Proses Terjadinya Jerawat
Proses Terjadinya Jerawat

Proses Terjadinya Jerawat

0 Shares
0
0
0

Salah satu fenomena tidak menyenangkan berkaitan dengan kesehatan kulit, terutama wajah, adalah jerawat atau lazim disebut jerawatan.  Fenomena ini cenderung dialami oleh kawula muda, baik praremaja, maupun remaja. Bukan hanya dialami oleh kaum perempuan, kaum laki-laki pun sering menderita dikarenakan oleh jerawatan. Nah, untuk mengenal lebih dekat tentang proses berkembangnya jerawat, cermatilah uraian berikut.

Pertama, terjadilah sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori. Hal ini mungkin disebabkan oleh debu atau partikel lain yang membawa bakteri dan reaksi kulit bersifat negatif. Artinya, pori-pori rambut pada kulit tidak mengeluarkan debu tersebut dikarenakan permasalahan hormonal kulit. Misalnya, kulit sensitif atau kulit berminyak.

Kedua, terjadilah penumpukan minyak dalam kulit. Hal ini disebabkan koloni bakteri mulai tumbuh dan berkembang sehingga menutupi pori-pori kulit. Secara fisik, dapat dicermati adanya pembengkakan kecil dan berwarna memerah seperti terkena iritasi.

Ketiga, jerawat pun akan berkembang. Hal itu ditandai dengan adanya bintik putih pada puncak iritasi kulit. Bintik putih itu, jika ukurannya masih kecil, disebut dengan komedo. Jika komedo dibiarkan, akhirnya terjadilah peradangan dan berkembanglah menjadi jerawat.

Itulah tiga proses utama terjadinya jerawat. Secara umum, jerawat itu dipicu oleh debu dan bakteri. Mungkin, orang yang mengalami jerawatan kurang menjaga kebersihan kulit. Namun, mungkin juga disebabkan oleh karakter kulit orang tersebut yang cenderung sensitif karena pori-porinya kurang aktif mengeluarkan kelenjar keringat.

94 comments
  1. SIMAK-NS-012
    Saya setuju dengan pemaparan teks diatas yang menjelaskan tiga proses terjadinya jerawat dan satu lagi saya juga berpendapat dari pengalaman saya sendiri salah satu faktor jerawat disebabkan oleh hormon dan stress yang berlebihan.

    1. Refky Faizal_23233014-BI-NS-0208
      Saya juga berpendapat bahwa jerawat terbentuk nya karena debu dan stress yang berlebihan. Selain jerawat dari tersebut juga menjelaskan bahwa jerawat dan brutusan itu beda mungkin sekilas tampak sama tetapi jerawat merupakan bintik putih sedangkan bruntusan enggak. Ada pengalaman dari saya bahwa bruntusan itu terjadi nya Karen sel kulit mati yang ga terangkat yang dapat menyebabkan bruntusan. Sekian pak dari saya pak🙏🏻

    2. Saya setuju dengan pendapat di atas mengenai yang menceritakan proses terjadinya jerawat dimana saya sendiri mengalami hal yang sama sejak SMP, SMA bahkan sampai saya tamat kuliah tidak putus dengan permasalahan kulit yang tiada hentinya, serta sudah berbagai cara yang dapat saya lakukan dan tidak sedikit biaya yang saya keluarkan untuk merawat wajah, saya setuju hal-hal yang menyebabkan jerawat disebabkan oleh debu, hormon, makan makanan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

      1. Saya setuju dengan pemaparan 3 penyebab jerawat di atas,menurut saya hal itu memang terjadi tetapi tambahannya dari saya jerawat bisa tumbuh dikarenakan hormon dan stress berlebihan

        1. Saya setuju dengan pemaparan 3 penyebab jerawat di atas,menurut saya hal itu memang terjadi tetapi tambahannya dari saya jerawat bisa tumbuh dikarenakan hormon dan stress berlebihan

  2. Saya sangat setuju dengan teks diatas, dimana teks diatas memberikan pemahaman yang sangat baik mengenai proses terjadinya jerawat. Penjelasan tentang sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori, penumpukan minyak, dan perkembangan jerawat membantu membuka wawasan mengenai masalah kulit. Dari teks di atas juga kita tahu bagaimana cara memahami cara mencegah jerawat dari penyebab faktor-faktor seperti debu dan bakteri.

  3. Saya sangat setuju dengan teks diatas, normalnya kulit akan mengeluarkan sebum dan meluruhkan sel-sel kulit mati setiap hari. Maka dari itu sel kulit mati dan sebum ini pun harus dibersihkan setiap hari. Jika tidak dibersihkan, sel kulit mati dan sebum akan berkumpul dan menyumbat pori-pori. Penyumbatan inilah yang menjadi awal terbentuknya jerawat.

  4. Saya setuju dengan teks diatas. Teks tersebut memberikan pemahaman dan informasi tentang masalah jerawat. Fenomena kulit yang sering dialami oleh kawula muda, terjadi melalui tiga tahapan. Pertama, folikel rambut atau pori-pori tersumbat oleh debu atau partikel. Kedua, terjadi penumpukan minyak karena pertumbuhan bakteri. Terakhir, jerawat berkembang dengan adanya bintik putih yang dapat menjadi komedo dan berkembang menjadi jerawat.

  5. Rizka Nailatul Hasanah -23020022
    WAG (BI-NS-0208)
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh bapak dan teman-teman semua, izin menanggapi.🙏
    Umumnya jerawat timbul karena terdapat sebum atau minyak berlebih pada kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari pengaruh hormon reproduksi, stres, hingga mengonsumsi makanan pemicu jerawat secara berlebihan.
    Cara menghilangkan wajah dengan cara alami yaitu bersihkan wajah secara teratur, jangan sering mencuci wajah, jangan sering menyentuh wajah, konsumsi makanan yang sehat, dan ganti selalu seprai bantal dan kasur .
    Terutama cuci wajah berwudhu.

    1. Adinda humayra putri
      BI-NS-0208
      Izin menanggapi bapak🙏🏻
      Dari teks diatas tentu menambah pengetahuan saya mengenai jerawat dan saya setuju dengan teks di atas.Anak muda sekarang banyak yang masih kurang mengetahui penyebab dari jerawat dan bahkan salah dalam mengatasinya.
      Jerawat dapat timbul akibat hormon,depresi,bahkan penyumbatan oleh folikel dimana produksi minyak yang berlebihan.
      Didalam mengatasi permasalahan jerawat ini tentu perlu sebuah pengobatan agar tidak menyebar atau pun bertambah parah nantinya dan harus ada pencegahan juga seperti membersihkan wajah sebelum tidur,makan makanan yang sehat,memakai produk-produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi wajah dan sudah bpom dan yang bisa dilakukan ketika sedang ada jerawat seperti jangan sering memegang jerawat,pemberian obat jerawat.
      Tentu masih banyak yang bisa dilakukan dalam mengatasi permasalahan jerawat ini.
      Mohon maaf apabila ada kesalahan kata pak🙏🏻
      Sekian terimakasih pak🙏🏻

      1. THIO VALENTINO EDILY PRATAMA
        NIM:23133017
        BI-NS-0207
        Izin berkomentar pak,Dari cerita tersebut memang betul penyebab jerawat karena sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori yang disebabkan oleh debu sehingga penumpukan minyak pada wajah akan berkembang dan timbulnya bejolan putih yang biasa di sebut jerawat.Namun saya juga berpendapat selain hal yang di atas tadi,penyebab jerawat juga disebabkan oleh kurang nya menjaga kebersihan wajah dan sering nya mengkonsumsi makanan yang berminyak atau makanan yang berbumbu kacang.
        Selain itu kurang nya ekploitasi wajah juga merupakan penyebab munculnya jerawat.
        Sekian tanggapan saya pak🙏
        Terimakasih pak🙏

    2. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
      Izin untuk menanggapi, bapak dan teman-teman sekalian.
      Saya setuju dengan teks diatas. Jerawat merupakan hal yang biasa terjadi bagi tiap orang, terutama bagi remaja. Banyak faktor yang dapat menimbulkan jerawat, mulai dari penyumbatan pori-pori, penumpukan minyak pada wajah, hingga faktor debu dan bakteri. Namun, terlepas dari faktor tersebut, karakter kulit seseorang juga menjadi salah satu faktor mengapa munculnya jerawat tersebut.

  6. Assalamualaikum wr.wb pak
    Saya Aniva Pardila dengan Nim 23133021, Nomor absen 22 BI-NS-0208

    Dari teks diatas, dapat disimpulkan jerawatan merupakan suatu bakteri yang tersumbat di pori-pori kulit kita yang tidak dapat keluar dan tidak adanya celah udara yg bisa masuk sehingga menyebabkan terjadinya jerawat di kulit kita. Dari beberapa penjelasan saya setuju bahwa jerawat terjadi bukan hanya kaum wanita saja melainkan kaum laki-laki, jerawat tidak hanya terjadi disebabkan oleh kurangnya kebersihan seseorang, ada juga terjadi dikarenakan hormonnya. Saya termasuk kaum yg jerawatan sudah berusaha menjaga kebersihan, sudah merawat kulit wajah agar tidak ada bakteri yang masuk, nyatanya saya tetap berjerawat. Intinya jerawat itu bukan hal yang bisa menghambat kegiatan kita, jerawat itu normal yang tidak normal itu orang yang bilang kita JERAWATAN.

    Sekian pak, hanya itu tanggapan dari saya kalau ada kesalahan kata atau kalimat saya minta maaf pak, wassalamu’alaikum wr.wb

  7. Siti Hardianti Harahap
    23016045
    SIMAK-NS-001
    Setelah membaca teks di atas, masalah wajah bukan hanya jerawat tetapi juga bruntusan, saya menjadi penasaran dengan perbedaan antara jerawat dan bruntusan. Karena dijelaskan bahwa jerawat memiliki bintik putih, sedangkan bruntusan tidak, tetapi lebih dari itu secara fisik keduanya tampak sama.

  8. Saya setuju dengan teks tersebut. Jerawat umumnya dipicu oleh sumbatan pori-pori, pertumbuhan bakteri, dan peradangan pada kulit. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kebersihan kulit, hormon, dan karakteristik pori-pori yang kurang aktif. Menjaga kebersihan kulit serta perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi kemunculan jerawat.

  9. Nama: Lesti Zebua
    Nim : 23232006
    Saya sangat setuju dengan cerita diatas, oleh sebab itu sehabis saudara beraktivitas sebaiknya langsung mencuci muka agar debu tidak lengket dikulit dan tidak menyebabkan jerawat.
    Dan menurut sepengetahuan saya jerawat juga dapat timbul akibat begadang .

  10. Saya setuju dengan teks diatas, Umumnya jerawat timbul karena terdapat sebum atau minyak berlebih pada kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari pengaruh hormon reproduksi, stres, hingga mengonsumsi makanan pemicu jerawat secara berlebihan.

  11. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Tiara jayani
    23016116
    SIMAK-NS-001
    NU: 08
    Teks tersebut memberikan wawasan yang baik tentang proses terjadinya jerawat dan pentingnya menjaga kebersihan kulit untuk kita dapat mencegahnya, saya sangat setuju bahwa penyebab utama timbulnya jerawat itu yaitu bakteri dan debu, selain itu mungkin karena kurangnya membersihkan wajah dan merawat wajahnya, tetapi jerawat tidak hanya di sebabkan oleh itu tapi juga bisa karena hormon, karena itu harus selalu menjaga, merawat dan mencegah terjadinya jerawat. Tapi karena itu tidak mungkin juga kita tidak akan pernah memiliki jerawat tapi untuk meminimalisir terjadinya jerawat tersebut.

  12. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Dari teks di atas, dapat disimpulkan bahwa proses perkembangan jerawat dimulai dari sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori. Kemudian sumbatan tadi membengkak karena adanya penumpukan minyak dalam kulit yang selanjutnya berkembang menjadi bintik putih yang jika dibiarkan akan menjadi jerawat. Maka dari itu diperlukan kebersihan dalam merawat wajah dan pola hidup yang sehat agar wajah terhindar dari jerawat.

  13. Nama : FITRI YANI SALSABILA RITONGA
    Nim : 23016147
    No Urut : 14
    SIMAK-NS-01
    Dari teks di atas, dapat saya tarik kesimpulan bahwa Jerawat adalah kondisi kulit umum yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Jerawat adalah masalah kulit berupa komedo, jerawat, kista atau pustula yang disebabkan oleh sebum, sel kulit mati, debu atau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan sel kulit mati menumpuk dan bakteri berkembang biak. Maka dari itu hendaknya kita memelihara kebersihan pada diri agar terhindar dari jerawat.

  14. Saya setuju dengan teks di atas,jerawat memang di sebabkan oleh bakteri atau debu yang menempel pada permukaan kulit wajah,dan tidak menjaga kebersihan muka seperti jarang mencuci muka,tapi jerawat juga dapat di picu oleh hormon seseorang,seperti saat stres atau pada saat menstruasi pada seorang wanita.Dan juga jerawat dapat muncul ketika sesorang salah memilih perawatan wajah atau skincare.

  15. Septiarifa Salsabila
    23129082
    BI-NS-0207
    Terimakasih banyak Wawasan dalam cerita bapak dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari untuk selalu menjaga pola makan dan kesehatan kulit agar tidak terjadi yang namanya “jerawat” terlebih lebih jika kita berada di luar ruangan yang berpolusi ,maka lebih baik selalu membersihkan muka ketika habis berpergian dari luar.

  16. Izin menanggapi bapak.
    Terima kasih atas informasinya bapak. Dari teks ini saya dapat menyimpulkan bahwa proses utama terjadinya jerawat ada 3 yaitu sumbatan pada pori-pori, penumpukan minyak berlebihan di wajah, dan perkembangan terjadi jerawat karena komedo (iritasi kulit). Selain itu, banyak juga faktor penyebab jerawat mungkin karena tipe kulit yang sensitif, tidak menjaga kebersihan seperti tidak cuci muka 2 kali sehari, penyebab pemakaian produk (tidak cocok di kulit), karena stres berlebih, begadang berlebihan, dan lainnya. Hal tersebut secara umum dikarenakan oleh debu dan bakteri.
    (Dinda Afri Yanti, BI-NS-0214)
    NIM: 23233037
    Terima kasih.

  17. Saya setuju dengan teks diatas, bahwa jerawat timbul dikarenakan debu dan bakteri. Dan saya juga berpendapat bahwa jerawat bisa juga disebabkan oleh pola makan kita yang tidak sehat. Dan kita juga harus mengurangi makanan yang berminyak untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah kita.

    1. Nama: Sandra Dewi Surya
      Nim : 23133013
      BI-NS-0207
      Saya juga berpendapat bahwa jerawat terbentuk nya karena debu dan stress yang berlebihan.Dan juga jerawat dapat muncul ketika sesorang salah memilih perawatan wajah atau skincare.

  18. Izin berkomentar bapak,saya sangat setujuh sekali bapak secara umum jewarat itu di sebab kan oleh oleh debu dan bakteri untuk itu marilah kita menjaga kebersihan kulit kita dengan cara rutin mencuci muka sebelum tidur dan kurangi makan kacang-kacangan biasanya banyak juga yang muncul setelah seseorang memakan kacang

    Septi Nurul Azmi 23129081 (BI-NS-0207)

  19. Nama: Anisa Dela Safira
    Nim: 23134022
    WAG: BI-NS-0208
    Berdasarkan teks tersebut ditarik kesimpulan bahwa jerawat terjadi akibat folikel rambut tersumbat, sehingga timbul akibat debu dan bakteri. Sehingga sumbatan akibat debu, minyak dan menimbulkan jerawat, sehingga perlu diperhatikan cara membersihkan wajah dengan dengan baik dan benar. Selain akibat penumpukan debu dan kotoran jerawat juga dapat dipengaruhi sesuai tergantung hormon seseorang.

  20. Rifa Eka Putri
    23233016
    BI-NS-0208

    Saya setuju dengan cerita inspira ini tentang proses munculnya jerawat. Tetapi di sisi lain jerawat tidak hanya di sebabkan oleh debu dan bakteri tetapi juga hormon. Untuk menghindari jerawat mungkin kita bisa menjaga kebersihan dan menjaga pola makan yang dapat memunculkan jerawat

  21. Jerawat disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut oleh minyak dan sel kulit mati. Proses ini dimulai ketika kelenjar minyak di bawah kulit (kelenjar sebaceous) menghasilkan sebum, minyak yang melumasi kulit. Ketika produksi sebum berlebihan, bersamaan dengan penumpukan sel kulit mati, folikel rambut bisa tersumbat.
    Bakteri Propionibacterium acnes, yang secara alami berada di kulit, dapat berkembang di dalam folikel yang tersumbat. Pertumbuhan bakteri ini menyebabkan peradangan, membentuk benjolan merah dan berisi nanah yang dikenal sebagai jerawat.
    Faktor lain yang dapat mempengaruhi terjadinya jerawat termasuk perubahan hormon, genetika, dan kebersihan kulit. Perubahan hormon, khususnya pada masa remaja atau kehamilan, dapat meningkatkan produksi sebum. Kondisi ini membuat individu lebih rentan terhadap jerawat.
    Penting untuk menjaga kebersihan kulit, menghindari pemakaian produk berminyak berlebihan, dan menjalani gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko jerawat. Nah kebanyakan orang terkadang berjerawat memakan gorengan karna mengandung minyak. Sekian terima kasih pak wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu (AZIZ SETIAWAN BI-NS-0208)

  22. Nama:Virna Meilisya Putri
    Nim:23133018
    Izin berkomentar pak,Dari cerita tersebut memang betul penyebab jerawat karena sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori yang disebabkan oleh debu sehingga penumpukan minyak pada wajah akan berkembang dan timbulnya bejolan putih yang biasa di sebut jerawat.Namun saya juga berpendapat selain hal yang di atas tadi,penyebab jerawat juga disebabkan oleh kurang nya menjaga kebersihan wajah dan sering nya mengkonsumsi makanan yang berminyak atau makanan yang berbumbu kacang.
    Selain itu kurang nya ekploitasi wajah juga merupakan penyebab munculnya jerawat.
    Sekian tanggapan saya pak🙏
    Terimakasih pak🙏

      1. NAMA :MUTIA
        NIM : 23133007
        BI-BS-0214
        Saya setuju dengan teks di atas,jerawat memang di sebabkan oleh bakteri atau debu yang menempel pada permukaan kulit wajah,dan tidak menjaga kebersihan muka seperti jarang mencuci muka,tapi jerawat juga dapat di picu oleh hormon seseorang,seperti saat stres atau pada saat menstruasi pada seorang wanita.

  23. Assalamualaikum Pak
    Saya Salma Nahendra
    23020069
    Saya setuju dengan ulasan bapak Kebanyakan orang mungkin berpikir jika mereka memiliki jerawat Itu pasti di sangkut pautkan ke mitos-mitos yang tidak jelas contoh jika saya jerawat mereka beranggap pasti itu ada yang menyukai saya.
    Padahal jerawat tumbuk karena hormon atau mungkin karena masalah yang membuat stres, dan bisa juga seperti tiga proses yang bapak cerita kan…

    Terima kasih pak….

    1. Izin menanggapi Pak…
      Saya setuju dengan pemaparan teks di atas,benar jika jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori pada kulit kita.Dimana hal tersebut dapat disebabkan oleh debu atau kuman yang tidak sengaja menempel pada kulit kita.Lalu semuanya tertumpuk menjadi tumpukan minyak yang nantinya dapat menimbulkan jerawat.
      Jerawat tidak hanya terjadi akibat tempelan dari debu saja,bisa juga diakibatkan karena sering terjadinya stres,kecemasan yang berlebihan,serta aktivitas lainnya yang kurang bersih dan sehat.
      Jerawat dapat diatasi dengan mengubah pola hidup sehat,seperti menjaga makanan yang kita makan,hindari konsumsi makanan dengan minyak yang berlebih.Mencuci sarung bantal minimal sebulan sekali,untuk menghindari penyaluran kuman kuman yang ada pada sarung bantal menuju kulit.
      Selain itu,kita dapat menjaga kulit dengan membersihkannya menggunakan sabun cuci muka setiap hari,untuk menghilangkan debu dan kuman yang menempel pada kulit pada saat kita beraktivitas di luar ruangan.

  24. Jasmine fauza khalida
    BI-NS-0214
    Di dalam teks ini kita bisa menyimpulkan bahwa proses perkembangan jerawat ada tiga tahap yaitu:
    1.)terjadinya sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori.
    2.)terjadinya penumpukan minyak dalam kulit.
    3.)jerawat pun akan berkembang.
    Terimakasih sudah berbagi info yang menarik ini pak.

  25. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak🙏 perkenalkan saya
    Maisarahtul Ispar
    Nim 23129334
    GWA BI-NS-0214
    No urut 19
    Maaf sebelumnya Izin menanggapi pak 🙏 Saya setuju dengan pemaparan teks diatas bahwa jerawat itu muncul karena adanya penyumbatan oleh debu dan stress yang berlebihan kemudian penyumbatan pori pori tersebut lama kelamaan itulah yang menimbulkan munculnya jerawat dan kemudian juga Karena pola makan kurang bersih dan sehat maka dari itu kita harus menjaga pola makan dan kebersihan wajah dengan mencuci muka dengan sabun secara rutin
    Mohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan pak
    Sekian terimakasih 🙏
    Wa’alaikummusalam warahmatullahi wabarakatuh

  26. Diva Safpitri-23020009
    (BI-NS-0207)
    Saya setuju dengan teks di atas,benar jika jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori pada kulit kita.Dimana hal tersebut dapat disebabkan oleh debu atau kuman yang tidak sengaja menempel pada kulit kita.Lalu semuanya tertumpuk menjadi tumpukan minyak yang nantinya dapat menimbulkan jerawat. Penting untuk menjaga kebersihan kulit, menghindari pemakaian produk berminyak berlebihan, dan menjalani gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko jerawat. Nah kebanyakan orang terkadang berjerawat memakan gorengan karna mengandung minyak.

  27. saya setuju dengan tulisan bapak bahwa jerawat itu dipicu oleh debu dan bakteri. proses berkembangnya jerawat dibagi menjadi 3:
    1. terjadilah sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori
    2. terjadilah penumpukan minyak dalam kulit. Hal ini disebabkan koloni bakteri mulai tumbuh dan berkembang sehingga menutupi pori-pori kulit.
    3,jerawat pun akan berkembang
    untuk mengatasi jerawat kita dapat menjaga kebesihan ,tidur yang cukup,olahraga teratur dan menjaga pola makan .
    silfia alisa(23134013) BI-NS-0208

  28. Sebagian anak muda akan merasakan kurang percaya diri, dan memikirkan hal yang negatif dengan penampilan mereka bahkan diri mereka sendiri, apalagi untuk anak-anak muda yang ditumbuhi jerawat yang membandel. Sering kali orang berkomentar yang tidak mengenakkan terhadap mereka. Tetapi bagaimana setiap individual merespon keadaan kulit mereka yang berjerawat tentu saja berbeda-beda, ada yang biasa saja dan ada juga yang stress menanggapinya. Secara keseluruhan, rasa cemas, pikiran yang depresi dan kurang rasa percaya diri dimiliki oleh orang yang berjerawat. Jerawat adalah suatu peradangan kronis di kelenjar keringat dimana pori-pori tersumbat dengan peradangan sel kulit yang mati di kelenjar rambut atau kelenjar minyak.
    Raysha Anggraini BI-NS-0207

  29. Saya sangat setuju mengenai teks tersebut yang menjelaskan bahwa jerawat memang merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama di masa praremaja dan remaja. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, genetika, dan perawatan kulit yang kurang tepat. Sehingga penting untuk menjaga kebersihan kulit dan kebiasaan perawatan yang baik untuk mengurangi kemungkinan jerawat.

  30. Penjelasan yang diberikan cukup lengkap dan akurat. Teks tersebut menjelaskan semua faktor yang dapat menyebabkan jerawat, mulai dari faktor hormonal, genetik, hingga faktor lingkungan. Selain itu, teks tersebut juga menjelaskan dengan jelas proses terjadinya jerawat, mulai dari proses produksi minyak, penyumbatan pori-pori, hingga peradangan.

  31. Saya setuju dengan teks diatas, bahwa jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pori pori di kulit, penumpukan minyak dalam kulit kita sehingga tidak adanya celah udara yang masuk menyebabkan terjadinya jerawat. Selain itu jerawat bisa terjadi karena banyak pirikran atau stres. untuk mengatasinya kita perlu merawat kulit dan mengatur pola hidup sehat agar kulit kita terhindar dari jerawat
    Mulyana difa (23134009) BI-BS-0207

  32. Saya setuju dengan tes diatas permasalahan jerawat adalah masalah yang sering terjadi terutama di kalangan remaja, banyak sekali faktor pemicu atau penyebab jerawat salah satunya debu dan kotoran. Oleh karena itu kita sebaiknya setelah melakukan aktivitas di luar kita cuci muka dulu. (Anggun Sofita, Nim 23133002,BI-NS 0214)

  33. Benar, jerawat terjadi ketika terjadi sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori kulit. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk debu, kotoran, sel kulit mati, dan produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak di kulit.
    Penting untuk menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah secara teratur, menggunakan pembersih yang lembut, dan menghindari penggunaan produk yang dapat menyebabkan iritasi. Mengontrol produksi minyak kulit dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai juga dapat membantu mengurangi risiko jerawat. Jika jerawat Anda parah atau tidak merespon perawatan rumah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.
    (Retno Wulandari 23134053 BI-NS-0214)

  34. Cut Irma Mahmudi
    BI-NS-0208
    Jerawat memang disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk di dalam kulit. Jerawat yang timbul sangat menggangu penampilan dan terkadang juga disertai rasa gatal dan sakit.

  35. Dengan membaca inspira yg berjudul “proses terjadinya jerawat” ini kita sebagai pembaca jadi tau bagaimana bisa jerawat tumbuh dalam wajah kita, dan apa saja penyebab terjadinya jerawat

  36. Teks ini memberikan pemahaman mengenai jerawat.saya setuju dengan teks diatas,bahwa jerawat timbul karena debu dan bakteri.jerawat juga disebabkan oleh hormon seseorang.seperti saat stres,menstruasi pada seorang wanita.untuk mengatasinya kita perlu merawat kulit dan mengatur pola hidup sehat agar kulit terhindar dari jerawat.

  37. Izin menanggapi bapak🙏🏻
    Dari teks diatas tentu menambah pengetahuan saya mengenai jerawat dan saya setuju dengan teks di atas.Anak muda sekarang banyak yang masih kurang mengetahui penyebab dari jerawat dan bahkan salah dalam mengatasinya.bahwa jerawat timbul karena debu dan bakteri.jerawat juga disebabkan oleh hormon seseorang.seperti saat stres,menstruasi pada seorang wanita.untuk mengatasinya kita perlu merawat kulit dan mengatur pola hidup sehat agar kulit terhindar dari jerawat.

  38. Saya setuju tentang proses terjadinya jerawat sesuai yang bapak paparkan dalam teks tersebut. Saya pernah mengalami hal tersebut karena terlalu banyaknya pikiran yang membuat timbulnya jerawat diwajah saya dan ditambah keringat saat saya melakukan sebuah pekerjaan atau bergerak.

  39. Teks tersebut menambah Informasi saya tentang bagaimana proses terjadinya jerawat, sehingga saya bisa lebih memperhatikan kebersihan kulit wajah saya yang termasuk jenis kulit sensitif agar dapat menghindari debu Dan bakteri dari wajah. Terimakasih Pak.

  40. Maharani Syahnur
    Nim:23129333
    Saya setuju dengan teks bapak jerawat memang merupakan masalah umum pada kulit, dan penyebabnya dapat bervariasi, termasuk faktor hormonal dan kebersihan kulit. Penting kita untuk menjaga kebersihan kulit dan mengikuti rutinitas perawatan yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Selain itu, konsultasi dengan ahli dermatologi bisa membantu mengidentifikasi penyebab jerawat dan memberikan solusi yang tepat.

  41. Hilma tita suri_23233007_BI_NS_0207
    Saya sangat setuju dengan teks diatas bahwa jerawat merupakan permasalahan umum pada kulit, penyebabnya juga bervariasi termasuk karena debu, bakteri di wajah dan juga badan, kurangnya double cleansing pembersihan pada kulit. Dan juga konsultasi kepada ahli jerawat dan kulit.

  42. Nama: Nurmaiyah Lubis
    Nim : 23016033
    No.urut:08
    SIMAK-NS-0012

    Setelah membaca teks di atas, masalah wajah bukan hanya jerawat tetapi juga bruntusan, saya menjadi penasaran dengan perbedaan antara jerawat dan bruntusan. jerawat juga disebabkan oleh hormon seseorang.seperti saat stres,menstruasi pada seorang wanita.untuk mengatasinya kita perlu merawat kulit dan mengatur pola hidup sehat agar kulit terhindar dari jerawat.

  43. Saya juga berpendapat bahwa jerawat terbentuk nya karena debu dan stress yang berlebihan. Selain jerawat dari tersebut juga menjelaskan bahwa jerawat dan brutusan itu beda mungkin sekilas tampak sama tetapi jerawat merupakan bintik putih sedangkan bruntusan enggak. salah satu faktor jerawat disebabkan oleh hormon dan stress yang berlebihan.

  44. Saya juga berpendapat bahwa jerawat terbentuk nya karena debu dan stress yang berlebihan. Selain jerawat dari tersebut juga menjelaskan bahwa jerawat dan brutusan itu beda mungkin sekilas tampak sama tetapi jerawat merupakan bintik putih sedangkan bruntusan enggak. salah satu faktor jerawat disebabkan oleh hormon dan stress yang berlebihan.dan karakteristik pori-pori yang kurang aktif. Menjaga kebersihan kulit serta perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi kemunculan jerawat.

  45. Fatia Nabila 23233006 BI-NS-0207
    Saya juga berpendapat bahwa jerawat itu dipicu oleh debu dan bakteri, karena mungkin kurang menjaga kebersihan kulit. Ada juga disebabkan oleh karakter kulit orang tersebut yang cenderung sensitif karena pori-porinya kurang aktif mengeluarkan kelenjar keringat, stress yang berlebihan terkadang juga dapat menimbulkan jerawat dan ada juga disebabkan oleh pemakaian produk kosmetik yang tidak sesuai dengan kebutuhan wajah mereka.

  46. Delvia Trimelda (23233002-BI-NS-0207-43)
    Dari teks ini kita dapat mengetahui bahwa jerawat itu muncul karena bakteri dan debu. Dan dari hal ini kita dapat kita pedomankan agar tidak terkena bakteri dan tidak menimbulkan jerawat.

  47. Nama: Ravita dewi
    Nim: 23077056
    BI-SN-0208
    Izin menanggapi teks yang bapak bagikan🙏🏻
    Secara keseluruhan, pemahaman tentang proses terjadinya jerawat dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan kulit dan mengatasi masalah jerawat. Penting untuk menjaga kebersihan kulit, menghindari faktor pemicu, dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kita.

  48. saya setuju dengan tulisan bapak bahwa jerawat itu dipicu oleh debu dan bakteri. proses berkembangnya jerawat dibagi menjadi 3:
    1. terjadilah sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori
    2. terjadilah penumpukan minyak dalam kulit. Hal ini disebabkan koloni bakteri mulai tumbuh dan berkembang sehingga menutupi pori-pori kulit.
    3,jerawat pun akan berkembang
    untuk mengatasi jerawat kita dapat menjaga kebesihan ,tidur yang cukup,olahraga teratur dan menjaga pola makan .
    silfia alisa(23134013) BI-NS-0208

  49. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu pak
    Saya Dina Apriana,Nim 23133027
    Izin untuk memberikan tanggapan pak
    Dari teks diatas, dapat disimpulkan jerawatan merupakan suatu bakteri yang tersumbat di pori-pori kulit kita yang tidak dapat keluar dan tidak adanya celah udara yg bisa masuk sehingga menyebabkan terjadinya jerawat di kulit kita. Dari beberapa penjelasan saya setuju bahwa jerawat terjadi bukan hanya kaum wanita saja melainkan kaum laki-laki, jerawat tidak hanya terjadi disebabkan oleh kurangnya kebersihan seseorang, ada juga terjadi dikarenakan hormonnya. Saya termasuk kaum yg jerawatan sudah berusaha menjaga kebersihan, sudah merawat kulit wajah agar tidak ada bakteri yang masuk, nyatanya saya tetap berjerawat. Intinya jerawat itu bukan hal yang bisa menghambat kegiatan kita, jerawat itu normal yang tidak normal itu orang yang bilang kita JERAWATAN.

  50. jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pori pori di kulit, penumpukan minyak dalam kulit kita sehingga tidak adanya celah udara yang masuk menyebabkan terjadinya jerawat. Selain itu jerawat bisa terjadi karena banyak pirikran atau stres. untuk mengatasinya kita perlu merawat kulit dan mengatur pola hidup sehat agar kulit kita terhindar dari jerawat

  51. Nama: Ade Silfia Utami
    Nim:23016054
    No urut’ 12
    SIMAK-NS-0012
    Saya setuju dengan pemaparan teks diatas yang menjelaskan tentang proses terjadinya jerawat . Jerawat juga disebabkan karena stres,debu dan hormon.

  52. Nama : Latifa Mulya Marza
    Nim : 23129330
    BI-NS-0214
    Saya setuju dengan teks diatas bahwa jerawat dapat disebabkan oleh faktor seperti terjadinya penyumbatan oleh debu atau bakteri. Menurut saya selain faktor itu, masih ada banyak faktor lain yang memicu terjadinya jerawatan yaitu seperti gaya pola hidup seseorang, bisa juga karena orang tersebut memiliki kulit yang sensitif , pengaruh hormon, tingkat stres dan jenis makanan yang dikonsumsi juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya jerawatan.

  53. Saya mantan pejuang jerawat. Bagi saya jerawat sangat menggangu penampilam dan memalukan. Padahal jerawat itu normal ntah karena hormon, stres atau dampak dari makanan makanan sembarangan. Selain menggunakan skincare mungkin mengubah pola hidup sehat juga menjadi kunci kesembuhan jerawat. Untuk para pejuamg jerawat, kalian itu sempurna jangan dengarkan apa kata orang dan fokus pada penyembuhan jerawat. Jadi jangan pernah insecure ya!

  54. Alhamdulillah 🤲 berkat membaca teks eskplanasi Proses Terjadinya Jerawat, Saya jadi tahu apa itu penyebab jerawat🙏 Proses perkembangan jerawat, dan sayapun mendapatkan ilmu bahwasanya jerawat itu dipicu oleh debu dan bakteri. Dikarenakan, satu hal lagi, kita jerawatan sebab kurang menjaga kebersihan kulit. Bahkan, faktor lainnya adalah karena karakter kulit kita cenderung sensitif. Sebab, pori-porinya kurang aktif mengeluarkan kelenjar keringat.

  55. Timbulnya jerawat memang bisa dipicu oleh debu dan bakteri. Namun jerawat juga dapat timbul akibat kondisi hormon dan pola makan seseorang. Jerawat juga bisa timbul akibat kulit yang tidak cocok dengan produk perawatan wajah. Oleh karena itu untuk menghindari timbulnya jerawat kita harus menjaga kebersihan kulit wajah, memperhatikan pola makan, dan kondisi kesehatan.

  56. Izin menanggapi pak.
    Berdasarkan teks ekplanasi di atas mengenai proses terjadinya jerawat saya dapat mengetahui tiga informasi penting di dalamnya. Pertama, jerawat bermula karena sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori ( di sebabkan debu yang menempel). Kedua, terjadinya penumpukan minyak . Ketiga, jerawa berasal dari komedo yang dibiarkan. Sehubungan dengan itu, dapat disimpulkan menjaga kebersihan wajah dapat membantu untuk mengurangi proses terjadinya jerawat.

  57. Terima kasih atas informasinya bapak. Setelah saya membaca teks mengenai proses terjadinya jerawat dapat disimpulkan bahwa proses utama terjadinya jerawat secara umum dipicu oleh debu dan bakteri, hal ini disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan kulit serta bisa disebabkan oleh karakter kulit yang cenderung sensitif. Dengan adanya teks tersebut membuat saya ingin lebih menjaga kebersihan kulit terutama kulit wajah seperti mencuci wajah minimal 2 kali sehari menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit, dan menjaga kulit dari debu dan bakteri.

  58. Saya setuju dengan teks diatas, dimana teks diatas memberikan pemahaman yang sangat baik mengenai proses terjadinya jerawat. Penjelasan tentang sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori, penumpukan minyak, dan perkembangan jerawat membantu membuka wawasan mengenai masalah kulit. Dari teks di atas dapat mengetahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kita berjerawat adalah karena debu dan bakteri.

  59. Saya setuju dengan teks tersebut pak, faktor utama pemicu timbulnya jerawat adalah dengan adanya debu dan bakteri, selain itu menurut saya pola hidup seperti pola makan dan pola tidur juga berpengaruh kepada timbulnya jerawat. Saya sendiri sudah mengalaminya pak, jika pola makan saya sedang berantakan dan sering begadang maka jerawat saya akan berlomba-lomba untuk bermunculan.

  60. Teksnya sangat menarik untuk dibaca. Saya sangat setuju dengan teks di atas karena memberikan pemahaman yang sangat baik tentang proses terjadinya jerawat serta menjelaskan secara umum bahwa jerawat itu dipicu oleh debu dan bakteri.

  61. Saya sangat setuju, ternyata banyak hal yang benyebabkan timbulnya jerawat, sehingga sebaiknya pada usia muda harus sudah mulai memperhatikan kesehatan, dengan pola hidup yang sehat seperti selalu menjaga kebersihan dan menghindari makanan berlemak yang berpotensi menyebabkan munculnya jerawat

  62. Nama: Hawa Dwi Pitrisia
    Nim: 23042291
    BI-NS-0032

    Saya setuju dengan teks diatas, debu dan bakteri dapat menjadi faktor pemicu bagi perkembangan jerawat. Proses terjadinya jerawat dimulai ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kombinasi minyak (sebum) berlebihan, sel-sel kulit mati, dan kotoran seperti debu. Ketika pori-pori tersumbat, lingkungan yang lembab dan gelap di dalam pori-pori menjadi tempat yang ideal bagi bakteri seperti Propionibacterium acnes (P. acnes) untuk berkembang biak. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kulit, terutama di area yang rentan terhadap jerawat, sangat penting untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

  63. Jerawat merupakan masalah umum yang dialami banyak orang, terutama karena faktor debu dan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Penting untuk menjaga kebersihan kulit agar dapat mencegah jerawat terbentuk. Selain itu, memahami proses terjadinya jerawat, seperti pembentukan komedo dan peradangan, dapat membantu dalam menangani masalah ini dengan lebih efektif.

  64. Nama : Syifa Sabilillah
    Nim : 23042343
    BI – NS 0032
    Saya setuju dengan teks diatas, bahwa jerawat disebabkan oleh debu dan bakteri. Selain itu jerawat juga dipengaruhi oleh hormon di dalam tubuh. Kemudian tingkat sensitif kulit orang juga dapat berdampak pada timbulnya jerawat.

    1. Nama : Nina Noviana
      Nim : 23042318
      BI-NS-0032

      Sangat penting menjaga kebersihan dan kesehatan kulit .Agar kulit tidak rentan terkena jerawat,Karena pada dasarnya atau secara umum jerawat muncul disebabkan oleh debu dan kotoran.

  65. Nama: Atika Aprilia Putri
    Nim: 22016012
    PBA-NS-0060.

    Saya setuju dengan teks di atas penyebab dari timbulnya jerawat adalah di sebabkan oleh debu dan bakteri yang menempel pada wajah, bakteri ini awal mulanya menjadi komedo lalu terjadinya peradangan pada wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

  66. Melati Sukma 22016189 PBA-NS-0060
    Saya setuju dengan pemaparan teks diatas yang menjelaskan tiga proses terjadinya jerawat dan satu lagi saya juga berpendapat dari pengalaman saya sendiri salah satu faktor jerawat disebabkan oleh hormon dan stress yang berlebihan

  67. Jerawat adalah fenomena yang pernah di alami semua orang yang di sebab kan oleh bakteri ataupun keadaan kulit seseorang.

  68. Nama : Fadila Amanda Meriska
    Nim : 22016178
    PBA-NS-0060
    Saya setuju dengan penjelasan teks diatas, penyebab terjadinya jerawat itu disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada kulit. Dan juga kita harus menjaga kulit kita dari debu dan kotoran karena kulit kita sangat rentan terhadap debu dan kotoran sehingga itulah yang menyebabkan terjadinya jerawat.

  69. jerawat memang di sebabkan oleh debu dan bakteri yang menempel pada wajah, tetapi ada juga sebagian orang yang mengalami jerawat akibat perubahan hormon, banyaknya pikiran (stres) juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

  70. Fiana Amara Alika NIM 21016076
    GWA Pengembangan Perangkat Pembelajaran
    Setelah membaca proses terjadinya jerawat saya setuju. Selain itu, berdasarkan pengalaman saya jerawat juga tumbuh jika kita stres terlalu berlebihan dan tidak mengatur pola makan dengan baik, apalagi seseorang yang memiliki kulit sensitif akan rentan munculnya jerawat, maka daripada itu selain menjaga kebersihan juga harus menjaga kesehatan dan mengatur pola makan yang baik.

  71. Teks tersebut memberikan penjelasan yang cukup jelas mengenai proses terjadinya jerawat, dimulai dari sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori, yang kemudian disebabkan oleh debu atau partikel lain yang membawa bakteri.

  72. NAma: Mochammad Baqi Wahyu Saputra
    NIM:23016202
    PBA-NS-0060

    Saya setuju denagn pemaparan 3 proses terjadinya jerawat

  73. Devani, PPG G2 Kls Rima

    Dari teks tersebut dapat kita ketahui bagaimana proses terjadinya jerawat. Oleh karena itu, perlu kita untuk menjaga kebersihan dan pola makan agar dapat mencegah terjadinya jerawat tersebut.

  74. Kartika Kencana, PPG G2 Kls Rima

    Teks di atas menguraikan tentang bagaimana proses terjadinya jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori kulit, tepatnya folikel rambut, tersumbat oleh kotoran, debu, minyak, atau sel kulit mati. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan dan pola makan harus tetap dijaga, dan cara mencegah jerawat ialah bisa dengan rutin membersihkan wajah,

  75. Dari teks berikut, kita dapat mempelajari bahwa jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang terjadi akibat meningkatnya produksi kelenjar minyak yang disertai tersumbatnya pori-pori kulit oleh campuran sel-sel kulit mati.
    Penyebab jerawat puber pada remaja adalah penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori dan berakibat pada penebalan pori.
    Jerawat bisa terjadi pada siapa saja, namun biasanya terjadi pada remaja yang sedang memasuki usia puber.
    Dalam menghidari jerawat, kita dapat memperhatikan kandungan dalam produk perawatan kulit yang digunakan, menghindari zat penyebab iritasi seperti menthol, camphor, atau alkohol.
    Konsultasi dengan dokter kulit juga dapat membantu dalam mengatasi jerawat

  76. Arvin Arya Dhana
    23042262
    BI-NS-0032
    Dari teks tersebut dapat di pelajari bahwa jerawat diakibatkan oleh meningkatnya produksi kelenjar minyak yang diikuti dengan tersumbatnya pori-pori kulit oleh campuran sel-sel kulit mati.
    Penyebab jerawat puber pada remaja yaitu penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan berakibat pada penebalan pori. Jerawat pada umumnya terjadi pada remaja yang sedang puber namun masih dapat terjadi pada siapa saja.
    Kita dapat menggunakan beberapa metode untuk menghindari jerawat, seperti memperhatikan kandungan dalam produk perawatan kulit, menghindari zat yang menyebabkan iritasi seperti menthol, alkohol, atau camphor. Kita juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk membantu mengatasi jerawat

  77. Setelah adanya pemaparan dari teks diatas, tentunya kita memiliki pengetahuan terkait beberapa penyebab timbulnya jerawat,yang mana jerawat ini sering muncul pada praremaja maupun remaja. Timbulnya jerawat ini dipicu oleh bakteri dan debu.

  78. Wilyani Eka Pertiwi_22016211
    PBA-NS-0060
    Benar sekali, bahwa jerawat muncul karena debu dan bakteri yang menempel di wajah dan tidak dibersihkan. Hampir semua orang yang mengalami jerawatan karena kurang menjaga kebersihan kulit. Namun, ada juga yang disebabkan oleh karakter kulit orang tersebut cenderung sensitif karena pori-porinya kurang aktif mengeluarkan kelenjar keringat yang mengakibatkan mudah timbul jerawat.

  79. Saya setuju dengan pendapat diatas bahwa awal mulanya tumbuh jerawat dipicu oleh debu dan bakteri. Jerawat tumbuh karena adanya sumbatan pada folikel rambut atau pori-pori, terjadi penumpukan minyak dalam kulit dan peradangan komeda yang terus dibiarkan.

  80. Saya setuju dengan tulisan bapak bahwa timbulnya jerawat disebabkan oleh beberapa faktor, hampir semua kalangan generasi muda karena ada beberapa karakter dari kita yang cenderung sensitif terhadap bahan kimia atau lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *