Seni Ukir Jepara dalam Sektor Ekonomi
Seni Ukir Jepara dalam Sektor Ekonomi

Seni Ukir Jepara dalam Sektor Ekonomi

0 Shares
0
0
0

Jepara dan Seni Ukirnya yang Khas

Jepara merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya yang mendunia. Disebut sebagai “The World Craving Center” Jepara telah melahirkan banyak karya seni yang unik dan berbeda dengan seperti pahatan pada umumnya.

Jika dalam seni patung, canvasnya adalah batu, maka dalam seni pahat Jepara, canvasnya menggunakan kayu. Kerajinan Jepara perlahan-lahan tumbuh sangat pesat melihat hampir seluruh masyarakat Jepara memiliki keahlian memahat dan mengukir tanpa mempelajarinya secara intensif terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena sebagian besar nenek moyang warga Jepara adalah pengrajin pada zaman kerajaan kuno, lebih tepatnya saat era kepemimpinan Ratu Kalinyamat. Arsitektur mengalami kemajuan pada saat itu hingga ke daerah-daerah lain. Hal ini dilihat dari dinding-dinding rumah mulai dihias sedemikian rupa menjadi indah dengan ukiran-ukiran para pengrajin. Sehingga tidak ada lagi rumah polos yang hampa tanpa hiasan.

Memahat dilakukan pada sebuah balok kayu yang awalnya adalah pohon besar. Kemudian pada pengrajin mulai mengasah, memahat hingga menghaluskannya melalui proses yang tidak sebentar. Kayu yang paling sering digunakan adalah kayu Jati. Warna kayu jati lebih terang dan serupa satu sama lain.

Corak yang khas dari ukiran Jepara adalah daun Trubusan. Daun Trubusan ini dibagi menjadi dua macam motif lagi, yaitu daun Trubusan tangkai relung dan daun Trubusan keluar cabang. Tangkai relung biasanya memanjang dan membentuk cabang-cabang kecil yang jika diperhatikan akan nampak sangat rapi dan berbeda. Karena itulah kegiatan memahat memerlukan fokus yang sangat tinggi, apalagi jika motifnya rumit seperti desain daun dan ruas-ruasnya.

Bisnis Furnitur Mebel Jepara

Dalam perkembangannya di dunia modern, ukiran dan pahatan merupakan seni yang diekspresikan melalui kegiatan memahat dan mengukir di atas suatu bidang kayu. Namun, semakin bertumbuhnya dunia ukir, kerajinan ini membuka peluang usaha masyarakat Jepara untuk menciptakan produk-produk ukir kayu yang disebut sebagai mebel. Lebih tepatnya furnitur modern yang kita kenal saat ini.

Furnitur tidak hanya menyajikan sebagaimana fungsinya, tetapi juga sebuah inovasi dalam seni yang memadukan keindahan desain serta kualitas bahan. Furnitur banyak menggunakan kayu sebagai bahan utama, kemudian dikombinasikan dengan rotan, besi aluminium, dan bahan lainnya.

Keberadaan sentra ukir Jepara semakin terkenal. Produk kerajinan yang mulanya hanya sebuah hiasan, kini menjadi ekspresi seni terapan, yang hasilnya dapat dimanfaatkan. Furnitur mebel kayu adalah salah satu bisnis yang menjadi mata pencaharian utama banyak pebisnis di daerah Jepara. Para pengrajin dan para pelaku usaha, saling bekerja sama dalam menumbuhkan tingkat perekonomian di Kota Jepara.

“Sebagai pelaku usaha di bidang furnitur, saya menciptakan jembatan antara calon costumer dan pengrajin mebel. Dengan bekerja sama dengan para pengrajin dan berbekal kemampuan dalam membuat website, maka saya menciptakan startup e-commerce di bidang furnitur yang kami beri nama Isiruangan,” ujar Muhammad dani Steviro Tendean selaku CEO dari Isiruangan, salah satu startup bisnis furnitur Jepara.

Model populer bertemakan minimalis sangat banyak diminati, mulai dari kalangan muda sampai tua. Properti simpel dengan aksesori yang identik dengan nilai artistik yang tinggi. Apalagi variasi desain yang cukup populer di kalangan masyarakat, seperti modern dan klasik, kini menjadi trend tersendiri.

54 comments
  1. Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa bakat atau minat yang kita miliki dapat mengalami perkembangan ke daerah-daerah seperti cerita di atas yang awalnya ukiran hanya dijadikan sebagai hiasan rumah sekarang bisa di jadikan mebel tepatnya sebagai furniture, dimana furniture ini dapat membuka peluang tenaga kerja dan dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut

  2. Rifa Eka Putri (23233016) BI-NS-0208
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa bakat atau minat yang kita miliki dapat mengalami perkembangan ke daerah-daerah seperti cerita di atas yang awalnya ukiran hanya dijadikan sebagai hiasan rumah sekarang bisa di jadikan mebel tepatnya sebagai furniture, dimana furniture ini dapat membuka peluang tenaga kerja dan dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut

  3. Adinda humayra putri
    BI-NS-0208
    Berdasarkan teks esai diatas,yang bisa ananda simpulkan bahwa usaha seni ukir jepara membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,terutama masyarakat yang memiliki keahlian dalam bidang memahat tentu bisa membuka sebuah usaha mebel dan menyerap tenaga kerja.Ukiran dari seni ukir tersebut memiliki nilai seni yang tinggi sehingga banyak diminati konsumen.
    Mohon maaf apabila ada kesalahan kata pak🙏🏻
    Sekian dan terima kasih pak🙏🏻

  4. Menurut kesimpulan saya jepara kini sudah berkembang karena keberadaan sentra ukir,produk yg mulanya menjadi hiasan kini menjadi seni yang dapat dimanfaatkan kegunaan nya.Di daerah jepara mata pencaharian mereka banyak menjasi pebisnis furnitur mebel.Hal tersebut juga dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi warga disana.

  5. Menurut kesimpulan saya jepara kini sudah berkembang karena keberadaan sentra ukir,produk yg mulanya menjadi hiasan kini menjadi seni yang dapat dimanfaatkan kegunaan nya.Di daerah jepara mata pencaharian mereka banyak menjasi pebisnis furnitur mebel.Hal tersebut juga dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi warga disana.

  6. Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa
    bakat atau minat yang kita miliki dapat mengalami perkembangan ke daerah-daerah seperti di Jepara
    yang telah mengalami perkembangan dalam sentra ukir, yang mana berawal dari cerita di atas yang awalnya ukiran hanya dijadikan sebagai hiasan rumah sekarang bisa di jadikan mebel tepatnya sebagai furniture, dimana furniture ini dapat membuka peluang tenaga kerja dan dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

  7. THIO VALENTINO EDILY PRTAMA
    23133017
    BI-NS-0207
    Dari cerita diatas tanggapan saya yaitu dari seni ukir yang mulanya hanya sebuah hiasan kini menjadi ekspresi seni terapan, yang hasilnya dapat dimanfaatkan.Dari seni ukir kita dapat meciptakan berbagai hiasan salah satunya furnitur mebel kayu yang menjadi mata pencaharian utama banyak pebisnis di daerah Jepara. Para pengrajin dan para pelaku usaha, saling bekerja sama dalam menumbuhkan tingkat perekonomian di Kota Jepara.Selain itu juga dari seni ukiran kita dapat membuka lapangan pekerjaan dan dapat mengenalkan seni ukir kita keluar daerah maupun ke luar indonesia.

  8. Rizka Nailatul Hasanah -23020022
    WAG (BI-NS-0208)
    Dari teks diatas, dapat kita ketahui bahwasanya Jepara merupakan suatu karya seni ukir dari kayu dimana corak khas dari ukiran Jepara adalah daun Trubusan.
    Dalam berkarya menggunakan teknik ukir, memahat, kita mesti memiliki keahlian memahat dan mengukir terlebih dahulu. Tetapi ini berbeda dengan kaum Jepara, hampir seluruh masyarakat Jepara memiliki keahlian memahat dan mengukir tanpa mempelajarinya secara intensif terlebih dahulu.

  9. Maisarahtul Ispar
    Nim 23129334
    GWA BI-NS-0214
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa seni ukir atau memahat itu tidak hanya sekedar ukiran tetapi bisa menjadi peluang bagi yang memiliki minat dan bakat dalam seni ukir bisa dikembangkan melalui seni ukiran memahat tersebut, dalam seni memahat itu kita bisa mendesain se kreatif dan inovatif mungkin, supaya memiliki nilai jual yang tinggi karena saat sekarang ini seni ukiran tidak hanya sebagai hiasan rumah tetapi bisa dijadikan furniture dimana furniture tersebut dapat membuka peluang tenaga kerja supaya dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah pengrajin tersebut.

  10. Maisarahtul Ispar
    Nim 23129334
    GWA BI-NS-0214
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa seni ukir atau memahat itu tidak hanya sekedar ukiran tetapi bisa menjadi peluang bagi yang memiliki minat dan bakat dalam seni ukir bisa dikembangkan melalui seni ukiran memahat tersebut, dalam seni memahat itu kita bisa mendesain yang lebih kreatif dan inovatif mungkin, supaya memiliki nilai jual yang tinggi karena saat sekarang ini seni ukiran tidak hanya sebagai hiasan rumah tetapi bisa dijadikan furniture dimana furniture tersebut dapat membuka peluang tenaga kerja supaya dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah pengrajin tersebut.

  11. Refky Faizal (23233014)
    BI-NS-0208
    Dapat disimpulkan bahwa dari esai tersebut seni ukir merupakan bakat atau keahlian yang dapat berkembang terus disetiap era nya, apalagi di era yang globalisasi sekarang ini banyak teknologi canggih yang bisa membantu masyarakat dalam menghadapi dan mengembangkan seni yang bisa bernilai jual tinggi

  12. Refky Faizal (23233014)
    BI-NS-0208
    Dapat disimpulkan bahwa dari esai tersebut seni ukir merupakan bakat atau keahlian yang dapat berkembang terus disetiap era nya, apalagi di era yang globalisasi sekarang ini banyak teknologi canggih yang bisa membantu masyarakat dalam menghadapi dan mengembangkan seni yang bisa bernilai jual tinggi 🙏🏻

  13. Dari teks esai “Seni Ukir Jepara dalam Sektor Ekonomi” ini menarik dan memiliki informasi yang jelas saya dapatkan mulai dari di Kota Jepara memiki karya seni pahat kayu yang menarik bahkan, seperti judul esai ini dalam sektor ekonomi pun seni ukur Jepara telah berkembang pada saat sekarang ini dengan meluncurkan produk bernama mebel, furniture yang memiliki kesan modern dan klasik.
    (Dinda Afri Yanti, BI-NS-0214)
    Terima kasih.

    1. Jepara merupakan kota yang sangat terkenal Senin umur nya hingga mendunia. Kota Jepara hampir seluruh masyarakat nya di sana bermatapencaharian sebagai pengrajin, banyak sekali karya-karya seni ukir yang begitu indah terutama terbuat dari kayu jati yang di hasilkan oleh masyarakat Jepara di sana.
      Jepara memang begitu terkenal akan seni ukir nya,hingga Lemari ataupun yang lainnya memiliki merek nama Jepara.

  14. Mutia_23133007_0214
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa seni ukir atau memahat itu tidak hanya sekedar ukiran tetapi bisa menjadi peluang bagi yang memiliki minat dan bakat dalam seni ukir bisa dikembangkan melalui seni ukiran memahat tersebut, dalam seni memahat itu kita bisa mendesain yang lebih kreatif dan inovatif mungkin, supaya memiliki nilai jual yang tinggi.apalagi di era yang globalisasi sekarang ini banyak teknologi canggih yang bisa membantu masyarakat dalam menghadapi dan mengembangkan seni yang bisa bernilai jual tinggi

  15. Mutia_23133007_0214
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa seni ukir atau memahat itu tidak hanya sekedar ukiran tetapi bisa menjadi peluang bagi yang memiliki minat dan bakat dalam seni ukir bisa dikembangkan melalui seni ukiran memahat tersebut.

  16. Sherly Aprianori
    BI-NS-0208
    Cerita tersebut menjelaskan tentang furnitur,dimana Furnitur tidak hanya menyajikan sebagaimana fungsinya, tetapi juga sebuah inovasi dalam seni yang memadukan keindahan desain.dan juga menjelaskan tentang pengukiran terhadap kayu, semakin bertumbuhnya dunia ukir, kerajinan ini membuka peluang usaha masyarakat Jepara untuk menciptakan produk ukir kayu.

  17. Sandra Dewi Surya (23133013)
    BI-NS-0207
    dari cerita diatas dapat di simpulkan bahwa seni ukir atau memahat itu tidak hanya sekedar ukiran tetapi bisa menjadi peluang bagi yang memiliki minat dan bakat dalam seni ukir.dan dalam seni memahat itu kita bisa mendesain yang lebih kreatif dan inovatif mungkin, supaya memiliki nilai jual yang tinggi karena saat sekarang ini seni ukiran tidak hanya sebagai hiasan rumah tetapi bisa dijadikan furniture dimana furniture tersebut.

  18. Izin menanggapi Pak 🙏
    Jepara sangat memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap perekonomian,melalui keahlian dalam bidang seni kriya kerajinan kayu,mereka mampu mengolah dan menciptakan produk yang memiliki kualitas dan nilai jual yang tinggi.Ditambah lagi dengan adanya perkembangan di dunia modern,masyarakat Jepara memanfaatkan pertumbuhan dunia ukir,untuk menciptakan produk-produk ukir kayu yang disebut sebagai mebel atau furniture modern.
    Mereka tidak hanya membuat furniture sebagaimana mestinya,tapi melalui inovasi seni serta keindahan dan kualitas barangnya,mereka mampu membuat suatu karya yang dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya,seperti rotan aluminium,dsb.
    Inovasi-inovasi tersebut membuat keberadaan seni ukir Jepara semakin dikenal dan tentunya banyak diminati masyarakat luas.

    1. Hizadhatul Aqhidah
      BI-NS-0207
      Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa Jepara sangat memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap perekonomian, melalui keahlian dalam bidang seni kriya kerajinan kayu, mereka mampu mengolah dan menciptakan produk yang memiliki kualitas dan nilai jual yang tinggi. Ditambah lagi dengan adanya perkembangan yang memanfaatkan teknik ukir untuk menciptakan produk-produk ukir kayu. Dalam berkarya menggunakan teknik ukir, memahat, kita harus memiliki keahlian memahat dan mengukir terlebih dahulu. Tetapi ini berbeda dengan kaum Jepara, hampir seluruh masyarakat Jepara memiliki keahlian memahat dan mengukir tanpa mempelajarinya secara intensif terlebih dahulu.

    2. Dari cerita diatas dapat disimpulkan adanya kota yang dikenal dengan kota jepara yang seauai juga dengan keahlian masyarakat setempat sehingga kota tersebut terkenal dengan seni ukir dan pahat yang mendunia, mereka juga berhasil meciptakan mebel atau furnitur yang berkualitas sehingga menghasilkan peluang kerja dan memperbaiki ekonomi daerah jepara. Dengan keahlian mereka itu , mereka mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang membuat daerah jepara semakin terkenal.

  19. Nama: Nadila Kurnia Ramzan
    Nim :23133009
    GWa :BI-NS-0214
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bawah seni ukir mengalami perkembangan yg sangat pesat, dapat kita lihat dari daerah-daerah yang diceritakan pada esai di atas bahwasanya seni ukir biasanya dijadikan hiasan rumah sekarang bisa dijadikan furniture. Yang mana furniture ini dapat menambah peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

  20. Ahda Sabila Putri Divani (23133020)
    BI-NS-0208
    Dari teks tersebut, tanggapan saya Jepara sangat memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap perekonomian, melalui keahlian dalam bidang seni kriya kerajinan kayu, mereka mampu mengolah dan menciptakan produk yang memiliki kualitas dan nilai jual yang tinggi. Contohnya yaitu dari seni ukir yang mulanya hanya sebuah hiasan kini menjadi ekspresi seni terapan, yang hasilnya dapat dimanfaatkan.

  21. Nama : Lesti Zebua
    Nim : 23232006
    GWA : 0207
    Seni ukir Jepara sangat banyak manfaatnya bagi orang- orang selain untuk hiasan, juga dapat membuka lapangan kerja bagi pengangguran dan cocok banget buat mengasah minat dan bakat bagi orang yang punya keahlian dalam seni ukir.

  22. Annisa Orlia
    Bi-NS-0214
    dari cerita di atas Penjelasan tentang sejarah seni ukir di Jepara sangat bermanfaat dan memberikan wawasan tentang latar belakang seni ini. Informasi tentang penggunaan kayu jati sebagai bahan utama dan cara pemahatan yang rumit juga menambah pemahaman tentang seni ukir khas Jepara.
    Poin tentang bisnis furnitur mebel Jepara yang berkembang adalah tambahan yang baik untuk cerita. Ini mencerminkan perkembangan seni ukir menjadi industri yang lebih luas, yang dapat menghasilkan produk yang indah dan bermanfaat.

  23. FATIA NABILA (23233006) BI-NS-0207
    Seni ukir jepara merupakan kebudayaan khas yang unik dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat jepara. Seni ukir jepara memiliki potensi ekonomi yang besar dan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat jepara. Upaya pelestarian seni ukir jepara perlu dilakukan agar seni ukir ini tetap lestari dan menjadi kebanggaan indonesia.

  24. Usaha seni ukir jepara membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,terutama masyarakat yang memiliki keahlian dalam bidang memahat tentu bisa membuka sebuah usaha mebel dan menyerap tenaga kerja. Perkembangan seni ukir jepara menjadi industri yang lebih luas, yang dapat menghasilkan produk yang indah dan bermanfaat.
    Raysha Anggraini BI-NS-0207

  25. Hilma tita suri (BI-NS-0207)
    Dari cerita diatas kesimpulan yang dapat saya ambil adalah jepara adalah kota yang terkenal seni ukir dan pahatan kayu yang mendunia. Seni pahat jepara menggunakan kayu sebagai media, kayu jati merupakan kayu yang sering digunakan. Keahlian memahat dan mengukir telah menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar masayarakat jepara yang diwariskan dari nenek moyang mereka. Seni pahat jepara merupakan warisan budaya yang bernilai dan telah menjadi identitas kota tersebut.

  26. Dari cerita diatas berisi tentang seni ukir atau memahat itu tidak hanya sekedar ukiran tetapi bisa menjadi peluang meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalam seni pahat yang dibutuhkan yaitu kreativitas dan inovasi agar karya memiliki nilai jual yang tinggi .Silfia Alisa 23134013(BI-NS – 0208)

  27. Dari cerita di atas dapat di simpulkan bahwa kota Jepara memang merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya yang mendunia. Dibalik itu terdapat masayrakat atau pemuda Indonesia yang ahli dalam memahat sehingga melahirkan banyak karya seni yang unik dan berbeda dengan seperti pahatan pada umumnya. Dengan bakat tersebut masyarakat Jepara bisa mengenalkan seni seni mereka kepada ka layak umum agar kota Jepara dapat di kenal oleh masyarakat sebagai kota yang terkenal dengan seni ukirnya

  28. Dari teks diatas, Jepara merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya yang mendunia. Semakin bertumbuhnya dunia ukir, kerajinan ini membuka peluang usaha masyarakat Jepara untuk menciptakan produk-produk ukir kayu dan menjadikan sebagai peluang bisnis.

  29. Dapat disimpulkan bahwa dari esai tersebut seni ukir merupakan bakat atau keahlian yang dapat berkembang terus disetiap era nya, Ditambah lagi dengan adanya perkembangan yang memanfaatkan teknik ukir untuk menciptakan produk-produk ukir kayu. Dalam berkarya menggunakan teknik ukir, memahat, kita harus memiliki keahlian memahat dan mengukir terlebih dahulu. Tetapi ini berbeda dengan kaum Jepara, hampir seluruh masyarakat Jepara memiliki keahlian memahat dan mengukir tanpa mempelajarinya secara intensif terlebih dahulu.

  30. seni ukir jepara adalah seni ukir yg mendunia,seni ukir adalah suatu keahlian atau bakat seseorang,semakin mendunia nya seni ukir,semakin banyak peluang kerja masyarakat di jepara, dalam membuat seni ukir sangat di butuhkan keahlian dan kreativitas .

  31. seni ukir jepara adalah seni ukir yg mendunia,seni ukir adalah seni keahlian yg dimiliki seseorang, semakin mendunia nya seni ukir,semakin banyak peluang kerja masyarakat di kota jepara , dalam membuat seni ukir sangat di butuhkan keahlian dan kreativitas yg sangat tinggi .

  32. Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa Teks ini menggambarkan Jepara sebagai pusat seni ukir kayu yang terkenal dengan pahatan kayunya yang unik. Ini merupakan bagian dari sejarah dan budaya masyarakat Jepara, yang turun-temurun mereka warisi dari nenek moyang mereka. Selain sebagai seni, pahatan kayu juga telah menjadi dasar bagi industri furnitur di Jepara, menggabungkan seni dan fungsi dalam produk-produk mebel kayu yang indah.

    Gefarnoli Afifi
    (BI-NS-0214)

  33. Jasmine fauza khalida
    BI-NS-0214
    Dari cerita di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Jepara merupakan sebuah kota yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya yang mendunia. Disebut sebagai “The World Craving Center”. Sebagian besar nenek moyang warga Jepara adalah pengrajin pada zaman kerajaan kuno oleh karena itu masyarakat Jepara memiliki keahlian memahat dan mengukir tanpa mempelajarinya secara intensif terlebih dahulu, karenanya furnitur mebel kayu adalah salah satu bisnis yang menjadi mata pencaharian utama banyak pebisnis di daerah Jepara.

  34. Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa,Dalam perkembangannya di dunia modern, ukiran dan pahatan merupakan seni yang diekspresikan melalui kegiatan memahat dan mengukir di atas suatu bidang kayu. Namun, semakin bertumbuhnya dunia ukir, kerajinan ini membuka peluang usaha masyarakat Jepara untuk menciptakan produk-produk ukir kayu yang disebut sebagai mebel. Lebih tepatnya furnitur modern yang kita kenal saat ini.(ANGGUN SOFITA, 231330092,BI-NS 0214)

    1. Dimana artikel ini memberikan pemahaman yang baik tentang hubungan antara seni ukir Jepara dan sektor ekonomi, serta bagaimana seni tradisional dapat menjadi sumber penghidupan yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

  35. Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa,Dalam perkembangannya di dunia modern, ukiran dan pahatan merupakan seni yang diekspresikan melalui kegiatan memahat dan mengukir di atas suatu bidang kayu. Namun, seiring berkembangnya waktu ukuran ini bisa di jadikan sebagai pertumbuhan ekonomi karena berkembang menjadi mebel.ini jadi perkembangan ini sangat membantu masyarakat dalam perekonomian nya(ANGGUN SOFITA, 231330092,BI-NS 0214)

  36. Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan s3ni ukir awalnya dulu hnya di lakukan di atas kayu. Namun, seiring berkembangnya waktu ukuran ini bisa di jadikan sebagai pertumbuhan ekonomi karena berkembang menjadi mebel.ini jadi perkembangan ini sangat membantu masyarakat dalam perekonomian nya(ANGGUN SOFITA, 231330092,BI-NS 0214)

  37. Dari cerita diatas dapat saya simpulkan bahwa seni ukir tidak hanya sekedar hiasan saja, tapi juga m3njadi wadah terapan, dan seni ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat nya(ANGGUN SOFITA, 231330092,BI-NS 0214

  38. Saya sngat setuju sekali dengan artikel bapak, karena bener menurut saya seni ukir) pahat selain berfungsi untuk hiasan, seni ini juga bisa menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nya(Anggun SOFITA, 23133002,BIhNS 0214)

  39. Dari cerita di atas, dapat saya simpulkan bahwa Jepara adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya yang mendunia. Seni pahat Jepara menggunakan kayu sebagai media utama, yang membedakannya dari seni patung pada umumnya yang menggunakan batu. Keahlian memahat dan mengukir telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jepara, karena sebagian besar nenek moyang mereka adalah pengrajin pada zaman kerajaan kuno.

  40. Nama : Rizky Amanda
    NIM ; 23134011
    WAG ; BI-NS-0207
    Yang dapat disimpulkan dari teks esai ini adalah Jepara sebagai sentra ukiran kayunya Indonesia bahkan dunia. Kekhasan dan keunikan yang dimiliki ukiran dari Jepara memang tidak diragukan lagi. Ukiran Jepara tidak hanya dipandang sebagai seni saja, tetapi sekarang ukiran Jepara telah menjadi peluang usaha dengan cara menciptakan produk yang memadukan antara keindahan desain ukiran dengan kualitas bahan. Peluang tersebut telah memberikan banyak manfaat bagi para pengrajin dan masyarakat sekitar.

  41. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Yang dapat disimpulkan dari teks esai ini adalah Jepara sebagai sentra ukiran kayunya Indonesia bahkan dunia. Kekhasan dan keunikan yang dimiliki ukiran dari Jepara memang tidak diragukan lagi. Ukiran Jepara tidak hanya dipandang sebagai seni saja, tetapi sekarang ukiran Jepara telah menjadi peluang usaha dengan cara menciptakan produk yang memadukan antara keindahan desain ukiran dengan kualitas bahan. Peluang tersebut telah memberikan banyak manfaat bagi para pengrajin dan masyarakat sekitar.

  42. Dari cerita di atas, dapat saya simpulkan bahwa Jepara adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya yang mendunia. Seni pahat Jepara menggunakan kayu sebagai media utama, yang membedakannya dari seni patung pada umumnya yang menggunakan batu. Keahlian memahat dan mengukir telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jepara, karena sebagian besar nenek moyang mereka adalah pengrajin pada zaman kerajaan kuno.

  43. Nama: Diva Safpitri
    Nim. :23020009
    (BI-NS-0207)
    Dari teks esai Seni Ukir Jepara dalam Sektor Ekonomi” ini menarik dan memiliki informasi yang jelas saya dapatkan mulai dari di Kota Jepara memiki karya seni pahat kayu yang menarik bahkan, seperti judul esai ini dalam sektor ekonomi pun seni ukur Jepara telah berkembang pada saat sekarang ini dengan meluncurkan produk bernama mebel, furniture yang memiliki kesan modern dan klasik.

  44. Aurell Ramadhani 23233033 BI-NS-0214
    Seni ukir jepara dalam faktor ekonomi
    Sesuai tulisan diatas, jepara memang kota yang pandai dalam mengukir kayu dan mereka pun dapat memaksimalkan kerja mereka dengan menjualnya. Saya harap kota-kota lain bisa meniru kota jepara dengan menjaga, melestarikan kesenian daerah lalu mengembangkannya dan menjadikan kesenian itu bisnis agar bisa memajukan faktor ekonomi daerah tersebut.

  45. Tiara jayani
    23016116
    SIMAK-NS-001
    Dari teks ini dapat disimpulkan bahwa Jepara, sebuah kota di Jawa Tengah, dikenal secara global sebagai pusat seni ukir dan pahatan kayu. Masyarakat Jepara memiliki keahlian memahat dan mengukir yang diwarisi dari nenek moyang mereka. Seni ukir Jepara memiliki ciri khas, terutama dengan motif daun Trubusan yang rumit.
    Selain menjadi seni tradisional, keahlian memahat di Jepara telah berkembang menjadi bisnis furnitur modern. Produk-produk furnitur kayu Jepara menggabungkan keindahan desain dengan kualitas bahan, dan bisnis ini telah menjadi mata pencaharian utama di kota tersebut. Perkembangan ini juga terlihat dalam adopsi seni ukir dalam dunia modern, dengan munculnya startup e-commerce seperti Isiruangan yang menyediakan furnitur kayu dengan tema minimalis yang diminati oleh berbagai kalangan.

  46. Tiara jayani
    23016116
    SIMAK-NS-001
    Dari teks ini dapat disimpulkan bahwa Jepara, sebuah kota di Jawa Tengah, dikenal secara global sebagai pusat seni ukir dan pahatan kayu. Masyarakat Jepara memiliki keahlian memahat dan mengukir yang diwarisi dari nenek moyang mereka. Seni ukir Jepara memiliki ciri khas, terutama dengan motif daun Trubusan yang rumit.
    Selain menjadi seni tradisional, keahlian memahat di Jepara telah berkembang menjadi bisnis furnitur modern. Produk-produk furnitur kayu Jepara menggabungkan keindahan desain dengan kualitas bahan, dan bisnis ini telah menjadi mata pencaharian utama di kota tersebut. Perkembangan ini juga terlihat dalam adopsi seni ukir dalam dunia modern, dengan munculnya startup e-commerce seperti Isi ruangan yang menyediakan furnitur kayu dengan tema minimalis yang diminati oleh berbagai kalangan.

  47. Dari cerita diatas kita bisa lihat dari seni ukir yang mulanya hanya sebuah hiasan kini menjadi ekspresi seni terapan, yang hasilnya dapat dimanfaatkan.Dari seni ukir kita dapat meciptakan berbagai hiasan salah satunya furnitur mebel kayu yang menjadi mata pencaharian utama banyak pebisnis di daerah Jepara. Para pengrajin dan para pelaku usaha, saling bekerja sama dalam menumbuhkan tingkat perekonomian di Kota Jepara.Selain itu juga dari seni ukiran kita dapat membuka lapangan pekerjaan dan dapat mengenalkan seni ukir kita keluar daerah maupun ke luar indonesia.

  48. Tanggapan saya dari cerita di atas, seni ukir tidak hanya sebagai hiasan melainkan sekarang menjadi ekspresi seni terapan yaitu furniture mebel kayu yang hasilnya dapat dimanfaatkan dan juga dapat membuka peluang kerja di kota Jepara.

  49. Nama : Nina Noviana
    Nim : 23042318
    BI-NS-0032

    Jepara adalah sebuah kota di Jawa tengah yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya. Pada awalnya seni ukir dan pahatan kayu dijepara hanya digunakan untuk hiasan rumah ,namun dengan seiring berkembangnya zaman hal itu berkembang sekarang menjadi mebel / furniture.Hal itu tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Jepara.

  50. Nama : Nina Noviana
    Nim : 23042318
    BI-NS-0032

    Jepara adalah sebuah kota di Jawa tengah yang terkenal dengan seni ukir dan pahatan kayunya. Pada awalnya seni ukir dan pahatan kayu di Jepara hanya digunakan untuk hiasan rumah ,namun dengan seiring berkembangnya zaman hal itu berkembang sekarang menjadi mebel / furniture.Hal itu tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Jepara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *