Tumpuan Hidup
Tumpuan Hidup

Tumpuan Hidup

0 Shares
0
0
0
Balasan apa ini
Hak kewajiban dimanfaatkan
Dijadikan korban kekerasan pikiran
Yang merenggut secuil kebebasan

Mulut kecil di otak memberontak
Menentang ketidaketisan
Meringis tanpa keberanian
Adilkah?
Hanya pemberontakkan yang selalu muncul
Saat hati memancarkan amarah
Tapi, raga tak mampu melawan
Tak mampu mengungkapkan penolakan

Apa karena kau merasa penguasa sementara kami?
Apa karena kau merasa lebih berumur dari kami?
Atau kau merasa kami patut dipergunakan?
Entahlah.
Semua itu tak dapat kusimpulkan 
Tak dapat kujadikan sebuah alasan
Dan hanya terlintas di jalan pikiran

Jalani, ikuti
Dua kata itu menegaskan hati
Menjadi tumpuan hidup masa kini
Memberi kekuatan dalam diri
Untuk selalu berdiri
Menuju kesuksesan diri
10 comments
  1. Terima kasih. Isinya “menantang”, bernuansa “pemberontakan”. Tapi bukan itu. Bagaimanapun, “semangat” itu amat diperlukan dalam hidup ini. Terus berkarya, Bu.

    1. Terima kasih karena telah memberi ruang untuk saya menggelar karya, Pak.
      Semoga sehat selalu, Pak Nung.

    2. Sherly Aprianori
      BI-NS-0208

      Puisi tersebut sangat menarik bagi saya, karena disitu terdapat kalimat jalani dan ikuti,maksud kalimat tersebut bagi saya yaitu jangan mudah menyerah untuk menuju kesuksesan, buktikan bahwa kita bisa menggapai apa yang kita cita-citakan.

  2. Rizka Nailatul Hasanah -23020022
    WAG (BI-ND-0208)
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Bapak/Ibu, izin menanggapi Bapak/ IbušŸ™
    Saya sangat tertarik dengan teks puisi yang telah ibu buat, dimana pada kalimat “jalani dan ikuti”.
    Dimana kita dianjurkan untuk selalu bersyukur dalam kehidupan, jalani dan ikuti saja Alur cerita di kehidupan ini dengan baik, karena dengan penuh emosi, semuanya tidak akan ada akhirnya.

  3. Saya sangat tertarik dengan puisi tersebut,dimana mengajarkan kita untuk tetap semangat menjalani kehidupan,meskipun terkadang hidup tak seindah dan sesuai dengan yang kita harapkan.
    Dimana kata “Jalani” dan “Ikuti” memberikan sebuah motivasi yang menguatkan diri kita agar selalu berdiri menggapai kesuksesan yang kita impikan.

  4. Puisi “Tumpuan Hidup” karya ibuk ini bagus menurut saya karna umumnya merangkum gagasan-gagasan tentang harapan, semangat, dan tekad dalam menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan dan rintangan. Puisi ini bisa dibilang memiliki ketahanan, perjuangan, dan tekad untuk terus maju meskipun dihadapkan pada kesulitan. Selain itu, mungkin juga menyoroti pentingnya menjaga semangat dan keyakinan dalam diri, bahkan ketika situasi terasa sulit. (AZIZ SETIAWAN BI-NS-0208) terima kasih

  5. Nama : Rizky Amanda
    NIM : 23134011
    WAG : BI-NS-0207
    Pesan yang disampaikan dalam puisi ini sangat menyentuh bagi saya karena menggambarkan ketidakmampuan diri untuk melawan mereka yang memiliki kekuasaan, jabatan dan kekayaan. Setiap bait dalam puisi ini telah mendorong para pembaca untuk semangat melawan ketidakadilan yang terjadi.

  6. Puisi ” Tumpuan Hidup” sangat bagus dan juga isi pesan yang disampaikan menarik bahwa kadang tak bisa melawan secara nyata tetapi pikiran yang memberontak. Meski begitu, buktikan dengan perubahan, tindakan, dan bukti. Tidak harus memberontak melalui pikiran. Pemberontakan bisa terjadi melalui tindakan positif.
    (Dinda Afri Yanti, BI-NS-0214)
    Terima kasih.

  7. Nama: Sandifa Angraini
    Nim: 23016041
    No.urut: 02
    Puisi “Tumpuan Hidup” sangat menarik dan memotivasi bagi saya, isinya menyampaikan pemberontakan yang tidak tersampaikan, hanya sampai pada pikiran karena ketidakberdayaan. Walaupun begitu kita harus tetap jalani dan ikuti jalannya hidup. Jangan pantang menyerah dan tetap semangat menjalani hidup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *