penyebab nya yaitu dapat kita lihat dari faktor keluarga, masalah yang terdapat di rumah tangga tersebut seperti kurangnya perhatian dari orang tua. Jadi, orang tua harus selalu memperhatikan anak nya dan tidak di abaikan begitu saja,biar anak tersebut tidak mencari kepuasan diluar rumah.

  30. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak,karena saat ini memang banyak sekali para remaja yang putus sekolah bukan hanya karena faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu.Namun,peran orang tua juga sangat penting dalam mendidik anaknya apalagi ketika anak sudah beranjak dewasa pasti sangat membutuhkan perhatian dari orang tua.Karena sangat oenting bagi ank perhatiaj dari orang tua tersebit.

  31. Kenakalan remaja merujuk pada prilaku negatif yang dilakukan remaja seperti curanmor, perkelahian atau tawuran dan pencurian. Penyebab kenakalan remaja adalah faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat. Kenakalan remaja dapat berdampak negatif pada individu dan masyarakat umum yang membuat masyarakat resah. Untuk itu orang tua maupun tokoh masyarakat juga dapat membantu menginspirasi remaja untuk menghindari kenakalan remaja.
    Fatia Nabila, 23233006, BI-NS-0207.

  32. Nama: Nadila Kurnia Ramzan
    GWa: BI-NS-0214
    Saya seteju dengan tulisan bapak,karena saat ini bayak sekali kasus kenalan remaja. Kenakalan remaja mempunyai bayak faktor. Seperti yang bapak sebutkan minimal ada tiga faktor yaitu faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan mayarakat. Peran orang tua sangat penting bagi anak. Keluarga yang harmonis akan menciptakan kasih sayang sehingga anak tidak melakukan kenakalan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

    1. Nama: Nadila Kurnia Ramzan
      GWA: BI-NS-0214
      Saya seteju dengan tulisan bapak,karena saat ini bayak sekali kasus kenalan remaja. Kenakalan remaja mempunyai banyak faktor. Seperti yang bapak sebutkan minimal ada tiga faktor yaitu faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan mayarakat. Peran orang tua sangat penting bagi anak. Keluarga yang harmonis akan menciptakan kasih sayang sehingga anak tidak melakukan perbuatan yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

  33. BI-NS-0214 Florencia Candra Mustika
    sangat penting bagi orang tua dan masyarakat untuk memberikan pendidikan dan pengawasan yang baik terhadap remaja. Orang tua perlu memberikan pengarahan dan pengawasan yang baik terhadap anak-anak mereka, serta memberikan contoh perilaku yang baik dan positif. Masyarakat juga dapat membantu dengan memberikan dukungan dan fasilitas yang baik bagi remaja, seperti tempat bermain yang aman dan fasilitas pendidikan yang memadai. Dengan cara ini, kita dapat membantu mencegah terjadinya kenakalan remaja dan membantu menciptakan generasi muda yang lebih baik dan positif.

  34. Nama: Anisa Dela Safira
    NIM: 23134022
    BI-NS-0208
    Melihat dari beberapa faktor kenakanan remaja putus sekolah dengan faktor utama keluarga adalah benar adanya, keluarga berperan penting dalam pembentukan karakter remaja. Banyaknya remaja yang mencari kesenangan di dunia luar adalah bentuk pelampiasan dari faktor ini biasanya terjadi pada anak-anak broken home. Selain itu faktor lingkungan dimana dalam pola perilaku remaja yang masih labil membutuhkan support secara moral. Faktor selanjutnya adalah lingkungan sekolah dan masyarakat. Sehingga dalam kasus ini diharapkan agar seluruh lapisan masyarakat agar mampu merangkul mereka para remaja.

  35. Assalamualaikum pak
    Saya setuju dengan apa yang bapak tulis, karena banyaknya tawuran, kenakalan remaja saat ini yang tidak mencerminkan perilaku yang baik. Faktor keluarga dan lingkungan menjadi sangat penting dalam upaya pencegahan kenakalan remaja saat ini. Lingkungan pertemanan juga menjadi salah satu pengaruh yang paling banyak, jadi kita juga harus memilih teman yang tidak menjerumuskan kita ke hal yang buruk dan pada akhirnya akan merusak masa depan dan harapan orang tua kepada kita.

  36. BI-NS-0207 Hizadhatul Aqhidah
    Sangat penting bagi orang tua untuk memantau aktivitas anak dan menetapkan batasan, seperti menetapkan jam malam dan membatasi akses kendaraan. Sekolah dan guru juga dapat berperan dalam mendidik siswa tentahg konsekuensi perilaku nakal dan mempromosikan nilai-nilai positif. Selain itu program dan inisiatif komunitas dapat memberikan dukungan dan sumber daya bagi generasi muda yang berisiko.

  37. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak tentang penyebab kenakalan remaja putus sekolah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang dapat mepengaruhi pikiran anak tersebut. Faktor awal nya yaitu berasal dari keluarga, kurang nya perhatian dan kasih sayang terhadap anak dapat menyebabkan kenakalan pada anak. Itu terjadi karna ia menganggap tidak ada orang yang sayang kepada nya dan mereka mencarai kesenangan nya sendiri diluar sana. Mereka tidak tau yang mereka lakukan itu salah, hal seperti itu lah yang menimbulkan kenakalan kenakalan di kalangan remaja saat ini sampai mereka putus sekolah, karena mereka menganggap sekolah itu tidak penting.
    (Retno Wulandari BI-NS-0214).

  38. (Siti Fadilah (23129084) BI-NS-0207)
    Saya setuju dengan tulisan bapak, faktor utama kenakalan remaja putus sekolah adalah keluarga yang tidak menjalankan perannya dengan baik, sehingga remaja tersebut mencari tempat lain dimana ia merasa senang. Faktor selanjutnya adalah pengaruh lingkungan yang kurang baik, sehingga membuat remaja itu terpengaruh untuk mengikuti. Agar tidak terjerumus lebih dalam lagi, hendaknya keluarga bisa melakukan perbaikan peran seperti mulai memberi perhatian kepada remaja tersebut serta menciptakan lingkungan yang baik.

  39. THIO VALENTINO EDILY PRATAMA
    23133017
    BI-NS-0207
    Berdasrkan artikel di atas.Tanggapan saya adalah kenakalan remaja memang tisak dapat di habiskn,namun dapat di atasi dengan memberikan pendidikan atau arahan kepada remaja melalui orang tua.Orang tua dapat mengawasi pergaulan anak remaja nya serta memahami ke adaan anak nya.Orang tua dapat memberikan contoh yang baik kepada anaknya dan menjaga keharmonisan keluarga.dengan begitu kenakalan remaja tidak akan terjadi,karna penyebab kebakalan terjadi karena kurang nya kasih sayang dan perhatian dari orang tua,dan ketidak harmonisan dalam keluarga.Untuk itu peran orang tua sangat penting karna contoh pertama yang dilihat remaja adalah orang tuanya,dan kasih sayang dan perhatian pertama yang didapat remaja adalah dari orang tua.Lingkungan keluarga,sekolah,dan masyarakat yang baik dan harmonis dapat mencegah kenkalan remaja.Dengan begitu akan tercipta remaja yang bermartabat dan berkarakter

  40. Assalamualaikum wr.wb pak
    Saya Aniva Pardila dengan Nim 23133021, Nomor absen 22 BI-NS-0208

    Dari tulisan esay yang bapak berikan, saya menanggapi bahwa memang benar faktor penyebab terjadinya kenakalan KRPS yaitu faktor keluarga. Mengapa? karena keluarga merupakan peran penting bagi seorang anak yang mau beranjak dewasa atau biasa disebut REMAJA. Remaja sangat butuh perhatian dalam segala hal apapun, karena remaja memiliki sifat yang masih labil belum matang dalam pemikiran sewaktu mengambil keputusan. Maka dari itu keluarga lah yang dapat membimbing anak remaja tersebut. Selanjutnya faktor lingkungan, faktor lingkungan juga berdampak terhadap anak remaja apalagi pergaulan seorang anak tersebut. Seorang anak remaja haruslah berpandai pandai dalam memilih teman, bukan berarti kita tidak memiliki teman. Tetapi kita harus pandai dalam bersikap dan jangan terpengaruh terhadap apa yang dilakukan oleh teman kita kecuali teman kita mengajak kegiatan positif barulah kita mengikutinya. Banyak sekali remaja sekarang yang terpengaruh oleh pergaulan bebas sampai sampai dia tidak mau melanjutkan sekolah nya yang bisa berdampak negatif ke masa depannya. Ada satu faktor yang banyak menyebabkan seorang remaja putus sekolah, yaitu faktor perekonomian. Padahal faktor tersebut bisa kita atasi dengan mencari beasiswa yang ada di sekolah ataupun di universitas.

    Sekian pak, hanya itu tanggapan dari saya kalau ada kesalahan kata atau kalimat saya minta maaf pak, wassalamu’alaikum wr.wb

  41. REFNITA SUSANTI 23133010 BI-NS-0207
    Kenakalan remaja putus sekolah di Kota Padang disebabkan oleh faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Situasi rumah tangga yang bermasalah, lingkungan sekolah yang tidak menyenangkan, dan kondisi lingkungan masyarakat yang buruk dapat memicu kenakalan remaja. Untuk mengatasi masalah ini, perlu perhatian terhadap keharmonisan keluarga, perbaikan lingkungan sekolah, dan peningkatan kondisi lingkungan masyarakat.

  42. Berliana Yasri, BI-NS-0214

    Saya sangat setuju dengan tulisan bapak tentang kenakalan remaja ini penyebab paling utama adalah dari keluarga yang tidak harmonis atau broken home sehingga terpengaruh kepada keinginan dan perilaku remaja tersebut. Akan tetapi, tergantung bagaimana sikap remaja dalam menggapainya, setiap orang memiliki cara berpikir berbeda. Banyak dampak negatif dari broken home. Apalagi ditambah dengan lingkungan luar lainnya.

  43. Salah satu Faktor Remaja Putus sekolah yaitu Faktor Keluarga. Keluarga merupakan yang pertama dalam pembentukan diri seorang anak. Lingkungan keluarga sangat menentukan Kepribadian seorang anak. Seorang remaja banyak yang putus sekolah jika lingkungan keluarga nya tidak harmonis ,sering berantakan dan pertengkaran,seperti antara Ayah dan ibu. Baik anak ataupun usia remaja ,tidak akan ada yang menginginkan keluarga nya tidak harmonis,itu lah yang menjadi Pemicu Remaja untuk malas dan berhenti sekolah akhirnya.

  44. Saya sangat setuju dengan cerita diatas, karan fakto pertama kenakalan remaja berasal dari lingkungan keluarga yang buruk. Karna didikan dari orang tua kunci utama untuk melihat sikap anak tersebut. Biasanya kenakalan remaja yang di alama oleh anak itu karena orang tuanya tidak mendidik anak nya dengan benar atau mereka tidak peduli dengan anaknya. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus mendidik anak nya dengan baik dan berilah mereka kasih saya yang tulus sehingga anak menjadi penurut dan terhindar dari kenakalan remaja. Faktor lain kenakalan remaja yaitu pergalan yang bebas oleh sebab itu kita haru memilih dalam berteman hindarilah berteman dengan teman yang mengajak kita melakukan hal buruk. Boleh berteman dengan mereka tapi jangan sampai kita terpengaruh

  45. Assalamualaikum wr.wb pak
    Saya Sandra Dewi Surya dengan Nim 23133013, BI-NS-0207
    Saya setuju dengan teks di atas, karena kenalan remaja terpengaruh dari kelalaian orang tua yang tidak memperhatikan anaknya dan si anak tidak dapat kasih sayang orang tua, maka dari itu anak mengikuti pergaulan bebas dan berhenti dari sekolahnya.

    1. Saya setuju dengan teks diatas,kerena yang menyebabkan kenakalan remaja memang dari ketiga faktor tersebut.

  46. kenakalan remaja sudah sering terlihat di sekitar kita,memang salah satu faktornya adalah karena kurangnya kasih sayang dari keluarga,yang menyebabkan seorang remaja menjadi nakal,karena keluarga adalah sekolah pertama bagi anak terlebih ibu,ibu adalah sosok yang sangat dekat dengan anaknya,sepatutnya dalam berkeluarga kita harus saling menyayangi

  47. Assalamualaikum wr wb pak
    Saya Salma Nahendra nim 23020069

    Saya setuju, kenakalan remaja di sebabkan karena faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat,namun ada juga dalam likungan pertemanan yang menyebabkan kenakalan remaja ini, karna anak remaja mudah terpengaruh dengan ajakan teman teman nya ini banyak terjadi di padang. Tidak bisa memilih teman akan mempengaruhi sifat/sikap mereka. Bisa kita liat beberapa minggu yang lalu maraknya tauran di kalangan remaja bisa jadi disebabkan karena salah dalam milih teman.

    1. Assalamualaikum wr.wb. saya sangat setuju dengan pendapat bapak. Faktor kenakalan remaja disebabkan oleh faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan pertemanan, serta lingkungan masyarakat sekitar. Dalam lingkungan keluarga peran orang tua sangat penting, apalagi saat remaja yang mulai beranjak dewasa.

  48. Perkenalkan nama saya Aurell Ramadhani dengan nim 23233033 dari kelas BI-NS-0214
    Dari ketiga faktor tersebut saya sangat setuju dengan faktor pertama yaitu keluarga. Karena segala sesuatu yang terjadi diluar itu berasal dari dalam. Peran orang tua sangat dibutuhkan terhadap sifat anak-anak diluar. Anak-anak akan meniru perilaku orang tua mereka dirumah. Jika orang tua sering bertengkar, marah-marah maka anak akan melakukannya juga diluar rumah karena menurut mereka itu lumrah. Mereka akan bertengkar dengan teman-temannya, bersifat pemarah dan susah mengontrol emosi mereka sendiri. Jika orang tua sudah begitu maka anak akan kekurangan kasih sayang. Kurangnya kasih sayang tersebut juga menjadi faktor mereka melakukan kejahatan diluar karena rasa sayang dan iba mereka pun juga tidak ada.

  49. ALFIANRI (23020124/BI-NS-0214)
    Kurangnya perhatian dan komunikasi yang buruk dapat menjadi penyebab kenakalan. Pentingnya dukungan satu sama lain dan pengawasan agar tidak terjadi nya kenakalan remaja

  50. Gefarnoli Afifi (23027074)
    (BI-NS-0214)

    Kasus kenakalan remaja putus sekolah (KRPS) memerlukan perhatian dari berbagai pihak, termasuk orangtua, sekolah, dan masyarakat Untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan remaja dengan baik dan menekankan pentingnya peduli terhadap keharmonisan dalam rumah tangga, situasi di sekolah, dan kondisi lingkungan masyarakat untuk mengatasi masalah kenakalan remaja.

  51. Peran orang tua sangat penting bagi anak, lingkungan sekitar dan masyarakat yang kurang baik juga dapat mempengaruhi kenakalan yang terjadi pada remaja. Kenalan itu bisa saja tidak terjadi jika adanya kesadaran pada diri kita sendiri. Apakah yang kita lakukan itu baik atau tidak. Dan pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya
    Serta pentingnya memilih teman yang nantinya membawa seseorang ke jalan yang lebih baik (kebaikan) dan menuju hal yang positif.

  52. Kasus kriminalitas khususnya yang dilakukan oleh KRPS, memiliki akar penyebab yang meliputi faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Keluarga yang bermasalah, lingkungan sekolah yang tidak menyenangkan, dan kondisi lingkungan masyarakat yang tidak memadai dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan KRPS. Dalam hal ini, sangat penting peran bagi orang tua dan masyarakat untuk meminimalkan kasus-kasus kenakalan remaja putus sekolah.

  53. (Aufa Indah Saputri, BI-NS-0208)
    Peran keluarga sangat penting bagi seorang anak, keluarga yang broken home akan berpengaruh besar pada perilaku seorang anak, karena kurangnya kasih sayang dan didikan terhadap anak, membuat anak itu putus sekolah dan melakukan perbuatan tercela di kalangan masyarakat, untuk itu perlu adanya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan dan membuat program untuk remaja yang putus sekolah untuk kembali bersekolah

  54. Saya setuju, kenakalan remaja di sebabkan karena faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat,namun ada juga dalam likungan pertemanan yang menyebabkan kenakalan remaja ini, karna anak remaja mudah terpengaruh dengan ajakan teman teman nya ini banyak terjadi di padang.Peran keluarga sangat penting bagi seorang anak, keluarga yang broken home akan berpengaruh besar pada perilaku seorang anak, karena kurangnya kasih sayang dan didikan terhadap anak, membuat anak itu putus sekolah dan melakukan perbuatan tercela di kalangan masyarakat,

  55. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pakk perkenalkan saya
    Maisarahtul Ispar
    Nim 23129334
    GWA BI-NS-0214
    Saya izin menanggapi pak🙏
    Saya sangat setuju dengan pendapat bapak bahwa faktor utama terjadinya KRPS (Kenakalan Remaja Putus Sekolah) itu kembali lagi pada peran orang tua, jadi peran orang tua itu Sangat penting Karena jika kurang bimbingan atau kurang perhatian orang tua ke anaknya maka disitulah anak merasa tidak dipedulikan dan dan dia menganggap di rumah itu tidak ada kenyamanan yang dirasakan akhirnya anak lebih banyak di lingkungan luar dan bergaul sesamanya dan disitulah muncul kenakalan remaja di tambah lagi pergaulan yang kurang sehat dan kemudian pendidikan mulai berantakan karena tidak ada yang peduli, anak terkadang merasa untuk apa lagi pendidikan? ” orang juga ngga ada yang peduli sama kita”
    jadi sebagian orang tua jangan hanya sibuk kerja ,walaupun itu untuk mencukupi kebutuhan bersama tetapi jangan sampai tidak memberi perhatian kepada anak karena seorang anak juga perlu diperhatikan, jangan sampai nanti menyesal jika anak sudah berubah kepada kita
    Dan orang tua juga harus bisa memberikan lingkungan yang aman, nyaman , dan tentram kepada anaknya, supaya anak nyaman untuk pulang kerumah
    Mungkin sekian tanggapan dari saya pak
    Mohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan pak🙏
    Sekian dan terimakasih wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  56. Peran orang tua terhadap anak sangatlah penting, keluarga yang broken home berasal dari permasalahan rumah tangga yang dapat berpengaruh terhadapa perilaku seorang anak, karena disebabkan kurangnya perhatian, dan kurangnya komunikasi yang tidak harmonis antara orangtua dan anak yang cenderung menyebabkan terjadinya remaja yang putus sekolah
    ( Rizky Adiputra, BI-NS-0214 )

  57. izin menanggapi tulisan bapak. memang kebanyakan remamja telah meresahkan masyarakat dengan kelakuan mereka yang tidak baik. tetapi mungkin memang ada faktor yang membuat mereka sampapi bersifat seperti itu salah satunya pergaulan yang kurang baik, pengawasan orang tua yang kurang, dan kebanyakan orang tua tidak menjalin hubungan yang baik dengan anak mereka yang menyebabkan anak menjadi berperilaku kurang baik. nah di himbau kepada orang tua untuk mendidik anak dengnan baik.

  58. Faktor yang mengalami anak-anak putus sekolah karna ekonomi keluarga, kurangnya kemampuan dan minat dalam mengikuti pendidikan di sekolah,kondisi tempat tinggal,pandangan masyarakat terhadap pendidikan.Remaja putus sekolah merupakan masalah sosial yang harus mendapatkan perhatian khusus,karna dampak yang ditimbulkan tidak hanya dirasakan oleh individu remaja itu sendiri tetapi juga oleh masyarakat. Dampak yang ditimbulkan yaitu pengangguran, kriminalitas,kemiskinan dan kenakalan remaja.
    (Raysha Anggraini BI-NS-0207)

  59. Saya setuju dengan pendapat bapak bahwa kenakalan remaja putus sekolah merupakan masalah yang serius di Kota Padang. Kenakalan remaja putus sekolah dapat berdampak negatif bagi diri remaja, keluarga, dan masyarakat.

    Tulisan ini merupakan sumbangsih pemikiran yang berharga bagi masyarakat Kota Padang. Tulisan ini menjelaskan secara komprehensif tentang penyebab kenakalan remaja putus sekolah di Kota Padang. Penulis juga memberikan solusi yang realistis untuk mengatasi masalah ini.

    1. Memang faktor utama penyebab kenakalan remaja adalah keluarga ketika anak kurang nyaman dilingkungan keluarga, kurang kasih sayang.Menyebabkan anak berprilaku kurang baik

  60. Nama : Annisa Orlia
    Nim : 23233030
    Menurut saya dari cerita diatas upaya bersama dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Perlu adanya kerjasama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan positif remaja, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang produktif dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Selain itu, pemerintah dan lembaga terkait juga perlu terlibat dalam mengembangkan program-program yang mendukung remaja yang berisiko dan mencegah kenakalan.

    1. Nama : Lulu Putri Dewindi
      NIM : 23129331
      GWA : BI-NS-0214
      Kenakalan remaja putus sekolah (KRPS) telah ramai terjadi, salah satunya di Kota Padang. Terjadinya kenakalan remaja putus sekolah tentu mempunyai faktor penyebab, yaitu dari lingkungan keluarga , lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Seharusnya semua lingkungan yang dapat menyebabkan adanya KRPS ini harus melakukan pencegahan dengan cara yang efektif agar tidak terjadi aksi KRPS lagi, karena remaja adalah generasi penerus bangsa yang akan meneruskan negara, sehingga para remaja harus dibekali dengan ilmu pendidikan yang diperoleh di jenjang sekolah.

  61. Saya setuju dengan pendapat bapak
    Kehidupan masa kecil seseorang akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masa dewasanya. Mengapa? Karena dimasa itu lah dibentuknya karakter seorang anak. Namun sangat disayangkan kebanyakan orang tua nampaknya berfikir bahwa ketika masih kecil anaknya belum tau apa2. Misal orang tua berucap kasar didekat anaknya, atau berkata kasar saat anak nya salah. Intinya ketika seorang anak tidak merasa nyaman dilingkungan keluarganya, seperti kurang diperhatikan, merasa kurang mendapatkan kasih sayang yang seharusnya dari orang tuanya, merasa kesal atau marah saat dimarahi orang tuanya ( tidak sesuai porsi maksudnya seperti contoh orang tua tidak tau bagaimana perbedaan mendidik anak umur 5 tahunan dengan mendidik anak umur 7 tahunan). Maka anak akan mencari tempat pelampiasan ,mencari kenyamanan, atau kesenangan tanpa memikirkan baik buruk dari tindakan nya tersebut

  62. Nama : Lesti Zebua
    Nim : 23232006
    GWA : BI-NS-0207
    Dari penjelasan teks ini, dapat disimpulkan bahwasanya KRPS itu penyebab nya dari keluarga nya, yg kurang memberikan perhatian kepada anak² nya sehingga anak tersebut merasa bahwasanya dirinya tidak di perdulikan dan merasa sendiri. Akibat ini semua anak pun akan mudah terpengaruh kepada teman² nya yg dapat membawa dampak buru bagi diri nya, masyarakat sekitarnya, dan juga orang-orang terdekat nya .

  63. Kenakalah remaja bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor keluarga dan faktor lingkungan. Oleh karena itu, sebagai orangtua maupun warga masyarakat, kita harus peduli, baik terhadap keharmonisan kehidupan dalam rumah tangga, suasana sekolah, serta keamanan, ketertiban, dan kenyamanan lingkungan masyarakat.

  64. NAMA : FAIZAL ALQADAFI
    NIM : 23233039
    SESI : 0214
    Kesimpulan dari inspirasi dengan judul “Penyebab Kenakalan Remaja Putus Sekolah di Kota Padang: Sumbangsih Pemikiran Bagi Masyarakat Kota Padang” adalah bahwa masalah kenakalan remaja dan putus sekolah di Kota Padang adalah isu yang perlu mendapatkan perhatian serius dari masyarakat, pemerintah, dan lembaga pendidikan. Dalam menghadapi masalah ini, diperlukan upaya kolaboratif untuk meningkatkan akses pendidikan, memberikan dukungan sosial kepada remaja, dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan positif mereka. Sumbangsih pemikiran ini dapat membantu membuka pintu untuk solusi yang lebih baik dan lebih baik dalam menangani masalah kenakalan remaja dan putus sekolah di kota tersebut.

  65. Assalamualaikum wr.wrb pak
    Menurut saya pak,teks inspira tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang penyebab kenakalan remaja putus sekolah di kota padang. Faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat menjadi penyebab utama kenakalan remaja putus sekolah ini. Untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya perhatian dan upaya dari orang tua, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang harmonis, aman, dan nyaman bagi remaja. Langkah yang dapat di ambil dalam mengurangi kenakalan adalah dengan memperhatikan dan menciptakan lingkungan yang lebih baik dan nyaman.

  66. (Nadia salsabila,BI-NS-0214)

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak,karena saat ini memang banyak sekali para remaja yang putus sekolah bukan hanya karena faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu.Namun,peran orang tua juga sangat penting dalam mendidik anaknya apalagi ketika anak sudah beranjak dewasa pasti sangat membutuhkan perhatian dari orang tua.
    Terimakasih banyak pak

  67. Nama: Shindy Adriyani
    Nim: 23133015
    BI-NS 0207
    Keluarga memainkan peran penting dalam mencegah putus sekolah dan kenakalan remaja. Masyarakat perlu memberikan dukungan kepada keluarga dalam menjalankan peran ini, dan juga meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka.

  68. Nama: Ramadhani Kamal
    NIM:23020063 (BI-NS-0208)
    Kenakalan remaja putus sekolah kerap terjadi di lingkungan masyarakat,bahkan kasus ini semakin membesar setiap tahunnya.Banyak faktor yang mendorong hal tersebut dapat terjadi.Seperti faktor keluarga,lingkungan,finansial,dan masih banyak lagi.Untuk itu diperlukan kesadaran yang tinggi bagi masyarakat,agar dapat memberikan pendidikan yang layak untuk setiap anak,perlunya pemikiran yang nyata terhadap diri setiap orang,bahwa pendidikan itu sangatlah penting.Salah satu peran yang sangat berpengaruh dalam hal ini adalah peran keluarga,dimana dukungan yang kuat dari keluarga akan menjadi faktor utama bagi diri setiap orang untuk bisa melanjutkan pendidikan nya hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

  69. Audita Fiona, BI-NS-0214

    maraknya anak remaja putus sekolah karna kenalan mereka yang tidak bisa di terima disekolah, atau kurangnya motivasi belajar dan tidak mementingkan sekolah. kebanyakan anak anak remaja nakal terjadi karna ikut ikut teman, salah pergaulan dan kurangnya perhatian orang tua. seperti mengikuti tawuran, memakai narkoba, berkelahi, dan merundung orang lain. karna kurang pengawasan orang tua anak remaja sekarang bertingkah sesuka hati, terlebih lagi untuk anak remaja yang suka penasaran dengan hal baru.
    saran den mungkin bisa dibantu orang tua untuk memperhatikan anak” nya, membantu mereka untuk mengembangkan bakat dalam bidang akademik atau pun non akademik.

  70. KRPS memang faktor utamanya adalah pengaruh lingkungan, dan yang paling berpengaruh bagi psikologi KRPS adalah hubungan yang kurang baik dengan keluarga. Biasanya pelaku kurang mendapat perhatian dari orang tuanya sehingga ia akan banyak berbaur dengan lingkungan yang toxic, sehingga ia akan ikut-ikutan dan terbentuklah perilaku yang kurang baik. Maka, disinilah peran orang tua dalam mendidik anak dinilai, bukan sepenuhnya salah orang tua, mungkin saja karena faktor ekonomi membuat orang tua jarang memberikan waktunya untuk anak, untuk mendidik anak, padahal mereka bekerja juga karena sayag kepada anaknya, mereka tidak mau anaknya kesusahan. Namun di sisi lain sang anak tersebut merasa kurang perhatian dari rumah.

  71. Mifta hurisqa-23016027-Simak-NS-0012
    Kesimpulam dari teks ini Salah satu Faktor remaja putus sekolah adalah keluarga.lingkungan keluarga sangat menentukan kepribadian seorang anak.orang tua perlu memberikan pengarahan dan pengawasan yang baik terhadap anak serta memberikan contoh perilaku yang baik.ada 3 faktor kenakalan remaja yaitu faktor keluarga,sekolah dan masyrakat.
    Keluarga harus bisa menciptakan keharmonisan di dalam keluarga.
    Masyrakat juga dapat membantu dengan memberikan dukungan fasilitas seperti tempat bermain dan fasilitas pendidikan yang memadai.

  72. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak, bahwa kenakalan remaja itu tidak lh berdiri sendiri ada beberapa faktor pemicu nya misal faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.
    Oleh karena itu pentingnya peran keluarga dalam menghadapi kenakalan remaja ini. (ANGGUN SOFITA, 23133002,BI-NS 0214)

  73. Nam : Nurmaiyah Lubis
    Nim: 23016033
    No.urut:08 (BI-NS-0012)
    Kenakalan remaja dan putus sekolah merupakan masalah serius yang perlu mendapat perhatian dari masyarakat Kota Padang. Hal ini dapat berdampak buruk pada masa depan remaja dan juga dapat mempengaruhi perkembangan Kota Padang secara keseluruhan. Penyebab kenakalan remaja dan putus sekolah di Kota Padang dapat disebabkan oleh faktor lingkungan sekolah yang tidak menyenangkan, faktor keluarga yang kurang mendukung, dan faktor ekonomi yang sulit. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari berbagai pihak untuk mengatasi masalah ini.

  74. Saya sangat setuju dengan pendapat tersebut, banyak faktor yang menyebabkan seorang anak putus sekolah yang mengakibatkan ia harus melakukan sesuatu hal yang diumurnya tersebut seharusnya belum melakukan hal itu. Faktor yang mungkin belum disadari secara umum yaitu sistem pembelajaran yang membuat anak putus sekolah karena sebuah pembelajaran harus juga memiliki daya tarik agar seseorang tertarik untuk melakukannya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya agar menciptakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan cara yang menarik bagi siswanya. Dan keluarga sangat penting dalam keberlanjutan pendidikan seorang anak.

  75. No urut : 27
    Sesi : SIMAK -NS-0012
    Saya sangat setuju dengan pemaparan bapak mengenai beberapa faktor yang menyebabkan kenakalan remaja yang faktor yang paling saya setujui ialah keluarga,karena keluargalah yang menjadi pondasi terbentuknya karakter anak terlebih dari masa remaja ,jika anak di pupuk dengan iman dan karakter baik serta mendukung pembentukan jiwanya maka otomatis anak akan memiliki pendirian dan prinsipnya sendiri dan jiwa labil remaja untuk berbuat penyimpangan utamanya kehilangan semangat menuntut ilmu (putus sekolah) anak akan dinomorduakan karena prinsip dan iman yang dipupuk dari keluarga membuat anak memiliki karakter yang menghambat terjadinya kenakalan remaja.

  76. Teks ini menyajikan fakta yang sangat baik. Faktor awal dari kenakalan remaja memang adalah lingkungan keluarga dan sekolah. Dimana kedua tempat tersebut adalah tempat para remaja mencari ilmu dan pengetahuan. Jika kedua tempat tersebut tidak membuat mereka nyaman, otomatis apa yang biasanya dihasilkan dari tempat tersebut, tidak akan mereka dapati. Pentingnya peran orang tua dan guru dalam hal ini. Hendaknya para orang tua dan guru melakukan kolaborasi dalam hal pengawasan dan bimbingan terhadap anak nya. Selain itu, lingkungan masyarakat juga merupakan faktor pendukung dari hal tersebut.

  77. Saya setuju sekali dengan cerita tersebut, dapat saya simpulkan bahwa Kenakalan remaja putus sekolah (KRPS) di Kota Padang adalah masalah serius yang memengaruhi keamanan dan kenyamanan masyarakat.Hal tersebut bisa terjadi karena ada faktor penyebabnya yaitu lingkungan sekolah, masyarakat, dan yang terutama lingkungan keluarga karena bisa dikatakan waktu yang di habiskan seorang anak lebih banyak di lingkungan keluarga dari pada di lingkungan masyarakat, sekolah atau lainnya, karena itu lingkungan keluarga sangat dapat mempengaruhi sifat dan sikap seorang anak. Dan orang tua lah yang memiliki peran penting untuk mendidik anaknya dengan baik dan bisa lebih baik lagi jika orang tua bersama guru memberikan ajaran dan pengawasan terhadap anak agar anak tidak memiliki kenakalan atau sikap yang menyimpang.

  78. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Saya sangat setuju dengan bapak bahwa ketiga faktor tersebut sangat mempengaruhi perilaku seseorang remaja untuk melakukan sebuah penyimpangan sosial. Faktor keluarga merupakan faktor utama yang mempengaruhi perilaku dan kebiasaan seseorang anak karena kegagalan sosialisasi dan penanaman karakter pada anak akan berujung pada perilaku menyimpang yang dilakukan kemudian hari. Faktor kedua yaitu faktor lingkungan sekolah juga memberikan andil yang besar karena ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar dan pengaruh teman mempengaruhi perilaku seseorang remaja untuk berbuat perilaku menyimpang. Faktor Lingkungan yang merupakan faktor ketiga juga memberikan pengaruh yang besar terhadap perilaku kenakalan remaja karena seseorang anak akan cenderung mengikuti perilaku dan kebiasaan masyarakat disekitarnya, jika buruk lingkunganya maka cenderung seorang anak untuk berperilaku buruk pula dan sebaliknya. Untuk itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dalam menanggulangi masalah ini agar tercipta kenyamanan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

  79. Saya sangat setuju dengan tulisan Bapak. Banyak sekali yang bisa menjadi faktor untuk terjadinya hal seperti itu, dan yang paling utama adalah faktor keluarga. Jika bimbingan dan peran Orang Tua kurang dalam mendidik anak, maka tak heran Sang Anak memilih jalan yang tidak baik dan tak jarang cenderung ekstrim. Diikuti dengan Faktor Lingkungan dan Sekolah, mulai dari teman dan masyakat yang memiliki pengaruh dan jangkauan yang luas tak jarang membuat Anak-anak yang memiliki jiwa penasaran ikut mencoba ini dan itu, kemudian terjebak karena merasa disana nyaman dan bebas.

  80. Saya sangat setuju dengan di atas karena pada teks di atas memberikan wawasan yang penting tentang penyebab kenakalan remaja putus sekolah di Kota Padang. Penekanan pada faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat sebagai kontributor utama sangat relevan. Teks ini mengingatkan kita untuk peduli terhadap keharmonisan rumah tangga, perbaikan lingkungan sekolah, dan meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat agar dapat membantu mengurangi kenakalan remaja putus sekolah.

  81. Penyebab Kenakalan Remaja Putus Sekolah di Kota Padang: Sumbangsih Pemikiran Bagi Masyarakat Kota Padang. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak. Dari teks di atas bahwa KRPS di kota Padang dapat disebabkan beberapa faktor, seperti tidak mendapatkan kasih sayang dari orang dan orangtuanya tidak peduli dengan anak tersebut. Dari faktor ini dapat kita simpulkan bahwa kenakalan remaja tergantung cara orang tua mendidik anaknya, jika orang tua membiarkan dan tidak peduli dengan sekolah si anak ataupun orang tuanya tidak mempunyai uang untuk menyekolahkan. Oleh karena itu si anak menjadi terlantar, nakal dan ikut pergaulan bebas. Maka si anak tidak lagi memikirkan sekolah dan hanya ikut huru hara dalam pergaulannya saja.

    Sekian, terima kasih.

  82. Saya setuju dengan apa yang bapak tulis, karena banyaknya tawuran, kenakalan remaja saat ini yang tidak mencerminkan perilaku yang baik. Faktor keluarga dan lingkungan menjadi sangat penting dalam upaya pencegahan kenakalan remaja saat ini. Selain itu faktor lingkungan dimana dalam pola perilaku remaja yang masih labil membutuhkan support secara moral. Faktor selanjutnya adalah lingkungan sekolah dan masyarakat.

  83. Saya setuju dengan tulisan bapak, pada saat ini memang banyak sekali para pemaja yang putus sekolah bukan hanya karena faktor ekonomi tetapi juga sudah salah pergaulan di lingkungan saat ini. Kenakalan remaja terjadi karena lemahnya pengajaran agama dan kurangnya pengawasan orang tua. Untuk itu perlu keluarga yang selalu mengawasi ke arah yang lebih baik supaya terciptanya remaja yang baik akhlaknya.
    Mulyana difa 23134009 (BI-NS-0207)

    1. Saya setuju dengan tulisan bapak ,bahwa kenakalan remaja dapat disebab kan oleh kurangnya kasih sayang keluarga ,tekanan dari sekolah ,faktor lingkungan sangat berpengaruh bagi sifat anak ,terutama faktor lingkungan keluarga, keluarga memiliki peran penting bagi sifat anak.yaitu dengan cara membina keharmonisan didalam keluarga.
      SILFIA ALISA 23134013(BI-NS-0208)

  84. Saya setuju dengan pendapat bapak . Banyak sekali anak muda zaman sekarang putus sekolah karena keluarga nya yang broken home dan kurangnya perhatian dari keluarga dan orang-orang sekitar.

    1. Saya setuju dengan pendapat bapak, bahwa peran keluarga sangatlah penting dalam membentuk moral anak, sehingga tidak terjadi kenakalan remaja, apabila keluarganya harmonis maka akan tercipta anak yang baik, dan apabila keluarganya nggak harmonis maka dapat menimbulkan kenakalan remaja, maka dari itu peran keluarga sangatlah penting bagi kehidupan.

  85. Peran orang tua sangat diperlukan dalam membentuk perilaku anak, begitu juga dengan pengaruh lingkungan dan masyarakat yang kurang positif terhadap kemungkinan terjadinya kenakalan pada remaja. Hal ini bisa dicegah dengan kesadaran dan pengendalian diri terhadap tindakan kita sendiri. Kita perlu mempertimbangkan apakah tindakan yang kita lakukan merupakan hal yang baik atau tidak.

    Adrian Putra Perdana, BI-NS-0208

  86. Dari cerita bapak saya bisa melihat bahwa kenakalan KRPS tidak hanya bisa disalahkan sepenuhnya pada kelompok remaja itu sendiri. Faktor-faktor seperti keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat juga memiliki peran penting dalam membentuk perilaku dan tindakan mereka.

    Sebagai masyarakat, penting bagi kita untuk memahami dan mencermati faktor-faktor penyebab kenakalan KRPS ini. Dengan pemahaman yang lebih baik, kita dapat mencari solusi yang tepat dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi remaja, baik di dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat secara keseluruhan.

  87. FITRI YANI SALSABILA RITONGA
    23016147
    SIMAK-NS-01

    Saya setuju dengan pendapat Bapak, beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi berkembangnya kenakalan remaja antara lain tinggal di lingkungan kriminal (seperti pengedar narkoba), prostitusi atau kekerasan. Selain keluarga dan lingkungan, hubungan interpersonal yang salah juga bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja. Begitu pentingnya peran orang tua dalam pertumbuhan dan lingkungan anaknya.

  88. Siti Hardianti Harahap
    23016045
    SIMAK-NS-001
    Faktor keluarga, sekolah dan masyarakat memang menjadi faktor yang sangat krusial bagi setiap lini kehidupan termasuk pada penciptaan karakter anak. Seperti yang sudah dijelaskan pada teks di atas, menurut saya ketiga faktor tersebut bukan saja berdampak pada kenakalan remaja putus sekolah tetapi juga remaja yabg mengenyam pendidikan.

  89. Benar, kenakalan remaja mestinya dicari dulu faktor mengapa anak tersebut putus sekolah lalu membuat onar di luaran sana. Kadang, anak tersebut tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya, sehingga dia mencari perhatian dengan membuat kenakalan. Faktor keluarga sangat menjadi faktor yang menentukan penciptaan karakter anak, disamping faktor lingkungan dan masyarakat.

  90. Nama : Latifa Mulya Marza
    Nim : 23129330
    BI-NS-0214
    Saya sangat setuju dengan teks diatas bahwa KRPS
    terjadi karena adanya beberapa faktor yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan
    lingkungan masyarakat. Untuk itulah orang tua harus bisa lebih menjaga dan memberikan pengaruh yang baik kepada anaknya. Selain itu kita sebagai bagian dari masyarakat juga harus bisa lebih peduli lagi kepada orang yang ada disekitar kita. Dengan saling menghormati, menghargai dan menjaga maka mungkin akan tercipta suasana damai dan aman.

  91. Nama:Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut:12
    SIMAK-NS-0012

    Faktor pertama penyebab kenakalan remaja adalah lingkungan rumah dan sekolah. Keluarga sangat besar peranannya dalam membentuk akhlak anak.
    Dan sebagai masyarakat penting untuk memahami dan memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana KRPS.
    Dengan pemahaman yang lebih baik, kita dapat menemukan solusi yang tepat dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi muda di keluarga, sekolah, dan masyarakat secara keseluruhan.

  92. Saya sangat setuju dengan tulisan bapak, tetapi peran orang tua juga sangat penting dalam mendidik anaknya apalagi ketika anak sudah beranjak dewasa pasti sangat membutuhkan perhatian dari orang tua. Karena jika tidak diperhatikan maka akan timbul kenakalan-kenalan remaja yang dia bebas tanpa ada kontrol dari orang tuanya.

  93. Nama : Nina Noviana
    Nim : 23042318
    BI-NS-0032

    Keluarga merupakan salah satu unsur utama yang sangat penting dalam membentuk karakter anak.Jika didalam keluarga memiliki komunikasi yang baik atau orang tua benar dalam mendidik anak kemungkinan besar anak tidak melakukan kenakalan remaja seperti :tawuran , putus sekolah dll.Namun ,selain peranan keluarga anak juga sangat membutuhkan lingkungan yang nyaman ,aman baik itu ia dapatkan di lingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

  94. Nama : Syifa Sabilillah
    Nim : 23042343
    GWA : BI – NS 0032
    Saya setuju dengan tulisan diatas. Dalam kasus kenakalan remaja, lingkungan sangat berpengaruh. Terutama lingkungan keluarga. Anak yang keluarganya tidak baik atau bahkan tidak mendapat kasih sayang cenderung akan melakukan kenakalan diluar rumah.

  95. Nama : Aisyah Al Maida
    NIM : 23042109
    BI-NS- 0032
    Saya setuju dengan teks diatas, bahwa penyebab KRPS disebabkan oleh faktor keluarga, lingkungan dan masyarakat tetapi selain itu juga karena *Krisis Identitas*. Dengan perubahan fisik dan psikologis remaja cenderung tidak mengetahui jati diri mereka. Ketidakmampuan remaja dalam mengenali dirinya mendorong mereka untuk melakukan segala hal yang mereka belum mereka rasakan dan ketahui.

  96. teks ini memberikan wawasan yang membangun kesadaran tentang pentingnya pemahaman yang holistik dalam menghadapi tantangan kenakalan remaja putus sekolah, serta perlunya kerjasama dari berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang positif bagi remaja.

    1. Nama : Fadila Amanda Meriska
      Nim : 22016178
      PBA-NS-0060
      Teks diatas menjelaskan kurangnya perhatian dari orang tua nya bisa menjadi pemicu terjadinya kenakalan remaja, karena perhatian orang tua sangatlah berpengaruh penting terhadap kelakuan seorang anak. Selain itu faktor terjadinya kenakalan remaja juga disebabkan oleh lingkungan hidup yang kurang baik serta juga pergaulan bebas. Dimana ini memberikan dampak yang buruk bagi anak.

  97. Melati Sukma 22016189 PBA-NS-0060
    Peran orang tua sangat penting bagi anak, lingkungan sekitar dan masyarakat yang kurang baik juga dapat mempengaruhi kenakalan yang terjadi pada remaja. Kenalan itu bisa saja tidak terjadi jika adanya kesadaran pada diri kita sendiri. Apakah yang kita lakukan itu baik atau tidak.

  98. Elsi Faulia Rahmah 22016100 PBS-NS-0060
    Kenakalan remaja berasal dari anak yang kurang perhatian dengan cara mencari masalah iya merasa lebih di perhatikan
    Faktor utama penyebab kenakalan remaja yaitu keluarga kemudian sekolah dan terakhir masyarakat.

  99. Listia Aisyah PBA-NS-0060
    Saya setuju dengan bapak rendahnya pendidikan di Indonesia dikarenakan faktor keluarga dan ekonomi,karena keluarga peran penting untuk pendidikan.

  100. Tri Annisa Marta PBA-NS-0060
    Rendah nya pendidikan terjadi karne faktor ekonomi dan keluarga, akan tetapi sekarang sudah banyak juga biya siswa yang di sedia kan oleh pemerintah untuk yang kurang mampu dan tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk duduk di bangku pendidikan.

  101. Saya setuju dengan apa yang bapak tuliskan, faktor kenakalan remaja itu berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Anak-anak yang putus sekolah itu bisa di sebabkan oleh ekonomi kelurga yang tidak mendukung, lingkungan sekolah yang tidak baik bagi anak tersebut dan lingkungan sosial dimana anak itu tinggal, tak jarang juga remaja zaman sekarang terpengaruh oleh lingkungan pertemanannya.

  102. Saya setuju dengan pendapat mengenai penyebab kenakalan remaja putus sekolah di Kota Padang bisa menjadi sumbangsih pemikiran yang berharga bagi masyarakat setempat. Faktor-faktor seperti kemiskinan, kurangnya akses pendidikan, gangguan lingkungan, dan ketidakstabilan keluarga dapat menjadi penyebab yang perlu dicermati. Dengan pemikiran yang terbuka dan kerja sama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat, langkah-langkah preventif dan intervensi dapat diambil untuk mengatasi masalah ini. Ini mencakup program-program pendidikan alternatif, dukungan sosial, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi masa depan remaja dan masyarakat secara keseluruhan.

  103. Nama : Hawa Dwi Pitrisia
    Nim : 23042291
    BI-NS-0032

    Saya setuju dengan Bapak, penyebab kenakalan remaja putus sekolah dikarenakan faktor keluarga dan lingkungan sekitar, karena jika lingkungan keluarga sudah tidak baik maka anak akan melakukan kejahatan.

  104. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Berdasarkan teks tersebut dapat kita ketahui bahwa kenakalan remaja ini disebabkan oleh lingkungan sekitar remaja tersebut yang kurang baik, baik itu lingkungan keluarga, sekolah dan juga masyarakat. Efek samping yang ditimbulkan akibat kenakalan remaja ini dapat memicu remaja tersebut putus sekolah karena cenderung mereka menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang meresahkan lingkungan sekitar seperti salah satunya tawuran dan juga bullying.

  105. Rima, PPG G2 B.Indo tahun 2023

    Ternyata sesuatu yang terjadi banyak latar belakangnya. Seperti kasus kenakalan KRPTS ini, dan kita sebagai bagian dari keluarga, sekolah dan masyarakat berpartisipasi untuk pengurangan KRPTS ini dengan menciptakan lingkungan yang nyaman untuk remaja tersebut.

  106. Kartika Kencana, PPG Gel.2 th 2023 (Kelas Rima)

    Keluarga merupakan pendidikan pertama bagi seorang anak. Peran keluarga sangat penting dalam mendidik anak, apalagi ketika anak sudah beranjak remaja, tentunya sangat membutuhkan perhatian dan pengawasan lebih dari orang tuanya. Pada teks diatas menjelaskan bahwa kurangnya perhatian dari dari keluarga, bisa menjadi pemicu terjadinya kenakalan remaja, karena perhatian orang tua sangatlah berpengaruh penting terhadap kelakuan seorang anak. Selain itu faktor terjadinya kenakalan remaja juga disebabkan oleh lingkungan hidup yang kurang baik serta juga pergaulan bebas. Dimana ini memberikan dampak yang buruk bagi anak.

  107. Putri Ajusti Zalmi, PPG G2 Kls Rima
    Kelompok Remaja Putus sekolah disebabkan oleh beberapa factor yaitu keluarga. Keluarga memiliki peran yang sangat penting terhadap perilaku anak. Jika dalam sebuah keluarga memiliki hubungan yang tidak menyenangkan dapat mengakibatkan anak akan mencari hal yang ia inginkan di luar rumah. Jika hal yang diinginkan tersebut tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dapat mengakibatkan keresahan bagi orang lain. Selain keluarga, lingkungan sekolah dan Masyarakat juga dapat menjadi factor penyebab terjadinya kelompok remaja putus sekolah ini.

  108. Saya menyimpulkan bahwa kenakalan remaja putus sekolah di Kota Padang merupakan masalah yang harus dikelilingi dengan perhatian dan peduli dari orangtua dan masyarakat. Kita harus mencermati dan memperbaiki lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk membantu mengurangi kenakalan KRPS Kota Padang. Hal ini dapat dilakukan melalui perbaikan situasi rumah tangga, perbaikan lingkungan sekolah, dan perbaikan lingkungan masyarakat. Kita juga harus membantu mengembangkan kemampuan belajar dan kerja sama siswa, seperti belajar secara berkelompok

  109. Atika Aprilia Putri PBA-NS-0060 Saya setuju dengan dengan pendapat bapak ada tiga faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang remaja untuk melakukan sebuah penyimpangan sosial. yang pertama Faktor keluarga, yang kedua faktor lingkungan dan yang ketiga yaitu faktor masyarakar. Untuk itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dalam menanggulangi masalah ini agar tercipta kenyamanan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

  110. Keluarga berperan sangat penting sebagai agen sosialisasi yang utama untuk anak-anak yang berada pada usia yang masih membentuk kepribadian seorang anak. Anak-anak yang masih berada di masa pubertas perlu memiliki keluarga yang berperan sebagai pendidik yang tidak hanya orang tua saja, melainkan juga seorang kakak yang bisa menjadi contoh yang baik untuk adiknya. Seorang ayah berperan untuk mendidik anggota keluarga dengan melalui mendidik istrinya mengenai hal-hal yang positif dengan berkata sopan dan lembut. Peran istri sebagai seorang ibu rumah tangga adalah menuruti perkataan suaminya dan tidak meninggikan suaranya ataupun membentak. Maka dengan mempelajari sikap kedua orang tuanya, anak akan meniru orang tuanya dan menjadikan anak-anak memiliki sifat yang baik pula. Dan sebagai kakaknya, janganlah bersifat kasar terhadap adiknya, senakal apapun dia, dia tetap lah seorang anak yang masih butuh bimbingan dan contoh yang baik agar dia dapat terbentuk menjadi adik yang penurut, lemah lembut, dan berkepribadian baik. Dengan melalui didikan keluarga, maka seorang anak dapat tumbuh menjadi seseorang yang tidak melakukan tindak perundungan atau pembullyan. Namun jika seorang anak tumbuh dalam lingkungan dan didikan yang buruk didalam keluarga maka kemungkinan anak tersebut akan memiliki sifat yang buruk pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *